Tuesday 19 May 2015

ad-sense pecicilan

sejak aku gabung ke beberapa komunitas blogger, pas ada waktu luang seringkali aku iseng blogwalking ke blog-blog random yang link-nya selalu ditawarkan di setiap postingan group di laman fesbukku.

satu atau dua blog akhirnya aku jadikan langganan karena isinya memang cihui dan top abis. tapi lebih banyak yang ala kadarnya dan kurang berkesan jadi ya ga balik lagi deh.

apalagi belakangan ini aku mulai nemu blog yang aneh-aneh.


ceritanya nih, pas lagi iseng blog-walking, tentu saja aku klik postingan ke websitenya si blog donk. eh lagi asik-asiknya baca, tiba-tiba jelegerrrr... halaman laptopku atau layar hapeku berubah total dari tadinya isinya tulisan yang lagi asik dibaca, jadi iklan entah apaan!

kalo kemudian si iklan yang nongol tiba-tiba ini (pop-up) bisa ditutup dan menghilang sih ga papa. minimal kegondokanku karena sempat diinterupsi pas lagi asik baca jadi terobati karena bisa baca lagi kan. tapi ternyata ada beberapa blog yang iklan atau ad-sense nya pecicilan!

ilustrasi, sumber

maksudnya pecicilan ini adalah iklan yang meski udah ditutup, masih nongol lagi dan lagi, udah kayak virus trojan aja hehe. makin ditutup, makin liar iklannya nongol mulu. kalo udah gini ya terpaksa seluruh halaman website blog itu harus dimatikan.

padahal tadi kan baru mulai baca isi postingan blog yah.
padahal kan bacanya blom selesai yah.
padahal kan si pemilik blog dah cape-cape bikin tulisan biar bisa dibaca para pengunjung yah.

tapi kalo pengalaman berkunjung kesannya berakhir menjengkelkan begitu ya males lah buat berkunjung balik. sempat aku utarakan ini dan ngirim feedback ke salah satu pemilik, rupanya si pemilik juga ga ngeh dan ga nyadar kalo iklan di blog nya suka lepas kontrol.

sungguh sayang kalo para blogger yang niatnya masang iklan buat nambah-nambah penghasilan, tapi karena kemampuan teknisnya pas-pasan, jadi ga ngerti cara nyeting iklan yang baik dan benar dan ga bikin kapok pengunjung blog-nya.

kalo kapok, mana bisa populer atuh si blog. kalo ga populer, mana bisa mendatangkan pemasukan seperti yang tadinya diimpi-impikan pas pertama pasang iklan? udah ga dapet duitnya, pengunjung ga bisa baca postingannya pula.

mau untung malah buntung deh :-p

ps: jangan tanya gimana cara nyeting iklan yang bener ya, karena aku bukan ahlinya.

update 21/05/2015 : gara-gara posting ini jadi belajar banyak euy tentang dunia periklanan di blog hehe. makasih sharing ilmunya ya emak-emak keb yang ca'em-ca'em. ternyata jenis iklan yang bisa 'pecicilan' itu sudah pasti bukan jenis ad-sense nya mbah gugel. maap ya mbah udah dituduh dengan semena-mena. tapi bisa jadi jenis yang lain.

untuk menyiasatinya, setingan browser kita yang kudu diset untuk ngeblokir fitur pop-up. dilemanya, kadang fitur ini emang kita butuhkan! jadi ya terpaksa harus on-off on-off. kalo ga mau ribet ya ga usah baca blog yang ada iklan pecicilannya, entah jenis iklannya apaan udah ga penting lagi haha...

17 comments:

  1. padahal saya baru mau tanya piye caranya setting iklan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... udah dijawab kan di paling bawah... lha blog ini ga ada iklannya ya karena itu, aku ga bisa nyetingnya bwahaha

      Delete
  2. sebenarnya adsense itu nggak ada yang model pop up, mungkin iklan lain atau si empunya blog modifikasi kode iklan adsense seperti iklan pop up

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. o gitu ya mak, saya mah ga ngerti gitu-gitu mak hehe. yg pasti itu iklan lah ya. si empunya blog juga ga ngerti katanya kenapa ada iklan pop up di blognya, jadi kayaknya bukan karena dimodifikasi sih. entahlah mak jadi bingung hihi. makasih kunjungannya mak

      :-)

      Delete
  3. Sebel kalau yang ada pop up trus lompat-lompat nutupi blog. Mau dibaca gak sih blognya, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. whoaaah,, pernah ngalamin juga kan mak? asikkk, aku ga sendirian berarti. iya yg lompat-lompat gitu. gimana mau dibaca yah blognya hihi. makasih mak dah mampir

      :-)

      Delete
  4. iya mbak, kadang suka sebel kalau ditengah2 keasyikan kita lagi baca2 eh muncul popup iklan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya sebel juga. akhirnya pencet tanda silang deh, hehe. makasih dah mampir mak

      :-)

      Delete
  5. Hehe ngga nyaman ya jadinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak Noe ... eh tadi malam barusan ngubek-ubek blognya emak, tp blom sempet ninggalin jejak ketiduran haha. nanti mampir lagi lah seru2 cerita jalan2nya. makasih dah mampir juga mak

      :-)

      Delete
  6. pop up iklan terbanyak itu di situs nonton online >.< KZL

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku merasakan derita yang sama makkk >.<

      :-)

      Delete
  7. Wah, kasian juga ya mak, si empunya blog kalo dia engga paham kenapa pop up itu bisa muncul di blognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya tiap kali aku nemu yg kayak gitu sebisa mungkin aku laporin. supaya dibenerin atau minimal dicek lah ya... kesian kalo yg punya ga tahu kalo pembacanya ga nyaman kan. ngasih feedback itu perlu lah sesama blogger hehe.

      Delete
  8. saya juga pernah gitu
    karena kesel ya aku tutup tabnya dan nggak mau dateng lagi ke blog itu. kesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang ya kalo Isi postingan nya bagus jadi ga bisa kebaca

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...