Saturday 4 July 2015

kepanasan

beberapa hari belakangan ini cuaca di inggris lain dari biasanya. kalo aku seringnya nulis hidup di inggris itu fakir matahari hawanya dingin terus hampir sepanjang tahun, minggu ini lain cerita. cuma gara-gara suhu di beberapa wilayah mencapai sedikit di atas 30 derajat selsius saja, langsung heboh deh jadi berita utama di  mana-mana. padahal di indonesia suhu sekitaran 30 derajat itu mah biasa aja yah. tiap hari juga begitu.

ya maklum, negara empat musim yang jarang sekali dapet sinar matahari ini, paling punya cuaca bagus dalam setahun itu bisa dihitung dengan jari tangan saja! yah, kadang-kadang jari kaki bantu-bantu dikit lah...


begitu dapet sinar matahari banyak dan suhu udara naek sampe 30 langsung lah pada rame. ada yang seneng, ada yang bingung mau ngumpet ke mana. secara orang inggris ga terbiasa kena panas, sampe pada jatuh sakit.

ga usah jauh-jauh, hari sabtu kemarin pas suhu naik cuma sampe 26 saja suamiku jatuh sakit, sampe demam! hadeuh. gara-gara kami keluar sebentar ke lapangan deket rumah buat nonton festival musim panas yang digelar setiap tahun oleh otoritas setempat. eh sampe rumah kepalanya langsung pusing dan ga lama setelah itu panas badannya #eaaa

dari jauh-jauh hari kemarin juga badan pengamat cuaca inggris udah wanti-wanti ke seluruh penduduk inggris buat jaga diri, jangan sampe kepanasan trus sakit. terutama para lansia dan anak-anak kecil, sebisa mungkin jangan keluar rumah tanpa pelindung panas yang tepat. topi, krim kulit, kacamata item, payung, dll. 

sky news - prakiraan cuaca

langsung deh, sun cream untuk melindungi kulit bule yang ga biasa kena matahari jadi laris manis kayak kacang goreng.

si ethan juga meski kulitnya separo asia tiap hari selalu pulang dari nursery-nya dengan kulit lengket karena selalu diolesi sun-cream sama mbak-mbak pengasuhnya. padahal anak-anak indonesia mana ada sih yang heboh pake sun-cream segala sebelum keluar rumah. di sini mah wajib, kalo ga ntar ortunya yang disalahin kalo si anak kenapa-kenapa karena kepanasan.

yah namanya juga hal yang ga biasa. meski suhu segini di wilayah lain biasa saja, tapi di wilayah tertentu kayak di daratan inggris ini bisa jadi menjadi hal yang luar biasa.

hari rabu kemarin headline surat kabar inggris kebanyakan isinya nulis tentang suhu udara yang naik sampe 34 derajat, lalu wow. foto-foto yang menghiasa halaman mula kebanyakan foto-foto heboh orang-orang yang kepanasan nonton tenis wimbledon, orang-orang yang berbondong-bondong pergi ke pantai dan berjemur biar kulitnya gosong coklat eksotik, sampai anak-anak kecil yang pada maen air di pancuran atau di kolam.

sampe-sampe ada aturan kalo pemain putri di turnamen tenis bergengsi wimbledon boleh istirahat lho di tengah-tengah permainan karena suhu yang ga biasa ini. sayangnya kelonggaran aturan ini ga berlaku untuk pemain putra haha. diskriminasi memang ada di mana-mana.

mengamati cuaca musim panas yang kadang kelewat panas untuk orang-orang lokal di wilayah tertentu sangatlah menarik. dan biasanya seperti halnya aturan tenis wimbledon di atas, hal-hal unik lain selalu muncul di seputar fenomena yang luar biasa.

misalnya nih, jadwal kereta bakal terganggu dan beberapa jadwal bakal tertunda atau dibatalkan karena keretanya lajunya harus diperlambat! nah lo, hihi... gimana di indonesia kalo tiap hari panas kereta kudu jalan pelan-pelan yah. ya maklum rel keretanya bahannya beda karena di inggris dibikinnya buat yang tahan dingin, bukannya tahan panas kayak rel di indonesia.

trus, usut punya usut hawa panas yang sampe ke uk ini ternyata kiriman dari gurun sahara lho, sodara-sodara #infopenting

dinas kesehatan inggris juga ikutan wanti-wanti banget supaya orang-orang patuh nuruti nasehat pemerintah supaya angka kematian karena kepanasan ga banyak. yang seru, para penonton tenis di arena wimbledon tiba-tiba jadi kayak seragaman semua, karena pada pake handuk basah di kepala mereka kayak kerudung gitu, ga cowok ga cewek, hihi.

dan yang pasti, pedagang es krim keliling laris manis tanjung kimpul!

suhu tertinggi yang pernah tercatat di negara-negara di seluruh dunia
seperti biasa, data indonesia ga ada! terrr - laaa - luuu!
adanya malaysia dan singapura yang seupil itu
data diolah dari wiki

bedanya di indonesia tuh kalo lagi panas-panasnya orang-orang mending di rumah aja ya kan? di sini kebalikan.

karena jarang dapet matahari, sekalinya panas, semua orang pada keluar, berjemur, jalan-jalan, ke pantai, nonton pertandingan, liburan. kayak semut kepanasan lah keluar dari lubang persembunyian, hehe. makanya pemerintah sampe ngingetin berkali-kali supaya orang-orang ga kelewat heboh. kalo pada jatuh sakit yang repot pemerintah juga soalnya.

ambulan udah siaga satu, rumah sakit udah siap-siap nampung pasien gawat darurat akibat kepanasan, tenaga medis disiagakan lebih dari hari biasa, dll.

kalo dibandingin sama negara-negara timur tengah yang sehari-hari suhunya di atas 35 bahkan banyak yang sampe 40-an lebih tapi aktivitas sehari-hari biasa-biasa saja, jadi lucu juga melihat kehebohan minggu kemarin itu gara-gara orang inggris pada kepanasan.

mungkin kalo negara katulistiwa kayak indonesia yang biasanya panas tiba-tiba diserang badai dingin dari antartika (misalnyaaaa :-p), lalu suhu udara taruhlah ngedrop sampe minus trus turun salju, pasti heboh banget yah. ya mirip-mirip gitulah perumpamaannya.

aku sih kemarin biasa aja ga ikutan heboh...

lha sebagai orang indonesia tulen dan gede di indonesia, kena suhu 30-35 mah udah biasa banget. ga ada yang istimewa. malah berasa lagi ada di indonesia lhoh, serasa lagi pulang kampung ke rumah emak yang ga ada ac-nya! eh sekarang udah pasang dink, baru beberapa bulan lalu pasangnya jadi aku belum ngerasain sejuknya ac di rumah emak. terakhir balik 2012 euy!

sebaliknya kalo misalnya tiba-tiba di indonesia turun salju dan orang indonesia pastinya pada heboh, bule-bule yang tinggal di indonesia tapi lahir dan gede di negara empat musim ya ngerasa biasa aja kali yah, dah keseringan liat salju. 

kesimpulannya, hal-hal tertentu yang sudah biasa di satu tempat, bisa menjadi hal yang luar biasa di tempat lain dan sebaliknya. heboh deh jadinya. yah, namanya juga manusia :-)

4 comments:

  1. Kalo hari panas di Indonesia, bisa dihitung pakai jari kaki orang segang wkwkwk...
    Orang bule panas dikit pakai baju pendek-pendek ya ketekan dll, orang Indo malah pakai lengen panjang rapet-rapet entar item :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaaaa bikini bertebaran donk hehe... Kita kan ga mau gosong Na, mereka pengin nya gosong, dasar manusiaaaa lol

      Delete
  2. Naaaay...
    Iya niih..Bandung pun sekarang udah mulai gerah niiiih...payah banget lah ituuu...

    Etapi Fathir mah gak peduli sih Nay..cuaca sepanas apa pun dia cuek aja main sepeda dan pulang2 langsung bau gosong hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kebayang Fathir bau gosong dah kayak burger donk lol... pemanasan global kayaknya nih Biiii... salah kita-kita juga kali sebagai manusia yang rakus harta benda dan ngerusak lingkungan #laluditoyor

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...