Thursday 17 September 2015

serba canggih

"good morning"

"good morning. i'd like to make appointment on behalf of my son, please", kataku ke seorang wanita di seberang telepon.

setelah bla bla bla beberapa menit, pembicaraan itu pun selesai. begitu hape aku tutup, dalam hitungan detik sebuah sms masuk berisi jadual ketemu dokter/suster untuk imunisasi si ethan sudah dikonfirmasi, semua terekam di hape jadi ga perlu sibuk nyari-nyari kertas sama pulpen buat nyatet lagi.


kembali ke meja kerja, aku inget kalo pajak mobilku harus dibayar sebelum akhir bulan karena jatuh tempo. kuambil selembar surat yang kuterima beberapa hari lalu dari dinas transportasi inggris yang berisi tagihan pajak mobil. di situ tertera nomor khusus yang harus kumasukkan ke website mereka di internet untuk memproses pembayaran secara online seperti yang biasa aku lakukan sejak aku punya mobil pertama kali tahun 2007 lalu.

source

klik-klik sebentar, pembayaran melalui website pun selesai hanya dalam hitungan menit. begitu aku tekan tombol 'bayar', dalam hitungan detik hapeku bunyi tanda ada email masuk. isinya konfirmasi kalo pembayaran sudah diterima dan semua beres. tanpa perlu ngeprint tanda terima, tanpa perlu nyatet apa-apa karena semua sudah terekam komplit di email.

pagi ini dua urusan hidup selesai hanya dalam hitungan menit dengan bantuan teknologi. canggih banget yah.

***

tapi kok belakangan ini hidupku serba sumpek ya...

sepertinya 24 jam sehari kurangggg banget. ada yang ngerasa gitu juga ga sih? apa aku doank yang terlalu ambisius pengin ngerjain semua-mua tapi kenyataannya waktu dan tenagaku ga pernah cukup. orang bilang nafsu besar tenaga kurang hehe. apalagi suami pas tugas keluar negeri, jadi ga ada yang bantuin, heu heu.

jadi maksudnya mau curhat ini ya? halah ketebak! ga kok, ini postingan intermezzo doank, iseng :-)

padahal jaman sekarang semua sudah serba canggih seperti contohnya dua perkara yang sanggup aku selesaikan tadi pagi. gimana kalo kita hidup di masa lampau yah.

jaman dulu mau bawa anak untuk imunisasi mungkin kudu ngambil cuti sehari ga bisa ngantor karena urusan imunisasi bisa makan waktu seharian. itu juga mungkin ga langsung ditangani dan harus daftar dulu pagi-pagi, trus mungkin harus duduk di ruang tunggu lama banget sembari nonton siaran ga jelas di tipi item putih yang nempel di dinding, sebelum akhirnya dipanggil dan urusan kelar.

jaman sekarang urusan imunisasi sudah dijadual hari, tanggal, dan jam berapanya, sehingga nanti pas nyampe ke tempat dokternya kami ga harus nunggu lama sampe dipanggil, terima imunisasi, beres lalu pulang deh. ga banyak waktu terbuang percuma, cepat dan efisien.

urusan bayar tagihan juga gitu.

kalau jaman dulu aku ingat bapakku harus bayar tagihan air minum atau listrik harus datang ke kantor pdam atau pln, trus masih harus ngantri lama bisa makan waktu setengah hari cuma bayar tagihan doank, sekarang tinggal klik klik komputer sebentar dan beres dalam hitungan menit, tanpa harus beranjak dari tempat duduk!

tapi dengan segala kecanggihan teknologi yang sangat kekinian itu di mana segala sesuatu bisa dilakukan dengan cepat, tepat, dan efisien, kenapa aku masih ngerasa kekurangan waktu yah?

mungkin karena semakin banyaknya jenis aktivitas yang harus dilakukan!

***

jaman tambah maju, manusia tambah sibuk, urusan tambah banyak rasanya ga selesai-selesai. jadi mau secepat apapun satu urusan bisa ditangani dan diselesaikan, bejibun urusan yang lain sudah ngantri untuk ditangani juga. gitu terus ga abis-abis.

kalo sudah begini enaknya gimana donk? :-D

4 comments:

  1. Enaknya punya anak buah yg banyak... mba Naya tinggal duduk n cukup komando sj tuh... kyk Charlie ne si charlie's angels itu lho mba... enak buanget jadi ibu buah kan... qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, jadi ibu buah... briliant idea mak Iro, tapi kudu dibayar ga tuh ya anak buahnya hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...