Thursday 24 November 2016

#obrolan_ringan 02


pertama-tama, maaf yaaa....

niatan untuk nulis rutin tentang obrolan ringan tiap hari ternyata tinggal niatan doank. realisasinya nol besar, haha. yah, harap maklum yah, yang punya blog lagi sibuk ngecat rumah soalnya!

ntar kalo rumahnya dah rapi, pasti rajin nulis lagi deh. janji...

kali ini mau nulis cepet aja karena emang waktu luangnya nggak banyak, mengenai obrolan ringan di radio tadi pagi tentang strategi jitu untuk kebal terhadap virus/bakteri yang semakin merajalela terutama ketika lagi ganti musim, atau pancaroba.


di inggris saat ini hawanya emang lagi aneh, pemirsa.

ilustrasi minjem dari sini

panas enggak, dingin enggak, kadang berangin, kadang mendung, kadang hujan, kadang matahari nongol! nggak jelas banget lah. makanya banyak banget orang yang meriang. ethan aja udah nggak enak badan dua kali, padahal berbulan-bulan dia sehat-sehat aja pas hawanya stabil. emang nih kalo suhu bumi naik turun nggak jelas, virus-virus ama bakteria pada pesta apa yah. hmm...

makanya tadi pagi diobrolin tuh tips-tips bagaimana caranya supaya kekebalan tubuh kita meningkat ketika cuaca lagi nggak menentu. dan salah satu kehebohan yang diobrolin kev sama ros tadi pagi di radio heart fm adalah satu tips ampuh untuk menangkal segala macam virus/bakteri supaya menjauh dari kita.

eh, virus ama bakteri itu beda yah. bedanya penyakit yang disebabkan karena virus, nggak/belum ada obatnya. kalo bakteri bisa dibunuh pake anti-biotik. aku tulis disini jadi satu karena dua-duanya adalah penyebab penyakit yang cepet nular ke orang lain, itu aja.

kembali ke tipsnya kev and ros supaya kebal. tips apakah itu?

sebelum aku kasih tahu, aku mau tulis dulu alasan-alasan kenapa hewan super mini yang bernama virus/bakteri itu nyebarnya cepet banget.

pertama karena ngga kasat mata alias nggak kelihatan! kalo virus segede onta, namanya onta donk yah, hihi.

kedua karena kita nggak nyadar seringkali nyebarin virus dengan semena-mena karena ketidaktahuan atau kecuek-bebekan kita terhadap lingkungan sekitar. misal nih kita lagi kena flu, bersin-bersin donk yah. emang sih pas bersin biar rada sopan tutup mulut/hidung pake tangan. tapi abis itu kita lupa kalau virus flu kita udah pindah ke tangan. tanpa pernah berpikir untuk cuci tangan dulu, enteng aja kan kita lantas pegang-pegang ini itu.

yang paling parah dengan kegiatan sehari-hari, kebanyakan orang tetap harus keluar masuk ruangan dengan cara buka tutup pintu. nah, gagang pintu itu sumber penyebaran virus/bakteri, pemirsa. bayangkan berapa puluh atau ratus tangan yang megang itu gagang tiap harinya? coba virus/bakteri ada warnanya, pasti gagang pintu di mana-mana udah kayak pelangi deh hihi...

selain gagang pintu, yang sering jadi sumber penyebaran adalah pegangan tangga. pokoknya semua yang orang-orang suka pegang lah, mau nggak mau. dan, satu lagi sumber penyebaran virus yang ternyata paling dahsyat adalah JABAT TANGAN!

ilustrasi minjem dari sini

mulai sekarang kalo diajak jabat tangan tinggal dempetkan dua telapak ke dada yah. selain mencegah penyebaran virus/bakteri, juga biar disangka ukhti alim, nggak mau ketoel yang bukan muhrim hehe.

nah, menurut radio tadi pagi, tips supaya badan jadi kebal virus/bakteri ternyata cukup simpel lho. yaitu dengan cara makan bawang putih mentah!

nah, tadi pagi, seperti biasa si kev dirayu-rayu trus dipaksa si ros tuh buat nyobain. dan kev dengan sangat terpaksa (sambil ros ketawa-ketawa jahil) makan entu bawang. rasanya bisa bayangin sendiri lah ya. huekkkk...

setelah terpaksa ngunyah dan menderita parah karena harus nelen bawang putih beberapa suing, akhirnya kev pun nanya ke si ros. emang kenapa sih bawang putih bisa bikin kekebalan tubuh kita meningkat terhadap serangan virus/bakteri?

emang sih secara sains, bawang putih mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh termasuk menangkal ini itu. google ndiri yah.

ilustrasi minjem dari sini

tapi apa jawaban si ros?
karena habis makan bawang, mulut lu bau bawang, jadi nggak bakal ada orang yang mau deket-deket apalagi ngejabat tangan lo! aman deh nggak ketular virus...hahaha

si kev:
whatttt!??

kena lagi dia dikerjain si ros...kesian...hihi!

6 comments:

  1. kebersihan tangan penting bgt ya mbak memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. cuman karena nggak semua kotoran selalu kelihatan, terutama makhluk mungil bernama virus itu, ya gitu deh...hihi

      Delete
  2. hahhaha..endingnya. bener juga sih.

    duit, ituyang susah banget dijaga kebersihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya, DUIT!!! bener banget... pinter deh kamu. mungkin pas di radio nggak dibahas karena orang inggris jarang yg pegang duit sih, apa-apa bayar pake kartu hihi

      Delete
  3. Bawa tissue antiseptic n cairan cuci tangan wherever you go n gecek tuh bawang buat bikin sambel korek...hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih, tips ala emak-emak rempong ya mbak Sant! kemana-mana bawaannya segabreg haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...