Wednesday 25 January 2012

humor

sejak masih tinggal di indonesia aku suka sekali nonton serial komedi buatan amerika, friends. ada yang suka friends juga? ayo tunjuk jari :-)

menurutku humor ala friends cukup ringan, segar, renyah dan lucu. sampai sekarang aku masih juga betah nonton friends berulang-ulang meski sudah hampir hafal jalan ceritanya, bahkan dialog-dialog lucunya. itulah yang membuat serial ini sukses besar. humor segar ala amerika-nya.

tapi selain friends, aku juga suka humornya mr bean. si pelawak dungu dan wagu tapi jenius dan kadang-kadang bikin penonton senewen karena tingkahnya. hingga ketika aku pindah ke inggris, aku dulu berharap akan bisa menikmati humor-humor semacam itu di sini. tapi ternyata harapan tinggal harapan.

kenyataannya orang inggris sendiri tidak menganggap friends atau mr bean itu lucu. seperti halnya suamiku dan kebanyakan temanku lainnya yang asli inggris, acara-acara yang mereka anggap lucu justru acara yang menurutku tidak lucu. beda selera ini pada awalnya cukup mengganggu, apalagi sejak kami menikah, karena kami tidak bisa menikmati acara yang sama kalau sedang berduaan.

yang biasanya terjadi, suamiku akan beranjak ke ruang kerjanya dan sibuk dengan laptopnya saat aku ingin nonton friends kesukaanku. kalau ia ingin menonton dad's army, acara komedi kesukaannya, aku memutuskan untuk mengerjakan hal yang lain, karena menurutku itu kurang lucu.

di kantorpun, aku mendapati bahwa selera humor orang inggris ini sungguh aneh. hal-hal yang menurutku sama sekali tidak lucu, bisa membuat mereka terpingkal-pingkal. kalau penasaran, aku tanya ke mereka, apanya sih yang lucu. merekapun dengan sukarela akan menjelaskan bagian mana yang menurut mereka lucu. tapi aku tetap bersikukuh bahwa itu tidak lucu. akhirnya kamipun berdebat dan guyonan itu menjadi sama sekali tidak lucu lagi.

selera humor tiap individu memang tidak akan sama. selera humor tiap-tiap orang dengan kewarganegaraan yang berbeda-beda juga tidak sama. aku melihat, humor dunia lebih dikuasai oleh lelucon-lelucon khas amerika. sementara sepertinya orang inggris punya selera humor tersendiri yang agak unik dan aneh menurutku. anggapanku bahwa humor inggris itu identik dengan mr beanpun ternyata keliru, karena mr bean ternyata tidak begitu disukai di negerinya sendiri.

lalu, enakkah hidup di tengah orang-orang dengan selera humor yang berseberangan? jujur sih, kadang frustasi juga. karena aku tak bisa ikut tertawa kalau mereka pikir sesuatu itu lucu untuk ditertawakan, dan aku hanya tertawa sendirian kalau kupikir sesuatu itu lucu tapi tidak bagi mereka.

yah, mau bagaimana...:-D

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...