Thursday 12 February 2015

kaleng rombeng

pagi tadi ada kejadian lucu tapi menyedihkan!

seperti biasa aku dan ethan siap-siap berangkat pagi-pagi. biasanya sih aku doank yang bangun pagi dan gubrag gubrug sendirian karena harus cabut sebelum jam 7 dan mulai kerja jam 8. suami karena ngantor di rumah (baca: home-base job), dia bisa bangun kapan aja. dan karena biasanya suami yang ngurusin si ethan, nganter dan jemput ke penitipan anak (baca: titip anak), si ethan juga boleh bangun kapan aja.

tapi sejak suami sakit, cuti panjang, dan blom boleh ngapa-ngapain (baca: usus buntu), praktis sekarang aku yang harus urus semua-mua tiap hari. dari nganter ethan, ngantor, sampe jemput dia lagi, trus masak makan malam, cuci-cuci perkakas dapur, beberes rumah, ngelondri, setrika, buang sampah, nukang (halah) dan lain sebagainya. berasa single parent #hiks

tapi tadi pagi agak beda.

meski akunya udah dandan rapi poles sana sini dan udah siap duluan, si ethan masih ngorok. ga tega euy ngebangunin-nya. mana tidurnya pules banget. setega-teganya ngebangunin dia yang aku paling tega sih, dengan cara nyiumin pipinya yang tembem itu sampe kebangun, haha.... kalo ga gitu kan kami berdua bakalan telat banget. kalo telat sih udah pasti, tapi mending telat doank kan daripada telat banget hehe.

beberapa menit kemudian meski sambil protes karena masih ngantuk, akhirnya dia bangun juga, phew!

gubrag gubruk sebentar, akhirnya ethan pun siap. kami berdua menuju mobil dan seperti biasa kamipun meluncur ke tempat penitipan anak yang cuma berjarak 5 menitan pake mobil. di mobil, seperti biasa juga, aku nyalain radio dan mulai nyanyi riang gembira dengan lagu apa aja yang lagi diputer. biasanya sih ethan diem aja di bangku belakang, duduk manis di car-seat nya dia.

ethan di car-seat, foto diambil pas baru umur 1 tahun
sekarang sih udah mo 2 tahun ntar april, 
dah gede car-seat-nya dah mo ga muat, hihi

entah kenapa, tadi pagi begitu aku ikutan nyanyi-nyanyi sambil dengerin radio, si ethan gelisah gitu. mungkin karena bangun paginya terpaksa kali yah. makin dia gelisah, aku nyanyi makin kenceng, maksudnya sekalian menghibur dia gitu. eh, bukannya tambah anteng, dianya tambah protes lho!

jarang-jarang nih anak begini...

kenapa ya kira-kira? akupun mulai nyanyi lagi. dia protes lagi. aku diem, dia diem. aku nyanyi, dia protes lagi! oke deh, mending aku diem...supaya dia diem!

whoaaaa....

baru nyadar! mungkin dia ga suka aku nyanyi karena suara ibunya kayak kaleng rombeng!!! hahahaha...

***

sedih!

anakku ga suka ngedengerin suara ibunya nyanyi. dan anak kecil kan selalu jujur yah, belum bisa boong, jadi memang bener penilaian si ethan tentang suara ibunya ...hiks hiks #srottttt *buang ingus*

aku sih sadar sesadar-sadarnya kalo suaraku ga sebagus kris dayanti. tapi kalo anakku ga suka aku nyanyi, mungkin emang kedengerannya kayak kaleng rombeng ya. padahal sih kata suamiku suaraku bagus dan berkali-kali aku disuruh ngedaftar x-factor uk! #halah

jadi inget kalo nonton audisi x-factor. banyak banget kan yah peserta yang level suaranya dari malu-maluin sampai yang ga tau malu tapi mah pede aja masuk tipi ditonton manusia sejagat raya.

memang di dunia ini cuma ada empat jenis manusia sih.

yang suaranya bagus dan sadar kalau punya suara bagus (contohnya para penyanyi terkenal), yang suaranya bagus tapi ga sadar kalau punya suara bagus (contohnya para pemenang kontes nyanyi, yang selalu malu-malu di awal tapi akhirnya menang karena suaranya emang bagus), yang suaranya jelek tapi sadar kalo punya suara jelek (contohnya aku, haha), yang suaranya jelek tapi ga sadar kalau punya suara jelek kayak kaleng rombeng (contohnya para peserta audisi kontes nyanyi yang termasuk kategori ga tau malu tadi).

karena sadar suaraku ga jelas itu tadi makanya tiap kali suamiku nyuruh aku ikut audisi, aku bilang, ga ah, aku sadar diri kok! ga bakal aku mempermalukan diriku sendiri di tipi.

amit-amit dah!

***

suami sih yang ga sadar kalo suaraku ga sebagus yang dia kira. mungkin dia maksudnya baik, ga mau nyakitin hati istrinya haha.

atau mungkin karena dia mikirnya aku tuh lebih ngerti not atau nada lagu daripada dia. tahu harus turun atau naik berapa not, tahu nyari not lagu pake keyboard, tahu do re mi fa sol la si do. sejak kecil emang aku suka belajar not dari bapakku yang guru sejarah, seni rupa, dan seni suara di smp. minimal aku tahu tangga nada, tahu kunci c, kunci g, tahu tempo, dll lah. mungkin karna pengetahuan seupil tentang seni suara inilah suamiku pikir aku bisa nyanyi #halah


orang-orang kayak suamiku ini juga yang bikin kategori manusia nomer empat di atas tadi banyak banget. sering lihat kan peserta audisi lomba nyanyi datang sama orang tua atau keluarganya. begitu abis nyanyi dan ga lolos audisi karena suaranya lebih mirip kaleng rombeng, banyak kasus dimana orang tuanya ga terima anaknya ga dilolosin audisi, karena mereka percaya dan hakkul-yakkin kalo anaknya tuh memiliki suara emas!

orang tua seperti ini selalu memberikan harapan palsu dan pujian palsu ke anak-anak mereka, jadi si anak bukannya sadar akan keterbatasan kemampuannya, tapi malah jadi tambah pede dan yakin kalo suara mereka tuh bagus banget. bener-bener keterlaluan. harusnya yang bener tuh, kalo orang tua sadar anaknya ga bagus di bidang tertentu, ya bilang aja dengan jujur, jangan dibohongi cuma buat bikin anaknya seneng doank. suaranya jelek dibilang bagus. gambarnya jelek dibilang bagus.

jadinya si anak percaya dirinya tumbuh ke arah yang salah kan, kan, kan?!

walhasil, satu ketika si anak yang yakin banget dengan kemampuannya karena ortunya bilang dia selalu hebat (padahal ga banget), harus menunjukkan kemampuannya ke orang lain dan dinilai oleh seluruh dunia (bukan hanya oleh ortunya), akhirnya harus terhempas oleh kenyataan pahit kalo kemampuannya itu tidak sebagus yang selama ini dia kira. nangis-nangis deh, trus depresi. orang tua seperti ini adalah orang tua yang menjerumuskan anak sendiri!

sebagai orang tua, semoga aku terhindar dari hal-hal yang demikian...

kalo cuma buat seru-seruan, aku sih emang suka nyanyi. misalnya pas gi ngumpul sama temen-temen dan ada yang gitaran. pasti aku didaulat nyanyi. bukan karena suaraku bagus pastinya, tapi lebih karena aku tuh apal hampir semua lirik lagu, haha. ikut paduan suara juga pernah, hanya karena aku emang beraninya tampil kalo nyanyinya rame-rame, jadi kalo sumbang atau salah ga gitu keliatan! jenius kan?! eh lupa, pernah nge-band juga dink, posisi vokalis donk. dan pernah manggung sekali-kalinya nyanyiin lagunya the cranberries, ode to my family! #hadeuh jaman baheula

dan tentu saja, nyanyi kenceng-kenceng di mobil dan di kamar mandi, karena yang ngedengerin cuma orang-orang tertentu dan diri sendiri, hehe. meski mulai sekarang kayaknya kalo ethan di mobil aku ga bakal bisa nyanyi lagi.

hiks....

2 comments:

  1. Ih ethan sama deh kayak ken.
    Ken jg gt mak, denger daku nyanyi, eeee dia nangis2, nangisnya teriak2 lg.
    Hadeeehhh keeennn....gitu amat ama emaknye

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...pada tega yah mereka hiks...kita senasib lah makkkk, toss dulu hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...