Sunday 15 April 2012

ayam ballotine

rata-rata resep yang aku tulis di blog ini adalah resep asli masakan eropa yang sudah aku modifikasi sesuai selera orang asia karena rata-rata masakan eropa memang agak-agak hambar sih :-p *maap ya eropa*  tapi yang pasti, resep-resep eropa yang kutulis di sini, mudah sekali cara memasaknya :-)

bahan ayam ballotine:
ayam dada butterfly (yang masih utuh bagian kiri dan kanan, kalau tidak ada beli siap masak, bisa beli ayam utuh, lalu dipotong sendiri butterfly-nya) - gambar kiri atas. pipihkan ayam dengan cara dipukul-pukul atau digilas dengan roller kayu, sisihkan - gambar kanan tengah.



bahan isi:
2-3 sendok makan daging ayam cincang
daun seledri cincang secukupnya
daun bawang iris secukupnya
bawang bombay iris
bawang putih iris halus
bawang merah iris halus
cabe kalau suka pedas
sedikit air perasan jeruk nipis
garam dan merica hitam bubuk secukupnya
keju feta, atau keju yunani, yang terbuat dari susu kambing (bisa diganti keju putih italia atau ricotta) - kalau susah cari keju jenis ini, ga pakai keju juga ga papa :-p

bahan saus:
jamur, iris tipis
bawang bombay, cincang
bawang putih, cincang
garam secukupnya
krim kental, atau santan kental


Cara memasak:
1) tumis semua bahan isi kecuali keju, sampai layu, sisihkan (gambar kanan atas). tambahkan keju dengan cara dihancurkan pakai tangan tapi jangan terlalu lembut atau kecil (keju putih mudah hancur).
2) tuang isi ke dada ayam yang sudah pipih, lalu gulung dengan hati-hati sampai seluruh isi tertutup daging ayam dan kulitnya. bungkus dengan plastik film beberapa kali, jangan sampai bocor. lalu kukus. ketika dikukus, semua kelezatan yang menguap dari ayam akan terjebak di dalam plastik dan terkumpul. jika bocor sayang kalau terbuang.
3) sementara ayam dikukus selama 20 menit, tumis bahan saus sampai layu, lalu tuang krim atau santan. biarkan mendidih sambil diaduk-aduk, tambahkan garam sesuai selera.
4) setelah 20 menit, keluarkan ayam dari kukusan, dan biarkan kira-kira 15 menit agar agak dingin sebelum dipotong. buka bungkus plastik, tuang cairan yang terjebak di dalam plastik yang keluar dari ayam ketika dikukus, ke dalam saus krim (sayang dibuang karena ini saripati ayam yang lezat).
5) potong ayam, hidangkan dengan nasi panas dan tuang saus krim jamur di atasnya. selamat menikmati :-)





.:kalau kamu suka resep di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

8 comments:

  1. Hah???
    resep masakan???

    posting apa iniiiih...

    *selalu merasa terintimidasi kalo ada yang posting resep masakan...hihihi...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang kenapa biiii hihihi... jadi tersaingi ya resep andalannya huehehe...

      Delete
  2. wah ikut ngatet ya... nanti di coba nih., kayaknya enak nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba mas. jangan sampe lupa mertua ya kalo enak rasanya hihi

      Delete
  3. wooooowwww ternyata simpel ya resepnya, tapi hasilnya cantik & biki ngiler *ambil saputangan* :))

    ayam butterfly itu bagian dada, tapi diambil dagingnya aja (tanpa tulang) ya mbak? hmmm...kayaknya disini belum lazim ya potongan model begitu *atau aku yg gak tau aja* hehe

    siiip siipp mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, bagian dada kiri dan kanan, tanpa tulang. memang ga lazim di sana, biasa tukang ayam motong ayamnya kan brutal pake golok sekalian tulang2nya gitu hahahaha... di sini dikeratnya menurut anatomi ayamnya. jadi ada dada butterfly, ada 2 potong paha+kaki, 2 sayap, sisanya punggung belakang dan depan (biasa dibuang karena cuma tulang, kalau ga dibuat sup diambil kaldunya saja). kalau mau bikin ballotine ini mesti beli ayam utuh lalu dikerat sendiri ya, gampang koq asal pisaunya tajam dan hati2 ya jgn sampe jari kepotong hehe

      Delete
  4. haduh saya baru baca ttg hal menyegarkan ini
    bukmark ah, ntar mau nyoba kapan2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... si om ketinggalan yah :-) silakan om dicoba, dijamin enak dan sehat :-D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...