Thursday 12 November 2015

sekolah mahal

udah baca postingan mengenai kegelisahanku setiap lima tahun atau kusebut repelita belum? kalo belum baca dulu deh biar nyambung ama postingan ini #modus

jadi kan kami lagi kasak kusuk nih pengin pindah rumah. artinya kami kudu mulai hidup baru donk di kota lain atau desa lain. sebenernya sih rumah sekarang ini nyaman banget, cuma ya itu dibangunnya salah tempat alias kejauhan dari kantor, haha.

lha kenapa dulu beli rumah di situ sih?

ya kan dulu masih belum ada si kecil euy. trus dulu mikirnya tuh rumah yang sekarang meski rada jauh kira-kira satu jam ke kantorku, tapi cuma setengah jam ke kantor suami waktu itu. karena sekarang dia ga ngantor lagi dan kerja full dari rumah (baca: home-based job) jadi berasa jauh aja punya rumah di lokasi yang sekarang, huhu.

nah, masalahnya nih kalo mau pindah, pindah ke mana?

karena ga gampang lho urusan pindah rumah itu ternyata. banyak pertimbangan yang kudu dipikirin masak-masak kalo ga mau nyesel belakangan. salah satunya, adalah soal sekolahan!

yup, kan si ethan ntar bakal masuk sekolah donk ga lama lagi. april tahun depan dia udah tiga tahun aja lho, ga kerasa punya anak ternyata cepet gede yah haha. jadi kami lagi pusing nih nyari lokasi rumah yang mau dibeli kudu deket sekolahan yang kualitasnya bagus. sebenernya sih ini keinginan suami.


aku sendiri jujur tadinya nyante aja dan ga gitu peduli soal sekolah-sekolahan. tapi kok lama-lama jadi kepikiran juga haha.

sekolah mahal vs gratis

gara-garanya nih, karena sekolah di inggris sampe tingkat smu itu kan gratis. karena urusan pendidikan di negara maju emang ditanggung pemerintah sepenuhnya. demikian pula urusan kesehatan. jadi ga bakal ada rakyat negara maju yang bodoh gara-gara ga kuat bayar biaya sekolah, atau yang menderita sakit karena ga mampu berobat! kapan yah indonesia bisa begitu hehe.

tapi....

selalu tuh ya kalo ada yang gratisan, lapisan masyarakat yang kebanyakan duit tuh masih ga terima aja digratisin. gengsi lah katanya haha.

maka, meski di inggris sini layanan kesehatan umum gratis, orang-orang kaya di sini masih saja ada yang sukarela bayar mahal ke dokter privat!

selain layanannya premium, juga katanya untuk jaga gengsi ga mau ke rumah sakit atau dokter umum dan ngantri bareng-bareng lapisan masyarakat lain yang cuma ngandelin layanan gratisan dari pemerintah macem aku gitu lah hehe.

demikian juga dengan urusan pendidikan.

meski udah digratisin sampe smu, tetep aja orang-orang kaya di inggris sini mau-mau aja susah payah bayar sekolahan yang privat dan harus bayar mahal tiap catur wulannya. demi gengsi juga donk.

o ya kalo negara-negara maju eropa yang lain rata-rata kuliah di perguruan tinggi juga gratis, di inggris untuk saat ini masih bayar. katanya sih karena mutunya lebih bagus, jadi orang tetep rela bayar untuk bisa kuliah di inggris. kalo mau yang gratisan kuliah ke jerman atau negara eropa lain aja.

nah, sejak kami mikir pengin pindah rumah, sekolah juga jadi satu pemikiran kami donk.

untungnya di era digital super canggih sekarang ini kami bisa dengan mudahnya melihat informasi di internet yang berisi jual beli rumah tapi bisa langsung ngecek juga kualitas sekolahan terdekat seperti apa.

seperti pernah aku ceritain dikit di postingan tentang tempat penitipannya si ethan, di mana segala instansi pendidikan sejak usia dini sampe smu di inggris memang selalu diaudit oleh lembaga yang berwenang dan hasil laporannya tersedia untuk umum diranking dari 1 (terbaik), 2 (baik), 3 (sedang) dan 4 (kurang baik). website jualan rumah menyelipkan informasi ini supaya memudahkan calon pembeli properti untuk ngecek mutu sekolah deket rumah tersebut. keren kan...

eh, bukannya nolong, malah bikin kami tambah bingung haha.

masalahnya, rumah-rumah yang deket sekolahan bermutu bagus, jadi lebih mahal harganya bok hehe. nyebelin kan. trus beberapa rumah yang kami suka tapi sekolahannya mutunya ga gitu bagus, ternyata tetep mahal lho haha. ini emang ga punya duit aja sih masalahnya kayaknya! #ditoyor

hogwarts

ala hogwarts

nah, gara-gara suami jadi pilih-pilih rumahnya cuma yang deket sekolahan bagus-bagus doank, aku jadi terpengaruh gitu deh. yang tadinya aku tuh punya keyakinan kalo sebagus apapun sekolahan kalo anaknya dasarnya lemot ya lemot aja ga ngaruh. dan seburuk-buruknya mutu sekolahan kalo anaknya dasarnya pinter mah pinter aja ya kan.

contohnya udah banyak. aku dulu punya temen yang lahir dan gede di desa terpencil, sekolahan sd-nya di tengah sawah, jelek, dan ga mutu dibandingkan sekolah-sekolah swasta level internasional di jakarta, tetep aja tuh jadi orang sukses sekarang. karena dasarnya emang pinter. dan ga ada jaminan kan semua lulusan sekolahan mahal di jakarta itu bakalnya jadi orang sukses nantinya?

trus itu cerita laskar pelangi-nya si andrea hirata tentang bagaimana sederhananya sebuah sekolah yang mau rubuh dan setengah kandang kambing tapi berhasil melahirkan murid-murid yang cerdas?

tapi rupanya suamiku berpendapat lain tentang hal ini.

menurutnya, kalo anak pintar dapet sekolah yang bermutu bagus, bakat, potensi dan kepandaiannya akan lebih tersalurkan dengan tepat dan dia bisa punya kesempatan lebih banyak untuk sukses dibanding kalo misalnya dia dikirim ke sekolahan yang agak kurang mutu. pffttt...

tadinya sih aku ga kemakan sama pendapat ini, tapi gara-gara nyari rumah dan ngelihat video-video sekolahan yang bagus-bagus di inggris meski ga gratis dan bayar mahal, aku kok jadi terpengaruh juga yah haha #ga-berpendirian

abis seragamnya udah kayak sekolah hogwarts-nya harry potter gitu lho, keren lah. sekarang aku jadi ikut-ikutan suami deh nyari-nyari lokasi rumah barunya dengan syarat kudu deket sekolahan yang bagus. hadeuh, tambah ribet.

untungnya karena sistem audit tadi, ada beberapa lokasi deket kantor yang sekolah gratisannya bagus banget alias ranking 1. lega deh. masalahnya, sampe kami pindah ke sana, kami belum tahu kalo sekolahan itu masih nerima murid atau udah penuh. lagipula si ethan kan masih belum 3 tahun jadi belum boleh didaftarin. hadeuh tambah ruwet urusannya. takutnya udah terlanjur pindah eh sekolahnya udah penuh kan repot. dilemaaaa sodara-sodara! #halah

trus ada lagi lokasi yang sekolahan terdekatnya gratis, eh deket juga sama sekolahan swasta yang bayar mahal itu tadi. hmmm, kok aku jadi tergoda juga lho pengin ngirim ethan ke sekolah yang bayar itu. biar kayak harry potter kalo pake seragam haha.

apa kami mampu? hmm, bayarannya sih kurang lebihnya sama kayak biaya penitipan anak si ethan sekarang. tapi tapi tapi... kalo bisa sekolah gratis di sekolah yang ranking 1 atau 2 lah minimal, kenapa harus pilih yang bayar sih? kan  mending duitnya ditabung atau dipake buat yang laen ya kan. jadi kayaknya aku tetep sekolahin ethan ke yang gratisan aja deh #otak-irit

hmm, suami setuju ga ya kira-kira.

6 comments:

  1. saya setuju saja, di sekolahin ke Indonesia juga nggak apa-apa *kemudian ditimpuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha males ngurus visanya ah pak ustadz :-p, eh males bikinin paspor indonesia sih sebenernya masih separo indonesia *timpuk diri sendiri*

      Delete
  2. Disini kok ga ada yg gratis ya mba...ktnya sekolah gratis...ternyata slogan pemerintah doang...spp gratis byr lainnya berderet kyk rel kereta api sambung menyambung ga hbs2... Pilih yg gratis sj mba ... *otaksama2irit

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss duluuuu... otak emak-emak emang selalu milih yang irit hehe. mudah-mudahan gratisannya Indonesia bisa bener-bener gratis satu saat nanti mak *menatap awan*

      Delete
  3. enak ya di sana, yg bagus jg bisa gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an Indonesia bisa ya bu, satu saat nanti pendidikan dan kesehatan nasional gratis. Karena itu tolok ukur kesejahteraan sebuah negeri ciehh jadi seriusan jawabnya hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...