Tuesday 16 June 2015

me time

tiap kali ngedengerin radio sambil nyetir ke kantor dan lagunya blu cantrell yang judulnya breathe diputer, aku langsung inget pengin nulis soal me time eh tapi lupa mulu. hari ini mumpung inget langsung ngetik aja deh, ntar lupa lagi hehe. pas di bagian lirik yang ini lho, enak banget didengerinnya: "maybe we need some time alone; we need to let it breathe".

meski lirik keseluruhan ceritanya soal pacaran, tapi secara lebih umum sebenernya me time yang artinya kurang lebih adalah "menyediakan waktu untuk diri sendiri" itu penting banget. semua orang memang butuh waktu untuk dirinya sendiri dan untuk menyendiri. bahkan anak sekecil ethan yang baru umur 2 tahun pun sebenernya butuh me time juga lho!

karena terkadang hidup itu pada satu waktu tertentu memang terasa terlalu sumpek, terlalu banyak kejadian, terlalu sibuk, terlalu rumit, dan urusan terlalu banyak tiada habisnya.

source

interaksi dengan orang-orang dan masalah-masalah di sekitar kita setiap hari dan terus menerus memang menguras tenaga dan pikiran. bahkan hal-hal yang sebenarnya menggembirakan seperti bercengkerama dengan orang-orang terkasih dalam keluarga misalnya suami dan anak, juga menguras tenaga lho. aneh memang kedengarannya, bahwa bahagia pun sebenarnya melelahkan.

ketika segala sesuatunya terasa "terlalu" itulah, kita butuh waktu untuk rehat sejenak. kita butuh mengundurkan diri dari segala hiruk pikuk rutinitas sehari-hari. kita butuh waktu untuk menyendiri dan hanya untuk diri sendiri. bahkan terkadang kehadiran orang terdekat pun rasanya ga kita perlukan karena memang kesendirian-lah yang kita butuhkan.

me time!

tapi bukan berarti dengan menyendiri kita ngejauh dari orang-orang yang menyayangi kita lho. bukan pula dengan menyendiri itu artinya kita lagi marah sama mereka. sama sekali bukan.

kadang orang salah pahamnya di sini. saat kita pengin menyendiri, disangkanya kita lagi marah. saat pengin menyendiri, disangkanya kita ga mau ngomong sama mereka. jadi kalo orang terdekat ga ngerti, seharusnya kita kasih pengertian ke mereka dulu kalo having me time itu artinya kita lagi perlu sendiri aja, bukan karena marah atau kenapa-kenapa.

kasih tahu juga bahwa setelah menyendiri ini kita justru jadi merasa lebih fresh dan siap untuk kembali ke dunia luar, kembali berinteraksi, dan kembali bergabung dengan hiruk pikuk kehidupan lagi.

suamiku dah ngerti banget kalo aku lagi pengin menyendiri.

source

misalnya pas lagi mood-nya jelek, pas lagi mo dapet hehe, atau pas lagi abis marah-marah karena sesuatu dan lain hal, dia pasti ngebiarin aku menyendiri. entah di kamar atau di dapur. biasanya sih dia berusaha ngejauh ke kamar lain, atau pura-pura nonton tipi, atau keluar bilang mau beli apa kek. baru balik lagi sejam kemudian tapi ga bawa belanjaan apa-apa haha.

si ethan kecil-kecil gitu juga rupanya udah punya me time juga lho.

kadang dia pengin sendiri aja gitu. aku ga boleh ngedeket. bapaknya juga disuruh pergi sampe didorong-dorong hehe. ini kalo dia lagi asik banget sibuk sama sesuatu semisal mainan baru atau lagi sibuk ngutak-atik mainan tapi ga mau dibantuin. kalo kita tawarin mo ngebantuin, dia malah marah haha. kalo dah gitu aku sama bapaknya nyingkir dulu, ninggalin dia sendirian, kasih dia me time. paling bentar-bentar diintip mastiin kalo dia baik-baik saja.

menurutku sih me time itu menyehatkan, baik untuk jasmani maupun rohani kita. me time juga sangat penting untuk menjaga kewarasan! yang jarang banget punya me time berarti gila donk? hihi. ya ga juga, paling sering stres dan miring-miring dikit doank :-p

batere/aki aja perlu di-cas. mesin aja perlu diservis. jadi badan dan pikiran manusia juga perlu istirahat dengan cara menyendiri dan konsentrasi pada diri sendiri supaya segar kembali. karena kalo selalu ngurusin segala tetek bengek hidup mah ga akan ada habisnya. 

trus, me time itu sebenernya kudu ngapain sih?

source

ya tiap-tiap orang bisa beda me time-nya mau ngapain. kalo aku sih biasanya me time-ku itu di kamar baca buku. kalo ga, berendem di bak mandi sampe sejam sambil bawa segelas teh panas manis!

bukan sendirian di kamar lalu buka fesbuk dan balesin komennya orang-orang trus jadi ngobrol yah. atau di kamar trus molor itu juga bukan me time deh hehe. ada juga yang milih me time-nya dengan berkebun atau pergi mancing. kalo suamiku me time-nya biasanya pergi ke kebun petak (allotment)-nya dan nyiangin rumput di sana, sendirian. kalo ga, dia kadang nyetir aja gitu ke mana trus nongkrong di cafĂ© sambil ngopi, sendirian.

kalo kamu, biasanya me time ngapain?

4 comments:

  1. ya elaaaah me time ku mah gak usah ditanya deh Naaaay...
    udah jelas lah blogging dan nge-drama itu me time ku bangeeeet :)

    Emang penting banget demi menjaga keseimbangan yah Naaaay :)
    Biar hidupku gak berasa emak-emak banget dan rutinitasku gak jadi bikin bete :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? yakin cuma blogging sama k-drama doank, Bi? ga ada yang lain yang belum disebutin? trus natap gorden, nendang kulkas, ngelempar tabung gas itu bukannya me time juga? hah? hah? hah? ayo ngaku! hahahaha....

      iya, kebutuhan me time itu emang termasuk kebutuhan primer selain sandang, pangan dan papan, haha. maksa!.. biar hidup seimbang, kalo ga ntar miring-miring ya Bi! ;-p

      Delete
  2. me time ku: nonton film di bioskop sendiri, jalan2 dan makan di mall/ warung sendiri, baca buku di kamar sendiri sampe ketiduran.

    me time sama jomblo emang beda tipis sih mbak :(( :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kocak, gitu yah me time itu beda tipis sama aktivitas jomblo. Hmmm bener banget sih, dulu pas aku jomblo selama 33 tahun itu (what?!!! Lol) berarti udah kenyang me time yah. Errrr...hahaha.
      harusnya postingan ini di-disclaimer hanya untuk yg bukan jomblo ajah. Lha ntar dituduh diskriminasi, serba salah hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...