Wednesday 7 June 2017

bedah rumah #2

akhirnya sampai juga kita di seri kedua! yang nungguin sampe pada lumutan ya, hehe. bagi pemirsa yang kelewat belum baca seri pertama, bisa klik di sini bedah rumah #1.

kali ini aku akan bahas penataan interior dapur, ruang makan, ruang keluarga, sama ruang cuci seperti yang udah kurencanain pas posting yang pertama dulu. meski saat ini penataan seluruh ruangan di rumah sudah selesai #phew #lap_keringat, tapi kita bahasnya bertahap saja supaya ngga kepanjangan postingannya.

tanpa babibu lagi, mari kita mulai...


***

dapur

banyak orang bilang, kitchen is the heart of the home.


aku setuju banget sama pendapat ini. pasti ibu-ibu semua juga setuju sama aku, plus bapak-bapak yang hobi masak, dan atau hobi makan. hayo ngaku hehe. karena dapur ini memang pusat kesibukan setiap hari. kenapa? karena tiap hari orang perlu makan kan. meski sekarang bulan puasa tetep aja waktu sahur dan buka puasa dapur tetap rame, apalagi ntar pas mau lebaran, lebih rame lagi dijamin hihi.

kitchen is the heart of the home

nah, pas waktu itu kami masih nyari-nyari rumah, dapur adalah salah satu yang harus memenuhi persyaratan kami. kalau rumahnya oke dapurnya nggak oke ya males lah. minimal dapur yang kami mau waktu itu luasnya kurang lebih sama kayak dapur di rumah lama, atau kalau bisa lebih gede lagi. maruk ya? hehe. ya kalo lebih sempit gimana, barang-barang ntar ngga muat. apalagi ethan nambah gede, apalagi kalo ntar dia punya adek hehe. hush, belom kok, aku blom hamil lagi!

soal kabinet atau lemari dapurnya sih gampang, kalo ngga sesuai selera masih bisa diganti atau dicat ulang atau dipermak. tapi kalo ukuran dapur kurang luas tuh repot mau ngeluasin musti pake ijin bangunan segala macem. kalo di indonesia sih tinggal panggil tukang aja, hehe. di inggris ruwet euy urusannya kalo mau ngeluasin bangunan, bikin ilfil duluan. jadi mending nyari yang udah sesuai selera kan ya dari segi ukuran.

kalo rumah lama dulu dapur ya dapur aja, yang kebetulan sebelahan sama ruang makan yang juga berfungsi sebagai ruang makan aja dengan pemisah tembok, rumah baru ini dapurnya dilengkapi dengan lemari dapur yang dipasang memenuhi tembok dengan bentuk U. kalo dapur yang dulu bentuknya L, dengan bentuk U ini otomatis jumlah lemarinya lebih banyak. jadi tempat untuk penyimpanan barang-barang dapur jadi lebih luas! cihuyyy....

dengan ukuran dapur yang kurleb sama seperti ukuran dapur rumah lama, rumah ini juga ada nilai tambahnya yang langsung bikin kami jatuh hati, secara tata ruang, dapur ini konsepnya open plan! yang mana ruangan yang bersebelahan dengan dapur ini bisa difungsikan ngga hanya untuk ruang makan saja, tapi juga sekaligus sebagai ruang keluarga. dan yang penting, luasnya lebih dari cukup. cihuy lagi deh.

tapi...

sewaktu kami ngeliat rumah ini sebelum dibeli, ada beberapa hal yang aku ngga suka, suami nggak suka, ada beberapa  hal yang aku ngga suka tapi suami suka, dan ada beberapa hal yang aku suka, suami ngga suka. hal-hal inilah yang akhirnya bikin aku sibuk selama beberapa bulan terakhir ini, untuk ngerombak ruang open-plan tersebut sampai jadi seperti yang kami berdua inginkan.

interior dapur
penampakan dapur dulu dan sekarang

udah kelar sih sejak februari kemarin, cuma baru sempat ngetiknya sekarang hehe. dasar blogger pemalas!

hal-hal di wilayah dapur dari pemilik lama yang aku dan suami sama-sama ngga suka adalah wallpaper dan oven. pemilik sebelumnya, rupanya seneng warna ungu, jadi di ruang keluarga deket dapur temboknya dipasangi wallpaper gambar bunga ungu gede-gede banget! ihhh, serem deh haha.

bagi kalian yang suka bunga dan suka warna ungu mungkin juga suka sama wallpaper ini. tapi aku dan suami sama-sama setuju kalo wallpaper bunga ungu itu harus dibuang jauh-jauh. pertama, kami ngga gitu suka warna ungu, kedua bunganya emang terlalu gede, kayak mau nusuk mata gitu deh hehe, ini sih lebay #abaikan

ternyata ngebuang wallpaper juga bukan perkara mudah lho!

kalo kalian udah baca postingan seri pertama pasti udah paham kalo semua urusan pertukangan di rumahku itu 90% aku yang ngerjain, bukan suami. tapi khusus untuk wallpaper ini, aku berikan mandat ke dia untuk ngerjain, sekalian ngetes bisa kelar ngga nya haha. lumayan sih, meski suami ngerjainnya kalo sempet aja, dan kalo ethan ngga ngerecokin karena ngelupasnya musti pake alat pemanas gitu, akhirnya sebagian besar wallpaper itu ilang dan terkelupas.

sayangnya, seperti udah kuduga, suami udahan aja ngerjainnya sampe situ doank...

walhasil tembok bekas wallpaper jadi bopeng-bopeng ngga jelas dan malah bikin sepet di mata. aku lagi yang akhirnya turun tangan, ngelarin kerjaan suami yang cuma 80% kelar. karena tembok bekas wallpaper itu kudu dicuci lagi kan supaya bekas lemnya ilang, trus kudu diamplas biar permukaannya rata, baru setelah kering benar bisa dicat ulang.

daripada aku sakit mata ngelihat tembok bopeng-bopeng nggak jelas, akhirnya kuhabiskan sabtu minggu ngerjain itu tembok sampe kelar dan mulus dengan cat baru.

pilihan warna jatuh ke warna putih bersih, sebagai kombinasi warna tembok sisi lainnya yang udah dicat warna cappuccino oleh pemilik terdahulu. lucunya bagian dapur malah ngga dicat sama sekali jadi masih warna orisinil magnolia, akhirnya bagian ini aku cat cappuccino. kebetulan sisa cat masih ada dan ditinggal di garasi oleh pemilik lama jadi ngga repot beli lagi. sementara sisi yang berhadap-hadapan dengan tembok putih bekas wallpaper, aku cat putih supaya konsepnya sama.

jadi dua tembok yang berhadap-hadapan dicat warna senada. tembok utara-selatan cappuccino, tembok barat-timur putih. kombinasi ini umum dipakai dalam desain interior supaya ruangan ngga cuma monoton satu warna saja.

wallpaper serem itupun akhirnya sirna, bwahaha

urusan tembok pun selesai.

oven? meski kami berdua ngga suka cuma karena modelnya udah ketinggalan jaman aja alias udah tua banget, tapi karena masih berfungsi lancar, sampai saat ini oven di dapur masih belum kami ganti. gampang sih tinggal beli, buang yang lama, pasang yang baru hehe. bisa kapan aja, nanti-nanti lah napas dulu duitnya udah habis banyak buat renovasi ini itu. satu lagi, meja dapur (worktop) kami setuju untuk diganti karena emang udah tua umurnya.

sementara untuk hal-hal yang aku ngga suka tapi suami ngga masalah, ada beberapa juga antara lain: dinding keramik dapur dan lantai ubin. kata suami, apa salahnya dengan si ubin? apa yang salah dengan keramik dinding?

kubilang, salah warna! hehe....

kalo meja dapur sih kita berdua setuju perlu diganti karena udah baret-baret di mana-mana. maklum bahannya kayu, selain baretan pisau juga yang deket tempat cuci piring udah jamuran karena keseringan kena air, lembab. tapi kalo mejanya diganti, kupikir kenapa ngga sekalian dinding keramik juga ganti? apalagi warnanya lagi-lagi ngejreng, gara-gara pemilik pertama dulu sukanya emang yang ngejreng-ngejreng (baca deh postingan seri #1). mosok pilih keramik merah-oranye-kuning sih? bikin sakit mata kan?! hadeuh...

udah gitu karena tembok udah dicat cappuccino ama putih, kan ngga matching sama palet warna merah-oranye ya kan. setelah ngerayu suami, akhirnya doi setuju juga kalo dinding keramik dan worktop dapur diganti bersamaan! cihuyyy....

ada beberapa opsi sebenernya bahan apa yang akan kami pilih untuk ngeganti worktop/meja dapur dan dinding dapur. bisa kayu, keramik, porselin, akrilik, plastik, vinil, atau granit. harganya tentu juga beda-beda.

setelah mikir lama, pilihan kami akhirnya jatuh ke granit. ngga tanggung-tanggung, semua worktop kami ganti sekalian keramik dinding juga ditutup granit semua. warna pilihan granit jatuh ke motif king ivory yang kebetulan warnanya senada sama tembok cappuccino. memang sih dari semua bahan, granit termasuk paling mahal, tapi itung-itung investasi daripada pasang yang bahan murah tapi nggak tahan lama.

macam-macam pilihan warna granit untuk worktop dapur

gimana ceritanya dengan si ubin?

meski suami ngga komplain, karena aku ngga suka dengan warna nat ubin yang pake semen abu-abu biasa, akhirnya aku nekat semua nat kucat pake cat putih. eh, begitu selesai, suami ternyata suka banget lho dengan transformasi-nya. doi emang gitu sih, kalo belum lihat pake mata kepala sendiri belum yakin meski kubilang ntar bakalan bagus, tetep ragu. begitu kelar dikerjain aja, baru bilang bagus-bagus, dasar!

untung dia punya istri hobi nukang, haha....


oh ya aku udah janji ya mau ngasih tau caranya ngecat nat ubin? ngga ada trik khusus sih, cuma pake kuas kecil aja, sekecil mungkin. kalo bisa pake kuas gambar. ngerjainnya mundur ya, kayak nanem padi, jadi cat yang basah ngga keinjek hehe. kalo capek jongkok, bisa duduk pake dingklik (bangku kecil pendek).

trus ngecatnya kudu hati-hati plus sabar. satu trik lagi, pas tangan kanan pegang kuas untuk ngecat, tangan kiri pegang kertas tisu dapur (atau kain lap yang ngga kepake), untuk ngehapus bekas cat yang kurang rapi. karena nat ubin emang sempit, pasti ada cat yang ngelebar ke ubin. kalo ngga langsung dilap nanti keburu kering, susah ngilanginnya jadi kesannya belepotan nggak rapi, itu aja.

karena lantai ubin kami meluas sampe ke ruang depan (hall), butuh kurleb dua hari untuk ngerjain ngecat ulang si nat ini. begitu selesai, ruangan jadi serasa lebih luas, lapang, dan bersih dibanding sebelumnya. karena motif ubinnya putih bercorak, dengan ngeganti warna nat dari abu-abu butek ke putih bersih, potongan-potongan ubin 30 x 30 ini seperti menyatu, ruangan kesannya jadi lebih luas.

kelihatan lebih bersih dan luas setelah nat-nya ganti warna!

nah, terakhir untuk hal yang aku suka tapi suami ngga suka tuh jendela dapur.

ini gara-gara ada satu sisi jendela yang ngehadap ke tetangga sebelah. doi ngga suka karena kalo dia duduk dia bisa ngelihat jendela tetangga. kataku, so what? ya kan dia bisa ngeliat gue juga katanya, haha. tapi kan si tetangga ngga bakal berdiri mematung di jendela itu lama-lama. paling buka tutup gorden aja semenit. kenapa ribet? tetep ngga nyaman katanya. situasi begini, orang inggris bilangnya overlooked! apalagi british tau sendiri kan privacy-nya tinggi sekali.

yo wis, aku ngalah.

sekarang di jendela yang ngadep tetangga itu kukasih pot tanaman geranium yang bisa numbuh tinggi. maksudku sih selain buat dekorasi dan ijo-ijo-an supaya adem di mata, juga untuk menutupi kalo-kalo si tetangga ngintip-ngintip seperti yang dikhawatirkan suami, hihi. ternyata itupun masih kurang. doi pengin di situ dipasang blind!

hadeuh...

blind adalah sejenis tirai penutup jendela yang fungsinya mirip seperti gorden, tapi mekanismenya sedikit beda. jenisnya juga ada beberapa macam, ada roller blind, ada roman blind, vertical/horizontal blinds, dan lain-lain. tapi karena suami belum komplain lagi, urusan blind ini masih kutunda. meski dia udah ngasih tau blind yang dia suka, aku masih belum beliin.

jelas kan sekarang siapa si bos di rumah kami, hihihi.

***

ruang makan

karena konsep open-plan dapur menyatu dengan ruang makan, sebagian besar tahapan dekorasi udah kutulis semua di atas, karena ruang dapur ya sebenernya ruang makan juga dan ruang keluarga juga. ketiganya nyampur jadi satu.

nggak banyak yang bisa diceritain tentang ruang makan ini. meja makan dan kursinya adalah seperangkat yang kami bawa dari rumah lama. kondisinya masih bagus jadi ngga perlu diganti. masih dengan konsep warna netral cappuccino, kuning gading, dan coklat, meja makan kami warnanya sudah senada dengan konsep interior yang kami kehendaki. jadi tinggal pasang, selesai.

meja dan kursi makan daur ulang dari rumah lama

meja makan ini terbuat dari kaca tebal yang sudah diperkuat, jadi (mudah-mudahan) tahan pecah dan tahan panas. sejak beli tahun 2010 lalu, dan umurnya udah 7 tahun, masih ngga berubah sama sekali. bahan kaca memang tahan lama, awet, tahan gores, dan ngga bakal busuk hehe. sementara dasarannya yang dari stainless steel, juga awet aja, paling kulap doank pas bersih-bersih.

bisa saja waktu itu kami pilih meja makan kayu yang lebih tradisional, tapi kami rupanya lebih sreg ke tata interior yang agak modern dan semi-kontemporer. meski untuk kursi makannya, aku malah beli yang semi-tradisional, bahan kulit sintetis berangka kayu. nanti lah kalo bosan dengan kursi ini, karena sekarang juga mulai ada tanda-tanda mulai retak kulit sintetisnya, mungkin aku akan ganti dengan kursi kontemporer yang unik dan funky.

sekalian jangan tanggung-tanggung biar ruang makannya full-contemporary hehe.

contoh ruang makan kontemporer, foto nyomot dari internet

***
ruang keluarga

di rumah lama, kami ngga punya ruang keluarga tersendiri. ruang keluarga kami dulu ya ruang tamu yang berfungsi ganda, eh triple dink. ruang tamu iya, berfungsi juga sebagai ruang keluarga, dan ruang mainnya si ethan. sekarang dia punya ruang main sendiri, dan kami punya ruang keluarga sendiri. ruang tamu ada sendiri juga (tapi bahasnya nanti ya di postingan berikutnya).

ruang keluarga letaknya di dapur, tepatnya antara dapur dan ruang makan. karena open-plan, ya ngalir aja ketiganya nyampur. di sini juga malah jadi tempat naruh kulkas dan tv kecil.

dari dulu aku sebenernya kekeuh cuma pengin punya 1 tv di rumah!

meski kalo mau bisa aja beli tv dan taruh di tiap kamar satu-satu (tv kan ngga mahal-mahal amat jaman sekarang hehe), tapi aku dulu pernah berprinsip pokoknya harus cuma ada 1 tv di rumah titik! hihi. alasannya untuk kebersamaan. kalo ada di tiap kamar, anggota rumah asyik nonton programnya masing-masing dan ngga ngobrol, ngga komunikasi. itu aja sih.

tapi pas pindah ke rumah ini, prinsip tinggal prinsip hehe.

karena tv satu-satunya dari rumah lama nongkrong di ruang tamu, dan karena di bulan-bulan awal setelah pindah ruang tamunya masih belum didekorasi (urutannya emang paling akhir), jadi kami malas nonton tv di sana. ngga cosy lah!

apalagi sekarang ada ruang keluarga di dapur. kayaknya emang perlu beli tv kedua nih hihi.

pilihanku pun jatuh ke tv yang ukuran layarnya paling kecil aja. kupikir ngapain gede-gede, kan cuma buat nonton si ethan aja, dan aku kalo ada waktu. karena sejak punya ethan, praktis aku emang ngga pernah lagi nonton tv. eh, ternyata jaman sekarang ngga ada lagi lho yang jual tv 14". paling kecil 18", itu aja ternyata harganya malah lebih mahal. jadilah aku beli tv murah 20" merek logik (pake - k). merek aneh!

begitulah, di rumahku sekarang jadi ada 2 tv, i hate it, but... yo wis lah...#pasrah

ruang makan/ ruang keluarga/ dapur - tempat ngumpul paling asyik, termasuk untuk acara ulang tahun

di pojokan ruang keluarga kutaruh lemari kayu lama dari ruang makan di rumah lama. kebetulan di toko yang waktu itu beli masih jualan model itu, aku pun beli meja kecil yang semodel dengan lemari, untuk naruh si tv kecil tadi.

nah, ruang keluarga yang nyaman tentunya butuh tempat duduk yang nyaman pula ya kan. tadinya kupikir sofa lama dari rumah lama bakalan muat dan pas warnanya di sini, ternyata aku keliru. karena kami juga butuh ruang untuk naruh kulkas, sofa lama terlalu gede untuk ruang keluarga ini.

lagi-lagi ukuran ruangan itu penting untuk diperhatikan sewaktu ngerencanain penataan ruang, ya pemirsa. supaya kita bisa milih perabotan yang ukurannya pas pula. ngga kekecilan, ngga kegedean. pemilihan warna juga penting banget, supaya jatuhnya semua satu palet dengan warna tembok dan perabotan lainnya.

sofa lama pun akhirnya kami 'buang' ke ruang tamu. dan terpaksa aku kudu beli sofa baru.

pilihanku jatuh ke sofa kontemporer dari dwell (salah satu toko favoritku untuk pilihan perabotan kontemporer). untung pula waktu itu deket-deket natal pas ada sale akhir tahun. sayangnya model yang didiskon warnanya agak terlalu gelap dari yang pengin kubeli. warna yang pas lagi ngga diskon heu heu. daripada nunggu, kubeli juga sofa warna gelap itu. eh, pas udah dikirim ternyata malah cocok lho, ditaruh di ruang keluarga.

warna gelap sofa yang cenderung dark-grey malah jadi menonjol karena latar belakangnya tembok putih bersih (yang bekas wallpaper dulu itu). seneng deh, kirain salah beli eh ternyata engga hehe. untuk pemanis, kupasang karpet hias warna coklat tua bermotif lengkung, senada dengan lemari kayu di pojokan.

hiasan temboknya, kupasang jam dinding dari dapur rumah lama yang sering banget dikomentari tamu-tamuku  karena unik, sampe ada yang komentar ketika jarum menunjuk angka dua kurang lima menit, mereka bilang sekarang jam "sendok" kurang "garpu" menit hehe.

jam sendok garpu dan serok :-D

dan akhirnya, tanaman palm sebagai pemanis ruangan kuletakan di pojok dekat sofa, serta sebuah lampu hias sebagai pelengkap aksesori kuletakkan di pojok ruang makan.

***
ruang cuci (utility)

ngga semua rumah di inggris punya ruang utility, atau aku sebutnya ruang cuci karena biasanya isinya emang mesin cuci hehe. rumah lamaku yang dulu karena kamarnya lima jadi termasuk ukuran gede, punya ruang cuci juga meski kecil. tetanggaku dulu yang rumahnya cuma 3 kamar, ngga punya ruang cuci. kami tahunya karena kalo wiken dia nyuci bajunya ke garasi mobil yang sebelahan persis sama garasi kami. mesin cuci dia rupanya ditaruh di garasi.

rumah-rumah tanpa ruang cuci, kalo ngga naruh mesin cuci di garasi, banyak juga yang mesin cuci bajunya di dapur. jadi nyampur ya dapur ya ruang cuci.


rumahku sekarang ruang cucinya sedikit agak luas dibanding rumah lama. kalo dulu kami cuma punya ruang untuk 1 mesin cuci, 1 mesin pengering, dan 1 kabinet untuk nyimpen tetek bengek (biasa alat nukang), sekarang ada tambahan ekstra yaitu lemari penyimpanan yang menjulang tinggi sampe ke langit-langit. semua pernik-pernik yang dulu semrawut kugantung di tembok di ruang cuci rumah lama (sapu, peralatan pel, dll), sekarang tersembunyi manis di dalam lemari ekstra tadi. ruang cuci jadi lebih lapang dan bersih, yuhuuuiii.

kayaknya emang ruang ini kurang penting ya, tapi kalo dipikir-piker, ibu-ibu hidupnya pasti akan lebih bahagia kalo punya banyak ruangan untuk nyimpen hal-hal remeh-temeh semacam alat pel, sapu ijuk, pengki, kotak deterjen, botol-botol softener, ember, sepatu bot, dan plastik/ keranjang belanja. ya kan?

kalo ngga ada ruang ekstra, pasti lah pernik-pernik macam itu berserakan bikin sepet mata. kalo ada tempat tersendiri emang enak, rumah jadi lebih rapi.

kayak ngga beda jauh ya, tapi sebenernya setelah renovasi lebih cerah lho ruang cuci ini

ruang cuci ini adalah salah satu yang ngga pernah didekorasi sama pemilik-pemilik lama. warna catnya masih orisinil sejak dibangun 17 tahun yang lalu, alias ngga pernah dicat ulang. jadilah ruangan ini jadi korban kuas catku lagi. seluruh temboknya yang tadinya magnolia kuganti putih bersih supaya senada sama warna kabinet yang emang putih. karena ngga pernah dicat ulang, beberapa bagian tembok udah mulai mengelupas, jadi sekalian kurapiin pake amplas dulu, baru dicat lagi. mulus deh sekarang!

karena di ruang cuci (utility) ini juga ada worktop, meski kondisinya ngga seburuk yang di dapur, sekalian kami ganti granit juga supaya seragam dengan dapur. tanggung lah ya mumpung renovasi.

...bersambung...

2 comments:

  1. halo mbaaaak. peh suwi aku ora mampir.
    sukak deh dengan desain rumahnya. ala ala inggris banget. halah.
    oya, dulu alasannya apa mbak pindah rumah? (mungkin kelewatan belum baca)

    semoga bahagia dengan rumah barunya yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. dik Petyyyyyyy, kangennnnn! halah. ahhhh kamu siyyyyy sibuk jalan jalan meluluuuuu, hihi... ketahuan aku yg suka kepo fb mu hahaha.... makasih apresiasinya. alasan pindah udah ditulis donkkk, judulnya "pindah rumah". kalo males baca ya dah kukasih tau di sini aja daripada nanggung, hehe. biar lebih deket kantor, dulu nyetir sejam sekarang 25 menit saja, gitchuuu....

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...