Friday, 3 February 2017

cerita mudik #1

iya iya, aku tahu kalian udah pada nungguin kan, cerita-cerita seru pas mudik kemarin...#sok_pede

sori dori mori baru sempet ngetik dan ada waktu buat ngeblog lagi setelah tepar dengan sukses selama semingguan karena apalagi kalau bukan jetlag! mana tetep kudu ngantor pulak huffft...

cerita mudik ini aku bikin berseri aja ya, karena banyak banget yang mau diceritain hehe. cuma ya sempet ngetik apa nggaknya itu, doain aja lah ya aku bisa ngeluangin waktu untuk lebih sering ngapdet blog yang agak-agak terbengkalai belakangan ini. amin.


supaya runut dan nggak tumpang tindih di memori, aku ceritainnya acak aja sesuai waktu kejadian atau kronologi per bagian.

***

01 - mendadak mudik

sebenernya nggak 100% mendadak juga sih. aku kan terakhir mudik tuh tahun 2012 yah. ho oh, lima tahun yang lalu sodara-sodara, sedih banget kan ya hehe. alesannya ya karena setelah mudik kan hamil tuh (2012), trus ngelahirin (2013), trus cuti melahirkan (2014), trus balik kerja lagi, trus rencana pindah rumah (2015) sampe akhirnya kesampaian pindah bulan oktober 2016 kemarin itu!

jam dinding #emirates #lounge

gila aja butuh lima tahun buat settled dan bisa mudik lagi, haha. mungkin ada faktor males juga sih karena sekarang kemana-mana kudu bertiga, ngga berdua lagi.

cerita-cerita mudik 2012 ada di sini:

jadi begitu kami selesai dengan urusan pindahan, rencana selanjutnya adalah mudik pulang kampung. karena ini bakalan perjalanan jauh yang pertama kali buat si ethan, kami tentunya ngerasa was was juga. kan banyak tuh cerita-cerita horor anak kecil naik pesawat yang nangis terus dan emak-bapaknya dipelototin seluruh penumpang pesawat karena bikin bising seluruh pesawat dan ngeganggu penumpang lain yang pengin tidur? horor banget kan yah...

jadi kamipun planning-nya udah jauh-jauh hari.


rencananya kami mau pulang bulan april, selama 3-4 minggu. penginnya juga mau mampir 2-3 hari di dubai karena suamiku udah ngebet banget pengin mamerin kota megah itu ke aku. dia kan emang sering tugas ke sono, akunya selalu cuma transit di dalam bandara doank ngga pernah bener-bener ngeliat dubai. jadi dia pengin ngajak jalan-jalan gitu. oke deh sip.

dubai

trus, kami juga pengin mampir ke malaysia ama singapura. kebetulan sahabatku yang dulu sempet lama tinggal di inggris, udah balik kampung ke penang dan ngebuka usaha penginapan. jadi dia udah yang nyuruh-nyuruh ke sana gitu mau dipamerin penginapannya dan kami boleh nginep gratis hihi.

sekalian mau mampir juga ngelihat singaparna, eh singapura negara kecil mungil tapi aku sama sekali belum pernah nginjak kaki ke sana itu, karena ngga pernah sempet hihi.

eh, lha kok tiba-tiba ada berita duka!

bulan desember, suami kakakku ngga ada, mendadak. jadilah semua rencana itu dibongkar ulang. kami akhirnya pesen tiket pertengahan januari, dan semua rencana plesiran dibatalkan. karena kami berdua cuma dapet cuti dua minggu secara kerjaan kantor lagi banyak, dan kami barusan balik kerja dari libur panjang natal-tahun baru.

mendadak kan jadinya mudiknya?

***

02 - naik pesawat pertama kali

ini buat si ethan yah, bukan emak-bapaknya hihi...

sejak dia lahir kan emang kami belum pernah ajak dia terbang ke mana-mana. ada sih waktu itu mau diajak ke spanyol-marbela ke tempat kakaknya suami yang emang domisili di sono. batal karena sesuatu dan lain hal. sementara sejak dia lahir, kami plesirannya cuma di sekitaran inggris aja jadi kemana-mana ya bawa mobil sendiri.

karena itu pula, ethan pun sama sekali belum pernah naik angkutan umum semacam bis, kereta api, apalagi taxi. duh, kok dia ngga gitu adventurous yah. salah emak bapaknya nih, memberikan kenyamanan berlebihan ke dia sejak lahir hihi #keplak

walhasil, ketika udah mulai deket waktu terbang ke indonesia, kami berdua pun panik.

ntar gimana tuh dia bakalan bisa anteng ga ya diajak naik bis dari parkiran ke bandara (emang agak jauh apalagi kalau parkirnya lama berminggu-minggu emang harus pakai yang long-stay), trus gimana entar dia di pesawat ya, bla bla bla...

rempong abis lah....

mana sejak kami diskusikan tentang rencana  mudik ini ke dia, berkali-kali dia bilang, aku ngga mau naik pesawat mummy, it's too big! puffffttt....

padahal mainan pesawat dia banyak. bis juga banyak. kereta apalagi, semua seri-nya thomas dia punya hehe. tapi kan semuanya emang ukurannya mungil-mungil. begitu ketemu aslinya, jiper dia kok gede banget haha. waktu itu pas aku ajak ke kebun binatang yang ada patung dinosaurusnya ukuran asli, nangis dia ga mau deket-deket, padahal cuma patung, hadeuh. selalu alasannya too big, mummy!

pernah juga kuajak ke stasiun kereta, cuma buat lihat kereta doank dari jarak deket, nggak pake naik. itu juga sama bilangnya it's too big, mummy! apalagi ini nanti kalo udah waktunya boarding pesawat dia nangis nggak mau masuk karena it's too big, mummy, gimana donk, panik kan?
akhirnya aku dan suami ada ide!

ethan di gatwick, pas hari keberangkatan

seminggu sebelum jadwal terbang, kami berdua ngajak ethan ke bandara dekat rumah. sekedar pengenalan dan ngeliat pesawat mendarat dan lepas landas dari jarak lebih dekat, supaya nggak gitu kaget nanti. dan kami pun berkesempatan juga ngajak dia naik bis untuk pertama kali dan gratis, dari parkiran bandara ke gedung keberangkatan, pulang pergi.

tadinya pas di halte bisnya, dia juga udah agak-agak sangsi gitu sih, nggak mau naik. the bus is too big, mummy! #halah, cape dehhh

eh begitu udah di dalam bis, kupangku, dia mulai enjoy gitu. seneng dan ngikik sendiri karena bisnya goncang ke kiri ke kanan kalo belok-belok. phew, legalah kita berdua. minimal satu rintangan terlewati dengan sukses. ethan bisa naik bis, hahaha... nggak penting banget sih diumumin.

begitu hari h keberangkatan, rupanya pengalaman ke bandara itu memang membekas dalam ingatan ethan sebagai pengalaman yang menyenangkan. naik bis, beli burger king (haha), lihat pesawat mendarat dan lepas landas dari dekat, balik lagi naik bis, trus pulang ke rumah pake mobil. ingatan itu kami gunakan tiap hari setelah itu untuk nyiapin mental dia buat naik pesawat beneran hehe.

akhirnya sukses!

ethan lagi nyantai di #emirates #businesslounge #gatwick

sejak sampe ke bandara, menikmati business lounge-nya emirates, lalu duduk di ruang tunggu nunggu boarding, lihat pesawat-pesawat parkir dari jendela kaca, dia seneng banget, dan antusias nggak sabar pengin masuk ke pesawat! nggak bilang too big too big lagi hihihi.

di dalam pesawat?

dia duduk anteng, selalu buru-buru pasang sabuk pengaman kalo ada pengumuman dari pilot, padahal pengumumannya kadang ngga ada hubungannya ama suruh masang sabuk pengaman, apalagi dia ngga ngerti karena pengumuman pertama biasanya pake bahasa arab haha, trus dia seneng banget karena boleh nonton film-film kartun favorit dia di layar dia sendiri, pake head-set.

aduh, lega banget deh kisah horor anak nangis di pesawat ternyata ngga kejadian! meski tetep aja ada satu dua suara tangisan anak kecil pas kami terbang, tapi datangnya bukan dari ethan, tapi anak orang lain, hihi. kesian ortunya... mana ada satu anak yang lagi batuk nggak brenti-brenti, doh...

anteng di pesawat


***

03 - nyasar! episode satu

kenapa pake episode satu? ya kan nyasarnya banyak haha..
berangkat sabtu siang dari london, kami mendarat dengan mulus minggu sore di soetta.

singkat cerita, kamipun ketemu adikku cowok yang rumahnya di bogor dan bertugas ngejemput setelah sempat tunggu menunggu karena rupanya dia nungguin di tempat yang salah hihi. dasar! ethan pun akhirnya ketemu omnya untuk pertama kali. kamipun meluncur pulang ke penginapan. cerita penginapan nanti terpisah ya...

nah, pas di jalan, hari udah mulai gelap tuh, mau maghrib lah. adikku bilang gini, mbak kita lewat tol aja yah, jalan lain aku nggak tahu.

oke deh, kita lewat tol.

nggak lama, adikku bilang lagi, mbak itu plang penunjuk arah itu tulisannya apa sih?

waks! maksud lo?

gw ga bisa baca, ngga pake kacamata!


lhahhhh.....#pingsan-1

sejak itu, tiap ada papan penunjuk arah, aku yang duduk di belakang sama ethan (yang duduk manis pake carseat - cerita carseat nanti pisah juga yah haha), jadi sibuk ngebacain buat adikku yang nyetir. sementara suami yang duduk di kursi depan mau ngebantuin juga jadi aneh karena nama-nama tempat jakarta di lidah bule kan jadi cinca laura gitu hahaha

dan, bisa ditebak, kami pun nyasar!

nyasar karena salah ambil jalur, karena aku baca papan arahnya telat, karena supirnya ngga bawa kacamata, dan ngga bisa baca kalo udah malem.

yang harusnya kami dari bandara belok kanan ke arah bintaro, jadi lurus ke jagorawi. ga papa sih, nanti sampe tmii kanan lagi lewat simatupang kan bisa tuh meski akhirnya kudu muterin seantero jakarta bwahahaha...

eh, nyasar lagi donk, karena belokan ke pondok indah pun kelewat lagi, dan kami kudu puter balik lagi di cibubur junction #pingsan-2

udahan nyasarnya?

belum lah, masih ada lagi. nah, alamat yang kami tuju sebenernya gampang. cuma akunya ga yakin keluar tolnya gerbang yang mana, dan cuma ngandelin adikku yang emang udah bilang kalo dia tahu daerah situ. ternyata begitu gelap dan ngga bisa baca papan penunjuk, dia lupa semua bwahaha. telponlah aku ke adikku cewek karena akses ke inet di hp kami berdua mati semua (karena providernya ganti kan dari inggris ke indonesia), ditambah hape adikku baterenya abiz, komplit lah sengsaranya hihi.

akupun minta tolong adikku yang lagi di rumah untuk baca peta. nyari tahu turun tolnya di gerbang yang mana.

selesai masalahnya?

malu bertanya pasti nyasar. banyak nyasar banyak cerita :-D

enggak donk, karena info yang kami dapat malah nyuruh kami keluar di gerbang yang salah! #pingsan-3

kamipun nyasar lagi dan kali ini lebih parah karena kami bener-bener nggak ngerti daerah situ. di tengah kepanikan, adikku yang cukup payah ini haha, punya ide bagus juga. kami berhenti di belakang taxi yang lagi mangkal. dia pun lompat keluar mobil dan nanya supir taxi, yang akhirnya bilang kalo alamat yang kami cari nggak gitu jauh, paling 10 menit.

nah, daripada risiko nyasar lagi, mana dari tadi yang harusnya nyampe penginapan dari bandara paling sejam, ini udah tiga jam bok, belum ketemu juga, adikku pun masuk ke taxi dan nyuruh aku ngikutin taxi-nya.

bayangkan!

abis terbang 18 jam, capek, cuma pengin nyampe rumah dan istirahat, ini malah disuruh nyetir. gpp sih, tapi kan, aku nggak pernah pake mobilnya adikku. di rumah mobilku audi, mobil suami audi. adikku mobilnya yaris. ya sama aja sih nyetir di mana-mana gitu doank, tapi ini gimana nyalain lampu sein nya, kok beda. pas mau belok kiri, kalo di audi kan tombol kiri patah turun, ini malah pembersih kaca yang nyala haha... ternyata mobil jepang kebalikan ama mobil eropa! #pingsan-4

ngga lama nyetir, eh tau-tau taxinya brenti di pinggir, aku juga brenti donk. adikku keluar taxi dan nyamperin aku.

mbak, lampu depan nyalain, ntar ditangkep polisi!

bwahahaha.....

tombol lampunya mannnnaaaaaa..... #pingsan-5

ya dari tadi kan kota-kota jalanan terang benderang, pantesan ngga nyadar lampu depan nggak nyala. hadeuh. untunglah kurleb 10 menitan kamipun sampai di alamat yang kami cari. aku sampe nyalamin pak supir taxi lho, yang udah jadi pemandu jalanku malam itu. si bapak pun ketawa-ketiwi...

setelah check-in, bongkar bagasi, cuci muka, dan adikku mulai pesen-pesen makanan pake go-food, malam itupun kami tutup dengan ucapan, welcome home to indonesia, and let's have martabak telor!

...bersambung


8 comments:

  1. Pengsaann terus mbak, duh bodor sekali baru turun pesawat padahal. Tapi emang sih nyasar di tol itu lebih ribett

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, soalnya muternya jauhhhh, iya kalo tahu arah jalanan di bawah. kalo ngga tambah nyasar lagi kan lebih parah hahaha.... gimana ngga pingsan berkali kali hihi

      Delete
  2. Aduuuh, asik euyy yang udah gawe di LN mah
    Pake nya juga business, saya mah masih pake Ryan Air nya Eropa, hahaha :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ryan Air pan ngga ada rute ke Jakarta haha

      Delete
  3. Mba nay mana lagi tulisannya..aku tunggu2 loh hehe terutama Design rumah barunya mba..cepetan ya #maksa hehe..mba aku ga sengaja baca di fb mba masalah tmn nya yang marahin mba gara2 ahok..suer lucu bgt..beda pendapat sampe segitunya tapi keren mba nangepinnya santai hihi makin ngefans deh sm mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhhh, sabar yaaaa, bagian #2 nya belum ditulis, masih di awang-awang hehe. yg rumah baru udah didraft sih, bentar lagi tayang, doain yaaa hihi...

      ahhh, soal ahok itu. iya, emang gara-gara politik aja lumrah lah ya kalau beda kubu. tapi gara-gara politik juga banyak pertemanan yang jadi begitu. sayang banget ya, mending dibikin santai aja...kalau ngga, cape dehhhh.

      ditunggu ya posting berikutnya, stay tuned :-)

      Delete
  4. Nayaaaa...
    Elah, emang kemaren sempet mudik? Duh eykeh ketinggalan berita, mampir ke Bandung gaaaak? Hahaha.

    Akh, jangankan dirimuh yang orang London sonoh, aku aja ama Abah mah kalo ke Jakarta bawaannya nyasar muluk hahaha.

    Lanjut Naaaay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahhaha kita mah selalu sehati deh, kalo ngomongin jakarta pasti ngga jauh jauh dari nyasar ya biiii...
      sayang ngga sempet ke bandung kemarin itu, next time lah pengin banget ke sono katanya kotanya udah cakep banget sekarang, ada adikku juga di sana. kemarin tol cipularang nya katanya ada jembatan rusak apa gimana gitu lho jadi ngga diplanning ke bandung. karena jadwal udah padet juga siyyyy hihi banyak alesan yaaaa

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...