Sunday 12 July 2015

istanbul turki

mei - 2006

seperti sudah pernah aku niatin sebelumnya di postingan berjudul travelling beberapa waktu yang lalu, kalo aku pengin dokumentasiin kisah-kisah-ku pas masih rajin jalan-jalan keliling eropa dulu, postingan ini adalah postingan pertama dari banyak postingan travelling yang akan terbit.

kenapa istanbul?

karena dari banyak tempat yang pernah aku kunjungi kira-kira sepuluh tahun yang lalu itu, istanbul sepertinya yang paling berkesan deh. apalagi kisahnya diawali dengan cerita ala-ala mahasiswa yang bandel dan bolos dari perkuliahan!

iya, aku dulu itu ke istanbul dalam rangka bolos kuliah hehe.

alasan detilnya aku lupa, cuma tiba-tiba aku sama sahabatku yang asli india, pengin aja ke istanbul. sepulang dari kuliah, kami mampir deh ke agen perjalanan (dulu kami tinggal dan kuliah di budapest - hongaria). nanya-nanya tiket dan langsung beli gitu aja haha. sepulang dari beli tiket, kami ketemu dua orang temen kuliah, dua-duanya cewek. satu dari kenya, satu dari kazakhtan, dua-duanya muslim. ketika kami cerita kalo aku sama temen indiaku mau ke istanbul, eh mereka langsung memutuskan ikut dan malah beli tiket juga haha. kenakalan itu memang mudah menular...

jadilah kami berempat bersekongkol untuk pergi ke istanbul selama 6 hari 5 malam dan bolos kuliah!

setelah beli tiket, kami berempat meluncur ke kedutaan turki buat nyari visa (dulu masih perlu visa donk ke turki). untungnya harga visa-nya murah dan bisa jadi hari itu juga meski pake acara ngerayu bapak-bapak di belakang loket pake kedip-kedip mata segala haha, karena kami harus terbang-nya besok pagi. bener-bener jalan-jalan tanpa persiapan. malemnya, aku nyari penginapan di internet dan dapet dormitori satu kamar untuk 4 orang di dekat pusat kota istanbul, dan katanya cuma beberapa meter saja dari pusat atraksi turis.

asik-asik...

besoknya, kami berempat meluncur ke bandara dan dengan tanpa rasa bersalah karena bukannya pergi kuliah malah jalan-jalan, kamipun mengawali petualangan seru kami ke negeri sufi ini.

***

pesawat yang kami tumpangi adalah turkish airline. biasa aja sih ga ada yang berkesan. pas mendarat di bandara istanbul dan naik taxi ke penginapan, baru deh ingatanku tentang petualangan di turki ini muncul kembali.

masuk duluan ke pesawat pas bangku masih kosong
turkish airline, budapest - istanbul

sebagai mahasiswa yang duit bulanan jatah beasiswa dari uni-eropa jumlahnya pas-pasan (tapi bisa jalan-jalan hehe), kami memilih dormitori sederhana ala backpacker di jantung kota istanbul. meski dari kami berempat yang bawa ransel cuma dua orang sementara aku dan temenku yang dari kazakhtan lebih percaya pada kekuatan koper kecil, tetep saja kami jalan-jalannya ala backpacker juga. makan cari yang murah meriah, tidur sumpek-sumpekan, kalo beli pasti nawar, tapi tetep asik-asik aja.

ruang tamu dormitori. latar belakang satu temen yang dari kazakhtan
lagi ngobrol sama mas-mas yang punya penginapan
cowok di paling kiri entah siapa, tamu juga kali

pemandangan dari depan dormitori
bangunan bersejarah yang sangat terkenal, hagia sophia
bener banget dormitorinya ga bohong, cuma selemparan batu dari pusat kota

seperti biasa, setiap kali jalan-jalan bareng temen-temen kuliah, aku selalu didaulat jadi ketua regu! tau kenapa? karena aku paling tua hahaha. ketua regu ini maksudnya buat ngambil keputusan hari itu kami mau jalan ke mana, ke sana pake apa, mau berhenti di mana, balik ke penginapan lagi jam berapa, semua terserah bu ketua. aku juga yang harus pegang peta karena temen-temenku yang lain terlanjur percaya sama aku kalo pergi-pergi bareng aku tuh ga bakal nyasar.

hadeuh, berasa gps!

pas kuliah aku emang di kelas terkenal suka jalan, suka motret, hobi keluyuran, dan kemana-mana senengnya sendirian aja.

karena jalan bareng itu menurutku ribet, apalagi sama orang yang banyak maunya pas jalan-jalan tapi baca peta aja ga becus lol. dasarnya aku orangnya ga sabaran, makanya aku selalu jalan sendiri. nah, kalo ada yang mau ikut syaratnya cuma satu, harus nurut sama ketua regu, yaitu aku. kalo ga nurut ditinggal, jalan aja sendiri hehe. temen sekelasku tau bener kalo aku orangnya begitu jadi pas ke istanbul ini mereka pasrah dan nurut aja.

pusat kota istanbul turki

dari budapest, aku udah siapin daftar tempat-tempat yang pengin kami kunjungi selama di istanbul. karena kami akan di sana lima hari, hari terakhir cabut ke bandara jadi ga diitung, jadi penginnya ke banyak tempat yang udah terkenal buat dikunjungi para turis. tadinya juga pengin melancong ke cappadocia segala naik bis dari istanbul (karena pengin naik balon udara hehe), tapi batal dan harus kami coret dari daftar karena sesuatu hal (lupa!).

hari pertama

daftar kunjungan di hari kami tiba adalah ga kemana-mana. besoknya baru diitung hari pertama jalan-jalan. acaranya ke pusat kota istanbul dan keliling-keliling nyari tempat makan yang asyik dan murah. kami memutuskan untuk jalan kaki saja. yang paling berkesan tentang istanbul, adalah ga perlu repot nyari makanan halal karena mayoritas penduduknya muslim hehe. masakan istanbul eh turki, juga gampang cocok di lidah orang indonesia dibanding masakan eropa.

bangun pagi kuterus selfie... (di depan dormitori)
14/05/2006   08:33

yang sampe sekarang masih aku ingat tentang istanbul adalah minuman khas-nya yaitu teh apel!

iya, buah apel itu lho, dikeringin trus dijadiin teh, alias diseduh sama air panas, kasih gula dikit lalu diminum. rasanya khas banget dan seger. sampe sekarang susah banget nyari teh apel asli turki yang rasanya se-otentik teh yang kami minum di istanbul. dulu di hongaria masih gampang nemu di supermarket tertentu, tapi di inggris sini belum pernah nemu euy.

resto-resto turki bertebaran di mana-mana, apalagi di area yang banyak turisnya. malesnya, kadang mas-mas yang berusaha ngegaet calon tamu buat mampir ke restorannya agak-agak lebay bahkan ga sedikit yang terkesan maksa dengan broken english-nya. apalagi kami berempat cewek semua. laki-laki turki tuh ganteng-ganteng muka arab hidung bangir gitu deh. tapi kalo udah norak kegenitan jadi serem juga haha.

bukannya mampir ke resto-nya ada juga kami malah kabur terbirit-birit trus ngakak berempat!

karena hari pertama acaranya memang santai, kami jalan-jalan ga jelas aja keluyuran di istanbul. nongkrong di deket selat bosphorus yang terkenal itu sambil ngopi-ngopi. sorenya baru kami mampir ke sebuah istana di pusat kota, tapi aku lupa namanya (bukan topkapi). eh ketemu di wiki, namanya istana dolmabahçe. malamnya kami makan malam di sebuah restoran mirip bar yang menyajikan makanan khas turki, sebelum akhirnya kembali ke dormitori untuk istirahat.

sengaja nyasar-nyasarin diri bahkan sampe ke stadion

mejeng di depan istana dolmabahçe
14/05/2006   13:29

dalem istana dengan lampu kristal baccarat yang terkenal

mengakhiri hari pertama dengan makan malam bersama
empat mahasiswi pembolos, ki-ka: indonesian, kenyan, kazakh, indian
14/05/2006   17:43

hari kedua

dormitori kami, selain cuma selemparan batu ke hagia sophia, juga ternyata cuma 5 menit jalan kaki ke istana topkapi. maka hari kedua kami rencana akan ke topkapi seharian. trus sorenya pengin naik kapal menikmati selat bosphorus, ke princes island.

yang bikin merinding di istana topkapi ini koleksi pernik-pernik yang berhubungan dengan dunia islam sangat komplit. dari koleksi pintu ka'bah, kunci ka'bah, penutup hajar aswad, pedang-pedang asli yang dipake perang jaman dulu oleh para khalifah, dll.

maklum, ottoman turki pada masa kejayaannya memang sangat besar perannya dalam sejarah islam. istana topkapi ini saking gedenya, kalo mau keliling bener-bener buat menikmati seluruh koleksi yang ada, satu hari mungkin ga akan cukup. berhubung kami ada rencana kedua hari itu, maka keliling topkapi kami kebut dalam beberapa jam saja.

kurang puas sih, tapi ya dipuas-puasin lah.

tips: kalo pengin ke sini, dateng pagi-pagi banget karena masuknya ngantri lama, apalagi pas musim turis. untung kami tinggalnya deket cuma 5 menit dari situ, jadi dapet antrian paling depan. udah dikasih tau mas-mas yang punya penginapan juga sih, disuruh ke sana pagi-pagi hehe :-)

di depan pintu masuk topkapi
15/05/2006   09:18

koleksi kunci pintu ka'bah

koleksi penutup hajar aswad dari emas

koleksi pintu ka'bah

salah satu sudut topkapi berlatar belakang selat bosphorus
15/05/2006   12:45

dari topkapi, kami menuju ke salah satu pelabuhan kecil di sepanjang selat bosphorus dan beli tiket kapal yang menuju ke princes island. di pulau yang katanya unik ini, kami pengin jalan-jalan aja sekalian menuntaskan rasa penasaran kami, karena di pulau ini ga diperbolehkan satupun kendaraan bermesin! jadi ga bakal ada mobil, traktor, atau roda dua. katanya, di sana nanti untuk keliling-keliling pulau, kami bisa jalan kaki (kalau kuat), atau naik delman ditarik kuda hehe. ramah lingkungan banget deh pulau ini.

kami di pulau sepanjang sore, menikmati tur yang dipandu oleh bapak-bapak yang narik delman-nya, yang inggrisnya ala kadarnya hehe, trus nongkrong di cafe sambil ngemil menikmati angin sepoi-sepoi dari arah laut. malamnya kami kembali ke istanbul yang di kejauhan kelihatan bagai kerlap-kerlip berlian dari geladak kapal yang kami tumpangi.

turun dari delman abis keliling pulau, selfie dulu....
15/05/2006   17:41

nunggu kapal ke istanbul, selfie lagi...
udah hobi selfie dari dulu ternyata haha. ini foto tahun 2006 lho!
15/05/2006   18:25

istanbul di malam hari, foto diambil dari kapal
15/05/2006   20:01

hari ketiga

meski lokasinya paling deket dari dormitori tempat kami berempat nginep selama 5 malam, tapi tempat-tempat wisata ini aku letakkan di daftar untuk kami kunjungi di hari ketiga saja. bukan apa-apa sih, cuma karena deket banget dan udah kelihatan di depan mata tiap hari (apalagi menaranya menjulang tinggi-tinggi), jadi kami agak santai aja buat ke sana.

ada dua tempat yang kami kunjungi di hari ketiga kami di istanbul, yaitu haiga sophia dan blue mosque (sultan ahmed mosque) yang letaknya kebetulan berhadap-hadapan. yang pengin tau detilnya tentang kedua tempat ini, silahkan intip tautan wiki yah. yang pasti, hagia sophia ini unik karena bangunan ini dulunya pernah berfungsi sebagai masjid dan juga pernah berfungsi sebagai gereja. setelah berubah menjadi museum, para pengunjung bisa melihat berbagai tulisan berbahasa arab dan juga di beberapa tempat bisa ditemui lukisan -lukisan bernuansa kristen.

sementara blue mosque adalah salah satu bangunan mesjid terkenal dan bersejarah di istanbul. disebut blue mosque karena memang interiornya yang indah dan cantik didominasi oleh mosaik berwarna biru.

di dalam hagia sophia
16/05/2006   09:33

mural gereja
16/05/2006   10:27

di dalam blue mosque. tas itu isinya mukena...
16/05/2006   11:14

siang-siang mejeng di depan blue mosque
16/05/2006   13:00

hari keempat (terakhir)

setelah puas selama empat hari mengunjungi tempat-tempat yang penting untuk dikunjungi di istanbul, hari terakhir kami acaranya santai saja. di daftar rencananya mau shopping ke grand bazaar, pasar raksasa di istanbul saking gedenya, ke istanbul university, trus sorenya nonton tarian sufi yang terkenal dan menghipnotis itu.

malamnya, kalau selama ini kami lebih banyak muter-muter di istanbul bagian eropa, hari terakhir kami pengin jalan-jalan ke istanbul bagian asia menyeberangi selat bosphorus meski pas hari pertama kami sudah muter-muter juga ke arah sana. karena jauh, kami naik bis :-)

bagi yang bingung, negara turki memang ada di dua benua, sebagian kecil wilayahnya ada di benua eropa, di ujung semenanjung yang berbatasan darat dengan negara bulgaria, dan sebagian besar wilayah sisanya ada di benua asia. istanbul sendiri sebagai bekas ibukota negara (era ottoman) sebelum pindah ke ankara (era republik), terletak di kiri kanan selat bosphorus yang membelah benua eropa dan asia. karena keunikan geografi inilah, turki menjadi istimewa.

alat musik tradisional khas turki dijual di grand bazar

cendera mata atau oleh-oleh khas turki, figurin penari sufi

muter-muter di grand bazaar lumayan bikin pusing juga. pasar terbesar di istanbul ini emang mirip-mirip tanah abang gitu deh. penjualnya mungkin jumlahnya ribuan, serius! saking gedenya sampe bingung mau keluar pintunya yang mana ya haha. kami ga ngeborong apa-apa sih, emang juragan pake borong-borong. aku cuma beli kalung sama anting khas turki aja yang motifnya blue eye atau evil eye itu lho. standar bangetlah. abis itu yang paling murah haha. namanya juga mahasiswa :-p

pas mampir ke universitas, kami cuma kongkow-kongkow doank. sekalian nunggu jadwal pertunjukan tari sufi yang digelar di stasiun kereta di pusat kota istanbul. pertunjukan tarian khas turki ini ada di mana-mana. selaku turis, kita tinggal pilih aja satu. harga tiketnya mirip-mirip lah, ga beda jauh. mumpung di turki, kalo bisa sempetin deh nonton tarian ini. keren abis. penarinya bisa muter-muter kayak kerasukan gitu lho, tapi kok ga pusing dia yah hehe.

biasanya pertunjukannya ada ceritanya, mirip di kita gitu deh, sebuah tarian kan biasa ada makna dan sejarahnya. tarian sufi juga gitu, tapi aku lupa waktu itu kisahnya tentang apaan haha.

mas-mas penari sufi, nari muter-muter sambil merem
udah kayak terhipnotis, yang nonton juga hehe
16/05/2006    19:18

selfie burem, berlatar belakang para penari sufi
16/05/2006   19:29

kamera temenku bisa nangkep tarian di banyak frame sekaligus

***

sebagai penutup, perjalanan ke istanbul waktu itu cukup seru. meski belum puas ngiterin istanbul, kunjungan singkat 4 hari ke sana plus dua hari untuk keberangkatan dan pulang di sela-sela jadwal perkuliahan yang cukup padat, sungguh sangat berkesan. masih banyak sebenernya tempat-tempat menarik di turki yang harus dikunjungi. tapi karena waktu dan dana terbatas, mungkin lain kali aku akan kembali ke sana, apalagi sekarang wni ga perlu visa!

sayangnya, kebandelan kami berempat harus dibayar juga. sekembalinya dari sana, kami dipanggil menghadap bapak ketua jurusan dan dikasih omelan karena bolos selama seminggu dari perkuliahan tanpa ijin, eh malah pergi jalan-jalan, ke turki pula.

keluar dari ruangan, kami saling menatap satu sama lain, lalu ketawa cekikikan sambil menutup mulut dengan tangan, tanpa merasa bersalah!

d'oh... jangan ditiru yah....:-p

2 comments:

1. Aku udah baca ini,
    eh buka blognya lagi masih ini postingan terakhirnya =))
    apdet mbaaaa

ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka... ditampar Una gue!!! LOL... iya Na... lagi super sibuk di kantor, maklum, orang penting! hahahaha.... iya iya ni lagi ngedraft postingan :-p

Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...