Tuesday, 25 November 2014

sulitnya memilih satu saja


begitu nemu postingan seorang blogger yang lagi ikutan giveaway, iseng-iseng aku klik tautan ke penyelenggara lomba. jadi ikutan juga deh, iseng-iseng berhadiah. tugasnya mudah, cuma diminta memilih satu postingan blog sendiri yang paling berkesan selama 2014.

mudah?

ga juga lho ternyata. dari total 46 judul, ga banyak sih, milih satu tetep saja sulit! semua bagus sihhhhh... #minta_dikeplak

gimana yah caranya milih satu yang paling segalanya? dimintanya sih yang paling berkesan, paling bagus, paling indah, paling menyentuh, paling inspiratif, paling lucu. bantuin donk! hmm, sebagai seorang ninja hatori, eh... sebagai seorang scientist #halah, menghadapi dilema seperti ini otak statistikku pun mulai kumat.

postingan mana yang paling banyak dibaca? setelah utak-atik sebentar di excel spreadsheet, jadilah grafik ini.

grafik jumlah page-view tiap judul postingan otakkukusut selama tahun 2014

ternyata 'uler londot'!
tapi setelah dibaca lagi kok kurang berkesan yah isinya #hihi. ini pasti gara-gara pada penasaran sama istilah tersebut setelah baca blog si kaesang trus nge-gugel dan nyasar ke blogku deh. jadi postinganku cuma numpang tenar pak presiden aja sebenernya, ga seru!

lalu kucoba mengkategorikan jenis postingan sesuai tema. ada 3 tema yang paling banyak disukai pembaca. tentang fenomena politik indonesia, tentang kehidupanku sehari-hari, dan tentang anakku si ethan!
dikategorikan sesuai tema postingan, ditandai dengan warna

tapi postingan-postingan berbau politik serunya anget-anget e*k ayam deh, ga ada yang berkesan. tema kehidupanku sehari-hari yang nyasar sampe bermukim di negeri inggris ini juga isinya banyakan curhatan doank, ga mutu gitu lah. tapi tema terakhir yaitu cerita-cerita tentang si ethan sepertinya bisa diandalkan nih.

meski postingan bertema anak sudah banyak bertebaran, apalagi kalau bloggernya emak-emak lebay kayak aku #hihi, tampaknya cerita tentang ethan tetap mendapatkan pageview yang lumayan.

dan kalau postingan selama 2014 dianalisa berdasarkan label, porsinya ternyata mirip-mirip juga dengan analisa berdasarkan pageview. tambah mantep deh buat milih satu postingan tentang ethan yang paling cihui!

tapi yang mana yah? #tetep_bingung
pengelompokan tema postingan berdasarkan label

dari beberapa postingan ada satu yang paling kusuka dan paling menyentuh, berjudul “surat terbuka”.
kalau dibaca lagi postingan ini memang agak beda sih. nulisnya waktu itu juga serius, khusyuk, ga banyak haha-hihi seperti postingan lain. butuh waktu beberapa jam saja sebenarnya untuk nge-draft, tapi sampai tayang perlu dua hari karena kudu dipoles dan diedit.
kalimat yang teruntai adalah perasaanku yang terdalam berisi harapan seorang ibu kepada anak lelakinya.

meski postingan ini sudah pernah diikutkan lomba dan menang, tentu masih ada saja kelemahan dan kekurangannya. terlalu panjang-lebar porsi cerita tentang indonesia, terlalu panjang paragraf dan kurang diberi jeda yang membuat mata pembaca cepat lelah, dan mungkin ada lagi yang lain.
tapi aku kok merasa segan yah untuk merevisi atau memperbaiki tulisan yang udah kurilis. rasanya kayak bohong ke pembaca, gitu. ga lucu deh kalo ada yang udah pernah baca trus baca lagi kok isinya udah ganti yah, hehe. kecuali kalo ada kesalahan fatal dan informasi yang salah bisa menyesatkan publik maka aku merasa berkewajiban untuk mengubah informasi yang kurang benar tersebut.
meski ga sempurna, membaca lagi postingan "surat terbuka" selalu menguatkan rasa sayang dan cintaku kepada anakku. tulisan ini juga selalu kujadikan sebagai pengingat betapa besarnya arti kehadiran seorang buah hati.
karena orang bilang, kasih anak sepanjang jalan, kasih ibu sepanjang hayat!



10 comments:

  1. Kalau Ethan sudah bisa baca trus baca surat emaknya , pasti deh alis ethan berkerut dan berkata, "'akeh tenan to mak sing kudu tak sinauni"... Tugas emaknya juga buanyak tuh utk ngejelasin isi suratnya satu persatu...qiqiqi...
    Semoga sukses GA-nya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya makkkk, tugas berat ini jadinya tapi udah terlanjur ditulis haha.... kenapa aku mempersulit diriku sendiri, entahlah hihihi.... moga2 ethan bisa ngerti sendiri tanpa penjelasan lah #ngarep ... semoga sukses juga GA-nya makkk, kita kompetitor lho tapi. jadi keder ini saingannya blogger seleb semua yang ikutan hehe...

      Delete
  2. ah... saya juga suka membuat surat untuk anak. harapannya, semoga anak saya kelak akan membacanya suatu saat nanti

    ReplyDelete
  3. Mau juga ah idenya, nulis surat untuk anak. Ntar klo sudah besar bisa buat pengingat2 apa kata ibunya dulu ;)

    ReplyDelete
  4. Saya datang dan sudah membaca "Self Reflection" di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #4

    ReplyDelete
  5. ih idenya keren uy. saya mau bikin surat untuk calon istri aja deh $plak haha. salam kenal , ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mas :) hehe ya tentu saja boleh bikin surat terbuka buat calon istri. bisa jadi bahan untuk dibaca juga nanti pas acara nikahan, pasti seru! hehe...selamat nulis surat :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...