My Photo
cambridge, United Kingdom
aku seorang perempuan sederhana, dari sebuah keluarga sederhana, ingin menjalani hidup dengan sederhana pula, tanpa neko-neko, tanpa repot-repot. toh hidup itu pendek dan cuma sekali, ya hanya sekali, sesederhana itu.

Sunday, 26 February 2012

putri bangsa

pasti semua orang kenal bu sri mulyani. bagaimana tidak. setelah heboh dengan skandal bank century yang sampai sekarang entah bagaimana kelanjutan kisahnya itu karena aku sudah ilfil untuk terus mengikuti berita-berita seputar skandal-skandal di indonesia lewat internet, beliau semakin dikenal karena kiprahnya di bank dunia. tak tanggung-tanggung, berita minggu kemarin menyebutkan bahwa kemungkinan besar beliau akan terpilih untuk menjabat sebagai kepala bank dunia, karena hasil poling mengisyaratkan demikian.

wuih, apa ga bangga coba, meski secara pribadi aku tak kenal beliau dan tak tahu lebih detil alasan mengapa ada pihak yang pro dan kontra kalau kita membahas nama ibu yang satu ini, tapi yang pasti seorang putri indonesia akan menjadi pemimpin bank dunia!

bu Sri Mulyani

belum habis rasa kagumku, lagi-lagi aku menemukan sebuah link di fesbuk yang dishare oleh salah seorang teman di austria, bahwa penyanyi anggun c sasmi (dulu sangat terkenal dengan lagu-lagunya yang cukup hits, seperti mimpi, tua-tua keladi, dll), pujaanku ketika aku masih sangat muda dulu semasa masih usia smp/sma, akan tampil di kontes eurovision song contest, yang tahun ini akan diselenggarakan di baku, azerbaijan

tak percaya? coba klik link ini, atau lihat videonya di bawah ini.

anggun cipta sasmi

namun sayangnya, anggun akan mewakili negara perancis, di mana ia kini berdomisili, dan memang perancis adalah negara suaminya. tapi tak apalah, kan indonesia memang tidak bisa ikut kontes ini, karena pesertanya cuma negara-negara di kawasan eropa saja. mudah-mudahan anggun bisa menang. satu lagi putri indonesia yang berprestasi di dunia internasional dan membuat kita bangga.

eh, belum selesai sampai di sini, beberapa hari lalu salah satu teman di milis pelajar indonesia di inggris raya ini memberitahukan bahwa ada salah seorang wanita indonesia yang saat ini berkarir sebagai dosen dan peneliti di universitas cranfield, telah memperoleh penghargaan dari ratu inggris karena menyusun sebuah sistem perencanaan keselamatan penerbangan yang dianggap paling baik di inggris (namun -katanya- 'pernah' ditolak ketika diusulkan ke pemerintah indonesia, entah benar entah tidak cerita ini). namanya saryani asmayawati. lihat profil lengkap beliau di sini. baca beritanya di jakarta post di sini.

Saryani Asmayawati
Ir Saryani Asmayawati Tjokronegoro MSc

yang menjadi kesamaan dari ketiga nama di atas adalah, tiga-tiganya saat ini berkiprah di negara orang. entah fenomena apa ini. orang bilang, kini semakin banyak putra putri bangsa yang tidak bisa berkarya di negeri sendiri karena tidak dihargai kemampuannya, tidak diberikan kesempatan untuk berkarya secara maksimal sesuai bidangnya, dan tidak diperhatikan hasil-hasil karyanya. bagi mereka yang merasa terhimpit oleh ketidakleluasaan berkarya di negeri sendiri, karena kronisnya jerat korupsi dan ruwetnya birokrasi, atau mungkin karena ketidakefisienan di hampir semua ranah dan lini instansi-instansi kalau tak mau disebut bobrok, memilih untuk hengkang dan berkarya di luar negeri. kalau sudah begini, siapa sebenarnya yang merugi. meski lagi-lagi, apa pemerintah mau peduli? 

tak apa, tak perlu dipikirkan yang berat-beratnya. yang pasti aku bangga dengan keberhasilan ketiga wanita hebat di atas, meski bukan untuk bangsa sendiri. 

hmm, kapan ya aku bisa mengharumkan nama bangsaku seperti mereka? *mimpi*

.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...