Wednesday 27 May 2015

tukang ngutang

belakangan ini di stasiun-stasiun tipi di inggris sini makin gencar nayangin iklan lembaga-lembaga keuangan yang nawarin utang dengan bunga tinggi atau kalo di kita disebut lintah darat!

kalo di indonesia ada yang berani masang iklan di tipi kayak gini pasti udah didemo fpi deh hehe.

tapi karena inggris negara kristen (emang negara beragama? hihi), mayoritas penduduknya kristen maksudnya, jadi ya bisnis lintah darat numbuh aja. asal mereka bayar pajaknya genep ke negara, pemerintahnya oke-oke aja sih. yang mau ngutang ke situ dan kena bunga yang mencekik leher, ya resiko tanggung sendiri.

tapi kalo mau jujur, mana ada sih orang yang suka ngutang?

semua orang mah penginnya kaya raya hidup berkecukupan dan pas-pasan! pas pengin beli buku, ada duit. pas laper pengin makan ke restoran, ada duit. pas pengin jalan-jalan ke luar negeri, ada duit. pas pengin beli lamborghini, ada duit, haha.

tapi jangan sampe deh hidup cuma sekali dapet julukan tukang ngutang!

dari jaman sd kita semua udah belajar peribahasa 'jangan besar pasak daripada tiang' ya kan? jadi meski tuntutan hidup dan kemajuan jaman makin lama makin menghimpit dada, sebaiknya memang peribahasa yang satu ini kita jadikan pedoman hidup sebisa mungkin.

kalo penghasilan bulanannya cuma 5 juta misalnya, ya jangan punya pengeluaran 6 juta apalagi 10 juta! kalo sebulan bisa punya penghasilan sampe 1 milyar, ya pengeluaran jangan 1.5 milyar atau 2 milyar. gitu lah ya contoh paling gampangnya.

trus gimana buat mereka yang ga berpenghasilan? ya ga usah beli apa-apa lah, hihi #kesian amat

tapi buat ibu rumah tangga atau bapak rumah tangga yang milih untuk ga kerja, masih bisa disebut berpenghasilan juga sih. kan dapet jatah bulanan dari misoanya atau istrinya yang kerja hehe. jadi tetep boleh beli-beli lah. malah justru ibu-ibu kan yang biasanya jadi tukang belanja di keluarga.

ilustrasi - sumber

tapi memang ada saja kok orang-orang yang besar pasak daripada tiang, alias tukang ngutang.

aku sih ga kenal mereka yah, karena semua teman-temanku yang kutahu ga ada yang masuk kategori itu. mudah-mudahan sih, hehe. terutama itu lho yang suka bergaya hidup hedon. dikit-dikit silau pengin yang mewah-mewah. kalo ga keturutan pusing tujuh keliling.

hadeuh... moga-moga ga ketularan!

apa mungkin karena lingkungan hidupku sehari-hari hampir ga pernah atau jarang bersinggungan dengan dunia hedonisme ya. kalo mereka yang hidupnya di dunia hiburan, misalnya artis, penyanyi, bintang film, dan mereka-mereka yang harus selalu tampil segar bugar, mulus cantik dan wah, mungkin tuntutan hidup glamour memang harus yah.  ga bisa dihindari.

makanya sering kan kita denger artis x, entah artis dalam negeri atau artis luar negeri, yang terjerat utang bahkan bangkrut begitu udah ga tenar lagi. masa tuanya lalu dihabiskan dengan terjerat masalah keuangan.

gara-garanya ya karena itu tadi, besar pasak daripada tiang.

dulu pas masih laris manis penghasilan banyak hidup glamour sih boleh-boleh aja ya. tapi begitu penghasilan menurun harusnya ya gaya hidupnya disesuaikan. tapi ya dasarnya udah masuk lingkungan jet set, tentu susah banget nurunin gaya hidup #sotoy #selebritijugabukan

***

aku sendiri syukur banget belum bisa disebut tukang ngutang. moga-moga tetep begitu.

satu-satunya utang yang kudu aku bayar tiap bulan saat ini cuma utang kpr ke bank untuk nyicil rumah. selain itu ga ada. bukan karena udah jadi konglomerat, tapi karena emang selalu pegang prinsip jangan besar pasak daripada tiang, biar hidup lebih nyaman. pas penghasilan dikit, pengeluaran lebih dikit lagi. penghasilan naik, ya boleh lah pengeluaran naik dikit juga.

karena ngutang itu rasanya ga enak lho pemirsa.

selain kita jadi ngerasa lebih 'rendah' dari orang yang diutangin karena mereka punya duit berlebih sedang kita kekurangan, juga bisa bikin pusing kepala. yang suka bikin aku heran tuh kalo ada yang suka ngutang tapi cuek aja gitu, hihi.

bisaan yah, entah gimana tuh ilmunya bisa cuek begitu.

aku mah ibaratnya kalo punya utang (kecuali kpr), pasti ga nyenyak tidur. dan perasaan lega begitu utang udah kebayar itu mungkin dah kayak kebelet pipis dan nahan sampe lama akhirnya nemu toilet yang bersih dan wangi di hotel bintang lima haha.

plong aja rasanya.

sampai detik ini, cuma ada beberapa kasus ngutang yang pernah kualami. pertama waktu jaman masih kuliah di jogja dulu, kadang-kadang aku memang suka ngutang. meski ga gitu sering dan cuma kalo bener-bener kepepet aja pas duit kiriman telat (baca: warung tenda).

kedua yang aku inget pernah kesulitan keuangan sampe hampir pernah kehabisan duit adalah pas pindahan dari kota kelahiranku ke jakarta. karena waktu itu belom dapet kerja, dan lama-lama tabunganku yang ga seberapa hasil kerja jadi mandor semen semakin menipis, aku pernah sampe pada kondisi hampir ngutang.

bahkan waktu itu pas kakak iparku ngasih aku duit 20,000 karena tahu aku emang lagi butuh, aku sampe terharu banget lho, mo nangis! buat orang yang kekurangan, meski nominalnya mungkin kecil, tapi arti pemberian itu sungguh sangat besar sekali bagi yang bener-bener butuh kan.

syukurlah setelah itu aku dapet kerja sementara ngajar privat si tasya, trus dapet kerja permanen di sebuah pabrik elektronik di bekasi. jadi kondisi keuanganku mulai membaik pelan-pelan.

sampe akhirnya aku dapet beasiswa dan pindah ke eropa, keuanganku lumayan stabil karena dana beasiswa dari uni eropa memang mencukupi. namun setelah lulus dan belum dapet kerja, lagi-lagi aku dihadapkan pada situasi di mana aku harus menggunakan uang tabunganku untuk bertahan hidup. mana tinggal di inggris pulak semua-mua mahal kan, hiks.

tabunganku yang ga seberapa sisa duit jatah beasiswa langsung susut dengan drastis lah.

kan sewa kos mahal, makan mahal, transport mahal. makanya waktu itu aku udah bertekad untuk pulang kampung ke indonesia kalo sampe duit sisa di nominal tertentu tapi aku belum dapet-dapet kerja. yang penting masih ada duit untuk beli tiket single-trip untuk pulang, aku masih oke. ngepas banget lah pokoknya!

untungnya lagi akhirnya aku bener-bener ketrima kerja di perusahaan otomotif di durham pas kondisi keuangan udah di ambang batas limit mau nangis hehe.

duit sisa sedikit yang tadinya buat jatah beli tiket kalo udah mentok kudu pulkam, malah kepake buat pindahan dari manchester ke durham, di mana perusahaan otomotif itu berada. karena harus bayar ini itu termasuk deposit untuk tempat kos baru, akhirnya duit yang cuma tinggal dikit itu amblas donk yah. padahal gajian pertama kan masih sebulan lagi! trus aku makan dari mana?

jadi waktu itu terpaksa ngutang temen hehe.

menurutku sih ngutang-ngutang di situasi seperti itu masih wajar dan sah-sah saja. karena aku yakin pasti begitu gajian akan kebayar kan. ngutang sementara lah namanya, biasanya ga pake bunga juga.

cerita paling akhir tentang ngutang, adalah waktu aku mau beli rumahku yang sekarang ini kami tinggali bertiga, aku, ethan dan suami. atas namanya memang berdua dan bayar cicilannya memang 50-50 sesuai keputusan yang kami buat bersama.

kpr-nya sih tentu saja ngutang ke bank.

tapi waktu itu kami memang kudu siap sedia dengan sekian puluh ribu poundsterling uang tunai agar uang muka lunas dan akad kredit jual beli bisa selesai tepat waktu. itung-itungannya waktu itu sih tabungan suami sama tabunganku masih cukup untuk uang muka dan biaya-biaya ekstra lainnya kalo digabung jadi satu.

ilustrasi - sumber (10 kebiasaan orang-orang yang ga punya utang!)

sayangnya, salah satu akun tabungan suami yang bentuknya saham atau apalah aku juga ga gitu paham sampe sekarang, baru bisa cairnya pas hari akad kredit. jadi kami ketir-ketir lah. kalo transferannya ketunda gimana. padahal cuma butuh £2000 lagi lho, ga banyak sih cuma 40jt saja #krik. tapi kalo semua tabungan udah diperes ludes, uang segitupun jadi penting banget hehe.

akhirnya dari total tunai sebanyak puluhan ribu yang berhasil kami kumpulkan berdua, sampai hari minus tiga ke hari akad kredit, masih kurang dikitttt lagi. gemes ga sih jadinya hehe. akhirnya waktu itu aku beraniin diri nelpon salah satu mahasiswa eh mahasiswi dink (anak kuliahan) yang aku kenal baik, dan pasti mau dengan senang hati minjemin duitnya sementara sampe dana suami cair.

mahasiswa indonesia di inggris emang duitnya banyak-banyak hehe #dijitak

aku jelasin ke temen itu kalo sampe akad kredit dana suami belum masuk juga, kami perlu rencana back-up yaitu ngutang duit dia dulu. untungnya si temen ini memang baik banget dan bilang "oke mbak don't worry, kalo cuma £2000 aku ada kok. kapan aja butuh aku transfer lewat online-banking."

kalo inget itu aku selalu terharu lho dan makin sayang sama dia, ciehhh *you know who you are*.

untungnya beberapa jam sebelum akad kredit rumah, transferan yang ditunggu-tunggu udah masuk, dan kami ga jadi ngutang ke temen yang baik hati ini deh.

udah itu aja sih seingatku daftar utanganku dulu.

***

di inggris sini, masyarakatnya yang aku lihat budayanya suka foya-foya (terutama generasi mudanya ya). tentu ga semuanya ya, yang irit pastilah ada.

tapi karena beberapa kebiasaan mereka dalam bersosialisasi selalu membutuhkan uang, maka seringkali banyak yang jadi besar pasak daripada tiang. orang sini banyak banget yang hobi minum. apalagi kalo wiken, yang dimulai jumat malam. pasti pub dan bar penuh. memang begitu cara mereka berinteraksi dengan teman-temannya, yaitu bareng-bareng minum di pub sampe mabuk.

aku ga akan bahas urusan minum dan mabuknya ya, nanti melenceng ke mana-mana.

tapi karena pengeluaran tiap wiken yang bisa terbilang ga sedikit ini, kebanyakan anak-anak muda sini suka pada ngutang. karena demand-nya ada, maka perusahaan-perusahaan lintah darat itu jadi bertebaran di tipi menyediakan supply atau pasokan kebutuhan berhutang. bunganya tinggi banget pastinya.

tapi ya memang gaya hidup anak-anak muda di inggris begitu, ya mau gimana lagi hehe. asal mereka bisa bayar aja sih ya, meski akhirnya kudu hidup pas-pasan, atau ga bisa beli rumah sendiri, atau jadi pengontrak abadi, atau yang ga bisa hidup layak.

pengeluarannya lebih besar dari pendapatan sih. mana nyaman ya hidup begitu.

punya utang memang ga enak, beban hidup lah ya. tapi kalo terpaksa banget dan kepepet banget ya boleh saja. asal kita juga yakin punya kemampuan untuk membayar. jangan sampe deh bangkrut atau pailit, atau sampe dikejar-kejar debt collector yang katanya bodi dan tampangnya serem-serem itu.

kalo bisa hidup seadanya saja sukur-sukur bisa nabung. penginnya sih kayak si mbak di atas itu yang ga punya utang alias debt-free! hmm, masih 14 tahun lagi nih rumah baru lunas haha. paling aku sebisanya berusaha ga hidup besar pasak daripada tiang aja, biar hidup enteng dan lega. yang paling penting lagi sih tiap malam biar bisa tidur nyenyak ga mikirin utang :-)

kamu pernah ngutang juga kah?

4 comments:

  1. wuaaaah, iklan kredit+bunganya terang-terangan gitu ya mbak?sangaaaar hahaha
    kalo di sini mah belibet hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, tiap kali iklan pasti ada, perusahaannya ganti-ganti saking banyaknya, hadeuh! hihi

      makasih kunjungannya :-)

      Delete
  2. Kok sampe ngutang mbak? Emang ke pub nya mahal ya? Kan cuman minum doang kan disana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. rata-rata anak muda sini yang baru mulai kerja paling penghasilannya tarohlah £1000 sebulan. buat bayar kos-an £400-£500. buat bayar tagihan listrik, air, gas bisa £50-an. buat makan sehari-hari sebulan bisa habis £100-200an tergantung gaya hidup. sisanya ga banyak kan. kalo tiap malam minggu mereka pergi ke pub dan minum, segelas bir taruhlah £2. kalo sampe mabuk perlu 4-5 gelas (kata temen kantor, aku ga doyan bir). itu udah £10-an minum doank. pasti laper juga donk kalo kongkow. makan bisa sampe £10-an. trus karena abis minum kan ga boleh bawa mobil, jadi pake taxi PP bisa £20-30 an tergantung jarak ke rumah. jadi kalo tiap minggu keluar duit £50an, sebulan udah £200 lho. jadi minus kan gajinya hehe. makanya bisnis utang piutang laris. tentu ga cuma anak muda yang hobi foya-foya saja yang suka ngutang. orng dewasa yang sering butuh duit dadakan juga banyak :-)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...