Monday 17 July 2017

delapan delapan #01

itu bukan angka togel yah, hehe...

mau curhat nih pemirsa!

sekitaran dua bulan yang lalu, tiba-tiba aku dapet email dari mantan bosku (bapak-bapak paruh baya yang baik hati dan ngga sombong hehe), yang sekarang udah pindah kerja ke perusahaan lain setelah mengundurkan diri kira-kita dua setengah tahun yang lalu.

ih, tumbenan ngapain nih si mantan bos kontak-kontak segala. meski sebenernya kita emang masih suka ketemu rame-rame janjian juga sih kadang-kadang, makan siang bareng-bareng sama mantan kolega lainnya jaman dulu. namanya pernah kerja bareng-bareng kan udah kayak keluarga ya. rupanya si bos ngirim email cuma mau janjian pengin nelpon aku.

ngga ada hubungannya sama tema, cuma mau pamer hasil jepretan hehe

di sini orang tuh kelewat sopan deh, mau nelpon aja pake janjian dulu hihi...

akhirnya kuminta dia nelpon abis jam kerja pas aku dah pulang ke rumah biar enak ngobrolnya. bener begitu nyampe rumah dia nelpon. katanya, dia lagi nyari anak buah, karna perusahaan dia yang sekarang ini lagi ekspansi besar-besaran. perusahaannya sebenernya lumayan masih muda umurnya. bahasa kerennya start-up gitu deh. pas dia baru gabung ke sana, karyawannya masih belum nyampe 20 orang, eh sekarang udah 100-an lebih.

nah, dia lagi sibuk nih nyeleksi lamaran-lamaran yang masuk. rupanya dari banyak lamaran itu, dua orang adalah bekas karyawan perusahaanku yang sekarang, tapi yang si mantan bos ngga kenal karena mereka gabungnya pas si bos udah mengundurkan diri. dia nanya aku karna pastinya aku kenal sama mereka, jadi dia nanya-nanya gitu anak ini gimana kinerjanya, oke ngga dan lain-lain.

tentu saja sebagai orang yang selalu jujur #uhuk, aku bilang apa adanya.

si A dulu pas masih kerja, performanya begini begitu. kalo si B itu anaknya begini begitu. pas dia nanya-nanya lagi, dulu mereka berhentinya kenapa? ya aku jawab juga sepengetahuanku, tanpa bermaksud menjelekkan atau menambah-nambahi yang bukan fakta. yang pasti aku kasih tahu aja faktanya gimana. silahkan dia sendiri yang memutuskan atau menilai kalau dia mau merekrut mereka atau mau ngewawancara dan seterusnya.

dua minggu berlalu...

si mantan bos ngirim email lagi. kali ini iseng-iseng nanya kabar. kayak cuma mau basa-basi ngebuka percakapan gitu. karna aku lumayan kenal dia baik, aku pun langsung nodong pake pertanyaan, "ada apa nih bos, tumben. udah dapet kan anak buahnya?"

akhirnya diapun curhat (lewat email), "belum dapet" katanya. "susah nyari yang pas!"

"lho, gimana dengan si A dan si B? kenapa ngga rekrut mereka aja", tanyaku. "kan aku udah beberkan dan kasih rekomendasi", kejarku lagi. kata si bos, mereka ngga sesuai sama kriteria yang dia mau. yang satu kurang pengalaman (emang iya sih bener), satunya lagi terlalu ngejar duit orangnya, gaji yang diharapkan di atas budget katanya. haha, iya bener banget juga sih. temenku si B itu alesan pindah kerja dulu juga buat ngejar duit, nyari gaji lebih mulu. dan si mantan bos ngga mau pegawai yang money-oriented alias mata duitan!

lalu kita malah ping-pongan di email sampe lama hehe. "emang maunya yang gimana?" tanyaku lagi. "kan pasti banyak lamaran masuk?" iya sih, kata dia. "udah ngewawancara beberapa juga tapi ngga ada yang sreg", kata dia lagi. "bos banyak maunya kali", kataku becanda. dia ketawa aja lalu malah nanya aku, "kamu tertarik ngga, naya?" "tertarik apaan?" tanyaku balik. "kerja sama aku lagi", jawabnya.

kubilang, "hah? ngga salah?" #syok1

"kan bos nyari level engineer. tau kan aku sekarang udah manajer. mahal lho kalo mau mbayar aku, haha (sambil becanda)". eh, dia balik nantangin gini, "emang kamu mau gaji berapa biar mau pindah sini?" kaget ditantang gitu, aku mikir hati-hati lalu email itupun kujawab singkat saja: "kita makan siang bareng sambil ngobrol yuk!" - lagi ngga puasa -

sampe rumah, aku cerita semua ke suami, dan bilang juga tentang janji makan siang itu.

***

akupun memenuhi janjiku ketemu dia kira-kira sebulan yang lalu.

begitu jam makan siang tiba, aku nyetir ke sebuah restoran yang lokasinya di tengah-tengah antara kantorku dan kantor si bos supaya ngga kejauhan. setelah basa-basi dan bertukar kabar, kamipun sampe ke pokok pembicaraan. tentang lowongan kerja tersebut.

si bapak berusaha banget nge'jual' perusahaan dia di depanku.


kurang fokus, anak kambingnya ngga bisa diem sih (padahal tukang fotonya yang amatiran) :-p


"pokoknya kamu bakal betah deh, bakal cocok banget deh sama bekgron pendidikan dan pengalaman kerjamu, dan bakal banyak kesempatan untuk ngembangin karirmu, bla bla bla. kalo kamu kurang yakin, main-main dululah ke kantor, nanti aku ajak keliling ngelihat-lihat", katanya kayak tukang jualan jamu hihi.

kutanya balik dia, "emang budgetnya berapa sih buat posisi ini?" dengan terang-terangan dia bilang angka gaji yang tadinya emang dimaksudkan untuk posisi tersebut. lalu aku sebutin gajiku sekarang supaya dia tahu kalau aku emang sudah dibayar jauh di atas angka yang dia sebutkan, karena sejak naik jabatan, kan memang gajiku juga setingkat manajer. dia senyum aja, malah bilang gini. "jangan khawatir, nanti aku ngomong ke bos besar supaya budgetnya dinaikin!"

lhah?! #syok2

acara makan siang singkat itupun kami akhiri dengan aku janji ke dia buat ngirim cv-ku besok paginya. kami pun kembali ngantor.

dua hari kemudian, aku terima email dari hrd perusahaan si mantan bos, mau manggil aku wawancara. waduh, kok malah jadi wawancara, katanya si bos mau ngasih lihat-lihat dulu ini kok jadi resmi begini padahal aku nyari kerja baru juga engga. kok tiba-tiba mau wawancara kerja, piye iki?

mana minggu itu aku lagi sibuk banget di kantor dan ngga ada waktu kosong. dan kalo aku ngajuin cuti dadakan, si bos di kantor bisa curiga karna tumben-tumbenan aku mendadak cuti. biasa aku cuti tuh udah diplanning jauh-jauh hari. supaya ngga timbul tanda tanya, aku bilang aja ke hrd nya, "bisa ngga ya wawancaranya ditunda? sibuk banget minggu ini", jawabku singkat di email.

belum direkrut jadi karyawan aja udah ngelunjak ya, haha...

eh, hrd-nya setuju aja lho, dan malah nawarin aku slot wawancara minggu depannya. kupikir oke lah kalo kudu ngajuin cuti buat minggu depan sih kayaknya ngga terlalu mencurigakan. kebetulan hari minggunya tanggal 25 kan lebaran tuh. aku jadiin itu alesan aja buat ambil cuti hari seninnya, kubilang buat perayaan haha. padahal sih mau ada wawancara kerja, doh. kesian ya lebarannya dikambinghitamkan.

***

hari senin sehabis lebaran, akupun ke sana, untuk wawancara!

sambil nyetir aku mikir, ini siapa sih ya yang nyari kerja? kayaknya bukan aku deh. kenapa aku pergi wawancara kerja ya? bingung sendiri jadinya. untung kantor yang ini cuma 15 menit dari rumah, deket banget yaaa. kantor lama sih 25 menit, udah deket tapi rupanya ada yang lebih deket lagi hihi.

sampai sana, ternyata udah ada jadwal rapi siapa-siapa aja yang mau ngewawancara aku. dua direktur perusahaan dan tentu saja si bapak mantan bos.

karna sekali lagi, aku memang ngga lagi nyari kerja, ngga niat pindah kerja, dan ngga buru-buru pengin keterima kerjaan lain, aku nyantai saja. semua tips-tips yang sering aku tulis gimana sebaiknya kalo mau wawancara, apa yang si pelamar kudu lakukan sebelum hari h tiba bla bla bla, sama sekali ngga ada yang aku jalankan, haha #dilempar_telor

contohnya, sewajarnya sebelum wawancara ke perusahaan baru kan si pelamar kudu pelajari dulu profil perusahaan. itu udah syarat standar dan paling umum lah. mosok mau ngelamar kerja ke perusahaan X misalnya, ngecek websitenya di internet aja engga.


kebangetan kalo gitu sih, kelaut aje!

lha ini, pas udah sampe sana dan duduk manis di ruang meeting nunggu si pewawancara, aku baru inget kalo aku belum pernah buka-buka website perusahaan si mantan bos ini, bwahaha...

ya udah telat lah ya, baru inget mau mempelajari profil perusahaan cuma semenit sebelum pewawancara pertama masuk ruangan. tapi mungkin karna untuk kasusku yang cukup unik ini, aku bukanlah pelamar kerja yang lagi desperado nyari kerjaan, lebih ke iseng-iseng berhadiah gitu deh, ya aku santai-santai aja.

sepanjang aku diwawancara juga kami malah lebih banyak ngobrol, ketawa-ketiwi dan tanya jawab santai aja. ngga ada rasa deg-degan atau gimana gitu takut salah jawab. aku malah jujur sejujur-jujurnya cerita kalo aku emang ngga nyari kerja baru, aku cuma ditawarin untuk datang ke situ ngelihat-lihat perusahaan dan ngga ngeh kalo bakal diwawancara resmi. aku juga jujur aku ngga ngerti banyak tentang perusahaan tersebut, bahkan bilang buka websitenya aja belum sempet. ini jujur, bego, apa naif sih hihi.

pokoknya itu resep manjur buat ditendang keluar ruangan secepat mungkin deh!

wawancara kedua dengan direktur satu lagi malah lebih seru. bukan dia yang ngewawancara aku, tapi malah kebalik, aku yang banyak nanya ini itu ke dia. ini apaan, itu apaan. perusahaan ini ngapain aja, planning ke depannya mau gimana, dll. dengan antusias si bapak direktur ini juga ngejelasin panjang lebar lho! jadi yang diwawancara itu sebenernya aku apa dia sih ya, hihi. tapi dianya cuek aja, aku ya cuek juga makin semangat nanyanya haha.

setelah diwawancara dua direktur, akupun ketemu si bapak mantan bos dan seperti janjinya, dia ajak aku keliling ngelihat-lihat kantor dan produk yang mereka buat. setelah itu akupun pulang, ngelanjutin masak ketupat lontong opor buat lebaran. kan ceritanya ambil cuti buat ngerayain lebaran. biar ngga dosa bohong sama bos di kantor kan, ya aku emang ngerayain kok hehe.

***

selasa, ketika seluruh indonesia masih libur lebaran, medsos penuh selfie-selfie pake baju baru, pamer foto-foto bareng keluarga besar di kampung...

aku ngantor donk!

dan udah lupa aja kalo senin kemarin barusan wawancara kerja. karna begitu balik kantor selasa, kerjaan udah menggunung lagi hehe. mana sempet mikirin ini itu. buka email pribadiku pun ngga sempet, sampai akhirnya rabu jam makan siang aku ada kesempatan buka akun gmail-ku. eh, bapak direktur udah coba ngontak aku dari selasa kemarin tapi akunya ngga jawab-jawab, haha. katanya mau nelpon aja sih.

ya udah kujawab, nanti sore (rabu) bisa silahkan nelpon.

ini si bapak direktur pewawancara kedua yang lebih banyak kutanya daripada dia yang nanya aku itu lho. nah pas dia nelpon, ternyata dia cuma mo bilang, apakah masih ada pertanyaan lain buat dia? bwahaha. aku ketawa aja, tahu kalo dia ngelucu! kubilang, "udah ah, nanya melulu kan udah nanya banyak pas diwawancara dulu. eh, bukan aku dink kayaknya yang diwawancara", kelakarku. bwahaha, dia sekarang yang ngakak. "yakin nih, ngga ada pertanyaan lagi?" tanyanya dengan nada serius sekarang. akupun menangkap maksudnya, dan menimpali cepat-cepat. "well, pertanyaan terakhir kayaknya sih, gimana hasilnya kemarin?"

"nah, itu pertanyaan yang tepat!" katanya sambil ketawa lagi.

lalu dia bilang, "kami sudah melakukan meeting begitu kamu pulang wawancara hari senin lalu, dan semua yang hadir setuju untuk menawarkan posisi ini, artinya kamu ketrima kerja di sini".

hah, ketrima kerja baru? padahal nyari aja engga, piye iki #syok3

diapun meneruskan, "kami sudah berusaha menghubungimu besok paginya tapi rupanya kamu belum buka email sampai hari ini (rabu)". lalu si bapak direktur ngasih tau juga tentang gaji. karna aku udah jujur ke mereka berapa nominal yang aku terima saat ini di perusahaan tempat aku kerja sekarang, mereka nawari aku sedikit lebih tinggi di atas nominal itu! padahal tadinya budget mereka kan agak jauh di bawahnya. bahkan mereka menolak lamaran kolegaku si B karna dia minta gaji lebih tinggi dari budget perekrutan. lha kok ini malah dinaikin lagi piye toh.

#syok4

setelah ngomongin gaji si bapak bilang, "kami atas nama perusahaan, memutuskan untuk memberikan penawaran kerja, dan kami mengharapkan kamu bersedia bergabung dengan perusahaan kami. kontrak kerja akan dikirim ke email segera sore ini. apakah kamu bersedia bergabung?"

waduh, bingung lah aku ditanya gitu.

niat iseng-iseng kok malah berhadiah? (siapa suruh iseng ya, hehe) lha terus, kerjaanku yang sekarang piye? bosku yang sekarang kalo kutinggal piye? kolega-kolegaku piye? aku kok ngerasa ngga siap mental gini ya buat pindah kerja? pikiranku berkecamuk!

"hallo?" kata suara di ujung telepon. aku gelagapan ngejawab gini.

"errrr...bolehkah kupikir-pikir dulu?" jawabku kepedean, bwahaha.


padahal aku syok aja sih, ngga tau musti jawab apa. aku emang ngga siap! ngga siap untuk keterima kerja, karna emang ngga nyari, hihi. beda kan kalo pas nganggur cari kerja. dapet tawaran udah jingkrak-jingkrak pasti. karna mentalnya emang mental butuh kerja. lha ini aku mentalnya iseng-iseng doank, pas dapet beneran malah bingung #tepok_jidat

lalu aku pun menjelaskan (masih lewat telpon), dan berkelit kalau aku masih ada satu pertanyaan lagi tapi kali ini kutujukan untuk si bapak mantan bos yang bakalan jadi bosku (untuk kedua kalinya) kalo aku terima penawaran kerja ini. eh, si bapak direktur santai aja lho. jawabnya, "silahkan ngga papa. kami tunggu sampai hari senin ya. silahkan dipikirkan dulu baik-baik beberapa hari ke depan", katanya.

sip deh pak dir! telpon pun ditutup.

***

sampai rumah aku diskusi panjang dengan pak suami.

tentang karirku, tentang rencana masa depan kami sebagai keluarga, tentang ethan, tentang kami bertiga. pembicaraan pun akhirnya berujung ke rencana kami untuk coba ngasih seorang adik buat si ethan (horeeee, mana tepuk tangannya? - eh, nyoba aja belom dink, haha).

emang belakangan topik ini makin sering muncul. kalo dulu pikirnya nanti-nanti saja nunggu ethan agak gede karena repot, kami berdua sama-sama berkarir full-time kan. jadi sekarang kayaknya emang waktu yang tepat untuk diskusi lagi. untunglah kami tinggal jauh dari indonesia jadi kuping kami hampir ngga pernah denger pertanyaan klasik nan menyebalkan itu "kapan nambah?"...

ethan bulan september nanti udah masuk sekolah, ngga di penitipan anak lagi. udah gede donk ya berarti, udah pantes punya adik (menurut standar kami lho, standar orang lain mah siapa peduli hihi). sementara umurku pun pelan tapi pasti merayap semakin tua. kalo mau satu lagi kayaknya emang kudu cepet-cepet nih, sebelum bulukan! heu heu.

dan, kalo mau hamil lagi, cuti melahirkan lagi, enaknya emang netep aja di kantor sekarang. sejak 2009 kerja di sini, aku udah kenal semua orang, udah enak posisinya, udah dianggap senior dan udah nyaman kerjaannya. jadi ngapain pindah kerja? malah ntar jadi ngga nyaman kalo baru gabung beberapa bulan tiba-tiba hamil, kerja baru juga pasti banyak stresnya karna harus adaptasi dengan semua-mua yang serba baru. lalu mosok belum setahun kerja udah ngajuin cuti melahirkan satu tahun (cuti di inggris sini boleh sampai setahun lamanya, cerita cuti yang dulu ada di sini). kan malah jadi ngga enak karna mengganggu kinerja perusahaan. diandalkan untuk kerja kok malah cuti. kapan kerjanya donk, hehe.

malam itu aku ngecek email. dokumen dan kontrak kerja dari perusahaan baru sudah dikirim seperti janji pak direktur tadi siang, siap untuk ditandatangani. akupun galau.

yang ini lumayan fokus ya :-D

kamis.

besoknya hari kamis aku nelpon si bapak mantan bos seperti kubilang ke pak dir di telpon. kucurahkan uneg-unegku hasil obrolan dengan pak suami ke si bapak ini. kami pengin si ethan punya sodara kandung biar ngga sendiri. apalagi kami berdua sama-sama dari keluarga besar. aku punya 5 saudara, suami punya 2 saudara.

si bapak karena emang dasarnya orangnya asyik, kebapakan (dia sendiri anaknya dua orang, cowok semua), dan bijak, dengan kalemnya bilang gini. "aku ngga tau sekarang ini kudu ngomong apa", katanya. "aku setuju keluarga itu harus prioritas utama di atas karir atau yang lain. aku ngerti banget situasimu, tapi aku juga ngga mau kamu tiba-tiba cuti karna banyak yang musti kita kerjakan begitu kamu gabung. tapi jangan khawatir, biar kudiskusikan lagi karna kami perlu pikir-pikir dulu, besok kutelpon", katanya.

ini kok semua orang jadi pikir-pikir melulu sih ya dari kemarin haha.

jadi kayak main ping-pong deh. negosiasi, pikir-pikir, negosiasi lagi, pikir-pikir lagi. ini mau kerja apa mau ngapain sih jadi ngga jelas gini hihi.

alesanku ngga mau ngasih tau topik rencana hamil pas wawancara dulu, karna waktu itu aku dan suami juga masih belum ngebahas ini, masih maju mundur cantik lah. iya, engga, iya, engga hehe. dan lagi aku ngga mau mereka ngambil keputusan bias tentang aku sebagai wanita karir. rada main politik juga sih. kalo aku bilang tentang rencana nambah anak di awal lalu aku ngga ketrima kerja karna alasan lain, bisa jadi aku akan nyalahin rencana hamil ini yang jadi penyebabnya, meski mungkin bukan karna itu. jadi mendingan ngga disebutin sama sekali kan.

setelah ketrima, baru deh dinego lagi #strategi


dengan begini, aku tahu kalau performa wawancaraku yang berbuah penawaran kerja itu murni karna cv dan pengalaman kerjaku yang dinilai tanpa dipengaruhi hal lain. meski suamiku sudah ngejelasin kalau sebuah perusahaan ngga boleh mendiskreditkan kemampuan kerja seseorang hanya karena hal-hal seperti kehamilan karena itu termasuk diskriminasi, jadi seharusnya ngga ngaruh mau disebutin di wawancara apa ngga-nya, aku masih ngga yakin. karna manusia itu pasti ada unsur subyektif dan bias-nya pas ngambil keputusan, ya kan.

setelah keputusan diambil, baru deh lanjut ke langkah selanjutnya. karna aku tetep ngga tega kalo ngga ngasih tau si bapak mantan bos jauh-jauh hari. justru karna aku kenal dia, aku ngga bisa sembunyikan hal ini.

kalo dia orang asing dan aku ngga kenal sebelumnya sih, bisa saja aku terima tawaran kerja itu, masuk beberapa bulan lalu hamil, dan ambil cuti. perusahaan kelimpungan nyari ganti sementara? egepe, emang gue pikirin. tapi kan aku udah kenal baik sama si bapak ini. ya aku ngga bisa egepe sama dia donk! kesian kan rencana kerjanya jadi terganggu kalo aku kudu cuti setelah cuma beberapa bulan kerja. pasti jadi ngga enak-enakan gitu deh. kerja jadi ngga nyaman donk ya.

nah, sekarang setelah aku ngasih tahu rencana kehamilan ini ke mereka, dan ngasih waktu untuk pikir-pikir lagi sebelum positif ngerekrut aku jadi karyawan mereka, kan sama-sama enak. kalopun nanti aku hamil bukanlah hal yang mengejutkan lagi ya kan? kan udah kukasih peringatan dini hehe.

pertanyaannya, apakah mereka masih mau mempekerjakan aku setelah kuberitahu rencana jangka panjang itu? aku sih udah siap risiko dan konsekuensinya. kalo mereka membatalkan tawaran kerja itu, ya udah ngga papa. toh aku masih punya kerjaan. kita tunggu saja jawaban via telpon dari si bapak mantan bos besok pagi, jumat. tapi ternyata malamnya aku galau lagi #halah

trus, delapan delapan maksudnya apa sih? #stay_tuned #seninan

...bersambung...

2 comments:

  1. Panjangggg tapi seruuuu, ditunggu lanjutannyaaa Mbak Nayyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehe masih kepanjangan yah? padahal udah dibikin berseri hihi...bagian kedua dipendekin deh, bakalan jadi tiga atau empat seri nih kayaknya haha hoho huhuuuu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...