Thursday 15 June 2017

asa vs afi

...big hugs, stay strong, and keep writing! salam dari inggris...
demikian pesan pribadi di fesbuk itu kuakhiri. aku tak mengharapkan balasan. kebaca aja udah sukur pikirku, mengingat si pemilik akun yang kukirimi pesan pendek itu bisa jadi lagi bener-bener sibuk banget entah sampe kapan, boro-boro ngecek inbox fesbuk yang mungkin isinya udah bejibun. akupun kembali ke rutinitasku sehari-hari dan melupakan sosial media untuk sementara waktu, kembali ke dunia nyata.

itu dua hari lalu...




***

agustus 2010

aku rajin ngeblog sejak tahun 2010, eh ngga rajin-rajin amat sih, naik turun juga mood-nya, ya gitu deh. kalo kalian blogger juga pasti tahu lah ya hehe.

kira-kira baru dua-tiga tahun berikutnya ketika angka pageview-ku mulai beranjak naik pelan-pelan, permintaan pertemanan di akun fesbukku juga meningkat beriringan. rata-rata teman-teman baru ini mungkin (mungkin lho ya) pengin memantau postingan baru blog otakkukusut dari fesbuk, karena terbukti follower blogku sendiri dari sesama pengguna platform blogger justru ngga nambah-nambah hihi.

fesbuk memang platform utama yang kupakai untuk promosi postingan baru selain akun twitter, yang sebenernya udah hidup segan mati tak mau karena empunya jarang login. harap maklum lah, hidup cuma 24 jam sehari, dulu yang separo dipake bengong, sekarang dipakai sama si ethan hehe.

***

17 oktober 2015

meski ngga tiap hari, aku selalu sempatkan untuk menambah pertemanan di fesbuk. kecuali pernah bertatap muka, atau berinteraksi langsung untuk urusan tertentu, aku sebetulnya tuh jarang banget nge-add teman baru. kebanyakan mereka yang nge-add aku. bukan berarti sombong ya ngga mau nge-add orang asing (asing dalam artian yang belum pernah kenal, bukan orang luar negeri hehe). tapi kalo memang ngga ada niatan untuk koneksi, kan ya ngga bisa dipaksakan. namun kalau ada yang berniat membuka pertemanan denganku karena mau mantau blog atau alasan yang lain, ya dipersilahkan. pintu pertemanan selalu terbuka lebar. simpel aja.

hidup udah ruwet ngga perlu dibikin tambah ruwet hehe.

nah, pas tanggal 17 oktober 2015 itu, aku nambah satu orang lagi teman dunia maya. namanya asa. ngga ada yang istimewa, hanya rutinitas penambahan pertemanan saja seperti biasanya.

setelah berteman dan terkoneksi, biasanya kan kita jadi bisa ngeliat dan mantau postingan-postingan teman kita ya kan. di situ aku mulai tertarik pada postingan-postingan asa. tergelitik dengan cara dia menyampaikan pemikiran-pemikirannya lewat tulisan, gaya serta pemilihan kata-katanya yang kadang 'nyeleneh' apalagi ketika membalas komen-komen yang terkadang sedikit agak 'vulgar' diselipi sumpah serapah khas anak remaja umur smu, aku pelan-pelan mulai mengenal asa.

kenal sebagai sosok di dunia maya saja.


melalui pemikirannya, melalui gaya bicaranya, melalui intrik-intrik kehidupan remaja yang dilaluinya komplit dengan drama-drama khas anak muda. ada suka, ada duka, ada air mata, kemarahan, kegembiraan, bahkan ke-lebay-an. namanya juga anak smu. tapi dengan lugas ia selalu mencurahkannya ke dalam status-status fesbuk yang kadang runut, kadang acak. kadang panjang, kadang cuma dua kata hehe.

ketika ngebaca keluh kesah seorang asa, diam-diam aku kagum sih.

nih anak keren juga yah. aku yang umurnya dua kali lipat lebih dari dia kok ngga pernah kepikiran sedalam itu. ngga pernah sampe ke pemahaman itu. ngga pernah sampe seberani itu mengutarakan pemikiran. tapi ya kubatin saja, mosok koar-koar pake pengeras suara hehe. lagian kami juga jarang banget bertegur sapa, meski berteman udah lumayan lama.

beberapa interaksi yang kuingat cuma sekelumit percakapan di awal-awal pertemanan (akhir 2015 awal 2016) tentang kesukaan dia nulis, yang dengan terang-terangan dia bilang kalo dia punya akun khusus satu lagi untuk nulis dengan nama pena, yang pengikutnya lumayan banyak katanya. sementara akun yang dia pake untuk temenan sama aku itu akun pribadi dia. sayangnya waktu itu dia ngga ngasih tahu akun yang lainnya itu. aku juga ngga minta.

rada-rada misterius juga nih anak, pikirku waktu itu.


lalu hidup dan rutinitas menarikku kembali ke dunia nyata, aku ngga sempat lagi menindaklanjuti percakapan singkatku dengan si asa. dan rasa penasaranku tentang akun yang satu lagi itupun menguap dan terlupa. sejak itu seingatku kami hampir ngga pernah berinteraksi langsung lagi. entah apakah dia masih kepo-kepoin wall-ku, aku ngga tau. yang pasti aku masih suka ngebaca status-statusnya kalo pas kebetulan aku online dan kebetulan postingan dia muncul di timeline. ngga pernah aku yang sampe nengok ke wall dia secara khusus.

maklumlah, ngurus wall sendiri aja aku keteteran gini hehe.

***

tahun 2017

sejak tanah air heboh sama huru-hara pilkada jakarta, demo berjilid, perang dunia maya, sampe koh ahok dipenjara, aku masih terlalu sibuk dengan pindahan rumah, dekorasi, nukang dan lain-lain, yang sedikit banyak nguras tenaga, pikiran dan waktuku. jadi aku milih untuk cuek sebodo teuing dengan berita-berita tanah air. seorang teman udah ngilik-ngilik aku pas kabar koh ahok dipenjara 2 tahun mulai menggemparkan jagad maya. aku masih bergeming hehe. lhah mau nulis juga nulis apa, tenaga ngga punya, apalagi opini, lha otaknya udah blank, ngga kusut lagi hihi.

otakku kusut itu kalo aku kepikiran banyak hal. aku jadi mikir banyak itu kalo abis baca banyak berita, atau baca opini-opini orang, atau nonton acara tertentu. biasanya karena ada begitu banyak masukan, ditambah dengan opini pribadi, aku jadi kepikiran, kusut deh. kalo dah kusut, pengin nulis deh.

lha ini udah lama ngga ngikutin berita tanah air, boro-boro nulis. ngerti ada kejadian apa juga engga hehe. cuma sedikit-sedikit aku tahulah kalo pergesekan antara kubu itu dan kubu anu tambah memanas aja. belum lagi embel-embel yang pro pancasila vs yang anti pancasila. hashtag nkri harga mati vs hashtag yang satunya lagi, embuh apaan.

rame banget ya indonesia hihi...

nah, hingga beberapa waktu lalu, salah seorang teman fesbuk nge-share sebuah postingan dan nongol di timeline-ku, ditulis oleh akun fesbuk bernama afi yang katanya follower-nya bejibun, bertema 'agama warisan'. judul postingannya saja aku dah lupa. baca pun cuma sekilas. yang nge-share siapa juga aku udah lupa.yang kuingat, berita-berita yang muncul seputaran postingan itu semuanya nyebut-nyebut nama afi, afi, afi.

hadeuh, apalagi sih ini orang-orang tadinya berisik ahok-ahok, nkri-nkri, sekarang afi-afi.

sampe sinipun aku masih belum tahu benar apa yang terjadi. tapi memang dunia berputar begitu cepat, waktu serasa terbang. tahu-tahu berita tentang afi sudah berkembang dengan kemunculan sosoknya di mana-mana. di tv, di koran, di pertemuan-pertemuan khusus, diundang ke kampus, ke sana ke sini, bahkan ketemu pakdhe jokowi.

kupikir, ada yang mendadak seleb lagi nih. ntar juga ilang ditelan fenomena baru yang lebih heboh. indonesia gitu lho, udah apal aku kelakuannya hehe.

dan bukan indonesia kalo berita-berita positif tentang seorang gadis penulis muda belia yang karya tulisannya diamini banyak orang, ngga dibarengi dengan berita negatif yang ngga kalah heboh juga. karena rupanya ada pihak-pihak yang ngga setuju, menentang, menghujat, membully, bahkan mengancam si afi ini. tapi aku juga masih bergeming. ntar juga reda sendiri, kupikir. indonesia gitu lho.

kemudian beberapa hari lalu aku ngeklik sebuah tautan ke sebuah tulisan yang isinya tentang si afi yang suka plagiat. nah, ini ada yang baru lagi hehe. lalu ada berita yang dia minta maaf, eh tapi katanya maafnya ngga tulus, dan lain sebagainya dan lain sebagainya. doh, kupikir kesian amat si afi ini kok ngga habis-habis ya dibahas sama nkri.

kenal aja engga, tapi entah kenapa aku jadi jatuh simpati pada sosok ini.


afi yang katanya baru tamat smu, berarti baru umur 17-18 tahun lah ya, aku dulu lulus juga umur segitu. tapi beban psikologis yang harus ditanggung anak semuda ini udah gede banget. aku aja cuma gara-gara digeruduk emak-emak keb setelah posting asi vs formula dulu itu, udah kabur terbirit-birit kapok dan trauma bwahaha. padahal umurku udah mau 40 waktu itu, hadeuh, cemen kali! apalagi pas baru umur 18, aku berani apa waktu itu.

sementara si afi ini udah ditempa demikian dahsyatnya!

anak semuda ini di-bully ngga cuma oleh orang sekecamatan, tapi jumlahnya kalo ditotal bisa jadi oleh orang seprovinsi. mau pake prinsip apa kek, tulisan agama warisan yang dikhawatirkan akan melemahkan misi kaum onta kek, plagiat itu biar seupil tikus haram kek, atau prinsip kalo jadi seleb harus sempurna jangan ada cacat sama sekali kek, tetep aja nge-bully itu derajatnya rendah sodara-sodara.

aku ngga ngebelain afi yah, kenal aja enggak, tahu mukanya juga enggak, cuma tahu dia berjilbab itu doank dari ngeliat sekilas foto-fotonya di media. lha wong aku memang jarang online meski kuota internet unlimited.

aku cuma bersimpati karena aku juga pernah ngalamin di'serang' gara-gara sebuah tulisan, itu aja. dan sebagai sesama penulis, meski afi penulis terkenal dan aku penulis abal-abal, afi diserang dari segala penjuru, aku 'cuma' diserang emak-emak dasteran, aku tahu banget gimana rasanya. pedih, dih dih dih #eaaa


sampe akhirnya dua hari lalu aku baca sebuah tautan ke sebuah postingan yang ngebahas tentang afi sampe mendetil, dan si penulis menyebut identitas si afi yang ngga banyak dimuat di media mainstream, entah kenapa. setahuku, mungkin karna si afi sendiri pernah bilang (lupa kubaca di mana), kalo ia tetep pengin terus nulis dengan nama pena-nya, afi. lagian sejak postingan warisan yang heboh itu orang juga ngenal dia sebagai afi.

tapi di postingan yang kubaca ini disebutkan kalau nama si afi ternyata adalah...

asa.

ps: pesanku sudah dibaca, dan dibalas.

2 comments:

  1. Haha iya, fesbuk ngeri banget mba..panas membara, ga hanya urusan sufor, politik, agama, perkara listrik juga bisa heboh dan dijadiin pro kontra ga usai2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh, heran ya orang orang ini energinya ngga habis habis buat perang di medsos tiap hari. ngga lelah apa mereka ya 😂

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...