Friday 6 January 2017

we we el

maksudnya mau keminggris dikit, judul di atas itu musti dibaca we we el (wwl), eh double-you double-you el, atau bahasa kerennya ala ibu-ibu abad kekinian adalah weaning with love...

apakah itu weaning with love

kalau nanya nenekku sih blio bakalan bilang itu cuma jadi satu kata saja, "nyapih"! yup, postingan ini akan bercerita tentang proses penyapihan si ethan, yang terjadi baru-baru ini saja, kurang lebihnya sebulan yang lalu.




sumber


seperti sudah kalian ketahui #halah, maksudnya yang udah baca-baca perjalanan kelahiran si ethan dari awal sejak masa kehamilan, lalu pas lahiran, cerita-cerita ga penting tentang berbagai hal termasuk proses menyusui (dan juga tahu kisah heboh postingan asi vs formula dulu itu haha), trus ke mpasi, sampai akhirnya aku mulai jarang posting tentang anakku karena aku sedang berusaha menghormati privasinya #jiahhh (baca: padahal males aja), akhirnya kini sampailah kita ke cerita tentang masa menyapih!

panjang amat intronya...#lap_keringat

***

ethan nyusu asi sejak umurnya baru 45 menit, begitu dia bangun tidur! iya, dia tuh begitu lahir ceprot, nangis owekkkk bentar doank, ditimbang, ditelungkupin ke dadaku, lalu kami berdua pun tertidur dengan suksesnya. kalo aku sih jelas karena kecapean abis ngelahirin ya kan? kalo dia apa coba alasannya? masak baru lahir udah ngantuk lagi, haha...

lalu kira-kira setelah 45 menitan (kata suamiku yang setia nungguin duduk di kursi sebelah tempat tidur di rumah sakit, sambil nangis bangga -kata dia-), ethan pun mulai ogel-ogel, kebangun. masih telanjang bulet tuh dia hihi. eh, langsung deh begitu bangun, ngerasa lapar kali ya karena suplai makanan lewat tali pusarnya udah dipotong, secara naluri alaminya dia pun langsung bergerilya nyari sumber makanan terdekat, yaitu asi!

berkat bantuan sensor hidung, pas ketemu dia langsung hap, nyup nyup nyup, lahap menyantap asi ekslusif untuk pertama kalinya. begitu lahap dan sukanya dia sama yang namanya asi, sejak detik itulah suplai makanan dan energi si ethan sampai dia umur sekitaran 6 bulan, ya cuma asi saja, langsung dari sumbernya karena kebetulan di inggris sini ibu melahirkan berhak cuti kerja sampai satu tahun, dalam kasusku malah molor jadi 13 bulan hehe. jadi sekali lagi aku beruntung karena nggak mengalami drama pompa memompa.

begitu menginjak umur 6 bulan, dan mulai pengenalan makanan padat (mpasi), suplai asi si ethan nggak juga menurun. tetep aja tiap hari siang malam ngenyot terus. dianya bulet, emaknya kerempeng hihi.

ribetnya, di inggris tuh emak-emak yang sukses nyusuin jarang banget. karena angka menyusui di inggris itu salah satu yang paling rendah di eropa, bahkan mungkin di dunia. dulu pernah aku bahas panjang lebar di postingan asi vs formula itu, tapi karena jadi banyak pembaca yang merasa kebakaran jenggot (tanya kenapa - padahal jenggot aja pada ngga punya #krik), ya udah aku kunci postingan heboh itu sampai sekarang. kalau mau nyari tahu kenapa angka menyusui di inggris rendah, tanya mbah gugel aja deh yah! sementara akunya tinggal di inggris dan tetep nyusuin sampai ethan gede, bule-bule sini aneh gitu ngeliatnya haha.




termasuk suamiku!

ya kan dia bule inggris juga hehe. pas di awal-awal dia suka nanya, kita kasih dia tambahan formula ngga mum? (dia panggil aku mum sejak aku punya anak). kujawab, nggak! dia cukup nggak tuh mum susunya? kujawab, lebih dari cukup! trus dia nanya lagi pas dia udah mpasi, nyusunya dikurangin ngga mum kalo udah makan padat? kujawab, suka-suka si ethan donk mau nyusu banyak apa dikit! nah pas ethan udah lewat satu tahun, suami nanya lagi, mum si ethan bakalan nyusu sampe kapan sih? kujawab, suka-suka dia mo nyusu sampe kapan... kenapa emang? ngiri? sama ethan?

nggak bisa jawab dia, bwahahaha...

judes emang istrinya suamiku tuh, hihi. ya nggak sejudes itu sih. maksudnya, aku sejak awal emang udah bersikap tegas dan berkeras hati, lempeng, nggak goyah terhadap godaan apapun, untuk memberikan yang terbaik buat ethan. untungnya di sini godaan itu nggak gitu banyak. kalau di indonesia kan ada godaan tetangga, teman, mertua, ibu sendiri, nenek, tante-tante dll, yang suka ribet ikut campur urusan susu-menyusui. padahal fitrahnya itu kan urusan pribadi si ibu dan bayinya berdua saja, ya toh! bapaknya aja ngga boleh ikut campur, hihi...

jadi itulah yang kami lakukan...mesra berdua sebagai ibu dan anak, seperti seharusnya.

***

nah, pas ethan dua tahun, aku pikir udahlah nyusunya sampai dua tahun aja. udah lebih dari cukup karena menurut riset kesehatan, setelah umur dua tahun, manfaat asi toh nggak lagi signifikan untuk tumbuh kembang si anak seperti ketika umur nol sampai dua. akupun kepikiran untuk nyapih, waktu itu. 

setelah banyak baca-baca artikel tentang nyapih, baca pengalaman ibu-ibu yang hobi nulis dan sudah ikhlas berbagi cerita drama menyapihnya di blog masing-masing hihi, juga ngobrol sama ibuku di kampung sana, akhirnya niat nyapih pun aku batalkan!


kenapa?

karena proses menyapih kalau dilakukan ketika anaknya nggak mau atau belum siap disapih, menurutku kok agak brutal. dan aku ngga tega!

ada yang putingnya diolesin pake cabe, pake balsem, pake jeruk nipis, hahaha. supaya si anak nggak mau ngenyot lagi. kan kesian anaknya tuh, hatinya pasti kecewa berat, kok ini tadinya nikmat banget sekarang jadi berasa ancur begini? tiba-tiba? sejak kapan asi berubah jadi rasa balsem? haha...

itu yang aku ngga bisa lakuin ke si ethan. aku nggak mau dia kecewa, aku nggak mau hatinya terluka, aku nggak tega dia sedih karena sumber kenikmatan itu direnggut begitu saja dari dirinya tanpa dia berdaya untuk menolak #super_lebay. jadilah sejak dia umur 2 tahun dan batal nyapih itu, aku putuskan untuk kekeuh, aku mau wwl aja sama ethan!

artinya, dia boleh nyusu kapan aja, dan berhenti kapan aja kalau dia udah siap untuk berhenti karena kemauan dia sendiri, bukan karena kemauan bapaknya, emaknya, apalagi kemauan orang lain. bodo amat orang mau bilang apa, aku berikan dia hak penuh untuk mengambil keputusan itu.

keren ih, kecil-kecil udah jadi decision maker, haha...

***

jadilah ethan terus nyusu meski dia udah lewat dua tahun, udah bisa ngomong jelas, udah aktif di penitipan anak, dan udah kelihatan gede. banyak banget kejadian yang membuat para bule itu melihatku dengan tatapan aneh ngga percaya, kalau anak segede ethan masih nenen aja. inget kan, bule yang nyusuin bayi aja jarang, apalagi yang nyusuin anak sampe gede, lebih langka lagi hihi.





misalnya nih pas aku jemput si ethan ke penitipan, eh dia pas itu barusan jatuh kepalanya kejedot dan berdarah dikit. nangis donk pasti, kejer. staf penitipannya udah berusaha nenangin dia. ngga ada yang berhasil, dia tetep nangis kenceng. pas aku datang, lihat dia kejer jidatnya benjol, aku santai aja dan malah bilang, yahhh, kok ethan jadi harry potter, ada lukanya di jidat, haha. sambil bilang gitu aku nyari kursi, duduk, dia aku pangku, dan langsung buka beha, kasih dia asi. hap! langsung anteng dia nenen. mbak-mbak staf di situ langsung bengong semua. ajaib yah, kata mereka hahaha. ethan umur 2.5 waktu itu kalau nggak salah...

emang asi itu ajaib kok. penyembuh segala luka, haha....

banyak lagi kejadian lain, yang kalau ditulis satu-satu, postingan ini bakal kepanjangan. tapi yang pasti, sejak ethan tambah gede, meski dia tetep minta asi, dia mulai ada rasa malu dan sungkan kalau kami sedang ada di luar rumah. dia malu nenen dilihatin orang. bisaan yah anak kecil berasa gitu hihi. jadi dia mau nunggu sampai kami pulang ke rumah, atau masuk ke bangunan gedung yang ada nursing room-nya gitu, baru dia minta nyusu. syukurlah, jadi emaknya ngga ribet-ribet lagi pakai kain penutup itu kalau harus nyusuin di tempat umum.

***

umur 3 tahun, ethan makin lancar berkomunikasi. dia mulai mengenal logika dan cara berpikir kritis. mengapa ini begitu, mengapa itu beginu. why this why that. cerewet lah pokokna...

tiap kali dia nenen, aku juga mulai nanya ke dia, kenapa dia minta nenen? dia jawab, because i am hungry mummy. aku tanya lagi, kenapa kalau lapar nggak makan makanan aja, daripada nenen? mikir bentar, trus dia jawab, because i am thirsty mummy. pinter nih anak ngelesnya haha. trus kutanya lagi dia, kenapa kalau haus nggak minum air putih atau juz buah, atau susu sapi aja di kulkas? kehabisan akal, dia jawab, because i love you, mummy!

hahaha... mosok tega sih nyapih kalau jawabnya gitu...


ya sudahlah, nenen pun jalan terus meski umurnya beranjak menua, udah 3 tahun aja. bapaknya pun mulai tuh nanya-nanya lagi, sampai kapan mum, si ethan bakalan nenennya? kujawab, sampai dia bosen sendiri, kan kita udah setuju nyapihnya pakai weaning with love. kali ini suami ngga protes-protes lagi, udah pasrah dia haha.

ada beberapa kesempatan di mana aku kudu pergi keluar kota untuk urusan kerjaan dan harus nginep. pertama kali, aku sempet ragu, dan khawatir, gimana ntar si ethan kalo ngga nenen, padahal sejak lahir kan dia non-stop tuh nggak ada sehari pun dia absen nenen emaknya. eh, tapi ternyata kekhawatiranku ngga terbukti lho. udah pernah aku ceritain deh di postingan ini.

sejak itu, aku ngga terlalu khawatir lagi kalau harus keluar kota dan nginap untuk beberapa hari tanpa ngasih ethan asi. begitu pulang, ya udah, dia nenen lagi. asinya masih lancar aja sih kalau cuma satu dua hari absen.

***

begitulah akhirnya sampai bulan oktober kemarin itu, kami pindah rumah yang akhirnya sampai ke nyapih si ethan.

sebenernya bukan karena pindah rumahnya sih, ethan jadi disapih, tapi mungkin karena emang beberapa perubahan yang terjadi sejak pindah itulah yang bikin dia makin dewasa. jiahhhh, dewasa! haha...


karena sejak pindah rumah kan dia juga pindah ke tempat penitipan anak yang baru. punya teman-teman baru, dan dia jadi lebih berani gitu lho anaknya. mungkin dulu di penitipan lama kan dia gabungnya pas masih bayi yah, waktu aku balik masuk kerja lagi kan dia baru umur 13 bulan dan aku titipin. cerita tentang penitipan ada di sini. jadi dia agak-agak penakut dan pemalu gitu anaknya, karena dia yang paling muda kan di situ. meski begitu yang agak tuaan udah pada lulus dan masuk sekolah sd, entah kenapa ethan tetep aja nggak seberani sekarang.

begitu dia pindah titipan, kan dia termasuk di grup yang paling tua yah, disbanding anak-anak lain yang masih bayi-bayi. mungkin juga karena teman-teman barunya memang dia lebih pas bergaulnya disbanding di tempat penitipan lama, rasa percaya dirinya jadi meningkat gitu. dan dia jadi lebih berani, nggak gitu malu-malu lagi. efek sampingnya, kalau nyanyi di rumah, dia suaranya jadi kenceng banget, kadang sampe teriak-teriak bikin kuping budeg, haha.

sejak pindah rumah itu pula, setelah sekitaran sebulanan gitu deh, akhir-akhir november, dia pelan tapi pasti jadi jarang minta nenen. karena aturan we we el itu simpel, kasih asi kalau anaknya minta, jangan ditawarin kalau dia nggak minta, aku juga nerapin metode itu.

kalau dia nggak minta, ya aku diem aja.

***

nah, pola ini lama-lama berulang. kadang dia ngga nenen sehari, besoknya minta, besoknya lagi nggak. asal dia pengin aja dia minta. lama-lama ngga penginnya nambah. dari tiap sehari, jadi tiap dua hari sekali baru minta, trus tiga hari. lama-lama dia nggak nenen selama seminggu.

eh, tiba-tiba dia ngga enak badan, batuk pilek, pas udah mau liburan natal kemarin tuh.

jadilah dia agak manja dan minta nenen lagi. cuma sekali dua aja sih, buat dia merasa nyaman aja kali yah. begitu dia agak baikan, dia nggak minta lagi, sampai yang paling lama tuh dua mingguan gitu deh. lucunya, pas entah kenapa dia tiba-tiba minta nenen, karena udah nggak diambil asinya selama hampir dua minggu berturut-turut, otomatis kan produksi berhenti yah, pas dia minta nenen, eh, kosong aja gitu donk, haha....


eh, mukanya jadi lucu gitu dia bilang gini, mummy, where is your milk? why nothing's coming out?

aku pura-pura bego aja ngejawab, i don't know ethan, what happened do you know? trus apa kata dia? mummy, i think you need to drink more milk from the fridge so your milk will not be empty anymore, sambil dia ngelepas nggak jadi nenen karena emang udah ngga ada asi yang keluar lagi... dan rupanya itulah yang terakhir kali.

begitulah ceritaku nyapih si ethan, cara nyapih dengan cinta, atau weaning with love, yang sampai detik ini dia sudah lepas asi hampir sebulan lebih lamanya, setelah 3 tahun 7 bulan nenen. cerita ini pun berakhir dengan simpulan, kalau ternyata aku tuh kudu lebih banyak minum susu sapi dari kulkas biar nenennya ga kosong!

hi hi hi...

4 comments:

  1. duh endingnya lucu bgttt,hebat yeay ethan. Padahal aku nungguin ada photo ethan di akhir postingan lohhh.. haaa udah gede makin lucu aja ya kyknya skrg, udah bs kritik sm protes

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya bu, udah mau empat tahun nanti april, cepet banget yah anak anak gedenya. tambah bawel dia emang. sayangnya masang foto dia harus dibatasi sekarang, anaknya udah gede jadi privasinya harus dijaga, hehe... nanti kalau ada foto yang pas dan bisa dibagi, pasti tayang deh :-)

      Delete
  2. Ih,sama kita mbak, (toss dulu), I did that to ais, tp skrg masalahnya tinggal lepasin dia dari ngedot, masa udah TK B masih ngedot aje..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhhh toss ahhhhh... yang kayak adikku dulu ngedot sampe sd haha. untung ethan nggak kenal dot. ayo aissss, lepaskan dotmuuuu, kamu bisaaaa.... haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...