Thursday 22 January 2015

kata pertama

usia ethan hampir menginjak 21 bulan tiga hari lagi. teman-teman seumurannya sudah banyak yang bisa ngomong beberapa kata, tapi ethan masih termasuk pendiam di tempat penitipannya, kata si mbak yang ngasuh, lucy namanya.

kubilang, mungkin nurun bapak-ibunya, pendiem :-p

sebenernya pendiem-pendiem banget juga ga sih, kalo di rumah dia suka tereak-tereak tuh, apalagi kalo pas lagi guyon sama aku lari-larian kukejar-kejar, atau ku gelitikin. pasti lengkingannya bikin kuping pekak. jadi dia ga pendiem-pendiem amat kan. trus kalo lagi main mobil-mobilan suka bikin suara-suara ga jelas sendiri, kayak gumaman bremmm bremmmm gitu. lalu kalo kami maen ci-luk-ba yang bahasa inggrisnya peek-a-boo, dia juga paling nyaring pas bilang boooooo (baca: bu).

mungkin memang belum waktunya saja sih buat ngomong. orang-orang bilang kan kalo si anak jalan duluan, ngomongnya biasanya telat, dan sebaliknya. ethan dulu mulai jalan pas baru umur 10.5 bulan. kalo percaya sama rumus tadi, ya berarti ngomongnya memang bakalan telat. toh dia belum masuk 2 tahun. sebagai emaknya, aku sih sante saja. yang khawatir kok malah si mbak lucy yah hihi...

dan lagi sejak umur sekitaran setahun, ethan sudah mulai bisa ngomong kata pertamanya dulu, yaitu 'car'. jadi meski lambat, koleksi kosakatanya udah nambah kok, meski ga gitu banyak kayak temen-temennya yang lain. selain car, ethan sudah bisa ngomong kata-kata ini dengan jelas:

purple - warna ungu
daddy - ayah
no - tidak
bear - beruang
ball - bola
roar - suara singa
boo - dari kata peek-a-boo 

aku dan bapaknya sih seneng-seneng saja dengan perbendaharaan kata-kata pertamanya yang masih itu-itu juga dan belum nambah-nambah lagi meski ia sudah mau 21 bulan. tapi sebagai ibunya, yang bikin sedih sih ada satu hal. kenapa ethan bisa bilang 'daddy' dengan jelas, tapi ga bisa bilang 'mummy' yah? #hiks. 

cuma sekali waktu itu tanggal 26 desember 2014 lalu, tiba-tiba dia bangun tidur langsung nunjuk bapaknya dan ngomong 'daddy', lalu pas bapaknya nunjuk aku dan nanya 'and who's that, ethan?', dia spontan bilang 'mummyyyyy' #terharuuuu. tapi udah sekali itu tok, abis itu tiap kali aku bilang ke dia 'can you say mummy?', dia cuma jawab 'no!' #sedih

ya sudahlah, mungkin belum waktunya. aku udah baca-baca di internet juga di forum-forum ibu-ibu, memang kebanyakan anak kecil bisanya ngomong daddy dulu, baru ngomong mummy-nya belakangan. kenapa begitu sih? padahal kan si ibu yang lebih banyak ngurus anak yah, hiks.

mungkin ini soal pelafalan dan berhubungan dengan otot lidah ya, yang mungkin lebih mudah mengucap huruf 'd' daripada huruf 'm'? kalo dilihat dari daftar di atas sih, kebanyakan yang ethan mudah melafal itu yang ada huruf 'p', 'd', sama 'b'. hmm, mungkin lebih baik aku suruh dia panggil aku 'ibu' saja yah, daripada 'mummy'

kan dia sudah fasih bilang 'boo' (yang dilafalkan: bu) kalo kita main 'peek-a-boo'. tinggal ditambahin huruf 'i' didepannya, udah jadi 'i-bu' deh. tapi mosok jadinya daddy sama ibu sih, satu boso inggris satu boso jowo, haha... ga kompak!

2 comments:

  1. Naaaaay...
    memang setiap anak beda2 kok, ada yang lancar jalan duluan dan ada juga yang cerewet duluan.

    Tapi apakah mungkin karena selama ini dirimuh suka ngomong B Indo ke Ethan, sementara suami dan lingkungan lain ngomong B Inggris?

    Soalnya aku pernah baca dimana gitu, kalo anak yang orangtua nya beda bahasa mereka nangkep nya emang rada lama :)

    Sabar aja yah Naaaay...nanti juga kalo Ethan udah lancar ngomong dirimu bakal pusing sendiri denger ocehannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih bi, katanya kalo bilingual emang rada lama karna bingung kali ya, hihi... Etapi kalo dipikir2 hampir semua orang Indonesia itu bilingual lho dari kecil, bahasa daerah masing2 sama bahasa Indonesia ya kan? Harusnya sih ga masalah yak.

      Tapi banyak yg ngomong nikmati aja masa2 diem ini, karena begitu ngomong, ga brenti2 nanya ini itu yah? Sampe pusing ortunya hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...