Sunday, 26 February 2012

putri bangsa

pasti semua orang kenal bu sri mulyani. bagaimana tidak. setelah heboh dengan skandal bank century yang sampai sekarang entah bagaimana kelanjutan kisahnya itu karena aku sudah ilfil untuk terus mengikuti berita-berita seputar skandal-skandal di indonesia lewat internet, beliau semakin dikenal karena kiprahnya di bank dunia. tak tanggung-tanggung, berita minggu kemarin menyebutkan bahwa kemungkinan besar beliau akan terpilih untuk menjabat sebagai kepala bank dunia, karena hasil poling mengisyaratkan demikian.

dying goldie

goldie adalah mobil pertamaku.

kunamakan goldie karena warnanya memang gold atau kuning emas. kubeli akhir tahun 2007 dan telah bersamaku melewati suka dan duka. aku sayang goldie. meski orang sering mentertawakan aku karena menganggap sebuah mobil layaknya benda hidup, yang pasti aku sayang goldie. ia telah melewati 4 musim bersamaku. menembus salju dan hujan angin bersamaku. melindungiku dari ganasnya cuaca negara empat musim ini. membawaku kemanapun aku ingin pergi.

Friday, 24 February 2012

virus kantor

twit-twit mbak @AlberthieneE:
"kebiasaan menjelekkan institusi/orang yang pernah ada jasanya di masa lalu utk hidup kita hanya akan membuat jejak kita jelek.
seburuk-buruknya institusi/orang yang pernah menjadi tempat kita berkarya, mereka berjasa telah membentuk kematangan kita
ada temen yang kerjaannya ngejelekin kantornya di masa lalu. belakangan, nasib mengantarnya kerja di situ lagi.
ada juga orang yang habis-habisan menghujat mantan bos-nya sampai ke twitter. suatu saat si bos justru mengajaknya kerjasama lagi.
menghargai setiap tempat yang pernah kita jejak untuk berkarya sama dengan menghormati sejarah hidup kita.
ada anak muda berbakat ngelamar di kantor teman dan gak diterima. kenapa? soalnya dia abis-abisan memburukkan kantor lamanya.
sekarang telinga ini mudah sekali mendengar anak-anak muda yang nyap-nyap maki-maki kantor sendiri. padahal itu bagian dari mematangkan diri.
bisa jadi kantor yang katanya buruk itu justru yang berjasa memintarkan kita, yang membuat value kita naik di kantor selanjutnya."

akupun menimpali:
@nayarini paling enak itu kalau pindah ke tempat baru, tapi masih bisa maen2 ke tempat lama dan masih disegani dan disambut dg baek
@nayarini paling enak jg kalau masih keep in touch dg mantan bos dan jadi teman baek meski ga bekerja di prsh yg sama lagi
@nayarini paling enak itu resign bukan krn alasan prshn baru lbh bagus, tp lbih krn faktor lain e.g sekolah lg, pindah rumah, ikut suami

terinspirasi dari twit-twit mbak AE yang tenar itu, aku jadi pengin nulis sedikit cerita mengenai kantor-kantor lamaku. tidak banyak sebenarnya, karena aku bukan termasuk kutu loncat, alias jarang pindah-pindah kerja.

Thursday, 23 February 2012

nyetir mobil

akhir tahun 2007...

aku baru saja kembali dari indonesia untuk liburan selama tiga minggu lamanya. selain untuk menuntaskan rasa kangen dengan keluarga karena sudah hampir 2.5 tahun lamanya tidak bertemu, aku juga menyempatkan diri untuk ikut kursus mengemudi mobil di depok, di mana aku menumpang selama liburan di rumah kakak perempuanku. ya, aku ingin bisa menyetir mobil sendiri meski sempat ada rasa ragu apakah aku bisa. 

tadinya kupikir aku sudah terlalu tua untuk mulai belajar menyetir mobil, tapi karena satu alasan yang kuat, akupun bertekad untuk bisa. aku ingin menyetir karena aku sudah merasa penat, letih dan menyerah dengan situasiku saat itu. koq bisa? 

junk food

waktu aku masih kecil dan tinggal di kota kelahiranku dulu, aku tidak pernah mendengar yang namanya junk food (makanan sampah - disebut demikian karena rendah nutrisi dan kandungan kalori, lemah jenuh, garam dan gulanya cenderung tinggi). keluarga kami juga jarang sekali makan di luar rumah. nenek yang tinggal bersama kamilah yang memasak hampir tiap hari karena kedua orang tuaku harus bekerja di luar rumah.

Tuesday, 21 February 2012

pin BB

"ada pin BB ga, bagi donk"

untuk kesekian ratus kalinya (halah, hiperbolaaaa) pertanyaan itu terlontar entah dari teman dekat, teman jauh, temannya teman, teman yang ga kenal akrab, teman nemu di jalan, atau teman nemu di twitter. jawabankupun selalu sama.

"ga punya BB euy, beliin donk :-p"

naik kereta di jakarta

‘Jakarta: The most unlivable major city in Asia-Pacific’ will not improve, not anytime soon, not in the foreseeable future, not under this administration and this regime."

SEBUAH IRONI - tulisan menarik, pedas dan menggigit mengenai transportasi umum di jakarta dan kebobrokan pemerintah untuk menanganinya, dari balik kacamata seorang jurnalis luar negeri. judulnya saja aku ubah ke bahasa indonesia. dokumen asli bisa dibuka di link berikut ini:

If you take a train in Jakarta, be warned: the images that would unwind behind your windows could be too disturbing to bear for someone who is not a war correspondent or a medical doctor. It would often feel as if hundreds of thousands of the wretched of the earth decided to camp along the tracks, as if the garbage from the entire East Asia had been dumped along the rails, as if the hell really materialized here on earth, instead of threatening us from some imaginary religious realm. From the unwashed windows of the train you would see people suffering from all imaginable diseases. You would probably spot exposed wounds, faces burned by fires, terrible hernias, untreated tumors and omnipresent swollen bellies of children suffering from malnutrition. And there would also be some ailments and deformities that are simply too terrible to describe or to photograph.

Monday, 20 February 2012

rumah besar di jogja

sering kita dengar ungkapan, kebaikan yang pernah kita terima, takkan pernah bisa kita lupakan sampai kapanpun...

selepas sma, ketika teman-temanku yang lain sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri atau dulu lebih dikenal dengan nama umptn, aku sibuk mencari cara untuk bisa meneruskan sekolah tapi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. yup, karena memang orang tuaku tidak cukup mampu kalau tak mau dibilang miskin. malu? tentu tidak.

terlahir miskin itu takdir dan kita tak kuasa merubahnya, tapi tetap mau hidup miskin itu pilihan.. :-D

arbour

seperti pernah kujanjikan pada postingan berjudul kebunku terdahulu, kali ini aku akan cerita mengenai arbour atau rumah-rumahan yang diletakkan di kebun yang biasanya fungsinya untuk mempercantik dan juga untuk area istirahat atau duduk-duduk santai. salah seorang temanku yang menulis komen di postingan terdahulu menyebutnya gazebo, meski sebenarnya kategori gazebo lebih ke bentuk rumah-rumahan kebun yang agak besar dan dibangun lebih permanen. sementara arbour, lebih ke rumah-rumahan kecil, atau lebih mirip bangku taman untuk tempat duduk tapi beratap, dan sifatnya tidak permanen, alias bisa dipindah-pindah letaknya dengan mudah.

Friday, 17 February 2012

nama sama

barusan teman kantorku yang bernama 'steve' dan duduk di kubikel yang agak jauh menghampiri teman satu departemenku yang juga bernama 'steve'. terjadilah percakapan:
a: "hi steve, morning"
b: "morning steve. what can i do to help?"
a: "i want to know about ... bla bla bla"
....
....
percakapanpun diakhiri dengan
b: "anything else, steve?"
a: "no that's all. thanks steve!"
lalu 'steve' a-pun menghilang kembali ke mejanya.

Tuesday, 14 February 2012

cinta vs galau



Q: “Kenapa Cinta Itu Dekat Sekali Dengan Galau?”
A: karena semua diawali oleh adanya "rasa"...

kembali ke masa lalu

ketika aku mulai merasa disukai oleh dirinya, ada rasa hangat yang menjalar di dalam hatiku, lalu pelan tapi pasti merasuk ke kalbu. rasa yang nyaman dan menyenangkan. meski masih belum begitu yakin pada mulanya, tapi lama-lama dari cara dia memandang, berbicara, bersikap dan memihakku di depan teman-temanku, aku pelan-pelan mulai tahu bahwa panah cintanya memang sedang diarahkan ke hatiku. hati yang tadinya selalu sendiri dan sepi, yang haus akan kasih dan belaian rasa sayang, kini berbunga-bunga dengan indahnya. bagai seorang kalifah yang kehausan di tengah padang pasir dipertemukan dengan sebuah mata air.

namun sebelum adanya sebuah kepastian dari dirinya, akupun tetap ragu. apakah rasa ini nyata, atau hanya khayalanku belaka. dalam keraguan itu, akupun memutuskan untuk menunggu, karena memang hanya itu yang perempuan bisa lakukan, sembari tersipu dan terkadang senyum-senyum malu. anehnya sejak saat itu, rasa cemas dan resahpun makin sering menghampiriku. seribu tanya berkecamuk di dada, benarkah tanda-tanda yang diisyaratkannya ditujukan untuk diriku? benarkah dia memang menyukaiku? benarkah panah cintanya memang ditujukan hanya untukku?

kegalauan hatipun tak mudah untuk kupungkiri. tapi aku terlalu gengsi untuk pula bertanya langsung padanya, mencari jawab agar tak lagi didera rasa penasaran yang begitu menyiksa. apa kata dunia? di mana harga diriku sebagai seorang wanita? akupun kembali diam dan menunggu, meski perasaanku menjadi mudah berubah galau tak menentu.

waktu berjalan pelan. kamipun semakin sering bertemu. entah karena dia sengaja, atau aku yang semakin sering mencari cara agar bisa berjumpa dengan dirinya. tak harus bersapa. cukup melihat sekilas saja sosoknya, aku sudah bahagia tak terkira. curi-curi pandang menjadi salah satu keahlianku yang baru. dan ketika mata kami tak sengaja bertemu, darahku berdesir kencang, akupun tersipu. entah apa yang dia rasa, tapi kuharap diapun merasakan hal yang sama.

hingga minggu pagi itu...

ketika sosoknya tak ada di sana, di antara kerumunan kawan-kawanku yang bersiap-siap mengikuti sebuah acara outdoor kampus, galau kembali menyergapku. ingin bertanya kemanakah gerangan dia, tapi bertanya pada siapa. aku tak mau kawan-kawanku memandangku heran kenapa aku begitu gusar karena dia tak hadir di antara kami. aku tak mau orang tahu perasaanku saat itu, kalau aku begitu khawatir akan ketidakhadirannya. lagipula, aku ini siapanya dia? kutelan lagi rasa galauku seorang diri. pahit sekali. acara outdoor hari itu yang telah lama kunanti-nanti, tak lagi mampu meninggalkan kesan yang begitu berarti.

esok harinya, sewaktu sosoknya muncul lagi di kampus dengan gaya khasnya yang selalu membuatku rindu itu, sambil tertawa-tawa dia santai saja berbicara "hai friends, sori semua, gua ga bisa gabung kemarin, ada urusan mendadak. sori juga lupa ngabarin". kawanku yang lain menimpali "ga papa, emang kami nungguin elo? kaga! lo mah ga penting!" lalu semuapun tertawa.

ga penting?! teriakku dalam hati. semalam suntuk aku tak bisa tidur nyenyak bertanya-tanya kemanakah dia hari itu, dan bagi semua orang itu ga penting? dan lagaknya yang sok santai itu lagi-lagi menusuk hatiku. teganya dia membiarkan aku galau tak menentu, tanpa sedikitpun peka bahwa ada sebuah hati yang merindunya? tapi lagi-lagi aku tersadar, dia toh bukan siapa-siapaku.

ketika asyik bercengkerama dengan lamunanku sendiri, tanpa kusangka tiba-tiba dia menghampiriku dan berkata ringan, "kangen gua kemarin pasti ya? sori, gua lupa kasih tahu, ga lagi -lagi deh".

nah lo!

aku langsung bengong ditembak dengan perkataan seperti itu. kesunyian memisahkan percakapan kami selama 1 detik, 2 detik, 3 detik, tak satupun kata keluar dari mulutku yang terkunci rapat. jawab apa donk? kata otakku panik. salah tingkah juga kalau ketahuan memang aku kemarin merindu. tapi gengsi juga kalau sampai dia tahu hal yang memalukan itu.

dalam keadaan genting itu, satu-satunya pertahananku yang terakhir, adalah berbohong dan mengkhianati isi hati. agak gemetar aku menjawab "siapa bilang kangen, enak aja. sapa elo?" lalu akupun ngeloyor pergi.

yes!

gengsi sudah dimenangkan kembali. aku meninggalkan dirinya yang terdiam menatap punggungku yang berjalan menjauhinya.

hatiku berkata, aku ingin dia mengikuti langkahku, mengejarku, menarik tanganku lembut, menggenggamnya dan meminta maaf paling tidak. tapi dasarnya lelaki, mana tahu dia kalau wanita berkata a itu artinya z dan sebaliknya? dasar mahkluk kurang peka! walhasil, diapun hanya garuk-garuk kepala, bergabung dan bercengkerama lagi dengan kawan-kawannya. tanpa beban, tanpa rasa berdosa.

aku? kembali terpekur sendiri dengan perasaan galau yang semakin membuncah di hati. dan mulai bertanya-tanya pada diri sendiri, bagaimana kalau dia anggap serius jawaban ngacoku tadi? bagaimana kalau dia pikir aku memang tak rindu dirinya? mengutuki diri sendiri-pun akhirnya menjadi agendaku menghabiskan waktu di sore yang mendung itu. cinta, mengapa tak jua kau menyapa. hanya galau terus-menerus mendera di dada. tak nyenyak lagi tidurku malam itu.

jam 7 pagi di kampus

masih setengah ngantuk, aku paksakan diri menghadiri kuliah pagi. aku sedang sibuk mengeluarkan materi kuliah hari itu dari dalam tasku ketika kulihat sahabat tomboy-ku setengah berlari menghampiriku sambil melambai-lambaikan sepucuk amplop putih. terengah-engah, tanpa berkata sepatah katapun, ia sodorkan amplop itu. tak ada tulisan apapun di luarnya.

keningku berkerut "apaan nih?" tanyaku spontan. "buka aja" kata sahabatku masih ngos-ngosan. "dari siapa?" tanyaku makin penasaran. "udahhh, buka aja. bawel amat!". doh, siapa yang bawel, masa bertanya saja tidak boleh.

menyerah berdebat dengan cewek tomboy satu itu, kubuka juga si amplop misterius dan kudapati selembar kertas kecil bertuliskan satu kalimat. "kutunggu kamu di depan gerbang sore nanti jam 5, i have something to tell you". nama dia menjadi penutup surat pendek itu.

deg!

hari itupun menjadi hari yang berjalan paling lambat dalam hidupku. tak ada satupun kata-kata pak dosen yang masuk ke telingaku. pikiranku menerawang jauh, dan lagi-lagi hatiku galau tak menentu. tak sabar rasanya jam dinding menunjuk ke angka lima. angka yang biasanya tak begitu menarik perhatianku, tapi hari ini tiba-tiba menjadi angka yang paling penting bagiku. otakku tak mau di ajak konsentrasi, perutku tak pula menuntut untuk diisi. aku resah, galau, gelisah. apa yang akan dia katakan jam lima nanti? bagiku, hari ini adalah hari paling galau seumur hidupku. apakah aku akan mendapatkan cintanya? cinta yang selalu kudamba? ataukah dia hanya ingin mempermainkan perasaanku saja?

tapi jam lima masih lama.

to be continued...



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

valentine 2012

sudah tanggal empat belas februari lagi. cepat amat. sepertinya baru kemarin orang-orang ribut-ribut soal valentin, eh hari ini sudah ribut-ribut lagi. lhoh, koq orang-orang? iya, soalnya aku sendiri ga ngeh dan kadang lupa kalau hari ini hari valentin. ya ga pernah ngerayain soalnya. ultah saja ga dirayain juga hehe.

sampai pagi tadi pas bangun tidur, suami sudah menghilang dari kasur tanpa bekas, padahal biasa selalu aku yang bangun lebih dulu. pas aku bangun, ternyata sudah siap seikat bunga mawar merah di meja hias, lengkap dengan sekotak coklat berkardus merah muda, dan sebuah amplop berwarna merah tua, berisi kartu ucapan valentin. whoahhh, nggaya!! romantisnya! *padahal tiap tahun juga dikasi mawar sama coklat, eh pura-pura surprised aja tadi hihi* lha, aku sendiri ga nyiapin apa-apa buat suami, emang tahun-tahun sebelumnya pas masih pacaran juga ga pernah dink. tapi tahun ini kaget aja karena ga nyangka.

lha wong kemarin dia itu ceritanya sakit (ketularan virus yang sempat bikin aku keok sabtu-minggu kemarin). koq, tahu-tahu benda-benda ini bertebaran di rumah. darimana asalnya? usut punya usut, ternyata kemarin itu dia nyuri-nyuri keluar rumah, saudara-saudara. lha wong mobil dia kupakai ngantor karena dia sakit, ternyata sempat juga dia ngenyel nyetir sendiri beli coklat, pake mobilku. oalah, disuruh bedrest koq malah ngelayap, dasar bandel!

tapi terima kasih ya atas pengorbanannya, meski pilek demam dibela-belain beli coklat buat istrimu yang slebor dan ga romantis ini karena ga ngasih kamu apa-apa. cukup kecupan di kening saja pagi tadi sebelum aku berangkat kerja (dia masih bedrest-lah, kerja dari rumah), karena kami punya aturan 'no kissing' kalo salah satu sedang flu (tapi tetep nular juga jadi kayaknya aturan kudu diganti nih) hehehe...

***get well soon, love. and happy valentine***
**this crazy world means nothing without you**
*xoxo*





.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

Sunday, 12 February 2012

jerusalem_01

telah begitu banyak cerita mengenai jerusalem. telah begitu banyak versi disebarkan, telah begitu banyak pertikaian diberitakan, dan telah begitu banyak nyawa dikorbankan. dari sebegitu banyak cerita, film dokumenter 3 seri milik bbc ini yang paling menarik menurutku, karena serial ini menceritakan jerusalem dari sisi sejarah, yang mudah-mudahan tidak terlihat memihak pada salah satu pihak yang memang telah bertikai sejak jaman dahulu kala. tadinya aku hanya ingin mencoba memahami apa yang melatarbelakangi pertikaian di tepi barat jalur gaza yang seolah tiada penyelesaiannya. tapi ternyata, seri sejarah ini membuka mataku lebih lebar dan memberiku lebih banyak ilmu, lebih dari yang kukira.

dari sini pula, aku belajar untuk memahami bahwa sejatinya, hidup kita ini hanyalah bagian kecil tak berarti dari sepenggal sejarah di muka bumi ini, tak kurang tak lebih. dan dari catatan sejarah ini pula, terlepas dari sisi pandang ajaran apapun, nafsu manusia yang selalu ingin menjadi sang pemenang dan penguasa di masing-masing masanya, adalah penyebab segala bentuk pertikaian dan pertengkaran yang sepertinya memang tak akan pernah ada ujungnya, untuk menjadi penguasa kota yang dikenal paling suci di dunia, jerusalem.

disclaimer: terjemahan di bawah ini adalah terjemahan kasar untuk menangkap alur utama video, tanpa tendensi untuk mendiskreditkan salah satu kepercayaan atau ajaran manapun. jika dirasa ada yang kurang tepat, silakan kembali ke referensi sumbernya, yaitu video itu sendiri. sekali lagi, ini ulasan sejarah tanpa menggarisbawahi unsur religi ajaran tertentu.

jerusalem - the making of a holy city, sejarah dibangunnya kota suci

seri 1:  - wellspring of holiness, mata air suci, 3200 sm - abad 7 masehi


3200 sebelum masehi - canaanites, orang-orang canaan
pada masa ini, area sekitar jerusalem yang masih tak berpenghuni disebut canaan, bagian wilayah yang dikuasai paraoh/fir'aun di mesir. ketika orang-orang canaan pertama kali tiba dan menetap di wilayah ini, daerah pemukiman awal di lereng bukit ini mereka sebut uru-salem (dewa matahari). wilayah ini strategis karena letaknya yang terlindung sehingga sulit diserang, dan mempunyai mata air yang sangat penting untuk sumber kehidupan. jadi jauh sebelum kepercayaan anak cucu ibrahim penganut yahudi, kristen dan islam lahir, tempat ini sudah dianggap suci oleh orang-orang canaan, karena kehadiran mata air di tengah-tengah gurun tandus ini.

1350 sebelum masehi
raja kaum canaan mengirim surat ke raja fir'aun di mesir memohon dibangunnya benteng pertahanan untuk melindungi kaum canaan dari serbuan musuh. surat yang berupa pahatan pada batu ini satu-satunya catatan mengenai keberadaan kota jerusalem dari masa itu, karena hampir tak ada lagi catatan lainnya yang ditemukan hingga tiba masa diturunkannya kitab-kitab suci.

1200 sebelum masehi
disebutkan musa mengajak bani israel dari mesir untuk menyerang dan membantai kaum canaan dan menguasai jerusalem, meski tidak ada bukti arkeologi untuk mendukung cerita ini. tapi ditemukan bukti adanya pemukiman baru di luar pemukiman kaum canaan, yaitu pemukiman kaum yahudi israel yang dihuni dua belas suku. kaum ini tidak menyembah banyak dewa-dewa berhala seperti halnya kaum canaan, tetapi hanya menyembah satu dewa yaitu tuhan yahweh.

meski menganut keyakinan yang sama, keduabelas suku bani israel ini menganut paham politik yang berbeda dan akhirnya terpecah menjadi dua, suku utara disebut israel, dan suku selatan menyebut dirinya judah. raja david-lah yang bisa menyatukan perbedaan kedua belah suku ini, dengan menetapkan jerusalem sebagai ibukota yang baru dan netral bagi kedua suku. raja david jugalah yang akhirnya dipercaya membangun jerusalem menjadi sebuah kota, meski belum ditemukan bukti arkeologi yang konkrit untuk mendukung teori ini dan kebenarannya masih diperdebatkan. sebagian juga percaya raja david (nabi daud)-lah yang membangun tempat ibadah pertama/kuil di puncak bukit jerusalem, bukit moriah. meski sebagian lagi lebih percaya, anaknya-lah (raja sulaeman) yang membangun tempat ibadah itu.

1000 sebelum masehi - raja solomon/nabi sulaeman
raja besar dengan banyak pencapaian gemilang, dipercayai yang membangun kuil pertama di bukit moriah, yang lokasinya kini dikenal dengan temple of mount atau haram ash-sharif. kuil ini diyakini terletak persis di mana sekarang ini berdiri the dome of the rock (masjid al-sakhrah) yang berkubah emas itu (yang sering dikira masjid al-aqsa padahal bukan, al-aqsa ada di seberangnya, berkubah biasa, bukan yang warna emas-RED). lokasi inilah yang sampai sekarang diyakini sakral oleh kaum yahudi, meski mereka kini berdoa di tembok jerusalem bagian barat. pondasi awal dari kuil nabi sulaeman masih bisa dikunjungi dengan melewati lorong bawah tanah yang sempit dan pengap. sementara holy of holies dipercaya terletak di antara dome of rock/masjid al-sakhrah dan masjid al-aqsa. sedikit sejarah tentang kuil sulaeman dan rencana untuk membangunnya kembali, sudah diterjemahkan di sini-RED. setelah 40 tahun berkuasa, raja sulaeman wafat. sepeninggalan raja, kerajaan terpecah menjadi dua lagi, utara milik israel dan selatan milik judah dengan ibukota jerusalem. kuil sulaeman sendiri masih dikunjungi sebagai tempat tujuan beribadah kedua kaum.

701 sebelum masehi - kaum syiria
kekuasaan kerajaan syiria dari utara mulai meluas dan memasuki kekuasaan israel. israel di wilayah utara pun jatuh ke tangan syiria. raja kaum judah hezekiah di selatan diperingatkan akan ancaman ini oleh nabi isaiah, bahwa hanya juru selamat the zion yang bisa melindungi jerusalem. iapun lalu membangun tembok tebal untuk melindungi kota dan kuil, serta mata airnya dari ancaman serangan kaum syiria yang terkenal brutal dan tanpa ampun ke musuhnya. namun tanpa sebab yang jelas setelah mengepung jerusalem, kaum syiria memutuskan untuk mundur. sebuah sumber menyebutkan bahwa syiria menerima sogokan emas dalam jumlah besar dari kuil sulaeman di jerusalem.

sayangnya setelah hezekiah wafat, anaknya manasseh kembali menyembah berhala dan menjalankan ritual keji yang mengorbankan anak kecil. untungnya kepercayaan kaum yahudi kembali setelah manasseh wafat. penggantinya raja josiah, membangun lagi apa yang dulu dirintis oleh nabi daud dan sulaeman. ia terbunuh, dan kaum yahudi kembali diambang kehancuran.

586 sebelum masehi - kaum babylonia
kekuasaan babylonia muncul dari reruntuhan kejayaan kerajaan syiria dan berhasil melebarkan wilayahnya sampai seluruh daerah timur tengah, kecuali wilayah judah, yang tetap menolak tunduk dengan ibukotanya jerusalem. raja babylon nebuchadnezzar-pun gusar dan mengepung jerusalem, menyerang dan membakarnya. kuil sulaeman-pun tak lepas dari aksi penghancuran. kaum yahudipun pergi mengungsi menyelamatkan diri dan merantau meninggalkan tanah moyangnya. tapi bukannya melemah, kepercayaan kaum yahudi dengan ritual yang dianut justru semakin menguat meski kini kuil tempat ibadah mereka telah tiada. tahun 539 sm, babylonia tunduk pada raja persia, yang mengijinkan kaum yahudi untuk kembali ke jerusalem, bahkan mendanai mereka untuk membangun kembali kuil sulaeman yang hancur. mereka hidup aman selama 200 tahun lamanya di jerusalem hingga tiba masa alexander the great, raja macedonia menguasai seluruh wilayah timur.

336 sebelum masehi - bangsa yunani
raja alexander membawa budaya baru yang meski ia sendiri tidak memerintah cukup lama, budaya ini menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. orang mulai mengenal olah raga, bahkan para pendeta/rabi-pun mulai berolah raga, yang cukup kontradiktif dengan ajaran murni kaum yahudi. satu abad kemudian, jerusalem jatuh di bawah pemerintahan raja antiochus, yang menyerang jerusalem ketika kaum yahudi memberontak. ia pula yang berusaha menghapus ajaran yahudi seluruhnya dengan meletakkan patung dirinya di kuil untuk disembah. kaum yahudi yang melawan dan tetap beribadah ditangkap dan dibakar hidup-hidup. muncullah gerakan-gerakan kaum pemberontak yang beraksi diam-diam agar terhindar dari kekejaman antiochus.

di bawah pimpinan judas maccabeus, kaum pemberontak berhasil memenangkan pertempuran melawan tentara antiochus dan mengambil alih jerusalem. pertempuran ini dicatat di alkitab sebagai pertempuran suci yang pertama. sementara itu kekuasaan kerajaan yunani semakin melemah, dan kekuasaan romawi menguat.

63 masehi - kaum romawi
pemerintahan maccabeus di jerusalem tidak bertahan lama karena konflik internal. romawipun melihat kesempatan ini dan mengambil alih jerusalem, dan mengutus herod untuk memerintah wilayah tersebut. ia yang berdarah separo arab dan separo yahudi, adalah penganut kepercayaan yahudi. meski kejam, ia punya visi membangun kembali kejayaan kuil sulaeman di masa lalu. membutuhkan waktu 80 tahun untuk membangun dan mengembalikan kemegahan kuil sulaeman dan membangun lagi kejayaan kota jerusalem, yang seluruhnya berbahan baku batu kapur alam. sisa-sisa kejayaan bangunan peninggalan herod ini, kini masih bisa dilihat di beberapa titik di jerusalem, berupa ruang bawah tanah yang masih utuh terpelihara. niat baik herod ternyata tidak disambut baik oleh rakyatnya, bahkan anaknya sendiri membencinya. ia wafat mengenaskan karena penyakit yang dideritanya. sepeninggalannya, negeri kembali bergejolak.

pecah menjadi 3, jerusalem jatuh ke tangan salah satu anaknya. wilayah lainnya akhirnya jatuh ke tangan romawi. sementara itu, di tengah semua kekacauan ini, seorang anak kecil, beranjak dewasa. menganut aliran kepercayaan yang sama dengan masyarakat di sekitarnya yaitu ajaran yahudi, namun semakin dewasa ia melihat satu sisi berbeda dari ajaran nabi isaiah yang menarik perhatiannya. anak ini bernama jesus.

jesus mulai menyebarkan ajarannya yang agak berbeda dengan ajaran yahudi lama. ajaran baru ini segera menarik perhatian dan ia mulai mempunyai penganut. sebagai penganut ajaran yahudi, jesus-pun berkiblat ke jerusalem dan kuilnya. ia tak pernah mengklaim dirinya sebagai juru selamat, tapi ia terkenal karena pesan-pesannya mengenai hari akhir/kiamat dan kritiknya terhadap pemerintahan romawi.

ketika ia dan pengikutnya tiba di jerusalem, pemerintahan romawi dan para rabi-pun merasa kehadiran jesus sebagai ancaman pemberontakan kaum messianic (yang percaya akan juru selamat). apalagi ketika ia menentang tata cara pelaksanaan festival di jerusalem secara terang terangan di muka umum, jesus-pun ditahan dan kemudian dihukum mati dengan cara disalib. pengikutnya lalu menguburkan jasadnya dengan pemakaman tradisional ala yahudi. 

sepeninggalan jesus, pengikutnya (kaum nazarene, pengikut jesus dari nazareth) tetap beribadah menurut ajarannya, tanpa menyebut bahwa mereka menganut ajaran yang berbeda dengan kaum yahudi sebelumnya. baru 30 tahun kemudian kaum nazarene mengidentifikasi mereka sebagai kaum yang menganut ajaran yang berbeda.

sementara itu kekuasaan romawi mulai digerogoti oleh tindak korupsi dan ketidakberesan di pemerintahan yang mengakibatkan makin banyaknya kaum pemberontak dari kalangan yahudi. raja romawi nero pun mengutus jenderal kepercayaannya dan anaknya titus, untuk menggempur kaum pemberontak yahudi dengan mengepung jerusalem. kaum yahudi yang mencoba melarikan diri dari balik tembok jerusalem ditangkap, dibunuh dan disalib. tebalnya tembok pertahanan jerusalem memang sulit dijebol. terkadang jika musuh hampir menembus tembok, penghuni yang tinggal di dalam tembok membangun tembok baru di belakangnya.

roman tak kurang akal. mereka mulai mencoba menggali terowongan bawah tanah dan menggempur tembok dengan mengkatapel batu-batu besar. setelah terkepung selama 4 bulan, pertahanan yahudi di dalam tembokpun melemah. hampir di waktu yang sama 500 tahun sebelumnya ketika nebuchadnezzar menyerang dan menghancurkan kuil sulaeman pertama kalinya, titus-pun menyerang jerusalem. brutal dan tak kenal ampun, tentaranya membunuh siapapun yang ditemui di dalam tembok kota jerusalem termasuk wanita dan anak-anak. rumah dibakar, kota jerusalem sekarat dan jatuh ke tangan musuh. bedanya dengan kehancuran 500 tahun yang lalu, kali ini kehancuran kuil sulaeman adalah yang terakhir kali, dan tak pernah dibangun lagi. sebanyak hampir 600ribu yahudi dibunuh, dan selebihnya dilarang untuk memasuki kota jerusalem. 

60 tahun kemudian, raja romawi hadrian, meneruskan larangan ini. yahudi yang memberontak akan dibunuh dan dimusnahkan. kaum yahudipun akhirnya membiasakan diri untuk beribadah tanpa keberadaan temple of mount maupun kota jerusalem, kota yang pernah menjadi ibu pertiwi kaum yahudi tapi kini hilang di tangan musuh.

raja hadrian mengganti nama propinsi judea (wilayah judah) menjadi palestina, nama musuh yahudi. hadrian juga membangun kembali kota jerusalem menjadi kota romawi dengan pilar-pilarnya, yang identik dengan penyembahan berhala, dan juga memberi nama jalan dengan nama baru. bukti adanya pilar hadrian masih bisa dijumpai saat ini, di belakang sebuah toko roti milik warga palestina. selama hampir satu abad, jerusalem menjadi kota tempat menyembah berhala, bersandingan dengan tempat jesus bersemayam. patung hadrian sendiri juga didirikan di temple of mount

setelah kuil sulaeman dihancurkan, kaum nazarene sendiri akhirnya memisahkan dari dari ajaran lama yahudi, menjadi ajaran baru, ajaran kristen. meski jerusalem kini dikuasai para penyembah berhala, kaum kristen terkadang masih berusaha menyelinap masuk ke kuil berhala untuk berziarah ke makam jesus. kaum penguasa terkadang membiarkan, namun terkadang juga menangkap dan menghukum penganut kristen. tanpa hadirnya kaum yahudi dan dengan masih sedikitnya penganut kristen, jerusalem tak lain hanyalah kota kecil di salah satu propinsi milik romawi. jumlah penghuninya turun drastis hanya 10ribu saja. hingga akhirnya masa yang baru tiba.

312 masehi - konstantinopel
raja romawi konstantin, adalah raja yang brutal. namun justru karena kebrutalannya, kota jerusalem menuai keberuntungan. tahun 312 masehi, kekuasaan romawi beralih menganut ajaran kristen dan berniat untuk membangun ulang kota jerusalem sebagai pusat ibadah kaum kristen. di tempat dimana jesus disalib, konstantin meruntuhkan kuil berhala milik hadrian, dan membangun gereja holy sepulchre serta mengutus ibunya, helena untuk membangun kembali jerusalem. kota inipun berubah menjadi kota milik umat kristen selain juga mewarisi kesucian jerusalem dari umat yahudi terdahulu. pelan-pelan keyakinan mereka mengenai kejadian-kejadian sakral terdahulu pun beralih dari temple of mount ke gereja holy sepulchre. untuk merayakan kemenangannya atas kaum judah, kini temple of mount-pun tak lagi menjadi pusat ibadah. sampai kini, tempat suci kaum kristen adalah holy sepulchre, sementara kaum yahudi masih mengunjungi kuil sulaeman (meski tinggal puing-puing saja).

di masa konstantin ini, kaum yahudi masih dilarang kembali ke jerusalem, hanya boleh berkunjung setahun sekali ke temple of mount dan dicemooh oleh kaum kristen. ketika romawi jatuh, jerusalem diperintah dari byzantium, ibukota kerajaan romawi bagian timur. romawi terus melemah, digerogoti oleh bobroknya birokrasi dan korupsi. sementara itu di tengah-tengah gurun arab, sebuah ajaran baru telah muncul yang nantinya akan mengubah hampir seluruh wajah dan sejarah kota jerusalem. ajaran baru itu adalah islam.

bersambung...



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

whitney

pagi-pagi masih di bawah selimut dan mataku masih kriyip-kriyip, suamiku tiba bilang, babe, whitney houston dies. eh? how? tanyaku spontan. lalu pembicaraan di tempat tidur di hari minggu pagi itupun praktis seputar berita-berita mengenai whitney yang dengan mudah diakses suamiku dari itouch-nya, meski baru melek beberapa menit lalu. memang sudah menjadi kebiasaannya untuk mengecek berita meski masih di bawah selimut.

ergghhh, nyawa manusia, siapa yang tahu kapan akan kembali ke pemiliknya. 

nama keluarga

http://en.wikipedia.org/wiki/Surname

A surname is a name added to a given name and is part of a personal name. In many cases, a surname is a family name. Many dictionaries define "surname" as a synonym of "family name". In some Western world countries, it is commonly called "last name". In all Western countries in North and South America as well as Europe, a surname is placed at the end of a person's given name. One notable exception is in Hungary, where, just like in China, Korea(성씨), Japan and in many other East Asian countries, the family name is placed before a person's given name.

Friday, 10 February 2012

kebunku

menjadi tukang kebun ternyata tidak melulu hanya berurusan dengan masalah tanam menanam saja. bagiku, tukang kebun juga harus bertanggung jawab terhadap penampilan kebun secara keseluruhan termasuk penataan komposisi tanaman dan lay-out atau tata letak kebun itu sendiri agar terlihat cantik dan menarik.

masih seputar rumah baru (yang kini sudah tak baru lagi), kebun di belakang rumah kami juga harus didesain mulai dari nol. ketika baru pindah, kebun kami hanya berupa sebidang tanah kotak yang tak seberapa luas, dan oleh developernya hanya ditutup dengan rumput hijau saja (atau disebut turf), sebagai standar dasar kebun di kawasan perumahan. suamiku agak kurang berjiwa seni #uhuk *jitak*

interior

ketika memutuskan untuk membeli rumah, aku dan suamiku memilih untuk membeli rumah yang baru. lain halnya dengan di indonesia yang kebanyakan orang memang membeli rumah baru yang dibangun oleh developer di kawasan perumahan, di inggris sini membeli rumah tidak harus rumah baru. orang berpindah-pindah dari rumah yang satu ke rumah yang lain dengan proses yang sangat sederhana dan cepat, sehingga cukup banyak rumah yang diperjualbelikan. beberapa justru lebih memilih rumah lama yang sangat tua tapi bersejarah, dan kadang-kadang malah lebih mahal harganya.

nikmat sehat

orang bilang: 
terlahir miskin itu takdir, tapi tetap hidup miskin itu pilihan
terlahir jelek itu nasib, tapi tetap terlihat jelek itu pilihan, haha :-D

maksudnya mungkin, apapun kondisi awal kita, bisa kita ubah jika kita mau berusaha dan memilih untuk melakukan perubahan, tidak hanya berpangku tangan menunggu nasib menghampiri dan merubah kondisi kita. 

cisarua

indonesia kembali berduka. belum usai tragedi xenia maut yang merenggut nyawa pejalan kaki di jakarta, linimasa twitter kembali disentakkan oleh berita kecelakaan dari cisarua. miris rasanya membaca laporan pandangan mata @meiditaDina yang melaporkan langsung dari lokasi kejadian.

duh Gusti, kalau kehendakMu memang tak bisa disangka dan diduga, mengapa mereka terus menerus tertimpa bencana? aku bukan sedang protes, karena yang sudah ditakdirkan harus terjadi. aku hanya sedang belajar menerima, yang ternyata tak selalu mudah prosesnya.

alkohol

tiga bulan yang lalu, di kantorku ada pegawai baru. muda, cantik, rambutnya pirang dan orangnya ramah. seperti di manapun kantor pada umumnya, kalau ada yang baru-baru pasti jadi bahan perhatian. maklum, sudah bosan dengan yang lama dan karatan. aku juga menyukai pegawai baru yang satu ini, renyah, menawan, dan murah senyum. enak dilihat deh pokoknya.

Saturday, 4 February 2012

terjebak salju

beberapa hari belakangan ini memang suhu udara di inggris semakin turun, bahkan kemarin sampai mencapai minus 6, sewaktu aku pulang kerja hari jumat. kata ramalan cuaca sih bakalan ada badai salju. tahun-tahun yang lalu, salju memang selalu turun hampir tiap tahun, tapi ya sebatas tipis-tipis saja di daerah cambridgeshire sini.

kalau seperti di skotlandia, memang bisa mencapai ketebalan tertentu yang membahayakan pengguna jalan. jadi dengan berbekal pengalaman tahun-tahun lalu, suamiku dan aku santai-santai saja sewaktu kami memutuskan untuk menghabiskan hari sabtu ini pergi nonton pertandingan rugby di manchester. tapi tak dinyana, petualangan seru kami justru baru saja dimulai.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...