Tuesday 27 October 2015

blog monetization

seperti halnya masdab donny verdian, blogger terkenal asli jogja yang sekarang bermukim di australia itu, aku juga males kalo harus me-monetize blogku. tentu alasan orang beda-beda, kenapa banyak blogger yang memutuskan untuk masang iklan di halaman blog-nya, dan kenapa ada blogger yang kekeuh ga mau masang iklan kayak masdab donny dan aku. alasan kami juga bisa jadi beda.

hari ini (katanya) adalah hari blogger nasional.



kenapa aku pake kata 'katanya'? karena aku masih ga bisa ngerasa jadi bagian dari komunitas blogger indonesia, huhuhu. ya maklum sejak mulai ngeblog bulan agustus tahun 2010 yang lalu, aku memang sudah ga berdomisili di indonesia lagi. mungkin sah-sah saja kalo ada yang menganggap aku bagian dari komunitas blogger indonesia karena tulisanku semua memang pake bahasa indonesia campur-campur slang, betawi, jawa, sunda dikit-dikit, hehe.

sebetulnya ga penting juga sih masuk komunitas mana, toh itu cuma pengelompokan semata.

selain karena aku juga ga pernah ikut atau datang ke aktivitas blogger manapun (ya jauh gitu lho ke indonesia cuma buat kopdaran blogger haha), aku juga ga gitu aktif dalam dunia perbloggeran. nulis ga terjadwal, suka-suka kalo ada waktu baru posting. ga pernah bikin giveaway-giveaway-an (ada rencana tapi blom jadi-jadi hihi). blogwalking kalo sempet aja. ninggalin komen juga kalo sempet aja. kalo ada kelompok blogger suka-suka, mungkin aku akan daftar jadi kelompok itu hehe.

intinya, hidupku tuh ga sepenuhnya buat ngeblog.

kan ada ya blogger yang mendedikasikan hidupnya untuk ngurusin blog. kopdar ke sana kemari ngehadirin acara-acara seputar per-blog-an. diundang ke sana kemari ke event-event tertentu sebagai blogger. bahkan banyak yang beruntung bisa jalan-jalan ke berbagai tempat baik di dalam maupun luar negeri sebagai blogger juga. sementara hidupku jauh banget dari hal-hal demikian.

apakah aku masih pantas disebut blogger (aktif) kalo akunya memang ga aktif seperti halnya blogger-blogger lain di tanah air?

jujur bagiku sebutan blogger atau bukan blogger ga gitu masalah. aktif atau pasif juga ga gitu masalah. kembali lagi ke niatan ngeblog bagiku cuma untuk tempat nuangin uneg-uneg atau curhatan hidup sehari-hari dan mendokumentasikan kisah-kisah hidupku baik kisah sedih maupun senang. tak lebih dan tak kurang.

kalau ada yang bilang, buat apa repot-repot ngeblog kalo ga menghasilkan apa-apa?

jawabku, keberhasilan ngeblog ga harus selalu diukur dari berapa rupiah atau dollar amerika yang diperoleh seorang blogger dari blog monetization. keberhasilan ngeblog ga harus selalu diukur dari berapa kali seorang blogger bisa jalan-jalan gratis, mendatangi event-event blogger, atau kopdaran dengan sesama blogger lainnya.

bagiku pribadi, aku tetaplah seorang blogger. meski ga pake embel-embel apapun, ga pernah terlibat dalam hal-hal yang para blogger lainnya lakukan, ga termasuk dalam lingkar komunitas manapun. meski juga blogku sampe saat ini ga pernah menghasilkan apa-apa, ga satu rupiah pun!

trus apanya yang bisa dibanggakan?

aku bangga karena aku masih aktif nulis sejak agustus 2010 sampe sekarang.  aku juga bangga karena tulisan 'kawat gigi' ku sampe saat ini masih tetep page-one di google! aku bangga karena blogku masih sering dikunjungi entah oleh siapa setiap hari (rata-rata 500 hits) meski aku jarang blogwalking. dan aku bangga karena aku punya banyak kenalan hanya dari nulis kisah hidupku yang kadang lebay tapi pembaca blogku rata-rata tulus ketika memberikan apresiasinya meski kami sama sekali belum pernah ketemu.

dan bagiku itu cukup.

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!


8 comments:

  1. Selamat hari blogger nasional Mbak :)
    Keputusan untuk monetize blog atau tidak memang bukan sebuah ukuran keberhasilan ngeblog. Justru konsistensi dan endurance yang menurut saya lebih menentukan. :D
    Nice sharing Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyakkkk... Aduh jadi terharu *lebay nya nongol* haha...
      Selamat hari blogger nasional jugaaaa, happy blogging :-D

      Delete
    2. Kata "konsistensi" itu kuncinya. Bener lho. Banyak banget sekarang blogger yang full iklan dan full review, tapi tidak banyak menghasilkan diskusi yang bermakna dan tidak membikin komentatornya semakin pandai. Sepertinya isi blognya cuma untuk memuaskan robot SEO-nya Google, bukan untuk memuaskan audience.

      Selamat masih ngeblog, Mbak Nayarini. Terus menulis ya. Saya sering banget seneng baca komentar Mbak Nayarini tiap kali Mbak main ke blog saya :)

      Delete
    3. Ehh ada bu dokter Vicky :) Bener banget bu, kalo yg blogger isinya ngejar SEO juga konsisten sih sebenernya, konsisten mendulang angka pageview hehe. Yah at the end of the day mereka mungkin punya kelas pembaca sendiri ya. Sama kayak koran lampu merah hihi.
      Sama, saya juga suka ngepoin blognya dan mungkin paling rajin ninggal komen karena tulisannya selalu menggelitik untuk dikomenin. Padahal saya paling jarang komen di blog orang :D

      Delete
  2. Haa iya mbak.. aku juga ga terlalu berharap materi dari blog, kalo pun ada itu mah bonus.Yang penting aku bahagia karena punya sesuatu yg bs aku rawat dan kembangkan, dan pasti suatu saat membawa manfaat buat diri sendiri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, setuju banget lahhh. yang penting manfaat :-)

      Delete
  3. Hahaha yang penting hepi! Selamat hari blogger nasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo-i Unaaaa don't worry be happy aja lah haha.... selamat hari blogger nasional juga! eh pesenan oplas udah tayang tuh...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...