Monday, 14 December 2015

arab banjir

kita semua pasti udah tahu kalo negara-negara di kawasan jazirah arab itu hidupnya dikelilingi padang pasir yang identik dengan kata kering, tandus, panas, dan berdebu! ga heran kalo media beberapa minggu kemarin itu (ga papa ya rada basi dikit hehe, baru sempet ngetik soalnya...) sempat dibikin heboh gara-gara ada berita kalo arab lagi banjir! kok bisa? bagaimana mungkin? apa yang salah? bahkan ada yang bilang, jangan-jangan kiamat udah deket, hehe.

kita bahas yuk kenapa arab banjir.

Friday, 11 December 2015

winter wonderland

akhirnya akhir tahun akan segera tiba!

seperti tahun-tahun sebelumnya, mirip-mirip kalo indonesia pas bulan puasa di mana orang-orang lalu sibuk bikin persiapan lebaran, mulai belanja-belanji, bikin ketupat, bersihin rumah dan lain-lain, di inggris sini ramenya pas mau akhir tahun. kalo indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya penganut agama islam, inggris adalah negara dengan mayorias penduduknya penganut agama kristen.

terlepas dari seberapa dalam kekhusyukan masing-masing pengikutnya dalam menjalani kewajiban-kewajiban ritual keagamaan, setiap perayaan hari-hari keagamaan terbesar dalam tahun itu, seluruh umat biasanya akan merasakan imbasnya meskipun mereka bukan penganut agama tersebut.

Wednesday, 9 December 2015

tiny origami - 8mm

siapa sih yang ga kenal kata 'origami'? kalo ditulis pake hiragana gini nih bentuknya おりがみ.

kata ini berasal dari bahasa jepang yang artinya adalah seni melipat kertas. sejak kita sekolah di taman kanak-kanak, pelajaran seni melipat, menggunting, dan menempel sudah diajarkan sejak dini.

terlepas dari akhirnya seseorang jadi mahir atau malah ga bisa sama sekali, itu sih tergantung bakat, minat, dan ketrampilan masing-masing individu. perkembangan kemahiran seseorang dalam suatu hal memang ga bisa terlepas dari minat dan bakat orang tersebut. kalo ga suka ya ga bisa dipaksa ya kan.

Monday, 7 December 2015

bratislava

april 2006

pengin nulis tema travelling lagi ah...

setelah istanbul dan budapest, kali ini aku akan cerita tentang slovakia yang menempati urutan ketiga di daftar ranking tempat-tempat di eropa yang paling berkesan yang pernah aku kunjungi. cerita jalan-jalannya sendiri sih sebenernya biasa saja ga gitu istimewa banget, yang istimewa justru pas perjalanan pulangnya karena kami hampir -hampir masuk penjara lho! #lebay

Thursday, 3 December 2015

life begins at

forty!

tadinya postingan ini tuh sebenernya belum ada isinya. cuman karena aku kejar tayang, judul-judul doank udah di-publish! cih, blogger ga mutu! haha.

maksudnya sih biar dapet stamp-an tanggal 3 desember pas aku ultah kemarin itu aja. tadinya mikir bisa ngetik isi postingan di hari yang sama malemnya, eh malah tepar ketiduran jam sembilan seperempat dan kebangun udah jam 5 pagi!

jadi ceritanya kan tanggal 3 kemarin tuh aku ultah #halah. biasa aja sih tiap tahun juga gitu haha

Friday, 20 November 2015

balada sebuah koper

Image result for suitcase

tahu kan kalo suamiku itu suka pergi dinas keluar inggris. bukan suka dink, tapi sering. tuntutan pekerjaan lah. sejak aku kenal dia pertama kali ya emang kesibukannya begitu. meski dia kerja dari rumah pun, jadwal perjalanan dinasnya masih saja lumayan banyak. paling ga tiap dua bulan sekali lah. bulan ini aja dia udah ada jadwal pergi 2 kali. kalo tiap pergi butuh seminggu, dua kali udah dua minggu aja donk. separo bulan tuh dia ga di rumah.

nah, minggu ini juga gitu.

Wednesday, 18 November 2015

paris teroris

tulisan ini boleh dibilang agak telat.

orang-orang mungkin udah ngebahas peristiwa menyedihkan yang terjadi jumat lalu, beberapa jam setelah kejadian yang menggemparkan eropa bahkan dunia ini masih menghiasi layar kaca dan menjadi topik hangat perbincangan.

tapi meski sudah hampir lima hari berlalu, media di eropa sampai hari ini pun masih menjadikan paris sebagai topik utama pemberitaan media online, digital, maupun cetak. apalagi beberapa hari belakangan ini justru lagi rame-ramenya polisi perancis melakukan penangkapan dan penggerebegan, yang diwarnai (lagi-lagi) oleh beberapa bom bunuh diri!

d'oh...

Friday, 13 November 2015

joki 3 in 1

waktu itu pas mudik tahun 2009...

meski aku lahir dan gede di jawa tengah, tapi tiap kali mudik aku lebih seringnya ke jadebotabek. alasan klasiknya ya karena semua saudara kandungku sekarang domisilinya di situ, jadi bagian dari kaum urbanisasi ke ibukota hehe. dua-tiga hari biasanya aku sempetin pulang kampung ke jawa sih sekalian nengok kampung, selebihnya ya aku muter-muter di jakarta dan sekitarnya saja.

untuk mempermudah urusan transportasi, pas mudik tahun 2009 yang lalu aku nyewa mobil. karena ga kuat bayar sewa lamborghini, ya aku nyewa honda jazz saja yang murahan dikit! mudik berikutnya tahun 2012 aku malah milih moda transportasi masal semacam taxi, omprengan, bis, kereta, dan minjem mobil kakak ipar hehe. suamiku sih nurut aja. bukan kapok bayar sewa mobilnya, tapi kapok sama macetnya jalanan jabodetabek aja! #ngeles

Thursday, 12 November 2015

sekolah mahal

udah baca postingan mengenai kegelisahanku setiap lima tahun atau kusebut repelita belum? kalo belum baca dulu deh biar nyambung ama postingan ini #modus

jadi kan kami lagi kasak kusuk nih pengin pindah rumah. artinya kami kudu mulai hidup baru donk di kota lain atau desa lain. sebenernya sih rumah sekarang ini nyaman banget, cuma ya itu dibangunnya salah tempat alias kejauhan dari kantor, haha.

lha kenapa dulu beli rumah di situ sih?

Wednesday, 28 October 2015

oplas

atau kependekan dari operasi plastik!

ini khusus kutulis untuk memenuhi janjiku ke si una, gara-gara dia posting tentang oplas dari pengalamannya pas jalan-jalan ke jepang, eh korea, eh...mana sih kok malah lupa haha... trus aku komen kalo aku juga punya pengalaman menarik tentang ini.

ga tau tapi mo mulai cerita dari mana tentang oplas.

soalnya emang ga banyak yang bisa diceritain. hayo pasti ngira aku mo cerita pengalamanku pribadi pernah operasi plastik ya? hahaha... maap kalo ngecewain. cuma mau cerita seputar oplas hasil dari ngbrol sama temen kantor yang udah sering langganan oplas doank kok.

Tuesday, 27 October 2015

blog monetization

seperti halnya masdab donny verdian, blogger terkenal asli jogja yang sekarang bermukim di australia itu, aku juga males kalo harus me-monetize blogku. tentu alasan orang beda-beda, kenapa banyak blogger yang memutuskan untuk masang iklan di halaman blog-nya, dan kenapa ada blogger yang kekeuh ga mau masang iklan kayak masdab donny dan aku. alasan kami juga bisa jadi beda.

hari ini (katanya) adalah hari blogger nasional.

Friday, 23 October 2015

online banking

seingatku, aku mulai punya rekening pertama di bank itu pas udah mulai kerja di cikarang deh. tepatnya tahun 2000. sebelum itu urusan keuanganku masih seputaran celengan ayam, taruh duit di bawah kasur, diumpetin di buku, dompet, atau celengan bambu gitu deh.

lha yang mau ditabung aja ga ada, ngapain repot berurusan sama bank segala haha #bilang aja miskin

ketika mulai kerja di bekasi, urusan gaji bulanan memang semua ditangani bank. kerjaan sebelum itu (baca: mandor semen) gaji bulanannya selalu diamplopin hehe. sejak punya rekening di bank inilah aku jadi belajar sedikit demi sedikit mengenai manajemen keuangan. meski yang di-manaj ga banyak bahkan seringkali belum tanggal gajian saldonya udah nol duluan haha.

Thursday, 8 October 2015

anak asuh

sebut saja namanya cuplis...

umurnya baru menginjak 8 tahun dan masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar. ayahnya mengalami kecelakaan hingga kedua kaki dan tubuhnya tak lagi bisa bergerak seperti dulu sewaktu masih sehat. dengan kondisi ini tentu saja ia tak bisa bekerja mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. ibu cuplis tidak pernah mengenyam pendidikan yang layak. yang bisa ia kerjakan untuk bertahan hidup setelah suaminya berhenti bekerja hanyalah berjualan buah-buahan dengan hasil yang tak seberapa.

cuplis kecil harus hidup kekurangan dengan segala keterbatasan karena kondisi ekonomi orang tuanya yang berada di bawah garis kemiskinan. mereka hidup di sebuah kontrakan kecil seukuran ruang tamu rumahku. dengan pendapatan yang pas-pasan dan tak menentu, mereka harus bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari terutama untuk makan, entah bagaimana caranya. lalu bagaimana dengan biaya sekolah cuplis kalau untuk makan saja pas-pasan?

Sunday, 4 October 2015

cemburu

sebagai wanita karir #halah, perasaanku sebagai seorang ibu terkadang harus sedikit dikorbankan. beda halnya dengan ibu-ibu yang beruntung bisa menjaga anak-anak mereka sendiri sehari-hari di rumah, aku memutuskan untuk mengirim ethan ke penitipan anak setiap hari. kenapa-kenapanya sudah pernah aku tulis di postingan ini.

karena dari pagi sampe sore si bocah laki-laki kecilku diasuh oleh orang lain, mau ga mau tetep akan ada keterikatan batin antara mereka. terkadang ketika ia merasa takut, atau malu, atau pengin dipeluk, dan aku ga ada di sana, maka si mbak pengasuh yang bertanggung jawab atas ethan sehari-hari inilah yang akan memeluk dan menenangkannya.

namanya lee-ann...

Tuesday, 29 September 2015

repelita

bagi kalian yang lahir dan gede di era orde baru jamannya mbah suharto masih jadi presiden, pasti kata repelita sudah ga asing lagi di telinga. yang lahir dan gede setelah itu dan belum pernah denger, repelita itu kependekan dari rencana pembangunan lima tahun.

dulu, pemerintah indonesia saking presidennya ga pernah ganti-ganti selama 32 tahun, pelaksanaan pembangunan dikotak-kotakin dengan rencana selama lima tahun ke depan gitu deh. karena kalo rencana pembangunan dibikin tiap tahun ya terlalu pendek kali. sebaliknya kalo ga dibatesi tiap lima tahun, bakalan lebih susah bikin rencana pembangunan seumur hidup hehe. meski untuk urusan keuangan dan anggaran belanja sih tetep diajuinnya tiap satu tahun sekali (apbn).

Friday, 25 September 2015

temen cewek

kadang aku ragu, sebenernya aku ini cewek apa bukan ya?!

soalnya dari dulu tuh aku paling ga bisa ngumpul sama sesama cewek. dalam artian nge-grup, nge-gank, kesana kemari bareng, sahabatan, kadang berantem-berantem dikit, bitchy-bitchy-an, trus baikan lagi. atau curhat-curhat melow tentang gebetan/pacar/suami, ngegosip seru, gitu-gitu deh standar cewek normal. tau kan maksudku.

pas sd, aku inget pernah deket banget sama satu orang temen cewek namanya sriyati. hai sriiii #dadah_dadah. kami selalu sebangku sejak kelas satu sampe lulus kelas enam. dia selalu ranking dua di kelas. aku selalu ranking satu #krik. kalo pulang sekolah aku sering maen ke rumahnya karena pas pulang dari sekolah selalu lewat situ. sering ikutan makan siang, ngubek-ubek dapur rumahnya, dan lain-lain.

Friday, 18 September 2015

gaya hidup aneh

beberapa bulan yang lalu aku udah pernah bahas mengenai orang-orang yang suka ngutang pada postingan yang berjudul tukang ngutang. yang belum baca, ayuk cap cus dulu ke tekapeh!

eh, beberapa hari ini kupingku lagi-lagi ngedenger keluhan-keluhan orang-orang yang udah kehabisan duit padahal gajian masih lama. kayak ikan yang menggelepar karena kehabisan air lah. sampe gemes ngedengerinnya hehe.

alkisah, ada seorang temen yang boleh dibilang suka bertingkah lebay karena dikit-dikit ngeluh, lagi butuh duit sekian-sekian karena ada kebutuhan mendadak. mungkin maksudnya mau minjem tapi dia ga berani bilang atau gimana, jadinya dia yang cerita-cerita aja gitu deh.

Thursday, 17 September 2015

serba canggih

"good morning"

"good morning. i'd like to make appointment on behalf of my son, please", kataku ke seorang wanita di seberang telepon.

setelah bla bla bla beberapa menit, pembicaraan itu pun selesai. begitu hape aku tutup, dalam hitungan detik sebuah sms masuk berisi jadual ketemu dokter/suster untuk imunisasi si ethan sudah dikonfirmasi, semua terekam di hape jadi ga perlu sibuk nyari-nyari kertas sama pulpen buat nyatet lagi.

Saturday, 5 September 2015

aylan kurdi #1

alkisah di sebuah desa, hiduplah seorang pemuda...

ia tumbuh dan besar di sebuah keluarga yang hidup damai aman sentosa. hingga suatu ketika prahara menerpa. kepala keluarga yang selama ini damai mengayomi berubah menjadi galak dan keras kepala tak terkira. sementara salah seorang saudara laki-lakinya berubah kejam, bengis, dan gemar memenggal kepala. tak tahan dengan keadaan yang berlarut-larut ini, si pemuda memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah, bersama adik-adiknya yang masih kecil, dan juga ibunya.

Sunday, 30 August 2015

budapest

september 2005 - september 2006

setelah istanbul, kota kedua yang penuh kenangan bagiku adalah budapest. bukan karena aku dulu berkunjung ke sana sebagai turis saja, tapi karena aku pernah tinggal di sana selama kurang lebih satu tahun, jadi ngerasa sebagai rumah ketiga setelah indonesia dan inggris gitu deh.

punya kisah cinta juga lho, ihiiyyy...ntar aku ceritain dikit. awas postingan ini bakalan panjang ya! tadinya kepikiran mau dibikin dua postingan tapi ya sudahlah, pembaca blog ini kan suka baca postingan panjang-panjang ya kan #ditimpuk

so, ini ceritaku tentang budapest.

Tuesday, 25 August 2015

think again

'think again' adalah idiom bahasa inggris yang artinya kurang lebih 'kamu salah' atau 'pikirin lagi deh'!

sering banget aku nemu idiom ini dipajang entah di blog sebagai banner, di sosial media, atau diprint gede-gede trus ditempel di dinding kamar tidur buat penyemangat hidup hehe. ini beberapa contohnya:

if you believe that the term marketing should not be applied to an idea, think again...
if you think greece’s crisis will end soon, think again...
if you think nobody cares, think again...
if you think you can't, think again...

Thursday, 20 August 2015

berapa gajimu?

pernah ga ditanya soal pendapatan kita berapa tiap bulannya? mungkin ada yang pernah tapi pasti banyak juga yang ga pernah ya. kalo aku sih belum pernah ada yang nanya. mungkin pada ngeri ya ngedenger jawabnya, jadi mending ga usah nanya haha.

ga dink, becanda...

aku emang ga pernah ditanya soal gaji karena mungkin pada sungkan aja. urusan gaji kan menyangkut urusan dompet orang lain, jadi ga perlu pada kepo ya kan, kurang kerjaan aja. ga di sana ga di sini kayaknya urusan yang satu ini emang agak-agak pamali lah kalo dibahas. apalagi dikoar-koarin terang-terangan di muka umum. ga banget lah, tabu!

lha kenapa ini mau dibahas di blog sih?

bloglovin

lagi coba-coba nih pake bloglovin. follow yuuukkk :-)

follow my blog with Bloglovin

Tuesday, 18 August 2015

minggu teristimewa

kali ini mau posting pendek saja, tentang minggu ini yang jadi minggu teristimewa khususnya buat aku. alasannya ada tiga.

pertama, tanggal 17 agustus kemarin adalah hari kemerdekaan indonesia yang ke 70. kalo manusia umur 70 itu udah masuk usia lansia lho, udah masuk masa pensiun lah, hihi. tapi untuk negara indonesiaku tercinta, justru semangat perayaan tahun ini agak beda dari tahun-tahun yang sudah lewat hanya karena presidennya beda.

kalo tahun-tahun lalu dari sejak jaman orba tema-tema dirgahayu kemerdekaan selalu berisi kalimat-kalimat panjang yang kalo dibaca orang ga langsung ngerti jadi seringkali malah hilang makna, tahun ini temanya singkat saja, tapi padat dan langsung kena, yaitu "ayo kerja"!

Saturday, 15 August 2015

supermum itu mitos!

intro

wah, lumayan lama nih ga ngeblog, sampe kena 'omel' si una :-p

rada berdebu dikit jadinya otakkukusut karena jarang dikemoceng! pasti udah pada kangen yaaaa.... ada yang kangen ga sih? ga ada yah? ya udahlah #garing

setelah lama ga posting, ide tulisan kali ini berasal dari salah seorang pembaca blog yang komen dan nanya tips-tips gimana caranya jadi supermum. eh bukan dink, lebih tepatnya gimana caranya bisa ngerjain semua kerjaan rumah sendiri plus ngurus baby/anak (tanpa asisten rumah tangga aka pembantu), tapi semuanya bisa beres. yah, rada-rada supermum juga sih kedengerannya #bangga #dikeplak

Sunday, 12 July 2015

istanbul turki

mei - 2006

seperti sudah pernah aku niatin sebelumnya di postingan berjudul travelling beberapa waktu yang lalu, kalo aku pengin dokumentasiin kisah-kisah-ku pas masih rajin jalan-jalan keliling eropa dulu, postingan ini adalah postingan pertama dari banyak postingan travelling yang akan terbit.

kenapa istanbul? 

karena dari banyak tempat yang pernah aku kunjungi kira-kira sepuluh tahun yang lalu itu, istanbul sepertinya yang paling berkesan deh. apalagi kisahnya diawali dengan cerita ala-ala mahasiswa yang bandel dan bolos dari perkuliahan!

Saturday, 4 July 2015

kepanasan

beberapa hari belakangan ini cuaca di inggris lain dari biasanya. kalo aku seringnya nulis hidup di inggris itu fakir matahari hawanya dingin terus hampir sepanjang tahun, minggu ini lain cerita. cuma gara-gara suhu di beberapa wilayah mencapai sedikit di atas 30 derajat selsius saja, langsung heboh deh jadi berita utama di  mana-mana. padahal di indonesia suhu sekitaran 30 derajat itu mah biasa aja yah. tiap hari juga begitu.

ya maklum, negara empat musim yang jarang sekali dapet sinar matahari ini, paling punya cuaca bagus dalam setahun itu bisa dihitung dengan jari tangan saja! yah, kadang-kadang jari kaki bantu-bantu dikit lah...

Monday, 29 June 2015

fashion week 01

intro:
idenya sih dari iseng-iseng kurang kerjaan pengin ngegaya ikut-ikutan seleb fashion blogger kayak blog keren ini nih. tapi apa daya modalnya cekak! lol.

selain kualitas baju yang ala kadarnya tanpa sponsor (baca: borong baju), juga kualitas kamera yang ala kadarnya. boro-boro pake yang SLR gitu-gitu, punya aja ngga. fotonya pun tanpa pengarah gaya, photographer-nya cuma pake timer, pencahayaan mujur-mujuran sinar apa aja kadang terang kadang mendung. make-up nya minimalis, alias bedakan ama lipstikan doank.

Saturday, 27 June 2015

sekolah lagi

pas meeting terakhir sama si bos beberapa hari yang lalu, tiba-tiba dia nanya, mau ga aku sekolah/kuliah lagi?

hah? sekolah lagi? sekolah apaan? kenapa tiba-tiba? ada apa alejandro? #halah. akhirnya si bos ngejelasin gini. untuk pengembangan karir jangka panjang, perusahaan pengin aku ngambil pendidikan lagi khusus di bidang kualitas tapi yang levelnya manajerial. karena selama ini jabatanku memang sebatas praktisi yang sebutan resminya adalah quality engineer saja.

Friday, 26 June 2015

islam nusantara

hadeuh topiknya berattttt

dah lama banget blog ini ga ngebahas topik berat kayak dulu-dulu. belakangan ini malah yang sering diangkat topik-topik kacangan mulu. kalo ga topik haha hihi, topik nyinyir ampe bikin heboh kampung orang #uhuk, ya topik-topik narsis ga jelas. levelku ternyata emang cuma segitu, cih!

kali ini mau agak serius dikit ah, mau nulis topik yang lagi seru diperdebatkan di dumay belakangan ini.

Monday, 22 June 2015

evolusi kosmetik

aku termasuk cewek yang males dandan...

tapi kadang kalo lihat-lihat majalah dan modelnya cakep-cakep suka kepikiran pengin mulai dandan sih, eh begitu majalahnya selesai dibaca, niat dandannya langsung menguap entah ke mana :-p

apalagi sejak pindah ke eropa dan sekarang netep di inggris. kebutuhan dandanku bukannya nambah, tapi malah menurun tajam. tambahan lagi di kantor cewek-ceweknya rata-rata ga ada yang dandan. paling banter ya bedakan sama lipstik tipis gitu doank. boro-boro ada yang pake maskara atau eye-shadow. yang polosan bedakan aja ngga, malah  banyak. maklum banyakan yang kerja di lab, hehe.

karena lingkungan yang ga menuntut untuk saingan dandan itu mungkin yang bikin aku jadi jarang dandan. pake make-up komplitnya paling kalo kondangan atau ada acara penting aja.

Saturday, 20 June 2015

duduk sama rendah

...berdiri sama tinggi...

dulu sewaktu aku masih kerja di pabrik elektronik ternama di bekasi dari tahun 2000 sampai 2005, adalah hal yang wajar ketika aku mendapati kalau karyawan pabrik itu senengnya berkelompok menurut 'kasta'-nya masing-masing.

maksudnya?

maksudnya yang operator produksi sukanya ngumpul sama operator, yang engineer ngumpul sama engineer, yang leader ngumpul sama leader, dan yang udah manajer ngumpul sama manajer, gitu lah.

Friday, 19 June 2015

kebaikan kecil

satu jam nyetir ke kantor dan satu jam balik ke rumah setiap hari dari senin sampe jumat itu ternyata menyisakan banyak hal untuk direnungkan. ternyata begitu banyak kejadian-kejadian kecil yang mengajarkan aku untuk menjadi lebih santun, lebih hati-hati, dan lebih menghormati pengguna jalan lain.

dan ternyata juga banyak kebaikan-kebaikan kecil yang selama ini terabaikan dan hampir tak terlihat, karena aku merasa itu wajar dan seharusnya demikian. tapi ketika aku berpikir lagi apakah di negeriku sendiri pengendara mobil lain akan melakukan hal yang sama seperti yang sering aku alami di inggris sini? terakhir pengalaman nyetir di jakarta sih ga begitu hehe. aku lalu merasa beruntung karena kebaikan-kebaikan kecil itu sejatinya adalah hal yang patut aku syukuri.

contohnya pagi ini.

Thursday, 18 June 2015

terbawa arus

hari ini iseng-iseng aku bersih-bersih postingan lama.

sejak aku ganti tema warna blog dari super gelap menjadi super terang seperti sekarang ini, memang banyak setingan yang jadi ga bener. misalnya tanda tanganku di akhir postingan yang tadinya berwarna putih karena latar blog waktu itu item, pas latarnya berganti warna putih tanda tangannya jadi ga keliatan deh.

trus ada banyak postingan yang aku warnain kuning muda untuk nandain paragraf tertentu. begitu latarnya ganti putih paragraf yang kuning muda ga kebaca deh. masih bisa kebaca sih kalo matanya mau dikriyip-kriyipin dikit, tapi tetep ga nyaman lah.

Tuesday, 16 June 2015

me time

tiap kali ngedengerin radio sambil nyetir ke kantor dan lagunya blu cantrell yang judulnya breathe diputer, aku langsung inget pengin nulis soal me time eh tapi lupa mulu. hari ini mumpung inget langsung ngetik aja deh, ntar lupa lagi hehe. pas di bagian lirik yang ini lho, enak banget didengerinnya: "maybe we need some time alone; we need to let it breathe".

meski lirik keseluruhan ceritanya soal pacaran, tapi secara lebih umum sebenernya me time yang artinya kurang lebih adalah "menyediakan waktu untuk diri sendiri" itu penting banget. semua orang memang butuh waktu untuk dirinya sendiri dan untuk menyendiri. bahkan anak sekecil ethan yang baru umur 2 tahun pun sebenernya butuh me time juga lho!

karena terkadang hidup itu pada satu waktu tertentu memang terasa terlalu sumpek, terlalu banyak kejadian, terlalu sibuk, terlalu rumit, dan urusan terlalu banyak tiada habisnya.

Friday, 12 June 2015

diburu deadline

i'm back! i'm back!

d'oh, serasa abis pergi jauh liburan ke manaaaa gitu. karena udah seminggu persis aku ga buka blog sama sekali! padahal minggu kemarinnya bisa posting tiap hari, eh minggu ini ngintip blog sendiri aja ga ada waktu *sigh*

apa pasal?

karena aku semingguan ini sejak jum'at minggu lalu sampe kamis kemarin itu dikejar-kejar deadline kerjaan yang maha penting yang mana sampe kudu lembur di rumah meres otak sampe kering kerontang sodara-sodara #lebay

Thursday, 4 June 2015

mahasiswa joki

baru mau kuliah aja udah ga jujur #ngomong apa sih mbak-e tiba-tiba kok nuduh?

itu lho, yang kemarin rame-rame ketangkep karena pake joki dengan peralatan yang super canggih ala james bond cuma buat nembus tes masuk perguruan tinggi favorit.

bikin aku geleng-geleng kepala dan ga habis pikir. baru mau kuliah aja udah curang, belum bener-bener kuliah, belum bener-bener belajar, dan belum bener-bener ujian kelulusan. mau jadi apa ntar orang-orang itu kalo dah lulus yah ck ck ck.

eh, isu itu lagi masih hangat-hangatnya udah muncul lagi isu baru tentang ijasah palsu! sepertinya dunia akademia indonesia lagi diguncang prahara deh, hehe. atau mungkin masalah-masalah ini sebenernya udah lama ada tapi baru kebongkarnya sekarang-sekarang aja? entahlah...

Monday, 1 June 2015

disalip kate

ketika akhirnya aku dilamar mantan pacar di bawah menara eiffel tahun baru 2010 lalu #prikitiwww, kami memutuskan tanggal pernikahan kurang lebih setahun setelah itu. maksudnya supaya ada cukup waktu untuk nabung dan persiapan segala tetek bengek lainnya karena acara pernikahan kami memang diadakan di inggris saja dan ga ada perayaan apa-apa di indonesia.

memang cukup sih akhirnya satu tahun untuk beberes urusan pernik-pernik acara, urusan baju pengantin yang aku boleh banggakan karena sketsanya digambar sendiri oleh desainer muda asal semarang yang saat ini bintangnya sedang dan makin bersinar - bramanta wijaya, handmade by payetgaunpesta, sampe ke urusan paspor dan visa keluargaku yang boyongan terbang ke inggris untuk menghadiri acara ini.

Friday, 29 May 2015

ignorance is bliss

berkaca pada kejadian-kejadian belakangan ini, mau ga mau membuat aku merenung.

merenungkan hal-hal yang sudah kualami, kurasakan, kubaca, kulihat, kudengar, dan kuingat. akhirnya aku sampai pada kesimpulan akhir, ignorance is bliss.

sumber

terjemahan bebasnya kurang lebih artinya, "mending ga tau daripada tau tapi bikin pusing" hehe.

Thursday, 28 May 2015

selingkuh

ia kembali datang mengusikku lewat mimpi sekali lagi...

kali ini aku serasa masuk ke dalam labyrin waktu di mana aku sudah berada di masa kini dan tak menolak ketika diundang oleh entah siapa untuk datang menghadiri sebuah acara reuni.

gambar-gambar latar berkelebat cepat, waktu berputar bagaikan pusaran air yang menghilang ke sebuah palung yang dalam. lalu seolah aku terhempas keluar dari pusaran dan tiba-tiba sudah berada di dalam sebuah taman.

suara gemericik air mengundang rasa ingin tahuku.

Wednesday, 27 May 2015

tukang ngutang

belakangan ini di stasiun-stasiun tipi di inggris sini makin gencar nayangin iklan lembaga-lembaga keuangan yang nawarin utang dengan bunga tinggi atau kalo di kita disebut lintah darat!

kalo di indonesia ada yang berani masang iklan di tipi kayak gini pasti udah didemo fpi deh hehe.

tapi karena inggris negara kristen (emang negara beragama? hihi), mayoritas penduduknya kristen maksudnya, jadi ya bisnis lintah darat numbuh aja. asal mereka bayar pajaknya genep ke negara, pemerintahnya oke-oke aja sih. yang mau ngutang ke situ dan kena bunga yang mencekik leher, ya resiko tanggung sendiri.

Tuesday, 26 May 2015

kedutan

setelah long wiken kemarin dan sempet terlibat huru hara lebay gegara satu postingan, tadi pagi aku bangun dengan kepala berat!

berat karena pas libur terbiasa leha-leha kalo pagi, hari ini udah harus masuk kerja lagi dan berangkat sebelum jam 7 #yawn. memang jadwal rutin selalu jadi acak adut setiap kali libur panjang sih. ethan jadi lebih manja karena emaknya di rumah selama 3 hari, kacau lah pokoknya hihi.

akibatnya bisa ditebak, telat ngantor donk!

Monday, 25 May 2015

keniscayaan

postingan ini khusus kutulis sebagai postingan perpisahan. bukan, bukan berpisah karena mau tutup akun blog kok, hihi... blog ini mah akan terus ada selama penulisnya masih bisa nulis, eh ngetik, selalu sehat, dan dikasih umur panjang, aminnn :-)

ini postingan perpisahan untuk para sahabat dunia maya yang tergabung dalam komunitas 'kumpulan emak blogger' yang aku ikut bergabung jadi salah satu membernya sejak 4 september 2014 yang lalu. belum setahun ternyata ya mak hehe. setelah kucek lagi juga baru sharing artikel sebanyak 17 kali saja.

artikel yang heboh kemarin itu ternyata artikel yang ke-17 dan ini artikel terakhir yang ke-18 berarti.

Thursday, 21 May 2015

penyakitan

sekarang-sekarang ini aku kok jadi penyakitan yah...

padahal sejak jaman sekolah dulu aku tuh yang ga pernah sakit lho. bukan ga pernah sama sekali sih, tapi jarang pake banget!

seingatku sejak aku masuk sekolah tk, aku ga pernah absen karena sakit. masuk sd, kata ibuku dan seingatku aku cuma pernah absen sekali pas kena tipus deh kalo ga salah pas kelas empat, selama 3 atau 4 hari gitu. trus pas smp sampe lulus sma, ga pernah absen karena sakit juga. selama kuliah empat tahun juga ga pernah absen sakit. kalo sengaja bolos mah pernah, ditinggal pacaran hehe.

pemecah rekor kan? ada yang bisa nandingin?

Wednesday, 20 May 2015

blocked blogs

aku sedih...

gara-gara beberapa blog yang aku pernah suka baca dan jadi berlangganan, entah kenapa ga bisa diakses atau dibuka lagi.

dulu banget, pas aku baru mulai ngeblog, tahun-tahun 2010, aku rajin buka-buka dan baca-baca blog orang donk. sambil belajar, sambil nyontek tips-tips cara nulis dan cara ngeblog yang baik. waktu itu, ada satu blog yang aku rajin ikutin, yaitu blognya mbok venus salah satu seleblogger.

aku juga rajin ikutin cuitannya di twitter dan kadang-kadang ikutan nyamber. karena mbok venus memang ramah, baik hati, tidak sombong dan rajin menabung, kadang-kadang kami saut-sautan ga penting gitu deh, berasa sok akrab hehe.

Tuesday, 19 May 2015

ad-sense pecicilan

sejak aku gabung ke beberapa komunitas blogger, pas ada waktu luang seringkali aku iseng blogwalking ke blog-blog random yang link-nya selalu ditawarkan di setiap postingan group di laman fesbukku.

satu atau dua blog akhirnya aku jadikan langganan karena isinya memang cihui dan top abis. tapi lebih banyak yang ala kadarnya dan kurang berkesan jadi ya ga balik lagi deh.

apalagi belakangan ini aku mulai nemu blog yang aneh-aneh.

Monday, 18 May 2015

supply demand

warning: konten ini hanya untuk dibaca oleh mereka yang sudah berumur 18 tahun ke atas. adik-adik yang belum 18 tahun ga boleh baca ya. segera tutup laman ini segera. udah diperingatin lho, jangan bandel ya!

baru-baru ini kan lagi rame-ramenya tuh ya, berita-berita tanah air isinya tentang tertangkapnya para mucikari dan terbongkarnya bisnis prostitusi terselubung.

dari yang iklannya pake sistem marketing online lewat twitter lah, facebook lah, atau yang lewat handphone doank. dari yang tempat prakteknya di kos-kosan, apartemen-apartemen di pusat kota, sampe di hotel berbintang lima. dari yang pelakunya sekelas almarhumah dedeuh alias @tataa_chubby dengan tarif 350 ribu saja, sampe sekelas artis atau model dengan tarif mencapai 200 juta sekali pesan.

komplit-plit-plit! ck ck ck...

Wednesday, 6 May 2015

kawat gigi 4

halo semua #sok_akrab

dengan sangat terpaksa aku akhirnya ngerilis satu postingan lagi bertema kawat gigi!

tahuuuu, tahuuuuu, aku udah tiga kali nulis dengan tema yang sama, dengan konten yang beda-beda tentu saja. bahkan di postingan terakhir, panjangnya sampe kayak ular naga! ini link-link-nya:

kawat gigi - rilis 23 desember 2010
kawat gigi 2 - rilis 27 april 2012
kawat gigi 3 - rilis 22 februari 2013

bukan eyd

entah awal mulanya gimana, waktu aku mulai rajin ngetik di blog tahun 2010 lalu, males aja rasanya ngetik sambil mencet-mencet tombol caps lock!

sejak postingan pertama otakkukusut dengan judul yang sama tanggal 18 agustus 2010 itu, semua postinganku memang sengaja ga ikut pakem cara menulis yang baik dan benar sesuai apa yang guru tata bahasa indonesia-ku ajarkan dulu. ga sesuai juga dengan aturan eyd, atau ejaan yang disempurnakan, juga ga ngikut aturan tata bahasa manapun.

pokoknya, gaya ngetikku di blog ini suka-suka aku sendiri lah! :-p

Saturday, 25 April 2015

turning two

i won’t always cry, mummy,
when you leave the room,
and my supermarket tantrums,
will end too soon.
 
i won’t always wake, daddy,
for cuddles through the night,
and one day you will miss,
having a chocolate face to wipe.

Friday, 24 April 2015

ihh-khiiii

gak, aku gak salah ketik judul kok. emang itu judul postingan kali ini. 

apaan sih artinya? kayaknya ga ada di kamus bahasa manapun deh hihi. emang ga ada karena itu tambahan perbendaharaan kosakata barunya si ethan. 

sejak dia bisa ngomong daddy, mummy, dll yang udah aku pamerin di postingan ini, koleksi kosakatanya memang terus nambah dari hari ke hari. untuk kata-kata yang sulit sih emang masih ga mau ngomong dia. tapi untuk kata-kata yang dia kira bisa, pasti dia coba ngomong deh. contohnya satu kata baru itu tadi.

Tuesday, 21 April 2015

bermata biru


emang bener, ibu mertuaku bermata biru. 

rambutnya? dulu pas masih muda sih pirang, tapi karena sekarang udah sepuh, dah kepala tujuh mendekati delapan, jadi udah berubah jadi grey, putih keperakan alias udah uban semua. meski demikian, sisa-sisa kecantikannya masih terpancar nyata, maklum pas mudanya pernah jadi model lho.

Friday, 17 April 2015

warung tenda

pada suatu masa...

aku pernah dihadapkan pada satu situasi di mana mau ga mau aku harus melakukan hal yang mungkin menurut mata orang awam sangat ga lumrah, yaitu jualan nasi goreng.

kok jualan nasi goreng ga lumrah sih? tentu saja ga, karena statusku waktu itu masih mahasiswi sebuah perguruan tinggi milik instansi pemerintah di jogja sana. mahasiswi kan harusnya kuliah, kok malah jualan nasi goreng gimana ceritanya?

gini nih, duduk yang manis ya, aku ceritain...

Tuesday, 14 April 2015

model rambut

gara-gara bongkar-bongkar album lama, jadi ketawa-ketawa geli sendiri liat foto-fotoku jaman baheula dengan potongan model rambut yang ga banget-banget!

meski aku termasuk kurang pede dalam hal model rambut, potongan rambutku yang kukira selalu sama dari aku lahir sampe sekarang ini saking ga pernah dimodel, ternyata cukup bervariasi juga lho, dari masa ke masa.

yang dicatok lah, dicat lah, digerai, diponi, diindomie, diombak, dikepang dua, bahkan dikonde! #halah


Saturday, 11 April 2015

jigsaw puzzle

aku suka banget nyusun jigsaw puzzle.

betewe, bahasa indonesianya apa sih jigsaw puzzle itu? kayaknya di kita dibilangnya nyusun atau main puzzle gitu aja deh ya.

tapi meski aku suka permainan ini, kalo diinget-inget jaman dulu termasuknya aku jarang main puzzle juga sih. apalagi aku ga pernah inget punya mainan puzzle pas masih kecil. mungkin mahal kali ya harganya, jadi ga kebeli. seringnya malah maen petak umpet sama anak-anak tetangga, gratis kan, hehe.

kenapa sih suka sama puzzle?


Thursday, 9 April 2015

blog tutorial

sering banget aku liat postingan blog yang isinya adalah tutorial. temanya macem-macem, dari kerajinan tangan, gimana cara kasih watermark ke foto, gimana cara nambahin ini lah, itu lah, anu lah, bahkan sampe cara utak-atik css.

komplit lah pokokna....dari tema a sampe z!

dan kalo diamati lebih jauh lagi, blog-blog yang isinya tutorial ini biasanya iklannya bertebaran. hmm, jadi paham sekarang kenapa isinya tutorial, hehe. karena orang awam kalo nyari jawaban akan sesuatu sekarang ini pasti larinya ke internet. jadi makin banyak postingan tutorialnya, makin banyak pengunjungnya tentu saja. dan makin gede komisi dari si pemasang iklan ;-p

Tuesday, 7 April 2015

salju pertama

meski saat ini inggris udah masuk musim semi, ga da salahnya ngebahas salju ah #maksa

sebagai orang indonesia tulen, yang lahir dan gede di jawa tengah yang sama sekali seumur-umur ga pernah bersalju, tentu saja aku dulu ngimpi pengin ngelihat dan megang salju. siapa sih yang ngga? apalagi yang pada hobi nonton drama korea yang setingnya pas di musim dingin, pasti langsung pada ngebayangin megang salju deh. ngaku saja, hehe.

tapi tentu saja ga gampang ngewujudin impian untuk ngelihat salju, kalau nasib emang ga berpihak.

dari seluruh rakyat indonesia, kalo mau diitung mungkin cuma sekian persen yang sudah pernah ngerasain salju. selebihnya dari lahir sampai mati, cuma pernah ngeliat salju di tipi doank. tentu saja karena untuk ngeliat salju orang indonesia kudu pergi keluar negeri dulu, ke negara-negara empat musim. dan perginya kudu pas lagi musim dingin dan juga harus pas saljunya turun.

jadi ga gampang lho buat nyari momen yang tepat!

cacar air

akhirnya, ethan kena cacar air juga!

sejak dia lahir, aku selalu was-was kapan anakku bakal kena penyakit bentol-bentol yang satu ini. bukan was-was karena dia bakal gimana-gimana sih, tapi lebih was-was karena aku belum pernah kena cacar air sejak lahir!

katanya sih, seumur hidup orang bakal kena cacar air sekali saja, setelah itu imun atau kebal. dan katanya, seumur hidup yang ga pernah kena berarti memang pernah diimunisasi. kalo untuk yang pernah kena dua kali (yang ternyata memang bisa saja), yang kedua itu disebutnya lain lagi bukan cacar air (chicken pox) tapi shingles. sumber info resmi dari dinas kesehatan inggris tentang seluk beluk cacar air ada di sini.

Saturday, 4 April 2015

fashion challenge

agak jarang memang aku nulis soal fashion, karena blog ini emang bukan blog fashion. bahkan setelah aku ubek-ubek lagi, postinganku yang isinya ngebahas soal baju dan dunia perbajuan, sangat sedikit sekali.

satu postingan lama tahun 2011 berjudul boutique, isinya cuma angan-angan masa lalu soal keinginanku ngebuka butik. satu lagi postingan tahun 2012 berjudul baju mahal, isinya malah ngebahas soal baju-baju yang harganya selangit yang ga bakal kebeli hihi. yang paling baru dan terakhir adalah tulisan berjudul borong baju kemarin itu, yang isinya cuma pamer baju-baju baru doank, cih ga mutu!

dari sini aku bisa menyimpulkan berarti aku ini emang kurang pengetahuan soal fashion yah hehe. 


Friday, 3 April 2015

kopdar blogger

aku suka iri kalo lagi blogwalking, lalu baca postingan para temen blogger yang isinya abis pada kumpul-kumpul ketemuan sama para blogger yang lain, entah dalam rangka acara resmi diundang pihak sponsor, atau acara ga resmi yang cuma sekedar kopi darat.

gimana ga iri dengki coba...

seumur-umur ngeblog (#halah, cuma sejak 2010 dink), sampe detik ini aku tuh ga punya temen blogger satupun, satupun!!! bayangkan... #lebay

Wednesday, 1 April 2015

borong baju

aku tuh termasuk jarang beli-beli baju. apalagi sampe ngeborong...

selain karena jurus irit #uhuk, juga karena lemari bajuku udah lumayan penuh. aku termasuk makhluk yang telaten ngejaga kondisi baju-baju supaya awet. bahkan sampe sekarang aku masih punya baju-baju jaman semasa baru pertama-tama kali kerja kira-kira tahun 1997-an dulu, atau sekitar yup, 18 taon yang lalu!

awet kan? :-D

ya lagian baju tuh emang kudunya awet sih. kan cuma dipake doank ga pake digigitin! kecuali kalo di lemari bajunya juga miara tikus. baru deh bajunya abis digerogotin.

Monday, 30 March 2015

sama saja

tanggal tujuh mei nanti negeri inggris akan menggelar pesta demokrasi.

yup, pemilihan umum atau pemilu untuk menentukan partai mana yang akan berkuasa dan menentukan siapa pemimpin partai yang akan menjabat sebagai perdana menteri salah satu negeri yang terbilang maju di kawasan eropa ini, selama lima tahun ke depan.

selayaknya negara demokrasi, beberapa minggu terakhir ini tayangan televisi di sini mulai rame berisi program-program kampanye partai-partai besar. tentu saja stasiun-stasiun televisi juga aktif mencari tahu kira-kira kans pemenang ada di partai mana.

Saturday, 28 March 2015

barisan sakit hati

pernah ga sih, kalian ngerasa kalo kerja keras kalian di kantor tuh kurang dihargai sama perusahaan? ini bukan cerita tentang aku sih, tapi banyak lho temen-temen kerjaku sejak jaman dulu yang berkeluh kesah dan ngerasa seperti itu. tugas nambah, gaji jarang naek, salah dikit kena omel, lalu sakit hati, dan ujung-ujungnya risain (resign) trus pindah kerja.

eh, di tempat kerja yang baru, ternyata siklusnya berulang lagi, haha.

ternyata ga di indonesia ga di inggris, sama saja lho. sejak aku kerja di perusahaan yang sekarang selama hampir enam tahun lebih, udah banyak banget karyawan yang datang dan pergi dengan alasan yang kurang lebihnya sama, sakit hati sama perusahaan, atau sama seseorang di perusahaan #eaaa

Thursday, 19 March 2015

travelling

dulu aku hobi travelling, sekarang males hehe.

tadi pagi pas nyetir ke kantor sambil bawa penumpang si twinkle (baca: jadi supir taxi), kami cerita-cerita seru. penumpangku yang cewek india ini orangnya emang rada-rada kepo jadi dia suka nanya-nanya gitu deh. akhirnya aku harus nyetir sambil cerita panjang lebar.

eh, karena sibuk cerita dan ga konsentrasi, ujung-ujungnya aku salah ambil jalur antrian di bundaran, lalu kena macet lampu merah hahaha.... apes!

Wednesday, 18 March 2015

orak-arik kol

beberapa hari lalu, waktu itu minggu pagi, tiba-tiba aku pengin sarapan!

ngomong-ngomong tentang sarapan, seperti kemarin udah kutulis di sini, aku emang jarang sarapan. tapi sekali dua kali kalo pas wiken ya pernah aja. tapi karena jarang makan pagi, yang paling cepet sih biasanya nuang sereal ke mangkuk, tambah susu sapi segar dari kulkas, jadi deh!

orang inggris (atau yang lagi nyamar pura-pura sok jadi orang inggris hihi) sarapannya emang gitu sih, instan. kalo ga sereal, ya yogurt, bubur oat, roti pake selai, atau roti panggang, keju, bahkan tak sedikit yang sarapannya buah segar campur-campur mirip salad buah.

Tuesday, 17 March 2015

sarapan

kata orang, sarapan itu perlu
kata orang, sarapan itu hukumnya hampir 'wajib'
kata orang, sarapan itu penting agar tubuh energetik sedari pagi
kata orang, ahhhh...banyak deh....

tapi kata ibuku, aku dari kecil males sarapan
kata ibuku, aku nurun nenekku yang juga males sarapan
kata ibuku, kalo aku sarapan seringnya malah mules-mules
kata ibuku, karena mules-mules, makanya aku jadi males

Monday, 16 March 2015

happy 4th anniversary

udah empat tahun aja kami menikah, ga berasa euy!

ethan udah mo dua tahun aja, aku nambah tua, suami juga udah nambah lagi umurnya, dan ubannya, hihi - eh dia ubanan emang dah lama dink, katanya sejak lulus kuliah, lol. padahal kakak cowoknya yang 13 tahun lebih tua malah ga ada uban, sial bener sih dia haha!

yang pasti, waktu cepet banget berlalu yah pemirsa. ck..ck..ck..

mummy, pleaseee

ini postingan emak-emak lebay!

di postingan berjudul 'kata pertama' aku dah cerita kalo si ethan ngomongnya emang rada-rada telat gitu. tapi sepertinya kekhawatiran tentang ngomong telat ga bakal terjadi deh. karena tiba-tiba sejak minggu kemarin, si ethan dah mulai cerewet!

ga ada hujan ga ada angin, hari selasa sore tanggal 10 kemarin pas dia gi sibuk main sama bapaknya dan aku lagi masak di dapur, tiba-tiba suamiku manggil-manggil heboh gitu. cepetan cepetan ke sini, katanya. rupanya, sambil mainan bola golf (iya, anakku mainannya bola golf, haha), dia sibuk ngoceh ga brenti-brenti. daddy, mummy, daddy, mummy... lucu deh. sempat aku rekam di video juga buat kenang-kenangan.