Saturday 28 March 2015

barisan sakit hati

pernah ga sih, kalian ngerasa kalo kerja keras kalian di kantor tuh kurang dihargai sama perusahaan? ini bukan cerita tentang aku sih, tapi banyak lho temen-temen kerjaku sejak jaman dulu yang berkeluh kesah dan ngerasa seperti itu. tugas nambah, gaji jarang naek, salah dikit kena omel, lalu sakit hati, dan ujung-ujungnya risain (resign) trus pindah kerja.

eh, di tempat kerja yang baru, ternyata siklusnya berulang lagi, haha.

ternyata ga di indonesia ga di inggris, sama saja lho. sejak aku kerja di perusahaan yang sekarang selama hampir enam tahun lebih, udah banyak banget karyawan yang datang dan pergi dengan alasan yang kurang lebihnya sama, sakit hati sama perusahaan, atau sama seseorang di perusahaan #eaaa


dari pengamatanku selama ini, alasan orang pindah kerja itu kan macam-macam. tapi menurutku alasan yang paling utama kebanyakan ya itu tadi, karena masuk barisan sakit hati, hehe.

beberapa alasan pindah kerja aku coba kategorikan dan bahas satu per satu di bawah ini:

***

1) barisan sakit hati

ternyata dari pengamatanku, kebanyakan orang pindah kerja karena alasan ini lho. merasa ga cocok, ga sinkron sama bos di tempat kerja yang sekarang, berantem atau ga cocok sama rekan kerja yang lain, merasa ga dihargai kerja kerasnya, merasa ga betah, dan rasa-rasa yang lain, yang membuat hidup si karyawan jadi ga nyaman.

ilustrasi dipinjem dari sini

karena ini menyangkut perasaan, kebanyakan orang yang pindah kerja karena alasan ini akan berpikiran dan beropini negatif tentang perusahaannya yang lama. beberapa bahkan bisa melewati batas dan lepas kontrol hingga menjelek-jelekkan mantan rekan kerja, mantan bos, bahkan mantan perusahaan tempat ia bekerja dulu.

aku pernah bahas juga sedikit tentang hal ini di tulisan lama di sini.

kalo dalam postingan lama tersebut aku cerita tentang hubungan baikku yang masih terpelihara sampe sekarang dengan mantan-mantan perusahaan dan mantan-mantan bos di kantor-kantor terdahulu, di sini aku coba bahas dari segi yang lain yah, biar ga basi.

seringnya mereka yang berhenti kerja dan termasuk barisan sakit hati ini biasanya lalu bergabung dengan mereka yang dulu-dulunya pindah kerja dari perusahaan yang sama karena alasan yang serupa. nge-gank lah istilahnya. di inggris sini ternyata juga gitu lho, hehe. para karyawan yang risain dari perusahaan biasanya ngumpul-ngumpul beberapa bulan sekali lalu berhaha hihi ngegosip hal-hal negatif soal perusahaan yang mereka tinggalkan. ga cowok ga cewek, doh!

lucunya, seringkali mereka lupa kalau di perusahaan mereka yang sekarang inipun, mereka mungkin ga betah dan ga bahagia juga karena alasan serupa. tapi tentu saja ga bilang-bilang hehe.

sebabnya adalah karena apa yang mereka impikan tentang sebuah perusahaan dan lingkungan kerja memang terlalu muluk-muluk sejak awal mulai kerja, jadi ga akan pernah terwujud. hidup di alam mimpi lah orang-orang yang masuk kelompok ini., kadang-kadang mereka suka ga realistis! menurutku....

alasan lainnya sudah aku bahas di postingan lama di atas.

***

belakangan ini, salah satu rekan kerjaku juga mulai memperlihatkan gejala serupa. belakangan ia sering ngeluh kalo gajinya kurang. semua orang juga gitu deh ngeluhnya haha. siapa sih yang punya gaji kelebihan? ga ada kan? semua pasti ngerasa gajinya sekarang ini selalu kurang, ya ga ya ga..

trus dia udah mulai gelisah gitu cari-cari kerja lagi sana sini. pengin nyari yang gajinya lebih gede. dan dia ngerasa sakit hati karena terakhir kali dia minta naik gaji £100 per bulan eh cuma dikasihnya sama perusahaan £75 per bulannya, hihi. sakit hati deh dia. padahal nurutku sih udah mending permintaannya dituruti ya kan? bisa saja padahal perusahaan ga naikin gaji dia sama sekali. ga bersukur aja sih nurutku, dan ga realistis juga haha.

aku mah dikasih tau semuanya karena mungkin dia pikir aku bisa nyimpen rahasia, eh taunya malah diekspos di blog, hehe. jangan kasih tau dia yah, sttt....

***

sebenernya rasa ketidakpuasan ini sangat bahaya lho pemirsa. kalo istilah aku sih, ini bisa jadi semacam racun yang akan menggerogoti pikiran kita sendiri.

contohnya gini.

barusan di kantor ga sengaja aku nemu file 'rahasia' yang isinya tagihan bayaran konsultasi seseorang yang pernah aku minta ngebantuin kerjaanku sekarang, karena aku kelewat sibuk beberapa bulan belakangan ini (baca: bedhol desa). karena si orang ini direkrut oleh manajemen, aku ga tau menahu tentang bayarannya. eh, ga sengaja aku tadi nemu tagihan dia, yang pas aku lihat angkanya jadi pengin pingsan!

per harinya dia dibayar tiga kali lipat lho dari gajiku per hari. padahal aku cuma kasih tugas dia buat ngereview dokumen-dokumen kacangan doank! sementara yang berat-berat tetep aku yang pegang karena ga mungkin donk kasih ke orang yang ga ngerti duduk persoalannya. apalagi dia cuma dikontrak 1 bulan doank.

nyesel banget dah, tahu gitu aku kasih dia tugas yang agak berat yah, haha.

aku yang kudu berjibaku nyelesaiin tugas-tugas berat dan dia aku kasih yang ringan-ringan, karena kirain emang sebagai yang cuma ngebantuin kerjaanku dia ga bakal digaji gede, eh rupanya dianya digaji tiga kali lipat. jreng jreng jreng...

di inggris sini kerjaan profesional (bukan kasual) tapi yang sistem kontrak emang gajinya gede sih, dua sampai tiga kali lipat gaji karyawan tetap. tapi ya memang ga bisa garansi dapet kontrak terus menerus juga, alias resikonya ga dapet kerjaan lebih gede juga.

kalo pas ada kerjaan ya gajian, kalo pas ga ada ya gigit jari. makanya karyawan kontrak biasanya gaya hidupnya ya ga beda jauh sama karyawan biasa meski gajinya dua atau tiga kali lipat. di waktu lain bisa saja mereka nganggur dan ga terima gaji. sementara karyawan permanen meski gaji lebih kecil tapi kan tiap bulan bisa diandalkan, gitu lah. jatuhnya ya sama aja sih hehe.

***

udah gitu, yang bikin tambah nyesel lagi, tadinya si orang ini cuma dikontrak selama dua minggu doank. tapi karena aku kemarin sempet ga enak badan dan kerjaan tambah ngegunung, aku minta dia diperpanjang nambah dua minggu lagi, jadi total empat minggu. tagihan bayaran dia jadi dua kali lipat deh. yang kalo ditotal jendral, itu gajiku selama 4 bulan! jreng jreng jreng....

aku (harusnya) sakit hati!

kenapa duit itu ga dikasihin ke aku aja, ditambahin ke gaji tahunanku gitu. kan aku yang kerja lebih berat dari dia. kok aku cuma dapet sepertiga gaji dia per harinya? aku sakit hati sama perusahaan! aku kudu risain nih segera! haha...

nah, ngerti kan maksudku sekarang.

kalo apa yang menurutku harus terjadi tapi ga kejadian itu aku jadiin alasan untuk meracuni pikiranku lalu aku ngerasa kalo perusahaan ga menghargai kerja kerasku, malah ngasih duitnya ke orang lain padahal kerjanya level kacangan doank, pasti aku udah dari kemarin-kemarin nyari kerjaan baru di luar sana, ya kan?

trus risain, trus gabung sama klub barisan sakit hati yang udah risain dari dulu-dulu yang kubahas di atas itu tadi. tapi nyatanya aku adem ayem aja tuh. ga sakit hati juga, ga nyari-nyari kerjaan lain meski dua tiga kali seminggu masih tetep diuber-uber para headhunter!

kenapa aku ga sakit hati? alasannya aku tulis di paling bawah yah. keep reading ^-^

***

2) munculnya kesempatan lain yang lebih bagus gajinya, alias ngejar jabatan dan duit

alasan kedua orang pindah kerja menurutku adalah karena iming-iming jabatan yang lebih tinggi dan tentunya gaji yang lebih gede. tanpa ngerasa sakit hati atau ngerasa harus ngejelek-jelekin perusahaan lama, kategori ini memutuskan untuk pindah kerja karena pengin dapet yang lebih aja. udah itu tok.

kelompok ambisius lah istilahnya.

ilustrasi dipinjem dari sini

tapi mungkin kelompok ini ga sebanyak kelompok pertama yah. karena biasanya motivasi seseorang untuk pindah kerja itu kan karena ga betah tadi. kalo yang tiba-tiba pengin duit lebih atau jabatan lebih mah banyak. tapi apa lantas nyari kerjaan lain bisa langsung dapet dengan mudah? ga juga kan.

biasanya sih yang pada betah kerja di satu tempat kayak contohnya suamiku (dia ga pernah pindah kerja sama sekali seumur-umur, hihi), ya anteng aja ga gitu ambisius meski gajinya jarang naik, haha #curhat

aku sendiri juga kalo dipikir-pikir sebenernya ga pernah bener-bener pindah kerja sih. karena aku masuk kategori terakhir, yang nanti aku bahas. apalagi hanya karena ngejar duit, cih! maap ya aku ga mata duitan kok #ciehhh

***

iya memang semua orang butuh duit. iya memang punya duit berlebih itu lebih enak dan nyaman mau ngapa-ngapain. iya memang jadi orang kaya itu lebih enak. tapi aku kok ga gitu nafsu atau ambisius yah sama yang namanya jabatan atau duit. terbiasa miskin mungkin yah, hahaha. ga elit!

dulu bahkan pas baru-baru kerja di inggris dan masih sendiri, belum punya pacar, masih belum terbiasa punya gaji banyak (kalo dirupiahin!), eh begitu akhir bulan dan terima gaji lagi, mikirku malah gini. hah, udah gajian lagi? yang kemarin-kemarin aja blom abis! hahaha #minta ditoyor

sampe sering banget duit gaji bulan itu tetep utuh ga kesentuh lalu masuk tabungan semuanya karena ya emang gaya hidupku ga pernah sesuai dengan gajiku. alias udah gaji banyak (lebih banyak dari gaji pas kerja di indonesia maksudnya), masih saja bergaya hidup sederhana, alias ndeso#uhuk

kalo orang lain mungkin udah sibuk ke salon, spa, beli baju-baju baru, sepatu dll begitu gajian, aku mah ga pernah! (jarang maksudnya). namanya juga wong ndeso, dari kecil terbiasa semuanya terbatas, ga pernah yang menikmati gaya-gaya hidup orang kota begitu. jadi meski udah punya duit juga tetep ga bisa ngerubah gaya hidup jadi lebih elit dikit, haha.

tapi itu dulu kok. sekarang mah gaji tiap bulan abis terus. buat nyicil rumah, bayar ini itu, udah ada ethan juga, jadi udah ga kelebihan duit. masih berusaha nabung sih, dikit-dikit. eh malah curhat!

jadi selama aku betah dan nyaman di tempat kerja (selama ini memang selalu begitu), ga pernah kena perkara, ga pernah ga betah, aku emang ga pernah pengin pindah kerja. meski gaji naiknya juga ga banyak sih. dan meski iming-iming kerjaan baru di luar sana dengan jabatan lebih tinggi dan gaji lebih gede seringkali lewat di depan mata. tapi aku ga (blom) pernah tergoda.

***

kembali ke topik.

3) munculnya kesempatan lain untuk pengembangan diri, atau berburu idealisme

kalo yang ini biasanya pindah kerjanya para idealis. yang mana sudah makin jarang jumlahnya di muka bumi ini #halah.

tapi kebetulan aku kenal seseorang yang memutuskan untuk pindah kerja demi idealisme semata. duitnya mah ga nambah, bahkan di beberapa kasus justru berkurang. tapi orang idealis itu cenderung ga mata duitan juga sih, jadi ya mereka ngerasa biasa saja, ga gitu lebay. demi tujuan lain yang mereka yakini dalam hati nurani yang lebih berharga daripada duit, mereka ikhlas aja tuh. jempol deh orang-orang kelompok ini :-)

***

4) alasan lain yang ga berhubungan dengan pekerjaan

nah, kalo dipikir-pikir aku tuh masuk kategori yang ini nih. secara aku ga pernah pindah kerja karena alasan nomer 1, 2, atau 3 di atas. sama kayak suamiku juga malah ga pernah pindah kerja sama sekali sejak lulus kuliah sampe sekarang, cuma pernah job interpiyu sekali doank, hahaha. dasar permalasan!

kalo aku meski ga sampe lumutan kayak suami, juga sebenernya ga pernah pindah kerja juga. meski di cv-ku aku sudah pernah punya 5 kantor! ya pindah kerja juga sih namanya, tapi motivasinya aja yang beda hehe.

kantor pertama, bukan kantor sih, tapi toko. baca postingan ini dulu kalo pengin tahu kenapa aku dulu kerja di toko, dan sebagai apa. dari sini, aku keluar bukan karena alasan nomer 1, 2 atau 3 di atas, tapi lebih karena patah hati, haha. ga banget kan alasannya? cih! lebay!

trus di kantor yang kedua di cikarang, meski betah kerja selama lima tahunan, aku keluarnya karena dikeluarin paksa! dipecat? bukan, tapi karena kantornya atau pabriknya emang tutup, haha. kalo mau terus kerja siapa yang gaji donk. tapi waktu itu aku ga dikeluarin begitu saja kok. tapi malah ditransfer ke kantor ketiga di jababeka.

di kantor ketiga di jababeka inipun aku betah dan nyaman. tapi kenapa keluar lagi? pastinya bukan karena sakit hati, atau karena pengin gaji gede, atau karena idealis nyari kerja lain yang sesuai hati nurani sih. tapi karena dapet beasiswa buat sekolah lagi! jadi ya meski betah dan nyaman, terpaksa keluar kerja juga. makanya itu tadi, hubunganku sama bekas rekan kerja dan mantan bos semuanya selalu baik-baik saja sampe sekarang.

di kantor yang keempat di inggris, aku keluar kerjanya kali ini karena bener-bener dipecat! haha. kena pengurangan sih waktu itu, bahasa lebih halusnya. karena eropa kena resesi parah tahun 2008. ga cuma aku yang dipehaka kok, banyak lagi temen yang lain. karena memang aku termasuk karyawan baru, jadi pesangonnya masih murah, kena babat deh, haha. sama mantan bos juga masih baik, meski si bos udah meninggal beberapa bulan yang lalu karena kanker, dan aku ga sempet ngelayat, hiks.

dan akhirnya di kantor yang kelima di mana aku kerja sekarang ini, aku juga ngerasa betah dan nyaman-nyaman aja tuh. udah 6 tahun lebih kerja di sini, ga tau juga mau berapa taon lagi ke depannya, dan ga tau juga entah apa nanti yang bikin aku kudu pindah, yang pasti saat ini masih enjoy aja.

***

jadi kalo boleh menyimpulkan nih...

betah ga betahnya kita di tempat kerja itu, tergantung diri kita sendiri!

kalo ada konflik dengan atasan yang membuat para barisan sakit hati pada pindah kerja, pasti ada alasan kuat kenapa sebuah konflik sampe terjadi. daripada sakit hati, lebih baiknya sih introspeksi diri menurutku. seorang bos juga ga akan marah-marah tanpa alasan kok. dan yang aku banyak observasi sih mereka-mereka yang berkonflik sama bos-bosnya itu memang rata-rata pada ga becus kerja sih, hahaha #lalu dikeplak

tapi ya karena mereka merasanya tetep paling jago dan paling benar, ya akhirnya risain dan cari kerja lain.

lalu kelompok yang ga betah karena iming-iming jabatan dan duit, biasa memang bergaya hidup lebih mewah dan memang selalu terorientasi untuk lebih kaya dan lebih kaya lagi. ya sah-sah saja menurutku, karena kata 'cukup' itu artinya beda-beda buat tiap-tiap orang.

kelompok yang idealis, meski jumlahnya ga banyak, mungkin cuma kelompok yang aku boleh angkat topi karena aku selalu kagum pada orang-orang yang punya tujuan hidup sekuat ini. mereka ga tergiur jabatan, duit, atau gemerlap dunia kerja yang lain. mereka punya tujuan mulia dalam hidupnya dan ingin mengabdikan tenaga dan pikirannya untuk itu. salut deh!

aku sih meski ga bisa jadi idealis, tapi ga juga pengin ngejar jabatan atau duit. dan untungnya sampe sekarang masih ga punya masalah apapun di tempat kerja manapun yang sampe harus gabung sama barisan sakit hati. mudah-mudahan selalu demikian.

jadi sampe sekarang meski udah berkecimpung di dunia kerja hampir selama 16 tahun pun masih adem ayem. dan lagi, aku yakin jalan hidup dan rejeki itu udah ada yang atur.

setuju?

2 comments:

  1. Aku kayaknya juga mirip denganmu lho Naaaay...

    Dulu kelar kuliah langsung kerja di produsen gipsum, dan betaaaah kerja disitu sampai akhirnya terpaksa keluar karena nge lahirin Kayla...
    waktu itu sih janji ama si bos kalo anaknya udah rada gede pengen kerja lagi...

    Dan setelah Kayla 2 tahunan, si bos beneran telfon aku Nay, dan nyuruh aku kerja lagi disonoh...bhuahaha...
    Tapi aku keburu udah planning pengen punya anak lagi dan udah males kerja..hihihi...

    Kalo diturutin terus mah, emang kerja dimanapun yah pasti begitu deeeh...paling enak sih jadi bos dan punya usaha sendiri, tapi tetep aja bakal ada tantangan lain...

    jadi ya udahlah disyukurin aja semua yang udah didapetiiin...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhh kalo udah bibi yg komennya sangat bijaksana ini ya setuju ajahhhh haha. Adikku jg gitu bi, begitu anak pertama lahir langsung pensiun dini, eh sekarang anaknya lima, hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...