Saturday 27 June 2015

sekolah lagi

pas meeting terakhir sama si bos beberapa hari yang lalu, tiba-tiba dia nanya, mau ga aku sekolah/kuliah lagi?

hah? sekolah lagi? sekolah apaan? kenapa tiba-tiba? ada apa alejandro? #halah. akhirnya si bos ngejelasin gini. untuk pengembangan karir jangka panjang, perusahaan pengin aku ngambil pendidikan lagi khusus di bidang kualitas tapi yang levelnya manajerial. karena selama ini jabatanku memang sebatas praktisi yang sebutan resminya adalah quality engineer saja.


kalo dipikir-pikir bener juga sih. sejak kerja di samsung mulai tahun 2000 yang lalu, jabatan kerjaanku memang belum pernah menyentuh posisi manajerial. kalo di indonesia sih biasanya ada posisi asisten manajer yang menjembatani kemampuan personel yang mau pindah dari praktisi sebelum jadi manajer beneran. tapi di sini ga ada posisi asisten euy. makanya supaya aku memenuhi kualifikasi, salah satu jalan adalah aku harus sekolah lagi.

sebenernya sih ga harus juga.

kalo mau ngelamar jadi quality manager di luar sana juga banyak lowongan. tapi tentu saja akan kalah saingan dengan mereka-mereka yang punya kualifikasi resmi.

dan dengan punya kualifikasi resmi, reputasi kita akan diperhitungkan di dunia profesional, gitu aja sih. apalagi aku belum pernah menjabat jadi manajer beneran. dari segi pengalaman tentu juga sangat kurang. makanya kantorku pengin aku ambil kualifikasi ini, tentu dengan harapan setelah lulus nanti aku ga pindah kerjaan hehe.

menarik juga pikirku, demi masa depan karir juga lah yang masih luas membentang #krik

source

lha terus kerjaan gimana donk kalo ditinggal kuliah?

kuliahnya ga resmi kok, artinya bukan sekolah umum yang harus berangkat pagi pulang sore gitu. setelah aku pelajari lebih lanjut tautan ke website yang diberikan oleh bosku, ternyata info dari website-nya ada pilihan untuk belajar jarak jauh atau distance learning. semacam open university gitu deh. artinya belajar sendiri di luar perkuliahan resmi dan cuma datang ke college-nya buat ujian doank.

wah asyik nih...

dan karena aku mau diarahkan untuk menjadi staf manajerial, dari dua pilihan yang ada yaitu level 3 dan level 5, sepertinya aku harus ambil level-5 advance yang kurang lebih setara dengan diploma 3 (bukan s3 lho ya, kemarin ada yang ngira s3 hihi), atau di sini disebut HND (kalo ada yang pengin ngintip brosur-nya ada di sini).

hadeuh, udah pernah lulus d3, udah pernah ambil ekstensi s1, udah sampe kuliah s2, sekarang diminta sekolah d3 lagi hehe.

tapi memang jenis kualifikasi ini ga akan ada di jurusan perkuliahan umum sih. apalagi di universitas. mana ada sih kuliah khusus jurusan kualitas. paling banter topiknya dibahas dikit kalo ambil jurusan teknik industri. makanya nanti ijasahnya juga penyetaraan sifatnya. biasanya memang kualifikasi ini diambil oleh mereka-mereka yang sudah bekerja dan berkecimpung di dunia kualitas saja.

seperti halnya kualifikasi di bidang keuangan atau akunting lah. kalau pengin punya kualifikasi sampe level tertentu meskipun udah punya ijasah dari universitas umum, juga masih tetep harus belajar lagi. begitu sih yang aku tau.

dan, bukan hal yang aneh juga kalo udah punya s2 mo ambil d3 lagi. ga ada yang ngelarang kok hehe. kalo baru lulus d3 langsung mau s3 yang ga bisa. tapi kalo kebalikan ambil yang lebih rendah tingkatannya ya boleh-boleh saja. namanya nambah ilmu kan ga ada batasan. apalagi ini ilmu tambahan untuk diterapkan di dunia kerja, bukan ilmu akademisi.

ga beda juga dengan kualifikasi six-sigma (yang juga ilmu dunia kerja) yang pernah aku ambil lagi karena kualifikasi yang kuperoleh dari samsung sudah kadaluwarsa dan ga up-to-date, sampe akhirnya aku harus ngulang semua dan ikut ujian lagi sebelum tahu aku hamil si ethan hehe.

begitu lulus ujian tinggal ngerjain proyek, eh malah ditinggal cuti ngelahirin selama setahun. eh, pas balik ngantor lagi kebijakan perusahaan udah ganti semua ga mau pake six-sigma lagi. ya udahlah kualifikasiku mentok jadinya cuma lulus ujian doank tapi belum sempet bikin proyek. kentang (kena tanggung) lah jadinya! ;-p

padahal pas mau ujian mah belajarnya ama puyengnya udah tujuh keliling hihi. ternyata bukan puyeng mikir soal, tapi pas hamil muda #pret. ketauannya malah dua minggu setelah itu, hadeuh.

masalahnya, pas ikut kursus kilat 4 minggu buat dapet kualifikasi lean six-sigma black belt dulu aku masih belum emak-emak. udah bersuami sih tapi belum ada ethan. lha sekarang kalo aku harus belajar lagi di sela-sela kerja full-time senin-jumat, sampe rumah ngurus anak ama suami, ngurus rumah juga, kudu ngerjain pe-er juga kalo pas ada tugas, belum harus belajar modul perkuliahannya yang pastinya segambreng itu, trus masih kudu belajar ekstra kalo mau ujian juga!

hmmm, bisa ga yaaaa....#elus_elus_jenggot

enaknya, karena yang nawarin kantor, yang ngebayarin juga kantor sih hehe. tapi bakal disuruh tanda tangan perjanjian ikatan dinas deh kayaknya, dalam artian ga boleh pindah kerja dalam jangka waktu tertentu atau harus ngeganti biaya pendidikan. standar lah ya di mana-mana juga gitu.

hmmm, karena aku masih belum ada niat untuk pindah kerja, dan masih asik-asik aja di perusahaan yang sekarang, ditawarin mau di-upgrade ilmunya biar bisa naik jabatan jadi quality manager #uhuy, ya ga bisa nolak juga lah ya. lagipula, belajar itu kan seumur hidup, ga boleh berhenti.

jadi, ayuk ah sekolah lagi!

4 comments:

  1. jadi ingat, ketika saya memutuskan untuk resign dari mengajar karena ingin melanjutkan study Master, saya ditawari beasiswa dari yayasan dengan syarat tentu saja kembali mengajar dalam jangka beberapa tahun, tapi saya lebih memilih kuliah dengan jalur lain, karena memang rencananya mau langsung ambil S3nya setelah selesai S2, rada malas kembali ke sekolah juga, pengennya jadi dosen haha *curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya kalo dibiayai ya pake syarat ya hehe. paling enak tuh beasiswa erasmus mundusku dulu ga pake ikatan apa-apa. lulus ya melenggang aja.

      trus mas-e sekarang nyampe mana? udah selesai s2? apa lagi s3? apa udah jadi dosen? *malah kepo* lol

      Delete
  2. mbak, aku pengen duwe anak sih wae....
    #kemudian hening

    tapi, golek calon bojone sik lek pengen duwe anak...
    #heningkuadrat

    ReplyDelete
    Replies
    1. dik Pety, aku doain semoga cepet punya anak-nya...
      #hening senyap

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...