Saturday 24 March 2018

jam maju mundur

besok pagi tanggal 25 maret adalah hari terpendek di inggris.

apa pasal? karena sebentar lagi ketika memasuki hari minggu ini kami cuma hidup selama 23 jam sehari saja. lho kok bisa begitu? iya, karena besok pagi jam kami dimajuin lebih cepat satu jam jadi kami kehilangan 1 jam tidur nanti malam hehe. jadi besok pas jam 5 pagi ternyata udah jam 6 aja. perubahan jam ini disebut daylight saving, pemirsa. bagi yang penasaran pengin tahu lebih banyak, ini tautan ke wiki - nya.

kalau males baca wikinya, begini penjelasannya ala otakkukusut pastinya ya.





sejarahnya dimulai pada tahun 1907 oleh kakek buyutnya mas chris martin, penyanyinya grup keren coldplay asal inggris itu lho pemirsa, (pernah kubahas di sini betapa keren dan kece banget si mas yang satu ini). 

nah, si kakek buyut yang bernama mbah william willet ini memulai kampanye supaya pemerintah inggris memajukan jam agar supaya orang-orang bisa lebih menikmati masa musim panas bersama keluarga bukannya masih bekerja di pabrik atau di kantor. terlebih lagi kalau jamnya dimajuin pas musim panas, bakalan menghemat energi!

emang nih kakek buyutnya sama cucu buyutnya, bisa sama-sama keren gini gimana caranya ya hehe.

ide inipun mendapat sambutan hangat dari khalayak ramai dan akhirnya disetujui pemerintah inggris pada tahun 1916 ketika perubahan ini dimulai dengan diterbitkannya peraturan pemerintah berkekuatan hukum tentang memaju-mundurkan jam.

sayangnya, si mbah buyutnya mas chris ini meninggal duluan setahun sebelumnya, jadi dia ngga tahu kalau kampanyenya berhasil dengan sukses. si mbah mah ngga sabaran sih nunggu setahun lagi napa ya hehe #lu_kira

sejak tahun 1916 itulah jam di inggris selalu dimajukan satu jam dari GMT jadi GMT+1 atau biasa disebut BST (British Summer Time) setiap hari minggu terakhir di bulan maret pada jam 1 pagi. artinya pas jam 1 pagi, sejam kemudian bukannya jam 2 tapi langsung lompat jadi jam 3 pagi! aneh ya? hehe.

kalau bingung dan ngga hati-hati serta lupa majuin jam dinding, bisa-bisa masuk kantor telat hari seninnya. kirain jam 9 nyampe kantor padahal udah jam 10, telat sejam haha. untunglah sekarang internet udah canggih jadi semua jam di peralatan elektronik udah otomatis berubah sendiri semua. tinggal ngeganti jam dinding dan jam meja di rumah aja, kudu diatur pake tangan. pegel deh besok ngeganti jam. punya berapa biji ya di rumah?

ada 15-an lebih kalo ngga salah termasuk koleksi jam tangan! #gubrag...

nah, supaya sinkron lagi dengan jam-jam lain di seluruh dunia, nanti pas musim panas udah selesai, seluruh jam di inggris akan balik lagi ke GMT, setiap hari minggu terakhir di bulan oktober. jadi nanti tanggal 28 oktober hari minggu, pas udah nyampe jam 2 pagi, sejam kemudian bukannya jam 3 pagi, tapi masih tetep aja jam 2. nah lo pusing-pusing deh, ngegantiin seluruh jam di rumah lagi.

jadi tanggal 28 oktober nanti adalah hari terpanjang karena kami dapet 25 jam sehari semalam, hehe.
lucu juga ya, aturan kayak gini.

***

masih bingung?

dulu pas aku baru pindah ke inggris sumpah, bingung banget. maksudnya piye toh ini, jam kok maju mundur, kayak kurang kerjaan aja ya. maju mundurin jam. setelah udah hampir 13 tahun tinggal di sini, tetep aja sih masih bingung juga bwahaha. ngga nolong ya.

bingungnya cuma pas jamnya ganti aja sih, karena mikirnya eh ganti jam bakalan bisa tidur lamaan ngga nih? apa yang jam tidurnya berkurang? eh, ternyata kalo maret itu yang jam tidurnya berkurang sejam. kecewa deh hehe. nanti nunggu oktober baru bisa tidur sejam lebih lama. 

dan rupanya, menurut wiki, ngga cuma inggris yang mengadopsi aturan paling aneh sedunia ini, irlandia dan portugal juga ikutan. konsekuensinya, jam-jam di negara-negara eropa yang lain juga pada ikutan menyesuaikan. beda-beda zona waktu antar negara aja udah bikin pusing, ini masih ada jam maju mundur pula. yang lagi naik pesawat bisa bingung nih jam berapa musti ke bandaranya haha. pasti banyak juga nih cerita ketinggalan pesawat pas jamnya ganti-ganti begini, hihi.

moga-moga hari senin pagi aku ngga telat ngantor ya...

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...