Monday 21 August 2017

night out

ungkapan di atas pastinya familiar yah buat para remaja atau mereka yang berjiwa remaja. guys/girls night out. artinya kurang lebih, keluar malem-malem. serem ya, hantu kaleeee...

ga juga sih. kalo keluarnya cuma ke mall buat nongkrong manis di kafe beli cake ama susu coklat, di pujasera makan bakso, atau nonton bioskop mah asik-asik aja. tapi kalo nongkrongnya di klub malam? trus minum minuman yang memabukkan? trus teler? trus...trus...trus... hadeuh, bisa laen ceritanya.





budaya night out baik untuk boys/guys maupun girls di indonesia dibandingkan dengan di inggris khususnya atau negara-negara barat pada umumnya memang agak beda konsepnya. karena memang itu sebuah budaya, dan seperti kita semua udah paham, budaya asia atau timur memang beda dengan budaya eropa/amerika atau barat.

di inggris sini, para remaja biasanya udah mulai kenal budaya ini sejak mereka boleh secara resmi minum alkohol, yaitu ketika menginjak usia 18 tahun. aturan resminya bunyinya begini nih:

Young people aged 16 or 17 can drink beer, wine or cider with a meal if it is bought by an adult and they are accompanied by an adult. It is illegal for this age group to drink spirits in pubs even with a meal. It is illegal for people under 18 to buy alcohol in a pub, off-licence, shop or elsewhere.

terjemahannya kurang lebihnya begini:
remaja usia 16 atau 17 boleh minum bir, anggur atau cider dengan makanan jika minuman tersebut dibeli oleh orang dewasa dan remaja tersebut ditemani oleh orang dewasa. adalah melanggar hukum jika remaja usia ini minum minuman beralkohol di pub meskipun disertai dengan makanan. adalah melanggar hukum jika remaja usia di bawah 18 tahun membeli alkohol di pub, warung, toko, atau di tempat lain.

***

jadi remaja-remaja inggris kudu nunggu sampe umur 18 tahun dulu untuk bisa keluar malam tanpa bareng orang tua mereka lagi. dan entah kenapa, di sini tuh kalo keluar malam pasti identik dengan minum alkohol deh. sampe mabuk atau enggaknya itu urusan lain ya. yang minum sampe mabuk ada, yang minum tapi ga sampe mabuk juga ada, dan yang keluar malem bareng temen-temennya tapi ga ikutan minum alkohol tentu juga ada.

tapi intinya, mereka tetep aja ngumpul, karena night out memang cara orang sini bersosialisasi.

sama lah ya mirip kita di indonesia, ngumpul, ketemuan, kongkow, jalan-jalan, cuci mata, atau bersilaturahmi untuk yang pengin terdengar lebih syar'i #wink. manusia kan memang pada dasarnya adalah makhluk sosial, suka ngumpul. cuma di inggris karena ga tiap kota punya mall, biasa orang-orang night out nya lebih sering ke restoran-restoran, pub, atau klub malam. dan karena setelah umur 18 mereka secara hukum udah resmi boleh minum alkohol, makanya banyak yang jadi suka mabuk-mabukan.

hari jumat malam dan sabtu malam biasanya hari paling sibuk.

dulu pas aku masih kuliah di manchester, dan masih sering jalan-jalan ngga jelas apalagi kalau musim panas yang mana memang matahari baru terbenam sekitaran jam 9 - 10 malem atau lebih gitu, daripada bรชte di kos-kosan, biasanya sama temen-temen kos suka jjs. nah, di sini nih kelihatan banget mana orang asli inggris dan kaum pendatang. di tengah-tengah musim panas yang biasanya suhu udara udah mulai anget sekalipun, kaum pendatang yang kebanyakan dari daerah hangat masih saja kemana-mana pake jaket musim dingin hahaha.

norax to the max!




sementara mbak-mbak bule asli inggris udah yang ber-rok-mini ria dan ber-tank-top ria. kita yang lihat kadang bengong aja, ngga dingin apa ya mereka hihi.

serunya kalo udah hari jumat sore dan sabtu sore, karena itu waktunya orang-orang berakhir pekan dan mulai minum-minum (alkohol). kalau masih di bawah tengah malam, biasanya suasana di sekitaran restoran, pub, klub malam, masih oke-oke aja. setelah tengah malam ini yang mulai seru.

aku jarang banget sih keluar malam, selain ngga tahan dingin, juga karena aku ngga suka suasana seperti itu. maklum anak rumahan, alim #ciehhh

dulu aja pas masih single jaman kuliah males keluar rumah/kos-kosan kalo ngga urusannya penting banget, diajak temen dan terpaksa gabung, atau pas lagi bรชte banget, apalagi sekarang udah bersuami dan punya anak yah. malu juga ama umur hehe...

tapi orang asli inggris, budaya night out ini sampe mereka tua sekalipun ada yang tetep seneng kongkow lho. buat yang suka yah. karena ada juga orang-orang asli sini yang kayak aku gini, anak rumahan. contohnya suamiku. makanya kita klop, ngga gatel pengin kemana-mana kalo ngga penting-penting banget, apalagi nongkrong di pub ga jelas gitu. malezzz...mending zzz....

mungkin karena jarang nongkrong juga dulu, suamiku ketemu jodohnya telat hihi. ngga gaul siy!

***

kembali ke soal minum-minum...

pemerintah inggris sendiri ngga berhenti-berhentinya berusaha memerangi budaya kecanduan alkohol. bukan cuma karna dampak negatif orang yang mabuk itu suka bikin onar, berantem ngga jelas, ada yang jadi berujung ke kriminalitas, nyolong, atau kadang sampai terjadi pembunuhan ngga sengaja setelah berada di bawah pengaruh minuman memabukkan.

selain itu juga karena penyakit-penyakit yang akhirnya timbul karena candu alcohol jadi makin banyak, sementara pengobatan di sini semua gratis.

pemerintah juga akhirnya yang musti keluar biaya untuk kesembuhan para pecandu ini. padahal biaya kesehatan itu sama pemerintah diambil dari uang pajak rakyat. orang-orang kayak aku yang minum alkohol aja engga tapi rajin bayar pajak ini yang memikul beban. yang mabuk siapa, yang nanggung siapa, ya kan.

ngga adil banget!!


tapi lagi-lagi sebagai negara maju yang moderen dan tata kehidupan masyarakatnya sudah bebas (meski tetap harus taat peraturan >18 th tadi), budaya alkohol ini cuma bisa dikontrol dan dimonitor. ngga bisa dieliminir. dan karena cuma islam satu-satunya agama langit yang mengharamkan konsumsi alkohol (cmiiw), jadi ya gitu deh. begitu seseorang lewat 18, mulailah alkohol dikonsumsi sebagai bagian dari hidup bersosialisasi di negara-negara barat.

tentu hal ini ngga bisa digeneralisasi juga ya.

ada orang inggris asli yang sama sekali ngga minum alkohol lho. alasannya karena ngga suka aja. pendatang yang muslim yang jadi hobi minum setelah pindah ke eropa juga ada, lumayan banyak malah. kebebasan yang kebablasan hehe. yang tetap ngga suka alkohol juga banyak. yang ngga minum karena taat ajaran agama juga banyak, dst.

tapi secara budaya, memang terlihat lebih nyata dan tampak jelas di depan mata kalau budaya night out di inggris ini, sudah berurat berakar. sama kayak budaya bikin ketupat di hari raya lah. ngga ada matinya hehe.

***

jadi kuncinya mungkin lebih ke edukasi dari dalam keluarga.

dari yang banyak kubaca-baca, rata-rata (meski ngga semua) keluarga yang bapak ibunya peminum, punya banyak botol anggur di rumah, anak-anaknya biasanya ikut-ikutan jadi peminum juga. karena kebiasaan kan, menurut mereka normalnya ya begitu. abis makan malam, minum anggur. nonton tv, minum bir. nongkrong di luar, ngebir lagi. udah berapa unit alkohol tuh di tubuh.

walaupun tingkat toleransi masing-masing orang terhadap kadar alkohol berbeda-beda, ujung-ujungnya alkohol itu memang nagih. di kita mungkin kayak makan sambal ya, mau lagi dan lagi meski udah kepedesan. peminum akan pengin alkohol lagi dan lagi meski udah pernah mabuk ampe teler dan bilang kapok-kapok. analogi alkohol vs sambal mungkin kurang pas, tapi ya gitu deh, maksa aja hehe.

trus, gimana caranya hidup di tengah-tengah masyarakat yang hobi minum supaya ngga kena pengaruh atau ikut-ikutan juga?

selain dibentengi dengan agama (bagi yang alim nih), bagi mereka yang memang ngga suka alkohol ya mudah saja sih. namanya ngga suka ya ngga doyan. mau enaknya kayak gimana juga.

berkali-kali kalau pas ada acara kantor dan hidangannya minuman beralkohol, dulu awal-awalnya teman-teman kantorku ngga habis pikir kenapa aku ngga mau ikutan minum. kan enak, katanya.

enak kan menurut dirimu, jawabku hehe.


tapi sekarang teman kantor udah paham banget, kalo aku emang ngga doyan. jadi aku selalu dipesenin orange juice. udah ngga ada lagi yang terheran-heran kenapa aku ngga minum alkohol. biasanya karyawan baru yang lalu nanya-nanya kenapa aku ngga minum. trus aku jelasin panjang lebar dari sisi agama, kesehatan, kebiasaan di indonesia, dll dll. akhirnya dianya yang nyesel kenapa nanya. jadi kuceramahin haha.

mungkin karena hobi minum ini juga ya, rata-rata orang barat itu kelihatan lebih tua dari umur mereka sebenarnya. salah satu efek samping alkohol emang pengeriputan kulit sih. udah tau gitu lho padahal, tetep aja. ya kalo udah doyan dan nyandu emang susah sih ya. seperti halnya rokok. udah tau bikin penyakit, yang udah nyandu ya tetep aja!

intinya kembali ke masing-masing individu.

separah apapun kondisi dan situasi lingkungan tempat kita hidup sehari-hari, kalau kemauan diri sendiri lebih kuat, ya ngga akan terpengaruh. yang labil, ya pasti ikut-ikutan, gitu aja sih.

sekian obrolan ngga jelas hari ini :-p

8 comments:

  1. Cerita donk, Mbak, proses perkenalan Mbak dengan suami... Hehehe. Kan suaminya nggak hoby ke pub tuh, terus kalian ketemunya dimana dong? kepo mode on nih (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha blom pernah cerita soal itu yah? kayaknya sih belommmm ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜„ kapan kapan deh, ngga berani janji tapi ๐Ÿ™๐Ÿ˜‚

      Delete
  2. Salam kenal mba... setuju sama ide ceritanya... ditunggu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lia salam kenal jugaaa... wahhh jadi pada kepo nih yeeee hehe

      Delete
  3. Naaay,
    Kalo emang udah budaya susah dilepaskan yah.
    Orang korea tuh, kalo gak nyoju kagak gahol mereka hehehe.
    dan kalo gak ikutan minum malah dianggep aneh hehe.

    Tapi emang banyak mudharat-nya sih alkohol mah, mana menimbulkan candu pulak..
    *nge-drama juga menimbulkan candu sih hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang nih, apa apa sekarang nyandu...untunglah kita jauh dari alkohol, karna ngga terlatih aja kayaknya kita mah haha

      Delete
  4. Aku kalo night out- an udah masuk angin mba hahaha.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...