Thursday, 22 December 2011

diet

aku tidak gemuk. tinggiku 162cm, beratku cuma 45 kg. orang sering bilang aku kurus, cungkring, begeng, langsing, slim, petite, atau apalah... suka-suka... terserah. yang pasti berat badan ini ga berubah sejak tahun 2003. sebelum itu, aku hanya 40 kg. aku memang tak banyak berubah, aku suka itu. dan aku suka diet. orang mungkin heran, kenapa pake diet segala? bukannya udah kurus? masak mau lebih kurus lagi?

pernah satu hari aku terima pesan dari teman lama yang baru tahu kalau aku tinggal di luar negeri. dia bilang gini, "wah..kamu  tinggal di negeri orang ya? pasti sudah gemukan sekarang". aku jawab, "iya udah lama, tapi berat badan ga berubah koq, beratku masih sama seperti sewaktu aku meninggalkan indonesia, emang tinggal di luar negeri bisa bikin gemuk ya?" tanyaku bego. diapun tidak berkata apa-apa lagi :-D 

foto tahun 2006 - winter - budapest - hongaria

orang sering berasumsi. aku juga suka berasumsi. manusia suka berasumsi. mereka suka menebak-nebak atau mereka-reka keadaan seseorang. bahasa gaulnya sih 'sotoy' atau sok tahu hehe. kadang sebel, kadang cuek aja, ga kepikiran. sebel kalau asumsi yang sama terus menerus berulang meski si penanya berbeda, suka cuek kalau lagi ga mood berdebat atau memang lagi malas mikir.

salah satu asumsi yang muncul berulang ya itu tadi. karena aku kurus maka aku ga perlu diet, sama yang berasumsi kalau aku sekarang sudah gemuk karena tinggal di luar negeri *halah*.

mencegah itu lebih baik daripada mengobati. setuju donk! aku berdiet karena merasa begah, setelah makan banyak hari sebelumnya. aku sering melakukan ini, meski pada umumnya setelah makan banyak, perut cenderung minta diisi lebih keesokan harinya.

tapi maaf ya perut, kalau habis makan banyak itu waktunya puasa. supaya cadangan energi yang kemarin berlebih, bisa terpakai hari ini. jadi meski kurus, diet itu juga perlu. berhenti makan sebelum kenyang, kalau terlanjur kekenyangan besoknya puasa. berdietlah sebelum gemuk, bukannya sudah terlanjur kegemukan baru mikir diet, pasti susah lah yaw!

apakah aku menyiksa diri? ga juga. enjoy enjoy aja tuh, kadang kalau sudah diniatin diet malah ga laper. sepertinya semua kendali itu ada di pikiran kita sendiri. kalau kita berpikir lapar, ya perut jadi keroncongan, kalau kita berpikir untuk tidak lapar, perut nurut saja mau berkompromi. melatih kontrol pikiran ini memang susah susah gampang. banyakan susahnya hehe. jadi jangan heran kalau jarang yang sukses sekali coba.

aku penginnya sih, berat badan tetap berkisar 45 kg sampai tua nanti. kalaupun 'terpaksa' naik karena umur, jangan lebih dari 50 kg lah. jurus jitunya ya berdiet sebelum bertambah gemuk :-) simpel!

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...