Tuesday 8 March 2016

kemandirian

"no! i can do it myself, mummy!"

semakin hari, kalimat itu semakin sering terdengar setiap kali aku pengin ngebantuin ethan. mulai dari pake celana kolor, pake kaos kaki, pake sepatu, baju, jaket, sampe makan, minum, ngangkut piring kotor yang abis dia pake ke dapur dll.

umurnya belum juga genap 3 tahun.

tapi segala urusan yang menyangkut dirinya sendiri, ethan ga pernah mau dibantuin. sebagai orang indonesia dan emak-emak yang notabene selalu pengin ngerjain ini itu untuk buah hatinya, lama-lama aku jadi ngerasa makin ga dibutuhin lagi, hiks hiks.

anakku terlalu cepat mandiri.

si batita yang udah sok mandiri


mungkin karena didikan ala bule di tempat penitipan anak, mungkin karena ia memang separo bule, mungkin memang sewajarnya orang bule itu sudah mandiri sejak masih batita. meski hal ini mungkin agak kurang wajar di indonesia, mungkin anakku memang sudah harus mandiri di usianya yang masih seupil ini.

sisi positifnya tentu ada.

emaknya jadi lebih banyak waktu luang, ga melulu apa-apa musti dikerjain atau dibantuin lagi. padahal kalo di indonesia, dulu aku aja jaman sekolah sd tiap makan masih minta disuapin. di sini bayi belum genap setahun udah pada bisa makan sendiri. di indonesia dulu aku usia sd pake ini itu masih dibantuin nenek atau ibu, di sini belum juga masuk tk sudah bisa pake sepatu, celana, kaos kaki sendiri.

dan, ternyata salah satu syarat masuk paud-nya inggris tuh, anaknya memang sudah harus bisa pake apa-apa sendiri jadi gurunya ga perlu ribet ngebantuin. kalo belum bisa ga boleh sekolah dulu hehe.

ini sebenernya anak-anaknya yang mandiri sejak dini apa orang dewasanya yang permalasan ga mau repot sih ya?

sisi negatifnya ada juga.

ya itu tadi. emaknya (apalagi yang bukan bule kayak aku ini) jadi berasa nganggur, ga dibutuhin lagi. lha apa-apa, no mummy, i can do it myself!

oke deh nak, mami mau bobo-bobo cantik sambil baca buku, kamu urus dirimu sendiri deh ya. mentang-mentang udah mo 3 tahun. eh, tetep aja masih batita yah.

dasar batita bule :-p

4 comments:

  1. Aaaaa... Ethan! Kapan kita bisa bertemu, Sayang?? :* :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaa tante Kimi baru nongol kemana ajaaaaa... maen cini donk tante bial bica ketemu akyuuu *ini Ethan versi alay* lol

      Delete
  2. mwahaha ethan, enak emaknya bisa gogoleran dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gogoleran eta naon teh hihi, leyeh leyeh ya kalo kata wong ngjowo?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...