Wednesday 18 November 2015

paris teroris

tulisan ini boleh dibilang agak telat.

orang-orang mungkin udah ngebahas peristiwa menyedihkan yang terjadi jumat lalu, beberapa jam setelah kejadian yang menggemparkan eropa bahkan dunia ini masih menghiasi layar kaca dan menjadi topik hangat perbincangan.

tapi meski sudah hampir lima hari berlalu, media di eropa sampai hari ini pun masih menjadikan paris sebagai topik utama pemberitaan media online, digital, maupun cetak. apalagi beberapa hari belakangan ini justru lagi rame-ramenya polisi perancis melakukan penangkapan dan penggerebegan, yang diwarnai (lagi-lagi) oleh beberapa bom bunuh diri!

d'oh...

banyak opini berseliweran di mana-mana. yang menghujat, yang bersimpati. yang nyalahin pemerintah perancis, yang nyalahin pengungsi. trus ada juga yang sibuk membanding-bandingkan dengan peristiwa berdarah di belahan bumi lain meski udah jelas-jelas beda kejadiannya di kota yang aman damai versus di daerah konflik jadi ga bisa apples-to-apples comparison lah, tapi ya tetep aja dibahas, dan lain sebagainya.

riuh rendah dunia digital dipenuhi opini dari orang penting, orang yang kurang penting, bahkan opini dari orang awam yang seringkali meski ga ngerti apa-apa, tetep saja beropini. ya ga papa sih, namanya juga kebebasan berpendapat.

oh ya? kalo opininya ngawur gimana?

ya ga papa juga, toh meski ngawur tetep selalu ada saja yang kemakan mentah-mentah dan percaya bulat-bulat trus di-share ke mana-mana. lagipula ngawur atau ga ngawurnya siapa yang mau nganalisa? kalopun opininya salah, siapa yang mau ngebenerin? ga ada juga kan?

maka dari itu, aku dari kemarin males mau ikut-ikutan beropini. karena bisa jadi ngawur juga. aku ga mau nulis tentang paris sebelum segala sesuatunya lebih jelas. sementara sampe sekarangpun mungkin banyak hal yang masih ga jelas dan informasi media juga ga bisa dijamin kebenarannya. jadi beberapa hari ini aku milih diam saja, kadang sambil geleng-geleng kepala pas baca-baca status atau opini orang-orang di sosmed yang ajib-ajib tentang paris. kayak udah pada pernah ke paris aja! :-p

nah ini kenapa akhirnya nulis juga tentang paris?

gatel sih tangannya pengin ngetik, hehe. mau numpahin unek-unek dari sudut pandangku pribadi, sebagai seorang indonesia yang berdomisili di eropa, yang kadang-kadang berkunjung ke tempat-tempat seperti paris jadi ada kemungkinan bisa jadi salah satu korban dari kejadian serupa. entah di paris atau di tempat lain yang dijadikan sasaran aktivitas terorisme.

tapi kan orang bisa mati kapan saja? kalo jadi korban terorisme ya jadi korban aja. 

hmm, gitu yah. kalo aku sih milih panjang umur sehat terus matinya nanti aja kalo udah kenyang nikmatin hidup, bukan karena kena berondongan pelurunya teroris atau kena korban ledakan bom pas lagi santai jalan-jalan atau makan di restoran di tengah-tengah kota paris hari jumat malam pas lagi liburan ke eropa. seandainya kita bisa milih mau mati kayak gimana yah :-s

Image result for say no to terrorism quotes

tapi kan (katanya) mereka berjihad?

jihad demi apa. surga? surganya siapa yang boleh dimasukin orang yang seenak udelnya ngambil nyawa orang lain secara membabi buta tanpa pandang bulu? emang ada gitu aturan ngambil nyawa orang ga berdosa semaunya tapi malah dapet 'penghargaan'?

tapi kan yang dibunuh orang kafir?

yakin? definisi kafir ala siapa? apa kalo kulit putih itu pasti kafir yang lantas berhak dibunuh gitu? bisa siapa saja lho yang mati jadi korban hari jumat kemarin itu. bisa warga negara mana saja, berkulit apa saja, beragama apa saja, bisa jadi ada yang muslim juga. bisa saja teman atau sahabat kamu yang lagi jalan-jalan ke paris entah dalam rangka liburan, belajar, atau yang lain. bisa saja yang jadi korban kemarin itu aku, kamu sendiri, keluargamu, atau orang yang kamu kasihi.

dua kali aku ke paris. pertama pas jalan sama temen, kedua pas dilamar suami. gimana kalo waktu itu pas ada serangan teroris juga, bisa jadi kan? sasaran aksi terorisme untuk membunuh orang kafir jadi ga tepat untuk jadi alesan. lagian ga usah bawa-bawa agama deh. teroris itu ya penjahat. aksi terorisme apapun alasan dan latar belakangnya bertentangan dengan prinsip dasar kemanusiaan, peradaban, dan perdamaian hidup umat manusia di muka bumi, titik ga pake koma.

tapi kan salah hollande ama putin sendiri nyerang isis duluan.

hadeuh, ga usah sok politis lah, kita ngerti juga kagak. mau apa alesannya kek, aksi terorisme di manapun, kapanpun, oleh siapapun, ga ada yang bisa dibenarkan, apalagi didukung. ga juga di paris ama sharm el-sheikh baru-baru ini, atau yang paling tenar 9/11 di amrik dulu itu. serem sekali kalo sampe ada orang yang ngebenerin tindakan para pelaku kejadian mengerikan jumat kemarin itu. otak dan hatinya pasti udah terjangkit penyakit kronis kalo sampe ada yang mengamini terorisme. ke laut aja deh sono, mancing!

trus itu yang ribut koar-koar masalahin bendera-benderaan di fesbuk, apa bisa disebut ngedukung terorisme juga karena sewot bendera perancis dipajang di mana-mana?

kalo itu nggak sih. mereka itu mah kurang piknik aja. yang suka jadi ribet sendiri kalo orang-orang pada latah dikit-dikit ikutan ini itu tapi dianya ga mau dibilang mainstream jadi tereaknya laen sendiri biar terkenal ajah. banyak kan yang kayak gitu di sosmed numpang tenar sementara #ditimpuk

trus kesimpulannya apa donk?

simpel aja sih:
say YES to peace, say NO to terrorism, full stop!

6 comments:

  1. Tunggu..tunggu..kau dilamar di Paris? Gimana ceritanya? Apakah ada latar Menara Eiffel di belakang kalian berdua?

    *lost fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya donk bu dokter, ada buktinya lho (foto) jadi bukan hoax. eh foto bisa di-photoshop dink ya :-p
      http://www.nayarini.com/2012/03/eiffel-i-am-in-love.html

      Delete
  2. wah kayaknya ada penguasa yg melihat parsi terlalu menarik mbak ajdi kunjungan ke negeri itu harus dikurangi agar stabilitas ekonomi dan harga aman... begitulah para pemberi pengaruh dunia di sana hehee..... hadeeehh entahlah... yg pasti ini menyangkut duit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, kita ga pernah tahu yang bener gimana ya kan? selalu konspirasi, prasangka, dan tebak-tebakan :-)

      Delete
  3. Replies
    1. Lha kok cuma kalimat terakhir bu, yg awal sama tengah gimana hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...