Wednesday, 25 June 2014

9 - 12 bulan

bulan kesepuluh

tentang infeksi kulit

satu hari, tiba-tiba kulit ethan keluar bercak-bercak merah lagi. lagi? iya, karena sejak umur 2 bulan, kalau bayi-bayi lain punya masalahnya biasanya nangis terus, ga doyan susu, rewel terus, nambah berat badannya lamban, ethan ga mengalami semua itu tapi ia selalu mengalami masalah kulit, seperti pernah kuceritakan di postingan 0 - 3 bulan.

sejak umur dua bulan yang kulitnya bermasalah dulu itu, praktis tiap hari badannya kami olesi krim yang botolnya segede gaban karena isinya pelembab kulit sampai sebanyak setengah kilogram! semacam body lotion doank sih sebenernya, seperti yang biasa kupakai setiap hari juga, yang dulu pas masih di indonesia biasanya aku pake merek citra atau viva (cihh, merek murahan dipamerin!), tapi yang punya ethan ini ditebus di apotik gitu deh, jadi ada sedikit unsur medikasinya.

memang kalau kulitnya kelewat kering, dia jadi merasa gatal gitu, jadi kudu diolesi lotion itu setiap pagi, lalu setiap dia merasa gatal, dan malam sebelum tidur. nah, pas umur udah mau sepuluh bulan tiba-tiba bercak merahnya muncul lagi, kami udah ga gitu panik seperti dulu sih, meski tetap khawatir juga. kamipun seperti bisa ditebak, ke dokter lagi!

setelah diperiksa dokter, kulit ethan yang sejak umur 2 bulan lalu bermasalah itu, sekarang sedang terinfeksi oleh sejenis jamur gitu deh. ihhh, kok bisa yah anakku jamuran! emang jamur kuping apa jamur shitake? hihi. kata dokter sih jamurnya muncul karena kelembaban udara yang meningkat karena ujan terus. dan karena emang kulit ethan itu udah bermasalah, tipenya sangat sensitif, jadi ga kebal sama spora-spora jamur yang bebas beterbangan di udara, gitu. sementara kalau sporanya nempel ke kulitku misalnya, ya ga ngefek. ealah, bisaan nih si jamur main nemplok aja ke kulit anakku. ciatttt!

dan kata dokternya ethan, kalau dulu pas umur 2 bulan itu bercak-bercaknya kecil-kecil, sekarang ini agak gede. saking banyaknya bertaburan di seluruh tubuhnya, jadi kelihatan mirip cacar air gitu, tapi ga ada airnya (berarti cacar doank donk!). haha, ya ga juga, emang bukan cacaran kok, cuma infeksi doank. tadinya aku kirain emang cacar air, tapi kata dokter bukan, dan belum musimnya (emang mangga hihi). ya udah kami manggut-manggut aja.

akhirnya kamipun diberi sirup antibiotik yang kudu diminumin ke ethan sehari tiga kali. selain itu, kulitnya kudu diolesin krim lain (bukan yang lotion harian tadi), supaya infeksinya cepet sembuh. kalau udah baikan, baru boleh kembali ke krim lama.

untunglah dalam tempo 3 hari benjolan-benjolan di kulitnya kempes dan mengering, lalu pada rontok gitu. kayak jerawatan sih prosesnya hehe. bedanya dengan yang dulu, karena infeksi ini maka bercak-bercaknya membekas. kesian anak cowokku, bodinya totol-totol jadinya kayak macan tutul. kata dokter sih ntar juga ilang pelan-pelan jadi mulus lagi. oke deh dok, ga usah risau kalau gitu :-)

bulan kesebelas

tentang bisa jalan

kata ibuku, aku dulu udah mulai bisa jalan sendiri tanpa pegangan dari umur 9 bulan! ya aku percaya saja sih waktu dibilangin gitu. dan aku ga pernah merasa istimewa sampai aku punya anak sendiri. ternyata momen anak kita bisa mulai jalan sendiri itu momen yang sangat spesial yah, hehe.

maka ketika ethan juga masuk usia sembilan bulan, aku udah nunggu-nunggu gitu, kapan ya ia bisa jalan sendiri. eh, kok belum juga sih sampai umurnya masuk 10 bulan. tapi ketika aku banyak bergaul dengan ibu-ibu lain dan beberapa ada yang anaknya belum jalan bahkan sampai umur hampir 2 tahun, akupun rada santai. ibuku juga bilang sih, adikku ada juga yang mulai jalan pas umur 16 bulan! jadi ga perlu khawatir kalau sampai 1 tahun pun belum jalan juga. kan ga bisa dipaksa juga, suka-suka anaknya. nanti kalau otot-ototnya memang sudah siap pasti juga mulai jalan sendiri.

eh, satu hari ketika ethan baru umur 10 bulan lewat 2 minggu, tepatnya tanggal 8 maret lalu, tiba-tiba ia nyomot kaos kakiku, yang satu dibawanya di tangan kiri, satunya dibawanya di tangan kanan, lalu dia melangkah gitu aja, beberapa langkah trus berhenti dan tumbang ke sofa terdekat, hahaha.

anakku bisa jalannnnnnn.....

untung sempat aku abadikan momen ini pakai video, lalu aku unggah ke fesbuk buat dipamerin ke sebanyak-banyaknya umat, hihi. yang pengin ikutan ngintip, ini linknya, tapi kita kudu friend-an dulu sih. bangga deh rasanya jadi emak, pas bayi mungilku yang sejak lahir cuma bisa tidur telentang, lalu mulai bisa tengkurep, lalu mulai merangkak, lalu berdiri pegangan, lalu jalan merambat, eh sekarang dah bisa jalan sendiriiiiiiii :-) #halah_lebay

tentang nenek buyut

suamiku (yang umurnya udah bangkotan itu) masih punya nenek lho. pertama kali aku dikenalkan ke neneknya, aku lumayan takjub sih karena umurnya waktu itu sudah 90 tahunan lah, tapi masih tinggal di rumah sendiri, tinggal seorang diri, dan masih mandiri, alias apa-apa dikerjain sendiri, bahkan naik turun tangga sendiri. rumah di sini emang rata-rata minimal berlantai dua, kalau yang berlantai cuma satu disebutnya bukan rumah, tapi bungalow. dan di inggris sini kan ga model yang namanya rumah punya pembantu, apalagi nanny, tukang kebun, supir, satpam, atau perawat buat orang tua (baca deh postingan berjudul pembantu ini kalau penasaran "kenapa begitu"-nya).


nenek buyutnya ethan (umur 92) berdiri di barisan depan paling kanan,
rambutnya sudah ubanan semua tapi masih seger


padahal itu hampir lima-enam tahun yang lalu ketika kami masih pacaran. nenek suamiku orangnya mungil, tapi super-ramah. saking sayangnya sama aku, sampai dia bela-belain bikinin kristik buat sarung bantal bergambar kucing, lho. jarang-jarang ada nenek-nenek usia 90 tahunan masih rajin bikin kristik segala, hihi *love you, nenek*

sarung bantal kucing bikinan tangan si nenek


sayang seribu sayang, karena faktor usia, kesehatan si nenek menurun drastis. dan bulan maret 2014 lalu si nenek tercinta meninggal dunia di usia hampir 95 tahun karena beliau ultahnya bulan mei. dan sayangnya kami belum sempat mempertemukan si ethan dengan nenek buyutnya, eh dah keburu pergi #hiks

selamat jalan, nenek...

tentang pecicilan
sejak bisa jalan, berat badan ethan jadi susah nambahnya. udah sebulan lebih pas ditimbang lagi, eh beratnya segitu-gitu juga. tadinya aku sempat khawatir takutnya kenapa-kenapa, padahal makannya banyak, eh kata mantrinya ethan wajar saja lha dulu dia geraknya terbatas, sekarang sejak bisa jalan sendiri kan dia mulai pecicilan ga bisa diem, membakar lebih banyak energi.

masuk akal juga sih.

tapi kan aku juga pengin dia nambah berat gitu lho, biar ga ngecewain yang masakin dan nyuapin tiap hari, hihi. sejak nimbang terakhir yang ga nambah itu aku jadi males bawa dia untuk ditimbang lagi sih, takut kecewa, haha. meski kata mantrinya juga ga perlu sering-sering ditimbang begitu bisa jalan atau lewat umur satu tahun sih. kalau dulunya waktu bayi ditimbangnya sebulan dua kali, lalu sekitaran umur 6 bulan jadi sebulan sekali, sekarang katanya cukup 3-6 bulan sekali. oke deh kalau begitu, nanti pas udah 6 bulan lagi baru ditimbang, mudah-mudahan udah nambah. yang gendongin tiap hari mah ga berasa bedanya sih, susah dikira-kira jadinya, nambah berat atau ga nya.

bulan keduabelas

tentang lomba-lomba

di inggris sini, ibu-ibu kalau punya bayi tuh pada berlomba-lomba lho. banyak deh lombanya. mungkin beberapa lomba juga ada yah di indonesia, cuma mungkin agak-agak beda dikit disesuaikan dengan adat istiadat dan kebiasaan masyarakat setempat, hehe. contoh-contohnya nih:
  • siapa yang bisa paling cepet nurunin berat badan jadi langsing lagi seperti pas sebelum hamil, ia akan bangga! aku mah udah juara di lomba ini. berat cuma naik 7 kilo pas hamil kemarin dari 46 cuma jadi 53. abis lahiran langsung ilang 4 kilo (ethan 3.5, ketuban, plasenta, darah bersalin kira-kira 0.5 lah). dalam waktu sebulan udah turun lagi 2 kilo jadi 47. sekarang mah udah balik normal 45-46. juara kan?
  • lomba bayi siapa yang paling cepet tengkurep, yang paling cepet merangkak, yang paling cepet berdiri, yang paling cepet jalan, yang paling cepet nambah berat badannya dan lain-lain, pokoknya lomba yang paling-paling deh hihihi.
  • trus ada lagi lomba lain, yaitu bayi siapa yang paling cepet tidur pules semalam suntuk ga pake bangun karena laper. nah ini aku sih paling kalah. masalahnya bayi-bayi sini banyak yang ga dikasih asi. suwer! coba deh google, cari angka ibu menyusui paling rendah di belahan dunia ini di mana. pasti inggris masuk salah satunya. o'on yah? memang angka ibu menyusui di sini sangat rendah. alasannya selain males, juga beli susu formula duitnya terjangkau sih. trus kan kebanyakan pada hobi minum alkohol, jadi biar bisa minum lagi gituh. pemerintah mah udah berupaya menaikkan angka ibu menyusui di sini, pake ada iming-iming voucher belanja segala lho, tapi kebanyakan tetep pada ga tertarik ibu-ibu di sini. nyebelin memang hihi. mantrinya si ethan malah acung jempol 4 setiap kali mereka nanya apa masih dikasih asi dan aku jawab, tentu donk! mereka cuma bilang, orang sini susah dibilangin kalau soal asi. trus aku bilang, di indonesia memberi asi sampai 2 tahun itu hal yang umum, hihi. nah, karena bayi formula itu lebih lama kenyangnya dibanding bayi yang nyusu ibunya, karena susu sapi itu lebih susah dicerna, jadi mereka tuh bangga lho kalau bayinya bisa tidur semalam suntuk sampai pagi ga pake bangun, karena udah kekenyangan susu sapi sebelum tidur. aku sih untuk lomba yang satu ini ga pengin jadi pemenang. ethan tetep full-asi ga pake botol ga pake empeng mudah-mudahan sampai umur 2 tahun. meski dengan itu, aku masih harus ronda malam, terkantuk-kantuk kasih dia asi setiap 2 jam sekali, lalu 3 jam sekali, dan sampai umur hampir setahun dia masih bangun tiap jam 2 pagi. jadi intinya, sejak melahirkan, aku belum pernah tidur malam dengan pulas seharipun tanpa kebangun, selama hampir 12 bulan lamanya, mantab! *pengorbanan seorang ibu* #ihiy

tentang kena flu (lagi)

bosen deh selalu ada cerita tentang flu di tiap postingan sejenis, haha. aku juga bosen sih ngetiknya. tapi abis gimana lagi, katanya di umur bawah tiga tahun itu memang waktunya membangun sistem kekebalan tubuh ya, jadi emang terkena paparan virusnya lebih sering dibandingkan dengan anak yang umurnya lebih tua. ya paling sih pilek batuk biasa gitu, yang diawalnya hidungnya berair meler-meler, trus jadi upilan, trus batuk, trus seminggu sembuh, trus minggu depannya mulai lagi, hihi.

meski terkesan sering, tapi kayaknya karena ethan bayi asi, pileknya dan batuknya ga sesering bayi formula. dan menurut teori memang seharusnya begitu. bayi formula lebih rentan terhadap virus dan penyakit, katanya. meski juga ga berarti bayi asi jadi kebal penyakit sih, nyatanya ethan juga masih terkena flu.

tentang tulang rusuk

musim dingin mulai berlalu, hawa sejuk mulai terasa. lumayan udah ga dingin-dingin amat. kami pun mulai aktif di kebun belakang yang selama musim dingin memang selalu terabaikan. umumnya memang begitu, jarang yang mau berkebun di luar dingin-dingin, kurang kerjaan hihi.

karena musim dingin kemarin itu memang jauh lebih basah dari tahun-tahun lalu, dan karena salju ga turun jadi turunnya selalu berupa air, eh rumputku di kebun belakang ditumbuhi lumut!

ga cuma di satu tempat, tapi di mana-mana. kebun tetangga juga rupanya mengalami hal serupa. mungkin karena curah hujan yang tinggi dan rumputnya ga pernah dipotong karena suhu dingin, jadi kondisinya sangat tepat bagi lumut untuk berkembang biak. doh!

suami pun lalu dengan semangat 45 mencoba mencari tahu gimana cara ngilanginnya, dengan nanya-nanya ke temannya. selain karena lumut-lumut ini akan pelan-pelan membunuh rumput kebun, juga jumlahnya bisa tak terkendali dan nyebar kemana-mana nanti kalau ga segera distop. anjuran temennya sih pakai cairan pembunuh lumut yang bisa dibeli di toko. tapi aku ga setuju. karena cairan ini biar mau dibilang seramah apapun terhadap lingkungan, tetep berupa cairan kimia, dan aku ga suka yang kimia-kimia-an gitu. anjuran lain di internet sih, digaruk pakai garukan besi. tapi ini butuh tenaga manusia, dan aku males, hehe.

sampai akhirnya satu wiken, aku nekat karena udah ga tahan lagi lihat rumput halaman belakang makin parah ketutup lumutnya sementara suami kok belum ada tanda-tanda memulai aksi nyata, semangatnya cuma nanya-nanya solusi ke orang-orang doank, jadi aku mulai deh garuk-garuk pake garukan tanah dari besi yang ukurannya kecil itu. eh, manjur sih lumut-lumutnya mulai terangkat dan lepas dari tanah, tinggal dikumpulin, masukin wheelie bin biar bisa diolah jadi kompos. tapi saking semangatnya, aku sampai lupa kalau aktivitas itu memang membutuhkan tenaga ekstra dan otot tentara!

dan, besoknya tulang rusukku sakit....

sampai 2 mingguan, sakit di rusuk atau iga kiri ini ga sembuh-sembuh. tadinya sih aku yakin emang gara-gara ngegaruk lumut itu, eh lama-lama kok curiga ya, jangan-jangan ini beda. akupun ke dokter! apalagi setelah nge-google dengan kata kunci "left-ribs cage-pain", muncul tulisan-tulisan yang bikin rada-rada panik! coba deh...hihi.

untung semua biaya kesehatan di inggris ga bayar. kalau tiap ke dokter dan tiap nebus obat ke apotek bayar, kayaknya bikin bangkrut deh lama-lama, hihi. itulah enaknya punya akses kesehatan gratis yang dibiayai negara. makanya dukung jokowi jadi presiden yah dengan program kartu sehatnya (kartu ini adalah simbol dari perbaikan sistem!). biar keren seperti di negara-negara maju. biar orang-orang ga mampu di indonesia minimal bisa merasakan pelayanan kesehatan gratis seperti yang kami nikmati di inggris. selangkah lebih maju kan jadinya indonesia kalau kesehatan rakyat (miskin)nya menjadi tanggung jawab pemerintah sepenuhnya #ini_emang_kampanye _terselubung

dan siapa tahu ke depannya seluruh rakyat indonesia kaya miskin, semua bisa memperoleh hak yang sama mengenai jaminan kesehatan dari pemerintah, aminnn.

kata dokter sih, emang itu cuma tulang iganya rada trauma karena dipaksa kerja keras, ya ngegaruk lumut itu. bukan karena sebab yang lain-lain yang kata google serem-serem tadi. phew... lega juga rasanya kalau dokter dah bilang gitu. dan memang perlu minimal 4 minggu untuk merasa agak baikan, dan perlu 4 minggu lagi untuk sembuh total. obatnya ga ada sih, biarin aja tapi jangan kerja yang berat-berat dulu katanya. wooo, pantesan udah 2 mingguan sakitnya masih ada aja sampai bikin panik, ternyata emang butuh waktu lama buat sembuh toh. yo wis lah, aku nunggu aja dengan sabar kalau gitu. makasih ya dok!

beneran sih setelah 4 mingguan rusukku udah ga gitu sakit lagi, dan sekarang udah ga berasa apa-apa.

ultah pertama

dan akhirnya, sampailah kita ke momen yang dinanti-nanti, ulang tahun ethan yang pertamax! (sengaja pake x biar kayak di sosmed, haha). tapiiiiii, baru nyadar ternyata cerita tentang ulang tahun udah aku tulis terpisah di postingan ini. karena ga bakal seru kalau diulang-ulang lagi, jadi ga usah dibahas lagi yah di sini.

udah deh, berarti cukup sekian saja tulisan tentang episode 9 - 12 bulan ini. postingan berikutnya, akan aku tulis setiap 6 bulan sekali aja ah, bukan 3 bulan sekali seperti tahun pertama. karena selain takut bikin pembaca bosen #halah, juga emang ga banyak cerita spesial sih ya lama-lama, hehe. tapi untuk yang khusus-khusus nanti aku kumpulin dan tayangin tiap 6 bulan deh ya...ya...ya...

iya aja deh!

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...