Thursday 18 June 2015

terbawa arus

hari ini iseng-iseng aku bersih-bersih postingan lama.

sejak aku ganti tema warna blog dari super gelap menjadi super terang seperti sekarang ini, memang banyak setingan yang jadi ga bener. misalnya tanda tanganku di akhir postingan yang tadinya berwarna putih karena latar blog waktu itu item, pas latarnya berganti warna putih tanda tangannya jadi ga keliatan deh.

trus ada banyak postingan yang aku warnain kuning muda untuk nandain paragraf tertentu. begitu latarnya ganti putih paragraf yang kuning muda ga kebaca deh. masih bisa kebaca sih kalo matanya mau dikriyip-kriyipin dikit, tapi tetep ga nyaman lah.


niatnya sih pengin ngerapiin semua postingan satu persatu. cuma memang untuk ngeganti bagian-bagian yang ga bener itu ternyata butuh waktu yang lumayan banyak. meski jumlah postingan masih belum sampe angka 400, baru 300-an sekian, tetep saja bakalan pegel kalo ngeberesin semuanya sekaligus. bisa sih dicicil, ngerjainnya dikit-dikit, tapi kok malas dan ogah-ogahan ya rasanya.

sampe hari ini entah kenapa tiba-tiba aku yang kerajinan aja gitu mulai rapi-rapi blog dan ngeganti setingan yang ga kebaca ini. sebagian postingan yang kutulis sejak aku ganti warna latar udah rapi sih, jadi cuma sebagian lagi aja yang perlu dibenahin. dulu-dulu juga udah sempat nyicil ngegantiin ini dari postingan yang paling tua, tapi macet karena capek hehe.

eh, begitu udah mulai dan tau selanya ternyata cepet juga lho ngeberesin ini satu demi satu.

dan akhirnya semuanya kelar deh. butuh kurang lebih 4 jam-an sih. pegel juga jari tangan jadinya. tapi lega lah sekarang minimal postinganku udah bertanda tangan semua, artinya udah sah! halah.

nah, karena lagi nganggur daripada bengong, iseng-iseng aku baca-baca lagi beberapa postingan lama. setelah itu aku jadi merenung gitu. baru nyadar ternyata gaya bertuturku sejak 2010 dibandingin sekarang udah berubah drastis!

dari segi tema dan topik juga sudah banyak bergeser. postingan-postingan lamaku cenderung lebih ke topik-topik pribadi dari pengalaman masa lalu, atau topik-topik umum di mana aku selalu menempatkan diri sebagai pengamat netral dan ga memihak.

dibandingkan dengan postingan-postingan sekarang yang cenderung lebay dan kadang-kadang mengerucut ke satu topik tertentu dan mencoba mengambil sikap memihak ke salah satu pendapat.

hmmm, gejala apa ini ya? apakah aku pelan-pelan terbawa arus perubahan tanpa sadar? dan kenapa bisa begitu?

mungkinkah ini cuma proses tranformasi biasa dalam perjalananku ngeblog, dari yang tadinya cuma iseng-iseng ngetik ga jelas, cuma sekedar dokumentasi catatan pribadi semata, lalu pelan-pelan aku bertransformasi menjadi "penulis" yang berusaha berinteraksi juga dengan pembaca, kemudian menjelma menjadi "penulis" yang berusaha (terlalu) keras untuk menyenangkan semua pihak? #uhuk

atau mungkinkah karena di tengah-tengah perjalananku ngeblog itu aku juga mulai bergabung dengan beberapa komunitas-komunitas di luar sana yang mungkin sedikit banyak membawa pengaruh dan perubahan pada gaya bertuturku? mungkinkah juga karena aku mudah terpengaruh oleh gaya bertutur orang lain terutama para blogger favoritku? entahlah.

sejujurnya, aku rindu kembali menulis dengan gaya lamaku lagi, rindu menulis untuk diriku sendiri. tanpa peduli ada yang baca atau ga. tanpa peduli siapa yang baca. tanpa peduli apakah akan ada yang komen atau ga. karena waktu itu semua itu ga penting.

membaca-baca postingan lama, gaya bertuturku dulu memang terasa lebih orisinil, segar, mentah, kadang kaku, naif, apa adanya, murni hasil olah pikir sendiri, dan terasa ga ada pengaruh dari perkembangan jaman dan waktu.

ketika aku berubah peduli postinganku ada yang baca atau ga, peduli siapa aja yang baca, peduli berapa orang yang bakalan baca dan komen, dan ketika semua itu jadi penting, tulisanku pun ikut berubah.

membaca-baca postingan sekarang kesannya terlalu cheesy, kurang berbobot #krik, kebanyakan haha-hihi, terlalu disetir opini calon pembaca (baru calon lho padahal), dan kadang-kadang kelihatan terlalu maksa, hadeuh.

gimana ya caranya biar bisa balik lagi ke gaya bertuturku yang dulu?

dengan meminimalkan pengaruh eksternal yang mungkin menjadi penyebab transformasi itu? hmm, aku coba dulu ah. nanti aku review lagi beberapa bulan mendatang. mudah-mudahan aku bisa posting tulisan-tulisan yang ga terlalu cheesy lagi.

mudah-mudahan :-)

2 comments:

  1. wahahaha udah ganti to tibaknya latarnya, mbak? niceeee...
    pokokmen semakin ke sini mbak Nay semakin menunjukkan eksistensinya di karir. Koyoknya semakin bersinar dan super sibuk.
    kalau dulu masih ada space tulisan untuk hobi, semacam masak, berkebun, nanam anggrek, dll. cmiiw :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pettyyyyy, putri cantik yang hilang hehe. Eksistensi di karir jadi ga sempat ngerjain dan cerita hobi! Pengamatanmu luar biasa, semacam psikolog lah (lhah emang iya kan haha). Bener banget deh. Makasih ya udah kasih feedback yg bermanfaat banget buat renungan :)
      Aku juga kemarin itu kaget pas nengok blogmu lagi kamu udah sibuk berkarir gitu. Hihi...time flies yaaa...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...