Monday 22 June 2015

evolusi kosmetik

aku termasuk cewek yang males dandan...

tapi kadang kalo lihat-lihat majalah dan modelnya cakep-cakep suka kepikiran pengin mulai dandan sih, eh begitu majalahnya selesai dibaca, niat dandannya langsung menguap entah ke mana :-p

apalagi sejak pindah ke eropa dan sekarang netep di inggris. kebutuhan dandanku bukannya nambah, tapi malah menurun tajam. tambahan lagi di kantor cewek-ceweknya rata-rata ga ada yang dandan. paling banter ya bedakan sama lipstik tipis gitu doank. boro-boro ada yang pake maskara atau eye-shadow. yang polosan bedakan aja ngga, malah  banyak. maklum banyakan yang kerja di lab, hehe.

karena lingkungan yang ga menuntut untuk saingan dandan itu mungkin yang bikin aku jadi jarang dandan. pake make-up komplitnya paling kalo kondangan atau ada acara penting aja.


ngomong-ngomong soal make-up, koleksi make-up ku dari dulu ga pernah asik deh. standar lah, baik dari segi jenis-nya maupun mereknya. bahkan ada beberapa yang umurnya sampe tahunan dan ga abis-abis karena jarang kepake. eh, make-up itu bisa kadaluwarsa ga sih?

soalnya aku tuh punya make-up yang udah umur 10 tahun lho, enaknya diapain ya. dibuang sayang, haha.

soalnya warna-warna eye-shadow nya aku suka. tapi karena jarang dandan komplit itu tadi makanya ga abis-abis, hadeuh. terlebih lagi karena make-up nya lumayan bermerek (cuma 'dior' sih padahal). dan kotaknya cakep, jadi ga tega mau masukin ke tempat sampah, hiks.

***

dari sejak jaman sekolah dulu, kebanyakan cewek indonesia memang make-up nya minim sih ya. kalo ga salah pas sekolah kan emang bolehnya cuma pake bedak deh. lipstik kan dilarang. jadi sampe jaman kuliah juga kaeknya aku masih blom mulai dandan.

di inggris sini mah anak-anak cewe umur smp udah menor!

atas nama kebebasan berekspresi mungkin ya, cewek bule tuh kalo yang hobi dandan ya menor tiap hari, tapi yang ga hobi ya sampe udah kerja juga bedakan aja ngga pernah. ekstrim banget bedanya hehe.

karena di indonesia anak sekolahan ga boleh dandan itu tadi, baru pas aku udah kerja, kebutuhan dandan jadi agak meningkat dikit. yang tadinya cuma pake hand body lotion ama bedak doank sejak jaman sekolah smp sampe lulus kuliah, pas kerja jadi nambah pake lipstik. trus mulai berani pake eye shadow ama blush on.

makin berumur, karena makin pede juga kali ya #uhuk, kadang aku juga pake maskara dan eye liner kalo pergi ke acara-acara khusus. kondangan misalnya.

***

ngomong soal dandan ga bakal seru kalo ga ngebahas kosmetik yah. melihat koleksi kosmetikku sekarang, udah beda banget sama koleksi kosmetikku jaman dulu. ber-evolusi lah pelan-pelan, baik dari segi kualitas maupun merek.

bukan hanya karena aku sekarang udah ga domisili di tanah air lagi, tapi juga mungkin karena daya beli juga udah meningkat dikit hehe #apalah. meski masih ga gitu gede juga sih bajet untuk beli kosmetik secara memang jarang dandan jadi irit.

karena bajetnya ga banyak tiap bulan, kadang kalo pas pengin beli-beli kosmetik ya sekalian yang mutunya bagus. sayangnya kosmetik yang berkualitas bagus itu memang harganya bagus juga, alias nguras kantong. ada harga ada rupa lah. tapi meski mahal, kosmetik bagus memang lebih awet dan tahan lama sih ya. untung ga hobi dandan, jadi ga bikin kantong bolong karena keseringan belanja kosmetik, hehe.

***

di bawah ini adalah beberapa koleksi kosmetikku yang sudah ber-evolusi:

1) hand and body lotion

kayaknya ini koleksi kosmetik paling dasar, paling penting, dan wajib punya deh buat para cewek. apalagi di indonesia cuacanya panas, jadi cepet bikin kulit kering. kalo sehari aja lupa pake lotion pasti malu karena kulit jadi kelihatan kering dan bersisik.

produk andalan pas jaman smp dulu sih merek viva sama marina! murah meriah sih. masih ada ga ya merek ini sekarang, jadul banget lah. maklum merek viva dulu yang harganya paling terjangkau. setelah itu jaman sma kayaknya ganti merek citra deh. biar kulit kusam jadi kuning langsat kayak bintang iklannya. padahal mah ga juga hihi.

evolusi hand body lotion-ku

pas udah kerja kayaknya aku ganti ke nivea deh untuk urusan pelembab kulit. pindah ke eropa, aku juga masih setia sama nivea karena memang mudah dibeli di mana-mana. sampe akhirnya aku nemu merek baru karena direkomendasikan sama kakak iparku, dan sampe sekarang setia pake merek ini, liz earle.

***

2) pembersih wajah

ini juga koleksi kosmetik dasar yang hampir semua cewek punya. dulu pas udah mulai rajin ngurus badan, jaman-jaman smp lah, seringnya sih nimbrung pake pembersih punya ibuku di rumah. dulu sih pakenya juga tetep merek viva. yang produknya terdiri dari dua langkah itu lho, milk cleanser sama face tonic/astringent! sekarang mah variannya udah banyak ya, kalo dulu kayaknya cuma ada satu macam deh. face tonic ama astringent itu bedanya apa sih? #doh_cetek_banget_ilmunya

sampe kuliah kayaknya aku tetep pake merek ini. sampe akhirnya pas udah kerja, aku nemu pembersih wajah yang cuma butuh satu langkah doank, yang cuma berupa cairan bening seperti face tonic tapi fungsinya ganda, untuk ngangkat kotoran juga tapi sekaligus berfungsi sebagai penyegar juga. aku lupa mereknya. eh iya, inget sekarang, ovale! tapi dulu ada beberapa temenku yang laporan katanya ga cocok pake ini karena katanya mengandung alkohol atau kenapa gitu lah, lupa.

lalu sempat beberapa kali pake beberapa merek ternama seperti mustika ratu, sari ayu, biore, atau pond. random aja gitu ganti-ganti mulu seadanya pas beli atau yang pas ada diskonan. untungnya mukaku muka tembok berjenis kulit normal jadi ga terlalu nuntut harus kosmetik ini atau itu karena takut iritasi atau ga cocokan. kalo kosmetik yang paling murah aja cocok, apalagi yang mahal, ayuh aja atuh hehe.

evolusi pembersih wajah-ku

di inggris ternyata aku nemu  juga pembersih muka yang satu langkah. mereknya simple. harganya juga murah meriah hehe. aku pake ini dengan setia sampe akhirnya nemu liz earle. meski aku harus balik lagi pake pembersih dua langkah karena pembersih liz earle konsepnya clean & polish (semacam milk cleanser), lalu setelah itu pake skin tonic, semacam face tonic-nya viva. bedanya liz earle pakenya kain pembersih, bukan kapas.

kurang praktis sih secara aku udah terbiasa pake pembersih satu langkah selama bertahun-tahun. tapi gapapa lah balik lagi ke dua langkah, demi muka lebih bersih hehe.

***

3) pelembab dan krim mata

masih koleksi kosmetik dasar, yaitu pelembab muka. seingatku jaman dulu pas masih sekolah aku ga pernah pake gini-ginian. begitu muka dibersihin, langsung pake bedak aja, langsung jalan. kayaknya pas udah kuliah sih aku mulai pake pelembab untuk muka. dulu mereknya kalo ga salah sih nivea cream itu lho, yang wadahnya warna biru. pernah beli yang merek olay juga deh beberapa kali. sampe akhirnya pindah ke eropa, pelembabku tetep nivea.


evolusi pelembab muka-ku

baru belakangan pindah ke merek loreal, lalu ke mac, dan sekarang pake liz earle untuk pelembab muka.

untuk krim mata, aku baru mulai pake pas udah nikah aja sih, karena berasa tua dan kerut-kerut sekitar mata mulai nampak, huhuhu. krim mata ini pakenya kalo malem doank, dan kalo inget doank hehe. merek yang aku punya cuma satu sih, mac.

my one and only tanpa evolusi, mac eye cream!

***

4) foundation

sebenernya aku jarang pake foundation. selain berasanya muka jadi tebel, juga pas di indonesia seringnya bikin keringetan! maklum foundation kan emang nutup pori-pori kulit. bikin muka kelihatan lebih halus sih, dan juga nutup bekas jerawat atau noda-noda yang bertebaran kayak bintang di langit hehe. tapi ya itu, berat berasanya. eh, inget ga merek foundation jadul yang paling legendaris, kelly? hihi, sampe kalo pake ini udah kayak mau maen lenong! 

evolusi foundation-ku

dulu sih pakenya pas udah kerja deh, dan kalo lagi niat dandan aja. sebelum itu mah ga pernah. kalo lagi malas juga paling abis pake pelembab muka, langsung bedakan doank, lebih cepet. setelah kerja sih merek foundation yang pernah kupake kalo ga salah inget avon ama body shop. ga banyak, soalnya abisnya lama jadi jarang beli juga.

pas udah pindah eropa aku pernah pake revlon, mac, dan sekarang pake liz earle.

***

5) bedak (tabur dan padat)

nah, kalo soal bedak pasti semua cewek udah bedakan sejak sekolah sd yah. dulu banget masih inget pake bedak tabur marcks, legendaris banget lah bedak tabur yang satu ini. trus suka nimbrung pake bedak padat ibu yang merek fanbo! ini juga legendaris banget lah, jaman dulu wadahnya warna merah menyala itu. trus viva sachet! epic lah itu. kalo udah kebuka trus lupa naruh jadi berceceran haha...

bedak mungkin cuma satu-satunya kosmetik yang aku paling sering beli di antara jenis kosmetik yang lain. karena emang tiap hari dipake jadi habisnya paling cepet. karena sering habis ini pula, merek yang aku pake suka random. apa aja yang penting bedak lah hehe. sampe ga inget saking banyaknya merek bedak yang pernah aku pake. mungkin semua merek pernah aku cobain.

evolusi bedak tabur dan padat-ku

dari viva, oriflame, sariayu, sampe ke rimmel london, max factor, mac, dior. ga inget apa lagi hehe. sekarang sih aku pake liz earle yang mineral sama yang compact, kombinasi.

***

6) lipstik, pelembab bibir, lip liner

aku mulai 'berani' pake lipstik pas udah kerja juga. sebelum itu mah ga pernah. paling pas didandanin kalo mau pentas nari doank pake lipstik-nya. seperti halnya bedak, lipstik-ku juga belinya merek random. dulu sih suka langganan sama temen yang jualan avon sama oriflame pas masih di indonesia. dan biasanya belinya sekalian sama lip liner-nya.

abis itu suka-suka, kadang lipstik ga merek juga asal murah dibeli aja. apalagi sejak pindah ke eropa tiap kali masuk musim dingin bibir perlu pelindung lebih banyak. jadi di kantong baju atau jaket selalu sedia pelembab bibir. karena kebanyakan pelembab bibir juga udah ngasih warna ke bibir, jadi seringnya malah pake pelembab aja ga usah lipstik-an lagi.

karena emang selalu random ga jelas, merek-merek yang masih aku inget pernah beli belakangan ini cuma mac doank. sekarang sih pake liz earle, meski masih punya mac juga karena belum abis. untuk warna, rata-rata koleksiku punya satu yang merah menyala dan satu coklat gelap untuk kondangan, sedang untuk ngantor sehari-hari aku lebih pede pake warna pink pastel atau nude.

evolusi lipstik dan lip liner-ku

lip-liner yang kupake sekarang sih lip liner yang kubawa sejak dari indonesia!

saking awetnya meski udah diraut berkali-kali pake rautan pensil, tapi masih belum abis juga. udah pendek banget sih tinggal 4-cm doank. dulu pernah juga  beli yang tinggal diputer kayak lipstik itu lho, tapi cepet abis. kalo ga salah avon apa oriflame deh. mungkin ntar kalo yang diraut ini abis aku paling beli liz earle aja, sekalian sama ama lipstik-nya.

***

7) blush on dan eye shadow

inilah yang bikin muka kita jadi warna-warni dan indah kayak pelangi, karena pilihan warna yang tak terbatas! sayangnya aku jarang banget pake eye shadow kecuali kalo lagi rajin dandan karena mo kondangan. ngantor tiap pagi mah mana sempet, ada malah buru-buru jadi belepotan hehe. kalo blush on kadang masih rajin pake sih, tipis-tipis aja biar wajah lebih seger dikit. tapi seringnya juga lupa sih ga pake.

karena jarang pake eye shadow ini pula koleksi eye shadow-ku awet.

dior-ku yang udah berumur 10 tahun
lainnya udah abis, cuma sisa eye shadow doank

merek 'dior' yang aku sebut di atas itu udah umur 10 tahun aja, haha. inget banget dulu belinya pas masih kerja di bekasi dan mau berangkat ke eropa tahun 2005 yang lalu. mungkin emang harus dibuang sih ya meski masih banyak isinya, hiks. koleksi terbaru yang umurnya mungkin baru 1-2 tahunan adalah merek abal-abal yang kubeli karena iseng. cuma gara-gara pilihan warnanya banyak banget! dan lengkap dikasih pelembab bibir sesuai tema dan juga blush-on senada.

tahu kan yang kalo tema-nya hijau, cocoknya lipstik-nya warna apa, blush-on nya warna apa, gitu lah. semua ada 5 tema dan harganya murah banget, cuma £10! haha. saking murahnya mereknya apa ya aku sampe lupa. intip dulu, eh, w7 beauty on the go, haha. bukan no.7 lho! made-in nya? china palingan lah, mana lagi, lol.


tuh keren kan cuma £10 dapet banyak!

enaknya koleksi murah meriah gini buat dipake dandan-dandanan kalo pas nganggur sih. bikin-bikin eye-of-the-day trus selfie-selfie gitu lah. dulu pas aku masih single sering banget iseng norak dandan menor, selfie, trus dihapus lagi. trus ganti warna dandan lagi hihi. 

tapi sayang, sejak punya ethan ga pernah lagi. lagian mana sempet ;-p

***

8) maskara dan eye-liner

aku punya temen (bule) yang punya bulu mata model tanam (extension) itu lho, yang ternyata lagi happening juga di jakarta. tiap kali ketemu si temen ini, aku sampe terkagum-kagum lihat matanya yang jadi cerah bersinar karena bulu mata palsunya ini bikin dia jadi kayak boneka berbi! kalo wink wink udah kayak daisy duck pacarnya donald duck gitu, cakep deh.

abis itu sampe rumah aku langsung pengin punya bulu mata panjang dan lentik juga biar cakep. eh, besoknya udah lupa lagi.

meski kalo lihat mata cakep aku suka iri, tapi dari segala macam kosmetik, aku paling males emang pake maskara. selain sering kecolok #halah dan kudu pinter-pinter pake penjepit bulu mata, juga karena aku suka teledor dan ngasal ngucek mata yang akibatnya maskara-nya jadi belepotan donk. bukannya cakep malah matanya item-item dikira abis ditonjok mike tyson.

evolusi maskara dan eye liner/pencil-ku

apalagi pake eye liner, beuh....lebih sengsara lagi! mending disuruh ujian matematika deh.

makenya aja repot, butuh waktu lama, harus simetris kiri kanan, dan ga bisa buru-buru. belum lagi ilmuku masih cetek banget sama urusan eye liner ini, terutama yang liquid. kurang latihan pake banget lah. kan banyak tuh ya cewek yang jago make eye liner dan bisa bikin matanya keliatan tambah hidup. aku kalo nyoba make pasti jadinya aneh. jadi ga pede akhirnya dihapus lagi. belum lagi kalo makenya bareng maskara. salah dikit udah deh, langsung kusem hehe. karena ini pula aku ga punya koleksi eye liner.

kalo maskara sih yang masih ada cuma mac sama liz earle. sebelum itu kaeknya jarang banget beli maskara. apalagi pas masih di indonesia dulu, jarang pake. pernah punya avon warna biru buat gaya-gayaan. eh, karena jarang dipake jadi kering, hihi. masuk sampah deh.

***

kesimpulan:

dari semua cerita evolusi kosmetik di atas, pada intinya semua kosmetikku sekarang ini mereknya liz earle semua. hoho #infogapenting

liz earle

kenapa liz earle? bukankah mac, revlon, loreal, no.7, clinique dll, adalah merek-merek eropa ternama? errr, meski tadinya udah sempat setia pake mac, aku akhirnya pindah ke lain hati juga karena liz earle produknya lebih banyak memakai bahan alami dan asli dari alam. merek ini terbilang baru dan namanya masih belum mendunia sih, tapi produk ini memang kesannya gak begitu komersil dan lebih eksklusif gitu deh. meski produk asli inggris, ga semua toko di inggris ngejual.

di inggris sini setahuku cuma satu beberapa toko saja yang eksklusif ngejual produk liz earle yaitu john lewis (dan boots - kata temen), dan tentu saja gerai liz earle sendiri, serta online di websitenya. sementara untuk pasar amerika, kalo mo pesen cuma bisa online kayaknya belum ada gerai-nya di sana.

kalo kamu, koleksi kosmetikmu ber-evolusi juga kah?

gerai liz earle

ps: ini bukan postingan berbayar yah. apalagi sampe dapet hadiah sponsor dari liz earle. maunya sih gitu tapi mana ada yang ngerti bahasa indonesia kalopun pihak liz earle ga sengaja nemu blog ini, hehe :-)

4 comments:

  1. Nayaaaa...
    Aku baru pengen nanya kalo di Eropa gitu perawatan kulitnya gimana, secara kan 4 musim gitu lhooo...
    Kulit Asia kayak kita kudu gimana tuh kalo tinggal disonooh :)

    Aku paling cocok pake L'oreal baik untuk night cream atau day cram Naaay..
    Dan belum pernah pake eye cream euy, sepertinya udah harus mulai niiih...secara usia eykeh hahaha...

    Dan aku pun gak bisaaa pake maskara lho Naay, ribet banget,...
    Tapi kalo eyeliner mah andalan atuhlaaah, supaya tatapanku terlihat menghujam gitu bhahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan kulit sama aja kok bi, di mana-mana. maksudnya tetep males ngerawat juga haha. ya paling kalo pas musim dingin doank sih jangan sampe lupa bawa pelembab bibir ke mana-mana kalo ga pecah-pecah karena hawanya dingin dan kering. kalo musim2 yang lain biasa aja kok, ga ada yang spesial.

      dulu mah pas baru pindah eropa tiga bulan pertama kulitnya ngelupas! udah itu doank sih kayaknya kulitnya adaptasi atau gimana gitu lah. enaknya tubuh manusia kan adaptif #halah bahasanya. jadi ya mau tinggal di mana aja fleksibel aja kayaknya. mungkin kalo udah ekstrim kayak di kutub baru deh ya bermasalah hihi.

      wah, pelanggan loreal yah (ngetiknya beneran lho pake apostrop segala hihi). aku belinya random sih, dulu pake loreal juga random, ga langganan maksudnya. malah ibuku yang kemarin aku kasih hadiah ultah krim pagi dan malam loreal buat usia 60th ke atas (kebetulan emang hadiah ultah ke 60!). pas banget kan lol. katanya sih cocok. bakalan minta kiriman lagi nih si ibu, minta paketan dari inggris :-p

      whoahhh, ajarin aku donk pake eye-linerrrrr..... biar bisa menatap menghujam jugaaaak! kali-kali bisa ada yang terhipnotis haha

      Delete
  2. Hai, beli liz earle di indonesia dimana ya? (Atau ada rekomendasi olshop?) Dr kemaren nyari tp ga nemu... lg ga ada acara keluar negri juga ;_;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, setauku ga ada gerainya di luar UK ama USA. Tapi bisa kok kayaknya beli online di website UK dikirim pos ke Indonesia bayar pake kartu kredit.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...