Monday, 31 December 2012

ikutan latah 2013

jadi ceritanya aku lagi suntuk, gara-gara batuk yang sudah seminggu ini mengganggu tidur malamku. apalagi hari ini adalah hari pergantian tahun baru. sudah suntuk berhari-hari cuma bisa ngendon di kamar saja, ditambah cuaca di luar yang berangin dingin dan tak bersahabat, jadi lengkaplah sudah penderitaan #tsahhh segitunya

tadi sore sudah agak ceria sih karena nonton saluran tv di indonesia yang heboh menayangkan acara pergantian tahun baru yang lain dari tahun-tahun sebelumnya di jakarta, yang dikomandoi gubernur baru idolaku, pakdhe jokowi, huehehehe

Wednesday, 5 December 2012

hadiah ultah

dua hari lalu bertepatan dengan peringatan hari ultahku yang ke #uhuk... ga usah disebutin angkanya lah ya... dah tua pokoknya! #halah. jadi demi kebaikan semua mending ga usah ditulis, takut pada pingsan yang baca #huehehehe

dan sejak dua minggu lalu, suami sudah ngorek-orek kupingku, nanya-nanya minta hadiah apa. tiap kali dia nanya, aku selalu jawab, aku ga butuh apa-apa sayang #ciehhh, ga usah lah pakai hadiah-hadiah segala. tiap tahun sejak aku mengenalnya, aku selalu jawab begitu, tapi tetap saja selalu ada hadiah dan kartu ultah setiap tanggal 3 desember. dasar bandel!

Saturday, 1 December 2012

against all odds

gara-gara sebelum tidur acara televisi terakhir yang kutonton adalah acara kuis tebak lirik lagu, dan kontestan harus menyerah saat ia tak lagi mampu menebak lirik salah satu lagu favoritku against all odds-nya phil collins, yang membuatku agak gemes, sampai akhirnya terbawa mimpi. tak ada yang istimewa dari acara kuis itu sebenarnya. aku beranjak ke peraduan meski hari masih sore karena jumat malam adalah malam akhir pekan. tak kusangka rupanya lirik ini membekas dalam benakku dan terbawa sampai ke alam bawah sadarku.

Thursday, 15 November 2012

berlari dalam mimpi

kata orang, mimpi adalah kembang tidur. menurutku, mimpi adalah refleksi atas apa yang ada di pikiran dan otak kita, dari pengalaman hidup sehari-hari sejak kita lahir dan peristiwa-peristiwa yang pernah kita alami, yang tersimulasi secara acak dengan ide-ide dan gagasan-gagasan atau keingingan-keinginan kita yang belum terlaksana, terkadang bercampur juga dengan perasaan emosional seperti kegembiraan, kesedihan dan ketakutan kita akan sesuatu dalam kehidupan nyata #panjang bener #phew

Wednesday, 7 November 2012

catatan mingguan bumil 04

...sambungan...

minggu ke-10

30 sept - 6 oktober

cuti seminggu pas hamil dan dibawa jalan-jalan itu enak juga ternyata. kecuali pas jalan daratnya kudu duduk di kursi penumpang berjam-jam (suami ga bolehin aku nyetir, huh!!!), punggung jadi berasa lebih pegal dari biasanya! mana jauh banget cornwal itu ternyata, hihihi. padahal tahun kemarin sudah ke sana, kenapa tahun ini berasa lebih jauh ya? karena tahun ini pas hamil kali! #doh

Wednesday, 31 October 2012

catatan mingguan bumil 03

...sambungan...

minggu ke-8

16 - 22 september


aku mulai rajin baca-baca mengenai info-info kehamilan dan info mengenai asi serta asip. yang ga ngerti, google ajah :-p

catatan mingguan bumil 02

...sambungan...


minggu ke-6

2 - 8 september

aku mulai ga doyan makan!

catatan mingguan bumil 01

PENGANTAR:
setelah ngetik diary ini berminggu-minggu di draft karena belum bisa pengumuman, akhirnya bagian pertama catatan bumil pun bisa dipublish di otakkukusut, sekalian up-date blog yang sudah agak lama terbengkalai sejak postingan terakhir, sampai lumutan, hihihi. 
pada kesempatan ini pula aku mohon doa dari teman-teman pembaca semua mudah-mudahan perjalanan menjadi seorang ibu yang sudah dan akan kutempuh mulai saat ini sampai nanti bisa berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, amien. dan semoga proses alamiah yang penuh keajaiban ini bisa mengajarkan aku banyak hal tentang hidup, dan bisa mengajariku menjadi seorang ibu yang baik :-D

Tuesday, 4 September 2012

harga mobil

dulu di salah satu artikel lamaku (yang mana lupa) aku pernah berjanji akan menulis mengenai perbandingan harga mobil. ga ada sebab khusus sih, cuma ingin berbagi wacana saja, bagaimana sesuatu barang itu menjadi berharga atau tidak berharga hanya karena berbeda lokasi atau berbeda negara. sekalian agar para pembaca blog ini mempunyai pandangan yang tidak keliru mengenai perbedaan kondisi antara dua negara dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya jika dilihat dari kaca mata perbandingan harga mobil!

Thursday, 30 August 2012

tentang defisit anggaran

pengantar:

belakangan, aku sedang tidak banyak waktu untuk nulis/ngetik, jadi update-an blog kali ini adalah hasil kopian dari kultwitnya bang Poltak Hotradero di akun twitter @hotradero. silakan follow, twit-twitnya menarik, berbobot dan bisa membuat kita pintar :-)

ijin sharing sudah dikantongi, ini buktinya:

makasih :-) RT @hotradero: Tentu boleh. RT @nayarini: sgt mencerahkan. bang, kultwit-nya kalau dirangkum trus diblog-in boleh? spy pd ngerti :-) *mintaijin*

kalau ada pertanyaan seputar utang negara, ekonomi, dan lain-lain, hubungi beliau langsung ya, aku bukan ahlinya, cuma ahli ngopi - baik itu meng-kopi catatan orang, atau minum kopi :-) hehehe

selamat menikmati

Friday, 17 August 2012

busway

beberapa draft ide menulis yang kuperoleh ketika berlibur ke indonesia bulan mei lalu, masih menumpuk dan menunggu untuk ditindaklanjuti. sayangnya dengan kembali ke rutinitas kerja di kantor dengan seabreg pekerjaan yang sudah menunggu, tak memberiku cukup waktu untuk menuangkan uneg-uneg di kepala sesegera mungkin. perbedaan zona waktu enam jam antara inggris dan indonesia menambah buruk situasi karena kami menderita jetlag sampai dua minggu sekembalinya dari sana, jadi tak ada kesempatan untuk ngetik cerita, apalagi aku tak punya ipad yang bisa dengan enteng ditenteng-tenteng! #haiyah

karena jetlag ini, artinya jam 5 sore kami sudah menguap parah dan pengin tidur karena waktu di indonesia sudah menunjukkan pukul 11 malam. meski matahari di inggris terbenam sekitaran jam 9-10 malam pada awal musim panas, yang artinya jam 5 sore masih sangat terang benderang, tapi jetlag tetaplah jetlag, tak peduli hari sudah gelap atau belum, tetap saja kami tak kuasa menahan kantuk.

Thursday, 16 August 2012

!SPAM!

kali ini aku mau posting pendek saja, supaya si pety ga harus ke pasar lagi beli ketimun buat kompres mata yang pegel gara-gara baca postingan panjangku #hihihi

jadi ceritanya gini... 

selama ngeblog yang baru kurang lebih berjalan 2 tahunan doank ini (oh ya selamat ulang tahun dulu buat otakkukusut tanggal 18 agustus besok!!!), aku sering dapat masukan dari teman-teman pembaca blog ini bahwa komen mereka suka menghilang begitu saja setelah di-submit, alias ga nongol di bawah artikel. dasarnya aku inosen #halah, aku juga suka bingung sendiri kenapa bisa begitu tanpa tergerak untuk mengobservasi lebih lanjut. dasarnya malas juga sih #dikeplak rame-rame

t.a.s.y.a

rumah besar itu berpagar tinggi, dikelilingi pohon-pohon berkayu, dan pintu pagar yang terbuat dari kayu bercat coklat tua, dengan pegangan pintu besar terbuat dari besi. itulah rumah si tasya. dari tepi jalan, rumah besar itu sama sekali tidak kelihatan. turun dari angkot, aku masih harus melewati semacam gang yang di kiri kanannya adalah rumah-rumah tetangga tasya yang menghadap ke jalan raya. gang ini hanya selebar satu mobil saja, agak panjang kira-kira 100 meter-an, dan berakhir di pintu pagar bercat coklat tua tadi.

orang takkan pernah mengira kalau di balik pintu pagar itu berdiri sebuah rumah yang cukup mewah untuk ukuran daerah itu, yang rata-rata penduduknya memang termasuk kelas sosial menengah ke bawah. jalan raya arah cirendeu menuju pondok cabe di mana angkot yang sering aku tumpangi lewat, memang dipenuhi bangunan rumah kecil-kecil di sepanjang jalan, yang jauh dari kesan mewah. beberapa memanfaatkan ruang tamu rumah mereka untuk berjualan barang-barang kelontong, yang pastinya tidak memberikan penghasilan yang berarti bagi pemilik toko-toko kecil itu. lebih untuk menyambung kebutuhan hidup sehari-hari daripada berkesan bisnis yang menguntungkan.

Monday, 13 August 2012

olimpiade bag 1

mumpung masih anget karena baru tadi malam ceremoni penutupan ajang olah raga terbesar sejagat raya disiarkan dari ibukota negara inggris, london, aku pengin juga ikut-ikutan ngobrol mengenai olimpiade. meski aku sendiri ga sporty-sporty banget, cuma suka ikut-ikutan gegap gempitanya saja kalau ada yang lagi rame-rame. misalnya lagi piala dunia, sibuk deh ikut-ikutan demam bola #hihihi #manusiawi banget lah ya 

kata orang-orang inggris, bisa ketemu olimpiade diselenggarakan di negeri sendiri adalah kesempatan sekali seumur hidup, karena belum tentu kalau london dipakai untuk tempat penyelenggaraan olimpiade lagi entah kapan, generasi yang ini masih bertahan di dunia. jadi sejak setahun lalu ketika pengumuman mengenai penjualan tiket pertunjukan mulai didengung-dengungkan, banyak yang sibuk berpartisipasi dalam ballot atau undian untuk mendapatkan tiket yang ternyata perjuangannya sungguh sangat melelahkan itu, katanya.

Saturday, 11 August 2012

eh.... poligami

ketika perhelatan olah raga paling akbar di seluruh dunia sedang digelar di negeri pangeran Charles yang hanya berjarak 1 jam naik  kereta dari kota tempatku bermukim sekarang, ketika para atlit sedang berlaga di arena pertandingan dan tak lupa menjunjung nilai-nilai sportivitas ke jenjang paling tinggi dalam sejarah peradaban manusia di muka bumi ini, nun jauh di sana kurang lebih 10000 mil jauhnya di negeriku tercinta, orang malah sibuk rame-rame membahas topik basi, poligami! #eaaaa

tadinya aku pengin nulis artikel tentang olimpiade terlebih dulu yang sudah ngendon di draft sekian lama dan ga tersentuh, eh...lha koq malah lebih semangat nulis soal si poli-poli ini gara-gara dikomporin si Kimi tadi pagi. wealah, padahal dari dulu aku sudah paling gerah dan anti kalau orang sudah mulai ngebahas topik paling dodol di dunia ini. muter-muter saja argumen-argumennya, catut sini catut sana, ilmunya masih cetek-cetek juga tapi sudah berkoar-koar, ujung-ujungnya ya pakai senjata andalan 'sunnah nabi' #ngok

Thursday, 26 July 2012

pengemis sopan bag 3 - belum tamat

kabar buruk para pembaca...misiku gagal lagi!

sudah sejak 2 minggu lalu aku pengin nulis dan mengabarkan bahwa kisah si mas pengemis dengan sangat terpaksa harus dinyatakan belum tamat, tapi apa daya baru sempat ngetik ceritanya sekarang, hiks. intinya sih, selama 4 hari di Stratford dari tanggal 9-12 juli kemarin itu, aku sudah rajin banget bolak balik ngecek ujung jembatan setiap sore hari, tapi sayangnya si mas-nya sama sekali ga pernah ada di sana! jadi gimana donk misi kita untuk wawancara dan mengetahui alasan-alasan mengapa dia harus meminta-minta untuk makan? misi gagal total yang jelas. #ngok...

tapiiiii....

Calla Lily bag 2

http://www.payetgaunpesta.com/2012/07/kebaya-pengantin-modern-tabur-kristal.html#comment-form

Monday, 16 July 2012

olah raga

kapan ya terakhir kali aku memakai baju olah raga dan benar-benar berolah raga? hmmm... mungkin ketika masih duduk di bangku kelas 3 sma, kira-kira ratusan..eh..puluhan tahun silam #wuidiiiiih tua benerrrr :-p

seperti kita semua maklumi, mata pelajaran olah raga memang hanya sampai bangku sma atau smu saja. pertimbangan kementrian pendidikan untuk tidak memasukkan mata pelajaran ini sampai di bangku kuliah mungkin karena selama duduk di bangku sd selama 6 tahun dan sekolah lanjutan selama 6 tahun berikutnya sudah cukup mampu melatih dan mendidik para murid agar gemar berolah raga, bahkan setelah mereka menyelesaikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. tapi apa kenyataannya? #ngaca

Tuesday, 10 July 2012

tentang diaspora bag 2 - tamat

sambungan postingan "tentang diaspora bag 1"

merantau ke eropa sejak tahun 2005, akhir-akhir ini baru aku menyadari, bahwa rupanya sudah cukup lama para perantau indonesia di luar negeri berjuang tanpa kenal lelah agar keberadaan mereka diakui oleh negaranya sendiri. para diaspora indonesia ini rupanya sudah lama ingin agar mereka tidak dikesampingkan keberadaannya serta diakui karya-karya serta kontribusinya terhadap tanah air, meski mereka bekerja dan menetap di luar negeri.

bisa dimaklumi, karena nyatanya banyak sekali pandangan miring mengenai para perantau indonesia, yang secara tidak adil dan sepihak selalu dipandang sebelah mata, dengan "tuduhan-tuduhan" bahwa para perantau ini tidak lagi cinta tanah airnya, tidak lagi peduli pada bangsanya, bahkan tentunya sering kita dengar para perantau ini dipertanyakan rasa nasionalismenya oleh bangsanya sendiri, meski begitu banyak bukti-bukti kontribusi nyata mereka untuk negeri. sungguh sebuah ironi.

tentang diaspora bag 1

sebelum aku mulai ngetik opiniku mengenai diaspora di postingan tentang diaspora bag 2, silakan lihat video di bawah ini terlebih dahulu.

Tuesday, 3 July 2012

covent garden

minggu ini aku harus ke london untuk pelatihan tahap ketiga. minggu depan baru aku kembali ke stratford lagi untuk pelatihan tahap terakhir dan kembali menuntaskan misiku untuk menemukan dan mencari si mas pengemis supaya kisah trilogi-nya bisa tamat. bagi yang bingung kenapa aku tiba-tiba meracau soal misi dan trilogi, sila baca-baca ini dan ini dulu.

aku sudah sering ke london, tapi baru kali ini aku harus menginap di hotel selama 3 hari sendirian. belum bete sih, kemarin sampai ke london sudah terlalu malam meski langit baru mulai gelap sekitaran jam 10, jadi aku langsung tepar setelah menyeret koper dari stasiun bawah tanah ke hotel yang hanya berjarak 15 menit jalan kaki! ya maklum, udah ga pernah olah raga sejak lulus sma, hehe.

Wednesday, 27 June 2012

pemalu vs malu-maluin

ini draft lama yang sempat terbengkalai dan baru kupoles lagi sekarang. tapi temanya sih termasuk tema klasik jadi ga bakal kadaluwarsa lah ya, makanya aku lanjutkan saja proses penulisannya supaya bisa segera tayang :-) #emang sinetron, pake kejar tayang?

idenya sih dari salah satu milis yang aku ikuti, dan salah satu thread postingannya waktu itu membahas mengenai, "apakah kita bangsa pemalu"? hayo siapa yang bisa jawab?! #hehe

pada prinsipnya aku sih setuju saja kalau orang indonesia itu alaminya memang cenderung pemalu. aku sendiri juga pemalu koq! #kedip-kedip mata

Monday, 25 June 2012

cinta 100%

barusan aku ngebahas dan coba adu argumen melalui kotak chatting dengan seorang teman, mengenai topik yang sangat ga jelas ini (yang akhirnya dimenangkan oleh siapa lagi kalau bukan.... drum rolls.... pemilik blog ini!!!! hahahaha) - pihak oposisi dimohon untuk mengendalikan amarah dan tidak naik pitam ya :-)

jadi pembicaraan dimulai dengan sebuah pertanyaan absurd, ada ga sih cinta 100% itu?

akhirnya pembahasan jadi melebar ke mana-mana dan seperti sudah bisa diduga, berakhir dengan ngambang ga jelas tanpa solusi! #hihihi

Wednesday, 20 June 2012

pengemis sopan bag. 2

akhirnya...

aku kembali lagi mengunjungi kotanya si mas shakespeare untuk pelatihan tahap kedua seperti yang sudah kuceritakan di tulisan berjudul "pengemis sopan" bagian 1 terdahulu. bagi yang belum sempat baca, silakan baca dulu di sini ya, supaya nyambung ceritanya, gituh :-)

Saturday, 16 June 2012

harga buku

waktu aku masih kecil dulu, hampir setiap kali aku diajak oleh bapak pergi keluar rumah untuk jalan-jalan, sebelum pulang kami selalu mampir ke toko buku. tidak harus beli, karena kadang-kadang memang bapak tidak memperoleh buku yang dicarinya, atau karena memang tidak ada uang untuk membeli buku. seringnya sih bapak membuka-buka buku-buku bekas dan membelinya kalau isinya dirasa menarik. 

tak jarang aku juga kecipratan rejeki ikut dibelikan buku bacaan anak-anak atau majalah bekas anak-anak seperti bobo, kawanku dan ananda untuk tambahan koleksiku yang sebagian besar dibelikan oleh bapak dari toko buku atau ibuku. sering ibu membeli majalah-majalah bekas dari tukang loak yang selalu lewat di depan rumah kami dan membeli majalah-majalah itu dari tetangga kami, lalu menjualnya lagi ke ibu dengan sistem kiloan. kenapa tidak langsung beli saja dari tetangga ya, kan lebih praktis. entahlah. yang pasti kami memang kurang mampu dari segi finansial waktu itu.

masa transisi

otakku sedang kusut! kusut sekali...

apa pasal? karena banyak hal yang sedang terjadi dan terpikir di kepala tapi semua acak adut ga keruan. sampai-sampai ga sempat nulis di blog dan jadi agak terbengkalai, sampai banyak sarang laba-labanya #hehehe #alesan

klise saja sebenarnya situasinya. hidupku sedang dalam masa transisi! kalau diumpamakan musim, mungkin saat ini sedang dalam masa pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, atau sebaliknya. dan karena perubahan ini, maka terjadilah ketidakstabilan yang akhirnya berujung pada situasi yang menyebabkan otak jadi kusut! #halah

Monday, 4 June 2012

terminal

lihat twitternya pakdhe @blontankpoer menyebut lirik sebuah lagu, tiba-tiba teringat kembali masa-masa ketika aku begitu menggandrungi karya-karya fals dan sahilatua. dua musisi yang begitu keras kepala menyuarakan isi hati rakyat jelata. kegigihan mereka dengan karya-karyanya patut diacungi jempol dan disaluti.

judes

menurutku aku ini orangnya judes!

ga tau sih  menurut teman-teman dekatku bagaimana. susah sih ya untuk tahu apa pendapat orang lain mengenai diri kita kalau tidak kita tanya secara langsung. susah yang kedua adalah karena kalau ditanya orang cenderung menjawab dengan sopan supaya tidak menyinggung perasaan atau menyakiti hati orang lain, sehingga seringkali jawabannya tidak mencerminkan keadaan sebenarnya. jadi percuma deh!

tetap saja sih, menurutku aku ini orangnya judes :-p
kenapa yakin begitu?

Friday, 1 June 2012

tidak sinkron

pernah ga sih kalian ngerasa ga nyambung atau ga sinkron dengan orang-orang di sekeliling kalian? misalnya nih: kalian ngomong soal A mereka nangkepnya B, kalian bermaksud mengerjakan aktivitas A, mereka malah melakukan aktivitas B? atau yang lebih parah, mereka menginterpretasikan sesuatu sebagai A, tapi kita memahaminya sebagai B?

kalau memang benar harmoni alam itu ada dan membuat segala sesuatu menjadi sinkron dengan sendirinya jika kita juga bersedia membuka mata hati dan pikiran kita agar bisa menerima segala bentuk aliran energi yang terpancar dari orang-orang di sekitar kita, bahkan sampai ke flora dan fauna di sekeliling kita yang mau tak mau menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, mungkin tidak akan ada masalah dengan sinkronisasi #ngomong apa sih nay #edisi ngelantur abis makan siang

Wednesday, 30 May 2012

pengemis sopan


ini adalah hari ketiga aku kabur dari rumah! #heh? maksudnya tidak tidur di rumah gituh... bukan kabur sih #dah pada panik aja #geer to the max - "dih sapa yang panik, emang gue pikirin" kata pembaca :-p

seperti sudah kuumumkan sebelumnya #ciehhh #pengumuman, aku harus mengikuti pelatihan six-sigma (lihat link ini untuk yang penasaran benda apakah six-sigma itu) selama tiga hari di sebuah kota yang berjarak kurang lebih 2 jam 15 menit nyetir dari rumahku. namanya stratford upon avon, atau kalau diterjemahkan kurang lebih nama kotanya menjadi kota stratford di sekitar sungai avon, begitulah. 

Saturday, 26 May 2012

orang terkenal

baru break ga ngeblog sebentar, gatel juga rasanya pengin nulis, hihihi #dasar! niat break dari ngeblog sepertinya jadi terbengkalai nih kalau begini caranya. mumpung wiken juga sih, iseng-iseng sambil nungguin mesin cuci melaksanakan tugas perbabuannya, aku ngetik saja dulu ya di blog hehe...

ga ada hujan ga ada angin, tiba-tiba aku teringat pengalamanku waktu pulang ke inggris kemarin dan ketemu orang terkenal di pesawat. jadi mikir, sudah berapa orang terkenal yah yang pernah kutemui dalam artian bertatap muka, atau sekedar berjarak cukup dekat meski tak harus menyapa atau disapa, atau cuma sekedar menghadiri acara yang dihadiri oleh orang terkenal, berada dalam satu gedung dll. seperti itulah pokoknya.

Friday, 25 May 2012

monoton

baca-baca lagi beberapa postinganku belakangan ini koq jadi males sendiri ya. soalnya isinya sama saja! keluhan dan keluhan lagi. sepertinya aku perlu cuci otak sebentar, break dari ngeblog lalu kembali lagi dengan ide-ide segar yang bisa melahirkan tulisan-tulisan yang berbeda. tapi gimana caranya ya supaya menulis tidak bernada monoton?

apa mungkin karena postingan belakangan ini mempunyai latar belakang seting tempat yang sama yaitu indonesia karena aku memang sedang berlibur dan yang kutulis memang hal-hal yang kujumpai, kurasakan dan kualami di sana? bisa jadi sih. meski sebenarnya masih ada beberapa draft tulisan hasil liburan yang nunggu finalisasi dan nunggu tayang, tapi tetap saja kalau kubaca lagi isinya koq ya bernada monoton juga. #publish jangan yah #ngitung kancing...

jadi sebel...

Monday, 21 May 2012

pocahontas

sudah pada nonton film animasi pocahontas? pasti sudah ya. film lama sih, tapi aku malah baru nonton dua hari yang lalu, di dalam pesawat. dasarnya suka film tapi malas ke bioskop (malas bayar maksudnya, hehe), jadi aku jarang nonton film di bioskop. paling kalau harry potter terbaru keluar saja, baru aku rela bayar #dasar irit mah irit aja hihi

karena malas bayar bioskop itulah, maka tiap kali terbang aku selalu rajin melototin layar kecil di depanku untuk nonton film sebanyak-banyaknya. mumpung gratis kan #dih segitunya...malu-maluin tau! #cuek ajah

Tuesday, 15 May 2012

belum ada judul

sempat bingung mau diberi judul apa postingan yang satu ini.

biasanya sih tiap kali mulai nulis, di otakku sudah siap judul postingan artikel bahkan sebelum paragraf pertama kuketik. tapi untuk yang satu ini, pertama kalinya aku bingung mencari judul. tapi sudahlah, kuketik dulu saja ceritanya ya, judulnya menyusul belakangan.

tulisan ini berisi cerita kronologi sebuah kejadian. aku akan berusaha sebisa mungkin untuk tidak bias, supaya kalian bisa menyimpulkan sendiri kira-kira apa yang sebenarnya terjadi. jika ada prasangkaku yang aku ketikkan di sini, akan aku tandai supaya tidak mempengaruhi kesimpulan para pembaca blog ini.

Monday, 14 May 2012

kebun raya bogor

untuk kedua kalinya aku pulkam bareng suami, meski dulu waktu yang pertama statusnya baru calon dan pulkamnya dalam rangka dikenalkan ke keluarga. dua kali mengunjungi indonesia, suamiku lebih kukenalkan ke kehidupan ibukota jakarta dan sekitarnya, serta kehidupan di kota asalku di jawa tengah sana (selain ke bali pada kunjungan pertama dulu).

kami berdua pun sebenarnya tahu bahwa indonesia itu luas sekali. dan apa-apa yang sudah kami cicipi selama dua kali berkunjung ini baru seujung kuku istilahnya. belum ada apa-apanya. namun sayangnya kami belum punya waktu untuk melihat sisi lain indonesia. yang kukenalkan ke suamiku baru sisi gegap gempitanya. mall-mall yang membosankan (di inggris juga banyak maksudnya), macetnya, ramainya, hiruk-pikuknya, hawa panasnya, semrawutnya dan hebohnya saja.

Saturday, 12 May 2012

kereta eksekutif

pengin ngetik banyak, tapi masih belum ada waktu karena masih road-trip ke kampung. tapi ada satu pengalaman yang ingin aku bagikan di sini, ketika aku pulang ke jawa minggu kemarin. 

ceritanya, aku tidak jadi nyetir sendiri seperti tahun-tahun kepulangan sebelumnya, karena beberapa pertimbangan tertentu. kali ini aku putuskan untuk mencoba memakai layanan jasa angkutan kereta api. supaya nyaman, akupun memilih kelas terbaik yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa layanan angkutan umum kereta api di negeri ini, yaitu kereta kelas eksekutif.

seperti bisa diduga, aku memang belum pernah naik kereta jenis ini sebelumnya.

Wednesday, 2 May 2012

masa-masa berdua

seorang teman lama menyapa di kotak chatting. karena lama tak pernah ketemu atau memberi kabar, pertanyaan-pertanyaan klasik yang sudah seringkali mampir ke kupingku pun mau tak mau muncul lagi. dah nikah? dah punya momongan? kenapa belum? lebih parah lagi kalau lalu ada yang bilang, inget umur lho jeng.... gubrag!!! konyol sekali sih, masak orang lain iseng banget ngingetin umur kita, kali-kali kita lupa apa ya umur berapa kita sekarang #lu kate gue amnesia #hehehe...parah....

jawabku seperti biasa juga klasik. "belum saja, masih di-planning, lagi pengin berdua dulu".

Tuesday, 1 May 2012

first of may

setiap tanggal 1 mei, aku selalu ingat lagu ini. sebagai penggemar beegees, lagu melow ini adalah salah satu lagu favoritku di antara ratusan hits mereka yang lain. selamat menikmati :-)

Monday, 30 April 2012

made in china

#nguber setoran artikel, karena mau libur 3 minggu tanpa akses internet ;-) selamat membaca...

seperti pernah kujanjikan sebelumnya di postingan baju mahal, aku sekarang akan membahas mengenai barang aspal, atau kw, atau apalah namanya, yang sebagian besar diproduksi di negeri cina,  sejarahnya, fenomenanya di masa kini, dan ramalanku ke masa depan mengenai bagaimana nasib industri-industri di negara maju dan kemungkinan dominasi made in china di seluruh penjuru dunia. #phew *panjang bener intronya* #tarik napas

supaya urutannya runut dan kronologis, mari kita mulai dari revolusi industri yang diawali di (mana lagi kalau bukan) inggris, negara di mana aku sekarang ini bermukim :-p

random country

beberapa hari ini sebagian masyarakat indonesia merasa 'panas' oleh ucapan seorang bocah kanada yang sangat terkenal, bernama justin bieber. apa pasal?

lantaran si bocah ini menyebut negara indonesia raya tercinta sebagai "some random country". banyak warga negara indonesia yang lantas mengutarakan keberatannya, ketersinggungannya dan kemarahannya di sosial media. beberapa bahkan ikut-ikutan mencela, memaki dan mencibir si anak culun ini. kenapa marah? segitunya? siapa sih yang bisa marah ke justin? hehe...

mutu ga mutu yang penting laku

lagi galau....eh, lagi kusut :-p

kalau sudah bicara soal selera memang agak-agak susah ya. baru sadar belakangan ini, kalau ternyata yang lebih disukai masyarakat banyak belum tentu hal-hal yang terbaik atau yang bermutu paling tinggi. karena rupanya dalam banyak kasus hal-hal yang tidak istimewa atau biasa-biasa saja, atau kadang malah tidak bermutu sama sekali ternyata jauh lebih populer dan laku di pasaran. #ngomong apa toh ini mbak-e

mau posting uneg-unegku saja sih, soal selera #tema basi #yoben

Sunday, 29 April 2012

sinis bin nyinyir

orang nyinyir itu ada di mana-mana ya. mungkin tanpa sadar, kita pun seringkali berkata nyinyir ke orang lain tanpa merasa bersalah. kadangkala kenyinyiran atau kesinisan kita itu didasari oleh rasa tidak suka kepada orang yang kita katai, tapi kadangkala didasari juga oleh fakta lain yang mendorong kita untuk berkata nyinyir mengenai hal tertentu. aku juga mau posting nyinyir ah, kali-kali doank, boleh ya ya ya...

contoh sebuah kenyinyiran, adalah ketika aku memutuskan untuk memasang kawat gigi, beberapa selentingan tak sedap sempat mampir ke telingaku. ada yang bilang aku sudah terlalu tua untuk memakai kawatlah, ada yang bilang buang-buang uang sajalah, dan lain-lain. 

Friday, 27 April 2012

kawat gigi 2

PERINGATAN KERAS!!!

BAGI YANG TIDAK SIAP MENTAL, JIJIK ATAU KEBERATAN UNTUK MELIHAT FOTO-FOTO GIGI HOROR DI POSTINGAN INI, DIHARAP SEGERA MENUTUP LAMAN SAAT INI JUGA. SELURUH FOTO DIAMBIL SETELAH GIGI DIBERSIHKAN, MESKI BEBERAPA BEKAS PEWARNA MAKANAN TIDAK SELURUHNYA BISA DIHILANGKAN.

kimi has made my day

wahhhh, hari ini aku senang sekali. blog ini direview untuk pertama kali oleh seorang sahabat dunia maya. meski ini blog abal-abal ternyata ada yang menghargainya sampai sedemikian rupa. sungguh membuatku sangat terharu. #fufufu #ambiltissue 

peluk erat untuk Kimi, you've made my day, girl!. mau dibawain oleh-oleh apa dari UK, Kim? #hihihi

silakan klik tulisan Kimi tentang otakkukusut di sini:

Thursday, 26 April 2012

perang dunia

catatan: kaukasian = sebutan populasi kaum yang bermukim di benua eropa dan berkulit terang (meski tadinya sebutan ini tidak berdasarkan pada warna kulit sama sekali). kini kaum kaukasian cukup disebut sebagai orang eropa.

dulu, duluuuuuuuuuu sekali....

ketika manusia-manusia di daratan cina sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, membangun peradabannya sendiri, perperang dengan bangsanya sendiri, sedikit terisolasi dari dunia luar dan hanya berdagang sutra ke negeri-negeri tetangga; ketika jazirah arab masih dikuasai oleh para khalifah dan belum tahu bahwa negerinya kaya akan minyak bumi; ketika tanah suku indian di utara dan tanah mayan di selatan masih hutan belantara, ketika suku aborigin masih berkelana di gurun australia, ketika manusia-manusia perahu masih mengadu nasibnya ke kepulauan-kepulauan yang lebih hangat di kawasan asia tenggara; dan ketika tanah afrika masih belum terdengar gaungnya.

Wednesday, 25 April 2012

kesetaraan gender

minggu kemarin aku blog-walking, iseng-iseng nyasar dan baca sebuah artikel yang memuat salah satu kalimat (persisnya lupa, blog siapa juga lupa hehe) yang kira-kira bunyinya begini: ...perempuan-perempuan jaman sekarang yang ingin melangkahi hegemoni atau dominasi kaum laki-laki...

setelah baca itu, aku koq merasa kalau nada kalimatnya agak-agak 'menyalahkan' gitu ya, bahwa perempuan yang bertindak seperti itu adalah tidak benar. #jleb!

Monday, 23 April 2012

interior 2

bagian 1: interior
bagian 2: dapur, perpus, hall, dua kamar di loteng, kamar mandi utama dan en-suite

biro jodoh

kalau dulu dunia perjodohan seringkali difasilitasi oleh hubungan orang tua kedua belah pihak keluarga, yang menjodohkan anaknya dengan anak temannya, koleganya, teman bisnisnya, atau teman baiknya, kini dunia perjodohan telah bergeser meninggalkan tradisi-tradisi lama itu.

kalau dulu siti nurbaya tak berdaya ketika diharuskan menikah dengan datuk maringgih yang tak ia cintai, kini para remaja putri lebih bebas menentukan siapa yang akan menjadi suaminya kelak, meski masih ada saja beberapa yang tetap diwajibkan mematuhi beberapa peraturan dari pihak keluarga terutama orang tua (kalau ga mau diusir dari rumah atau dicoret dari daftar penerima warisan) #yaoloh #segitunya. peraturan-peraturan klise yang sering diterapkan misalnya, minimal harus satu keyakinan, minimal harus satu suku, atau minimal harus punya mobil #ihiyyy #inimah #edisimatre.

Friday, 20 April 2012

a higher level conflict

draft ini sudah agak lama nongkrong tanpa kusentuh. lagi-lagi aku ragu untuk menulis sebuah tema 'berat' yang mungkin akan 'sulit' tercerna oleh pembaca blog ini. bukan karena aku meremehkan kemampuan kalian, tapi memang dibutuhkan tingkat fleksibilitas cara berpikir yang menurutku cukup tinggi untuk mengunyah tema-tema semacam ini, tanpa tersedak dan memuntahkannya lagi, sebelum sempat mencicipi rasanya, menelan, apalagi mencernanya :-)

di inggris, masyarakatnya sudah jauh lebih terbuka dalam hal cara berpikir. suka tak suka, kita harus akui itu. maka tema-tema yang diangkat di acara BIG QUESTION yang disiarkan oleh stasiun televisi milik pemerintah yaitu BBC, setiap hari minggu ini memang tidak main-main. sebuah tema yang aku tonton kira-kira sebulan yang lalu membahas mengenai 'has the church of england reached a crossroad?' - apakah gereja-gereja inggris telah sampai di persimpangan jalan?

Thursday, 19 April 2012

(bukan) universitas ternama

+ mbak, dulu s1-nya di mana sih? pertanyaan klise ini sering sekali dilontarkan kepadaku. dan jawabku dari waktu ke waktu pun selalu sama.
- di jogja, tapi bukan s1, aku dulu d3.
+ ohhh, UGM pastinya ya.
- errr, bukan. aku dari batan.
+ batam? katanya jogja?
- (argghhh) bukan batam, tapi batan, instansi pemerintah, singkatan dari badan tenaga nuklir nasional.
+ ohhh, apaan tuh mbak?
- *gubrag*

atau ada juga yang bertanya seperti ini:

Wednesday, 18 April 2012

warna kulit

tiap hari aku selalu berangkat dan pulang kerja dengan salah seorang kolegaku yang rumahnya hanya berjarak sekitar 15 menit nyetir mobil dari rumahku. istilah kerennya car-sharing, naya goes green! hehe. ia orang inggris asli, bapak-bapak, agak gemuk, rambutnya sudah putih semua, dan memelihara kumis, jambang dan jenggot yang juga putih. kalau ia disuruh memakai baju warna merah, orang pasti mengira ia adalah santa-klaus! ;-p

orangnya meski secara umum bisa dikatakan baik, tapi terkadang menjengkelkan juga karena ia super cerewet :-p. kalau pas ia yang nyetir dan aku yang nebeng (mobilku kuparkir di rumahnya), ia bisa ngoceh dua jam pulang pergi non-stop. kalau giliran aku yang nyetir dengan mobilku (di sini kita ga bisa asal nyetir mobil orang seperti di indonesia ya, tiap mobil dan pengendara wajib punya asuransi sendiri-sendiri) dan ia yang giliran jadi penumpang, tetap saja ia tak berhenti ngoceh selama 2 jam pulang pergi itu :-D

liburan termahal

menurut kalian, liburan yang paling mahal itu ke mana? ke eropa mengunjungi kota-kota paling bersejarah di dunia? ke kepulauan barbados atau maldives yang katanya keindahannya bagaikan mengunjungi surga dunia? ke afrika selatan ikut safari tur melihat keindahan satwa liar? hmmm... bisa jadi. tapi bagiku liburan termahal adalah pulang kampung ke kota kelahiranku. lha koq bisa? jelas bisa. makanya aku jadi tergelitik untuk menuliskannya di sini :-) #sekalian curhat ini mah

bapak tua penjual amplop itu (re-blog)

aku jarang dan cenderung tidak mau untuk copy-paste atau kopas tulisan orang lain, KECUALI kalau tulisan itu terlalu sayang untuk tidak disebarluaskan seperti artikel di bawah ini (aku tidak kopi foto-fotonya, silakan lihat ke link aslinya untuk melihat foto-foto si bapak tua). sungguh membuat terharu :-'(

pemilik blog adalah seorang dosen ITB. ini link aslinya, tulisannya bagus-bagus dan pengunjung blognya sudah menembus angka satu juta *sembah sungkem*. ayo kita berkunjung juga ke sana ^_^

Monday, 16 April 2012

silent reader

tema ini sebenarnya tema yang basi banget dalam dunia per-blogger-an. coba deh google, kayaknya hampir tiap blogger sudah pernah membahas hal ini, entah secara khusus, atau hanya disinggung dalam postingan dengan tema yang lain. tapi meski basi, aku tetap ingin menulis pendapatku mengenai keberadaan silent reader yang sering dikeluhkan oleh para blogger di luar sana.

beberapa blogger percaya, bahwa meninggalkan jejak atau berkomentar setelah membaca artikel di blog itu hampir wajib hukumnya, alias kalau bisa tolong dilakukan :-D banyak sekali blog-blog yang aku kunjungi yang menghimbau, bahkan beberapa menegaskan kepada para pengunjung agar meninggalkan komentar setelah pengunjung membaca blog mereka. tapi aku koq agak kurang setuju dengan pendapat ini ya.

Sunday, 15 April 2012

ayam ballotine

rata-rata resep yang aku tulis di blog ini adalah resep asli masakan eropa yang sudah aku modifikasi sesuai selera orang asia karena rata-rata masakan eropa memang agak-agak hambar sih :-p *maap ya eropa*  tapi yang pasti, resep-resep eropa yang kutulis di sini, mudah sekali cara memasaknya :-)

bahan ayam ballotine:
ayam dada butterfly (yang masih utuh bagian kiri dan kanan, kalau tidak ada beli siap masak, bisa beli ayam utuh, lalu dipotong sendiri butterfly-nya) - gambar kiri atas. pipihkan ayam dengan cara dipukul-pukul atau digilas dengan roller kayu, sisihkan - gambar kanan tengah.

hujan es

waktu menunjukkan pukul 11 siang, hari minggu. aku sedang asyik mengutak atik foto di laptop, ketika tiba-tiba terdengar suara gemuruh di luar. woghhh, suara hujan! eh... tapi hujan suaranya kan ga seramai ini pikirku. tak lama kudengar langkah suamiku dari ruang tamu menuju dapur, di mana aku nongkrong di pojokan seperti biasanya. 'babe, hail rain outside! wanna go out and see?' tanyanya. whoaaa, pantesan berisik, ternyata lagi hujan es! dan padahal udah april! hehe...

Friday, 13 April 2012

man utd, taken for granted

kalau dulu aku ditanya mengenai sepak bola, atau tim mana yang jadi tim andalanku, mungkin aku tak punya jawabannya, atau jawabanku mungkin ga akan jelas terdengar antara menggumam dan kumur-kumur. sebatas itulah dulu pengetahuanku tentang jenis olah raga populer yang satu ini. 

hanya empat tahun sekali ketika demam piala dunia terasa di seantero jagat raya, baru deh aku bela-belain bangun tengah malam untuk pindah tidur ke depan televisi lengkap dengan bantal dan selimut, dengan niat nawaitu awalnya nonton bola. kalau yang main pas tim andalan (dulu sih argentina sama jerman), kantukku serta merta akan hilang. tapi kalau pas yang main tim lainnya, otomatis niatan nonton bola hanya tinggal mimpi belaka, dan praktis akupun hanya pindah tidur dari kamar ke depan tivi untuk dibangunkan ibu atau bapakku agar pindah lagi ke kamar, setelah pertandingan usai. #useless banget ga sih

dari winter sonata ke hallyu

lomba blog: 10 alasan mengapa peserta harus dipilih sebagai Tim Pengalaman Touch Korea Tour

aku sudah pernah ke korea, meski hanya sekali. itupun karena dikirim untuk belajar manajemen kualitas oleh perusahaan samsung tempat aku dulu pernah mengabdi selama lebih dari 5 tahun lamanya. namun ketika aku menemukan kontes menulis blog touch tour korea dan timbul niatan untuk mengikutinya, koq ada sedikit rasa mengganjal ya. entah mengapa, sepertinya aku jadi terkesan 'serakah' gitu, sudah pernah ke korea tapi kenapa ingin menang kontes yang hadiahnya adalah tour ke korea juga? mbok ya kasih kesempatan buat yang belum pernah gitu lho #errr... guilty guilty

Thursday, 12 April 2012

kurikulum SD

pagi-pagi. kukuruyuk-kukuruyuk. begitulah ayam jantan berkokok.
budi cepat-cepat bangun. wati juga sudah bangun. iwan masih tidur.
di dapur ibu sedang memasak. ibu menyiapkan makan pagi.
bapak menimba air di sumur. budi dan wati segera mandi.
setelah itu berpakaian. lalu makan pagi....


hari ini dunia twitter geger. pasalnya apalagi kalau bukan buku sekolah yang menjadi kurikulum dasar anak-anak kelas 2 SD di jakarta yang isinya mengenai 'kisah bang maman' yang mengandung kata-kata 'istri simpanan' serta ide 'pancing aje dengan perempuan' kalau ga salah (link sumber).

Saturday, 7 April 2012

joint account

membicarakan masalah keuangan sebenarnya agak-agak tabu ya. apalagi kalau sampai soal rekening di bank. mending kalau banyak isinya, kosong aja padahal saldonya hihihi...

joint account, atau rekening bersama (di sini seterusnya kusingkat RB saja ya, supaya ga pegel ngetiknya :-p), adalah sebuah rekening di bank yang dimiliki bersama oleh dua orang atau lebih. siapapun anggota atau pemilik RB ini bisa mengakses rekening kapan saja, termasuk menarik dan mendepositkan uang tunai. biasanya RB dimiliki oleh pasangan suami-istri, antar saudara dekat, atau patner bisnis. teori selengkapnya, bisa dibaca di wikipedia.

Thursday, 5 April 2012

안녕하세요

annyeonghaseyo! 안녕하세요!

adalah kata pertama dalam bahasa korea yang aku tahu. sebelum tahun 2000, dan sebelum ada drama korea bertebaran di stasiun-stasiun televisi swasta, aku sama sekali tak tahu menahu soal negeri korea yang terkenal dengan ginsengnya ini. ketika diterima bekerja di samsung-lah mau tak mau aku mulai bersinggungan dengan budaya korea, orang-orangnya, dan bahasanya.

empat lima

disclaimer: ini posting ga penting, kecewa ditanggung sepenuhnya oleh pembaca, you've been warned...

angka empat lima adalah angka keramat!

bangsa indonesia merdeka pada tahun empat lima
kedua angka letaknya berdekatan dan jika dijumlah menjadi angka terbesar yaitu sembilan (ini sih ga gitu penting)

Wednesday, 4 April 2012

dwi - in memoriam

I can open it up whenever I like,
pick a moment and watch it through,
My little library of you acts as a promise,
I'll never ever forget you...

hari ini aku merasa sedih sekali, seorang teman lama yang baik hati telah dijemput sang maha kuasa, pergi tuk selamanya, tanpa ku diberikan kesempatan untuk bertatap muka dengannya sekali lagi :-'(

namanya dwi.

Monday, 2 April 2012

tante bule

dulu aku panggil orang lain tante, belakangan ini aku baru sadar kalau kini orang lainlah yang memanggilku tante. mungkin karena belum terbiasa, kadang aku masih celingukan mencari-cari di sekelilingku, siapa yang dipanggil tante oleh orang yang sedang kuajak ngomong, sampai aku akhirnya sadar kalau yang dipanggil tante itu aku sendiri. #hahahaha

namanya juga umur, siapa yang bisa menghentikan sang waktu menggerogoti pelan-pelan jatah hidup kita di dunia. detik-detik kehidupan berlalu, tik tak tik tak, pelan tapi pasti. meski frekuensinya cuma 1 hertz atau satu putaran per detik saja, tapi detik-detik kehidupan melaju dengan pasti tanpa pernah berhenti. apalagi ditambah dengan hiruk pikuk kesibukan sehari-hari. tanpa terasa, aku yang dulunya imut ini sekarang tiba-tiba sudah berubah menjadi amit-amit :-p #pembacadilarangprotes

piramida kemiskinan

negeriku tercinta  kembali ribut-ribut soal harga bbm yang naik karena subsidi dari pemerintah (terpaksa) dikurangi. sementara itu linimasa twitter-ku ribut-ribut tentang masalah yang sama sejak beberapa hari yang lalu, meski topiknya (seperti biasa) merembet ke mana-mana. sudah kulihat juga tagar #kelasmenengahngehe sejak minggu lalu, tapi baru hari ini aku benar-benar menaruh perhatian di linimasaku.

note: ngehe (betawi) = nyolot = menjengkelkan = pengin ditampol, hehe

Saturday, 31 March 2012

de la paix

semalam aku iseng-iseng nonton lagi film bourne identity entah untuk yang keberapa kalinya, yang ditayangkan oleh salah satu stasiun tv. mungkin aku termasuk makhluk aneh. aku bisa nonton film yang sama berkali-kali dan tetap saja masih mau nonton lagi, meski hanya berlaku untuk film-film tertentu. aku sudah nonton die hard berkali-kali juga dan masih belum bosan-bosan. home alone juga termasuk dalam daftar film sepanjang masa versiku. sampai kadang-kadang aku bisa tahu di satu scene, karakter di film itu akan ngomong apa, hahaha... *dasar geek!*

acara tv lain yang aku bisa tonton terus menerus sampai sekarang cuma ada dua. serial friends dan mr bean. meski sudah bukan kejutan lagi karena sudah pernah nonton berkali-kali, aku masih saja tertawa ngakak oleh kekonyolan mereka.

Friday, 30 March 2012

eiffel i am in love

sekali-kalinya aku nulis note di facebook adalah ketika aku dilamar oleh suamiku awal tahun 2010 yang lalu. catatan ini aku kopas ke sini hanya untuk dokumentasi saja :-)
______________________________________

catatan awal tahun 2010

sekedar berbagi kebahagiaan yang sebelumnya tak pernah kuimpikan, tetapi justru menjadi kenyataan.

perjalanan ke paris ini kami awali dengan niat sederhana, untuk berakhir tahun dan menyambut awal tahun 2010 di satu kota yang pernah membuatku jatuh hati.

rumput gondrong

foto-foto di bawah ini kuambil minggu kemarin. 

untuk pertama kalinya, cuaca menghangat di inggris setelah melewati musim gugur dan musim dingin yang cukup panjang sejak bulan september tahun lalu. seperti halnya terjadi setiap tahun ketika musim gugur tiba, tumbuh-tumbuhan secara alamiah mulai menghemat pemakaian energi, salah satunya dengan cara menggugurkan daunnya.

lain halnya dengan pohon-pohonan yang menggugurkan daunnya, rumput-rumputan akan melambat atau berhenti tumbuh sehingga tidak perlu dipotong selama musim gugur dan musim dingin. memotong rumput pada musim dingin juga akan merusak rumput tersebut karena permukaan yang terpotong tidak akan terlindungi dari hawa dingin yang bisa mengakibatkan pembusukan jaringan lalu akhirnya mati. jadi sebaiknya setelah musim gugur tiba, rumput tidak perlu dipotong sampai musim semi tahun berikutnya.

permisi

mulai bulan depan aku mungkin tidak akan rajin menulis lagi serajin aku menulis bulan ini. biasa sih sehari 45 menit pas jam makan siang bisa kelar 1 artikel dan siap tayang, atau 1-2 jam setelah makan malam di rumah nonton tv sambil ngetik, kadang-kadang bisa dapat 1 tulisan juga ;p.

karena program 6 sigma (klik menu di atas untuk info lebih lanjut), pagi ini sudah mendapatkan lampu hijau dari bos besar di kantor. sesegera mungkin, aku harus mulai berkonsentrasi menjalani pelatihan statistik dan matematika tingkat tinggi (halah), mengerjakan proyek, menjalani ujian, wawancara dan penilaian supaya lulus dan memperoleh sertifikasi (yang pasti tak akan semudah ketika aku masih di indonesia, bahasanya saja sudah beda hehe), karena kini tanggung jawab pelaksanaan keseluruhan implementasi program di kantor dibebankan padaku. *erghhh, mikul karung 1 ton*

Thursday, 29 March 2012

suami mandiri

disclaimer: artikel ini kutulis dari sudut pandangku sebagai seorang wanita (yang tentunya sangat subyektif), jadi mohon pembaca mengerti dan mengesampingkan isu jenis kelamin atau gender. silakan kalau ada yang mau menulis artikel dengan judul 'istri mandiri', dengan senang hati aku akan membacanya kalau diberitahu link-nya.
__________________________

aku suka mengamati hal-hal ga gitu penting yang terjadi di sekelilingku, menjadi seorang observer tingkah laku manusia sehari-hari. terkadang hal-hal yang aku amati hanya sebatas numpang lewat dalam ingatanku, terkadang ada hal-hal yang lalu membuatku terpekur lama dan berpikir, menelaah, menganalisa dan tak jarang berakhir dengan.... tidak menghasilkan kesimpulan apa-apa :-D *halah...kirain penting!*

memori smansadem

hari ini iseng-iseng googling, eh nemu email lamaku di milis smansadem (sma satu demak) yang kutulis Tuesday, January 13, 2009 12:24 PM yang lalu, (nama kuganti inisial saja) untuk menjawab pertanyaan teman-teman lama di sma yang penasaran pengin tahu gimana ceritanya aku bisa sampai kesasar ke eropa. maaf bahasanya campur-campur ala jawakarta (jowo + jakarta). ck ck ck, jawab email saja sepanjang ini, kurang kerjaan apa ya waktu itu *hohoho - keplak sendal*
_______________________________________________________________________

Wednesday, 28 March 2012

stereotype

"stereotypes are standardized and simplified conceptions of people based on some prior assumptions. another name for stereotyping is bias. a bias is a tendency, most of these are good, but sometimes stereotyping can turn into discrimination if we misinterpret a bias and act upon it in a negative manner."
itu adalah cuplikan arti kata stereotype yang ku-kopas dari wikipedia, dan kurang lebih terjemahannya adalah sebagai berikut: stereotype (atau bisa diartikan sebagai "anggapan umum yang belum tentu benar" - seterusnya akan aku tulis "anggapan" saja) adalah konsep mengenai manusia yang distandarisasi dan disederhanakan berdasarkan pada beberapa asumsi sebelumnya. kata lainnya adalah bias. yaitu kecenderungan yang kebanyakan bermakna baik, tetapi kadang-kadang beranggapan bisa berubah menjadi diskriminasi jika kita menyalahartikan bias dan bertindak negatif berdasarkan anggapan tersebut.

Tuesday, 27 March 2012

password management

siapa yang pernah kelupaan password?

pasti semua pernah, ngaku sajalah ga usah malu-malu. mau tahu tips-nya bagaimana supaya kita tidak lagi pusing dengan password yang berbeda-beda di tiap akun hingga sering bikin pusing kepala?

jangan heran kalau di era globalisasi ini masih ada saja orang-orang yang lupa password sendiri, padahal dulunya juga dikarang-karang sendiri, 'doh! di artikel kali ini, aku ingin berbagi pengalaman mengenai password management atau pengelolaan kata kunci (halah diterjemahin malah kedengarannya absurd ya), yang mudah-mudahan bermanfaat. tulisan ini adalah murni berdasarkan pengalaman pribadiku, dan apa yang kuterapkan dalam mengelola dunia per-password-an ini. aku tidak melakukannya karena disarankan oleh orang lain, atau membaca artikel-artikel tips-tips-an. kalau memang ada juga yang merumuskan hal yang sama dengan rumusku ini, mungkin hanya kebetulan saja. karena ide dasarnya memang sangat sederhana, jadi siapa saja juga bisa menerapkannya, kalau mau :-)

Monday, 26 March 2012

jejak-jejak maya

aku selalu terkagum-kagum oleh orang-orang yang sudah mulai ngeblog sejak jaman jebot. rata-rata para idolaku di dunia maya ini mulai ngeblog sejak awal-awal tahun 2000-an gitu. tapi ada juga yang dari tahun 1999 lho. kalau diingat-ingat tahun-tahun segitu aku masih gapkom, alias gagap komputer. maklum ga pernah punya sendiri dan kudu pakai komputer kantor hanya untuk urusan kerja saja waktu itu.

akun email pertamaku dulu kubuat tahun 2000, tapi lalu entah kenapa aku buat lagi akun baru tahun 2004 yang masih aktif sampai sekarang. sialnya aku benar-benar lupa apa yang terjadi dengan akun email lamaku tahun 2000 itu. ID-nya saja aku tak ingat, apalagi passwordnya.

Sunday, 25 March 2012

coldplay

sebagai salah satu grup musik yang aku suka sejak lagunya 'in my place' nge-hits beberapa tahun yang lalu, aku tak pernah tahu mengenai coldplay lebih detil. baru sejak aku tinggal di inggris, kebetulan grup musik ini memang asli dari inggris, aku lebih mengenal kelompok musik ini meski hanya vokalis-nya saja, yang bernama chris martin. itu juga hanya sebatas tahu namanya, namun tak juga tahu berita atau seluk beluk gosip seputar kehidupannya.

a rush of blood to the head, nama album pertamanya, aku tak punya. cuma tahu in my place, hits-nya saja. lalu album kedua X&Y, aku download komplit ke ipod-ku termasuk hits-nya fix you. album ketiganya viva la vida, kuperoleh sebagai hadiah ulang tahun dari suami yang waktu itu masih berstatus pacarku. dan album terbarunya mylo xyloto aku belum punya, tapi lagu paradise-nya memang terdengar enak di telinga.

blog walking

mataku terbuka pagi ini mendapati tirai kamar yang tertutup rapat sedang berjuang keras untuk menahan hamburan cahaya mentari musim semi. yak, sepertinya aku kesiangan! eh, tapi kan ini masih minggu. phew, lega rasanya begitu sadar aku tak harus berangkat ke kantor hari ini.

kuraih laptop dell merahku yang tergeletak di sudut tempat tidur setelah kulempar begitu saja tadi malam. sembari menunggu booting, aku menyeret langkah ke kamar mandi untuk menyegarkan diri. ahhh, minggu pagi yang malas. enaknya ngapain ya hari ini?

Saturday, 24 March 2012

me, myself and i

| taken last dec 2011 except the last bottom right corner taken 2007 | using my humble and old nokia 6500 slide phone 3.2 megapixel camera carl zeiss optics released 2007 | edited using picasa by google version 3.9.0 (build 135.93, 0) for windows vista | location at home | photographer. editor. talent nayarini |
_______

bisnis tulis-menulis

pernah sekali aku menjadi juara mengarang bertema penghijauan sewaktu masih sekolah smp. sempat merasa bangga ketika menerima piagam penghargaan dari bapak bupati setempat waktu itu, dan sempat merasa 'bisa' menulis.

namun entah kenapa, sejak itu aku tak pernah lagi menulis karangan panjang atau artikel kecuali untuk tugas akhir sma eh...smu, tugas akhir d3, tugas akhir s1 dan s2. jadi praktis untuk urusan tulis menulis, catatan pencapaianku memang tak begitu bisa dibanggakan. makanya aku selalu merasa salut kalau ada anak kecil yang sudah punya blog sendiri, seperti anaknya mbak @justsilly.

Friday, 23 March 2012

headhunter

waktu belum lagi menunjukkan pukul 10 pagi. aku masih disibukkan dengan setumpuk email di inbox kantor, inbox yahoo, inbox gmail dan inbox-inbox lainnya, ketika telpon di meja kantorku berdering. 

"siapa sih yang nelpon pagi-pagi begini" pikirku. gagang telpon kuangkat dengan malas.

"hello good morning, naya's speaking" sapaku seramah-ramahnya meski suaraku pasti masih terdengar super ngantuk. 

Thursday, 22 March 2012

anak ajaib

coba deh ketik di youtube, "sophie grace rosie" dan silahkan tonton secara urut atau acak terserah, video-video dua orang bocah perempuan inggris yang baru berumur 8 dan 5 tahun yang menggoncang amerika, bahkan sampai mencengangkan bintang-bintang hollywood. meski aku agak telat tahunya (thanks tere ;-p), aku sampai terkaget-kaget juga dengan keunikan si sophie ini. koq bisa ada anak ajaib seperti dia. dulu pas hamil ibunya makan apa ya kira-kira? hihihi... 

bebas visa

Berikut negara-negara yang membebaskan visa bagi pemegang passport Indonesia. Bebas visa berarti kita hanya perlu passport untuk memasuki negara tersebut. Visa on Arrival (VoA) sebenarnya bukan bebas murni karena kita tetap harus mengurus visa saat kedatangan di bandara tujuan dengan membayar sejumlah uang. VoA ini hanya berlaku untuk kunjungan singkat seperti untuk turis atau kunjungan sosial.

Wednesday, 21 March 2012

anak siapa

kemarin aku maen-maen ke rumah mantan ibu kosku, di dekat cambridge. ceritanya mau kasih ucapan selamat, karena ibu kos baru memperoleh cucu pertama. anak sulung perempuan ibu kos baru saja melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki. bayi kecil itu diberi nama william. cuma sayangnya, bayinya sampai sekarang belum bisa ditengok karena masih ada di rumah sakit dan belum boleh dibawa pulang. padahal lahirnya sudah 2 minggu yang lalu.

kawin campur

tulisan ini kubuat untuk memenuhi permintaan mas @dv77 agar aku ikut berpartisipasi mengisi program wagen di blog-nya yang terkenal itu http://donnyverdian.net/.

silakan baca artikel dan komen-komen seru dari para pembaca setia blog-nya mas @dv77 -nya langsung di sana http://donnyverdian.net/2012/03/21/kawin-campur.html/ , atau boleh baca foto-kopian (di kertas buram, bolak-balik, diperkecil ) -nya di sini:

Sunday, 18 March 2012

excuse-moi review

sejak selesai membaca negeri 5 menara dan ranah 3 warna tahun lalu, aku belum lagi membaca koleksi buku berbahasa indonesiaku yang dibawakan oleh adikku ketika ia berkunjung ke sini. pe er ku ternyata masih banyak sekali. ada 2 buku milik penulis margareta astaman, dan tetralogi klasik milik pak pramoedya ananta toer yang harus kulalap. karena migrain yang kurasakan sejak jumat kemarin belum juga hilang sepenuhnya, hari ini aku memutuskan untuk membaca buku si margareta saja, berjudul excuse-moi,  yang memang terlihat ringan topiknya dan tidak terlalu tebal halamannya. foto diunduh dari sini.

Friday, 16 March 2012

calla lily

tiba-tiba jadi kepengin nyambung tulisan lamaku mengenai hobi jahit menjahit dan keinginanku untuk membuka butik. masih dengan tema yang sama, kali ini aku ingin berbagi pengalaman ketika aku mendesain baju pengantinku yang artikelnya sudah pernah aku posting di sini dan di sini. karena bahasan di kedua artikel di atas sudah lumayan banyak dan detil, di artikel ini aku hanya akan menceritakan bagaimana asal mulanya aku mendapatkan ide desain baju pengantin tersebut.

home-based job

sekitar lima tahun yang lalu, mungkin agak jarang terdengar ada teman kita atau kenalan kita yang kalau ditanya kantornya di mana, jawabnya 'ngantor di rumah'. tapi beberapa tahun belakangan ini, jawaban tersebut semakin kerap terlontar. kini sudah semakin banyak orang yang bekerja dari rumah, meski orang tersebut tetap berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau instansi.

suamiku adalah salah satu contohnya. seorang teman kuliahku juga bulan kemarin memberi kabar kalau ia sudah pindah kerja dan sekarang kantornya yang baru tidak mengharuskannya berada di kantor tiap saat, alias ia bisa bekerja dari rumah. ada juga seorang teman, orang indonesia, yang baru pindah dari skotlandia ke cambridge karena ganti pekerjaan, dan pekerjaannya yang baru ini juga jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dengan berkantor di rumah saja.

Wednesday, 14 March 2012

baju mahal

seperti sudah pernah kuceritakan di tulisanku terdahulu yang berjudul boutique, aku memang hobi jahit menjahit dan rancang merancang baju, meski sampai sekarang masih tetap amatiran, yang oleh karenanya hasil jahitanku hanya untuk kupakai sendiri. kali ini, aku ada sedikit cerita mengenai hobiku yang sering pasang surut  dan terkadang terbengkalai ini.

tentunya semua sudah tahu kalau salah satu pusat mode pakaian dunia adalah kota london, yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari kota di mana aku berdomisili sekarang, selain tentunya kota mode paris di perancis dan milan di italia.

hosepipe ban

hosepipe ban? apa pula itu?
hosepipe dalam bahasa indonesia berarti selang air. ban artinya larangan, bukan ban mobil ya :-)

sejak kemarin dan tadi malam, topik ini menjadi topik paling hangat yang dibicarakan oleh masyarakat inggris. beragam berita mengenai topik yang sama menghiasi layar kaca. berbagai debat, tanggapan, protes, dan lain-lain juga bermunculan. ada apa sebenarnya di inggris, dan ada apa dengan hosepipe ban?

Monday, 12 March 2012

pulang kampung

terakhir aku pulang kampung adalah tahun 2009 lalu, ketika aku pulang bersama 'pacarku' waktu itu (sekarang suami), untuk kukenalkan ke ibuku dan saudara-saudaraku. sebelumnya, aku pulang tahun 2007 setelah aku lulus kuliah. itu pertama kalinya aku pulang sejak aku meninggalkan indonesia untuk belajar ke eropa pada tahun 2005. kalau dilihat polanya, rupanya aku memang 'hanya' butuh pulang kampung setiap 2 tahun sekali :-)

budak rokok

sudah pada nonton video ini di youtube? kalau belum, tonton dulu deh. agak panjang sih durasinya 42 menit-an. tapi ini penting, demi masa depan indonesia!

Friday, 9 March 2012

u from

hari ini pengin posting cerita ringan saja ah, setelah kemarin terlalu khusyuk berpikir dan menghasilkan tulisan yang kata @alan, salah satu pembaca setia otakkukusut, cukup berat! ya harap maklum, namanya juga otak kusut :-D

Thursday, 8 March 2012

beda keyakinan

kalau kamu percaya asal mula manusia berawal dari adam dan hawa, ketika mereka memutuskan (atau diutus) untuk mulai mengisi dunia yang tadinya kosong nyaris sunyi tak berpenghuni ini, adam dan hawa (semestinya) belum beragama.

kalau kamu lebih percaya teori darwin yang menyebutkan bahwa asal mula manusia adalah dari bangsa kera yang berevolusi dalam kurun waktu yang sangat lama, kera dulunya juga (tentunya) tak beragama.

Wednesday, 7 March 2012

kebayaku (part 1)

Payet Gaun Pesta: The Beauty of Kebaya Modern Hijau Putih Calla Lily ( part 1 )

old posting

sejujurnya aku sering merasa sedikit kecewa ketika aku membuka link ke salah satu blog yang dipromosikan lewat facebook atau twitter karena judulnya atau kata pengantarnya menarik dan menggelitik rasa ingin tahuku untuk melihat apa isi artikelnya, tetapi begitu dibuka ternyata tanggal rilis tulisan tersebut sudah lewat, alias tulisan lama yang dipromosikan lagi. *jangan tersinggung ya yang merasa, hehehe*

Tuesday, 6 March 2012

saturday night

malam minggu kemarin, aku dan suami pergi makan malam ke restoran di tengah kota cambridge, untuk merayakan hari jadi pernikahan kami yang pertama. kami memperoleh meja di pojok depan menghadap ke sebuah jendela kaca besar, hingga pandangan kami ke arah jalan utama sangat dekat dan jelas. sambil menikmati menu yang kami pesan ditemani redupnya nyala lilin di meja kami, sesekali kulayangkan pandang ke arah trotoar di mana semakin banyak manusia berlalu lalang meski malam bertambah larut.

ya, namanya juga malam minggu. malam di mana anak-anak muda atau yang berjiwa muda, keluar rumah bersama teman-temannya untuk berpesta. entah untuk apa, mungkin untuk merayakan berakhirnya satu siklus putaran hari-hari kerja. yang pasti, malam minggu memang malam yang ditunggu-tunggu.

beasiswa

kadang suka minder kalau dengar si a itu sudah 10 kali lho dapet beasiswa ke luar negeri. si b udah pernah dapet 6 kali dan yang terakhir program doktorat lho! 

wuih, keren ya...

tapi kalau kupikir-pikir lagi, kenapa aku harus minder? jelek-jelek gini, aku pernah dapet beasiswa juga lho, meski tidak sampai sekeren si a atau si b di atas. beasiswa pertamaku kuperoleh sewaktu aku kelas 5 sd karena menang lomba pelajar teladan tingkat kabupaten. lumayan lah, ketika naik ke kelas 6, tiap bulan aku berhak memperoleh sejumlah uang.

Monday, 5 March 2012

rok mini

hari ini koran di tanah air ramai memberitakan mengenai rok mini. ada apa dengan rok mini? rupa-rupanya, berita ini dipicu oleh adanya larangan untuk mengenakan rok mini bagi para tenaga ahli (wanita tentunya) yang bekerja di gedung dpr! weleh weleeeehhh...

lalu apa urusannya rok mini dengan dpr ya? dan apa urusannya rok mini dengan tenaga ahli? woghhhh, ternyata bapak-bapak di dpr menganggap dengan mengenakan rok mini, para tenaga ahli ini terlihat terlalu seksi. lha terus kalau mereka terlihat seksi memangnya kenapa? ndak boleh ya? ndak habis pikir.

jadi bingung... *jongkok dulu*

jawakarta

entah siapa yang memulai, pagi ini twit-twitnya @devieriana bertagar #jawakarta menarik perhatianku. setelah ku-klik tagar itu dan membaca-baca isinya, aku jadi senyum senyum sendiri dan tertawa geli... hihihi...

#jawakarta

Saturday, 3 March 2012

happy 1st anniversary

hari ini setahun yang lalu, aku berikrar untuk menjadi seorang istri yang baik
hari ini setahun yang lalu, suamiku berikrar untuk menjadi seorang suami yang baik

kami berdua baik-baik saja. semoga demikian adanya 50 tahun lagi, aku masih sanggup menulis di blog ini untuk memperingati hari jadi berlian kami. amien  :-)

tapi tak ada pesta hari ini

Friday, 2 March 2012

rupiah mentality

2006
£1 = Rp 18,000

2012
£1 = Rp 14,000
_______________________

di indonesia 2006
bakso 1 mangkuk = Rp 2,000

Thursday, 1 March 2012

cinta lintas benua

jamannya jaman internet...

apa-apa sekarang harus pakai internet. belanja di internet. kirim surat lewat internet. promosi dagang lewat internet. reunian keluarga di internet. bahkan cari jodoh juga bisa lewat internet.

sudah banyak sekali contoh perjodohan yang pada awalnya dimulai dari internet. sebagai salah satu sarana komunikasi terkini yang menghapus jeda jarak dan zona waktu, untuk menghubungkan dunia dan segala isinya, internet memang sangat ampuh.

Sunday, 26 February 2012

putri bangsa

pasti semua orang kenal bu sri mulyani. bagaimana tidak. setelah heboh dengan skandal bank century yang sampai sekarang entah bagaimana kelanjutan kisahnya itu karena aku sudah ilfil untuk terus mengikuti berita-berita seputar skandal-skandal di indonesia lewat internet, beliau semakin dikenal karena kiprahnya di bank dunia. tak tanggung-tanggung, berita minggu kemarin menyebutkan bahwa kemungkinan besar beliau akan terpilih untuk menjabat sebagai kepala bank dunia, karena hasil poling mengisyaratkan demikian.

dying goldie

goldie adalah mobil pertamaku.

kunamakan goldie karena warnanya memang gold atau kuning emas. kubeli akhir tahun 2007 dan telah bersamaku melewati suka dan duka. aku sayang goldie. meski orang sering mentertawakan aku karena menganggap sebuah mobil layaknya benda hidup, yang pasti aku sayang goldie. ia telah melewati 4 musim bersamaku. menembus salju dan hujan angin bersamaku. melindungiku dari ganasnya cuaca negara empat musim ini. membawaku kemanapun aku ingin pergi.

Friday, 24 February 2012

virus kantor

twit-twit mbak @AlberthieneE:
"kebiasaan menjelekkan institusi/orang yang pernah ada jasanya di masa lalu utk hidup kita hanya akan membuat jejak kita jelek.
seburuk-buruknya institusi/orang yang pernah menjadi tempat kita berkarya, mereka berjasa telah membentuk kematangan kita
ada temen yang kerjaannya ngejelekin kantornya di masa lalu. belakangan, nasib mengantarnya kerja di situ lagi.
ada juga orang yang habis-habisan menghujat mantan bos-nya sampai ke twitter. suatu saat si bos justru mengajaknya kerjasama lagi.
menghargai setiap tempat yang pernah kita jejak untuk berkarya sama dengan menghormati sejarah hidup kita.
ada anak muda berbakat ngelamar di kantor teman dan gak diterima. kenapa? soalnya dia abis-abisan memburukkan kantor lamanya.
sekarang telinga ini mudah sekali mendengar anak-anak muda yang nyap-nyap maki-maki kantor sendiri. padahal itu bagian dari mematangkan diri.
bisa jadi kantor yang katanya buruk itu justru yang berjasa memintarkan kita, yang membuat value kita naik di kantor selanjutnya."

akupun menimpali:
@nayarini paling enak itu kalau pindah ke tempat baru, tapi masih bisa maen2 ke tempat lama dan masih disegani dan disambut dg baek
@nayarini paling enak jg kalau masih keep in touch dg mantan bos dan jadi teman baek meski ga bekerja di prsh yg sama lagi
@nayarini paling enak itu resign bukan krn alasan prshn baru lbh bagus, tp lbih krn faktor lain e.g sekolah lg, pindah rumah, ikut suami

terinspirasi dari twit-twit mbak AE yang tenar itu, aku jadi pengin nulis sedikit cerita mengenai kantor-kantor lamaku. tidak banyak sebenarnya, karena aku bukan termasuk kutu loncat, alias jarang pindah-pindah kerja.

Thursday, 23 February 2012

nyetir mobil

akhir tahun 2007...

aku baru saja kembali dari indonesia untuk liburan selama tiga minggu lamanya. selain untuk menuntaskan rasa kangen dengan keluarga karena sudah hampir 2.5 tahun lamanya tidak bertemu, aku juga menyempatkan diri untuk ikut kursus mengemudi mobil di depok, di mana aku menumpang selama liburan di rumah kakak perempuanku. ya, aku ingin bisa menyetir mobil sendiri meski sempat ada rasa ragu apakah aku bisa. 

tadinya kupikir aku sudah terlalu tua untuk mulai belajar menyetir mobil, tapi karena satu alasan yang kuat, akupun bertekad untuk bisa. aku ingin menyetir karena aku sudah merasa penat, letih dan menyerah dengan situasiku saat itu. koq bisa? 

junk food

waktu aku masih kecil dan tinggal di kota kelahiranku dulu, aku tidak pernah mendengar yang namanya junk food (makanan sampah - disebut demikian karena rendah nutrisi dan kandungan kalori, lemah jenuh, garam dan gulanya cenderung tinggi). keluarga kami juga jarang sekali makan di luar rumah. nenek yang tinggal bersama kamilah yang memasak hampir tiap hari karena kedua orang tuaku harus bekerja di luar rumah.

Tuesday, 21 February 2012

pin BB

"ada pin BB ga, bagi donk"

untuk kesekian ratus kalinya (halah, hiperbolaaaa) pertanyaan itu terlontar entah dari teman dekat, teman jauh, temannya teman, teman yang ga kenal akrab, teman nemu di jalan, atau teman nemu di twitter. jawabankupun selalu sama.

"ga punya BB euy, beliin donk :-p"

naik kereta di jakarta

‘Jakarta: The most unlivable major city in Asia-Pacific’ will not improve, not anytime soon, not in the foreseeable future, not under this administration and this regime."

SEBUAH IRONI - tulisan menarik, pedas dan menggigit mengenai transportasi umum di jakarta dan kebobrokan pemerintah untuk menanganinya, dari balik kacamata seorang jurnalis luar negeri. judulnya saja aku ubah ke bahasa indonesia. dokumen asli bisa dibuka di link berikut ini:

If you take a train in Jakarta, be warned: the images that would unwind behind your windows could be too disturbing to bear for someone who is not a war correspondent or a medical doctor. It would often feel as if hundreds of thousands of the wretched of the earth decided to camp along the tracks, as if the garbage from the entire East Asia had been dumped along the rails, as if the hell really materialized here on earth, instead of threatening us from some imaginary religious realm. From the unwashed windows of the train you would see people suffering from all imaginable diseases. You would probably spot exposed wounds, faces burned by fires, terrible hernias, untreated tumors and omnipresent swollen bellies of children suffering from malnutrition. And there would also be some ailments and deformities that are simply too terrible to describe or to photograph.

Monday, 20 February 2012

rumah besar di jogja

sering kita dengar ungkapan, kebaikan yang pernah kita terima, takkan pernah bisa kita lupakan sampai kapanpun...

selepas sma, ketika teman-temanku yang lain sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri atau dulu lebih dikenal dengan nama umptn, aku sibuk mencari cara untuk bisa meneruskan sekolah tapi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. yup, karena memang orang tuaku tidak cukup mampu kalau tak mau dibilang miskin. malu? tentu tidak.

terlahir miskin itu takdir dan kita tak kuasa merubahnya, tapi tetap mau hidup miskin itu pilihan.. :-D

arbour

seperti pernah kujanjikan pada postingan berjudul kebunku terdahulu, kali ini aku akan cerita mengenai arbour atau rumah-rumahan yang diletakkan di kebun yang biasanya fungsinya untuk mempercantik dan juga untuk area istirahat atau duduk-duduk santai. salah seorang temanku yang menulis komen di postingan terdahulu menyebutnya gazebo, meski sebenarnya kategori gazebo lebih ke bentuk rumah-rumahan kebun yang agak besar dan dibangun lebih permanen. sementara arbour, lebih ke rumah-rumahan kecil, atau lebih mirip bangku taman untuk tempat duduk tapi beratap, dan sifatnya tidak permanen, alias bisa dipindah-pindah letaknya dengan mudah.

Friday, 17 February 2012

nama sama

barusan teman kantorku yang bernama 'steve' dan duduk di kubikel yang agak jauh menghampiri teman satu departemenku yang juga bernama 'steve'. terjadilah percakapan:
a: "hi steve, morning"
b: "morning steve. what can i do to help?"
a: "i want to know about ... bla bla bla"
....
....
percakapanpun diakhiri dengan
b: "anything else, steve?"
a: "no that's all. thanks steve!"
lalu 'steve' a-pun menghilang kembali ke mejanya.

Tuesday, 14 February 2012

cinta vs galau



Q: “Kenapa Cinta Itu Dekat Sekali Dengan Galau?”
A: karena semua diawali oleh adanya "rasa"...

kembali ke masa lalu

ketika aku mulai merasa disukai oleh dirinya, ada rasa hangat yang menjalar di dalam hatiku, lalu pelan tapi pasti merasuk ke kalbu. rasa yang nyaman dan menyenangkan. meski masih belum begitu yakin pada mulanya, tapi lama-lama dari cara dia memandang, berbicara, bersikap dan memihakku di depan teman-temanku, aku pelan-pelan mulai tahu bahwa panah cintanya memang sedang diarahkan ke hatiku. hati yang tadinya selalu sendiri dan sepi, yang haus akan kasih dan belaian rasa sayang, kini berbunga-bunga dengan indahnya. bagai seorang kalifah yang kehausan di tengah padang pasir dipertemukan dengan sebuah mata air.

namun sebelum adanya sebuah kepastian dari dirinya, akupun tetap ragu. apakah rasa ini nyata, atau hanya khayalanku belaka. dalam keraguan itu, akupun memutuskan untuk menunggu, karena memang hanya itu yang perempuan bisa lakukan, sembari tersipu dan terkadang senyum-senyum malu. anehnya sejak saat itu, rasa cemas dan resahpun makin sering menghampiriku. seribu tanya berkecamuk di dada, benarkah tanda-tanda yang diisyaratkannya ditujukan untuk diriku? benarkah dia memang menyukaiku? benarkah panah cintanya memang ditujukan hanya untukku?

kegalauan hatipun tak mudah untuk kupungkiri. tapi aku terlalu gengsi untuk pula bertanya langsung padanya, mencari jawab agar tak lagi didera rasa penasaran yang begitu menyiksa. apa kata dunia? di mana harga diriku sebagai seorang wanita? akupun kembali diam dan menunggu, meski perasaanku menjadi mudah berubah galau tak menentu.

waktu berjalan pelan. kamipun semakin sering bertemu. entah karena dia sengaja, atau aku yang semakin sering mencari cara agar bisa berjumpa dengan dirinya. tak harus bersapa. cukup melihat sekilas saja sosoknya, aku sudah bahagia tak terkira. curi-curi pandang menjadi salah satu keahlianku yang baru. dan ketika mata kami tak sengaja bertemu, darahku berdesir kencang, akupun tersipu. entah apa yang dia rasa, tapi kuharap diapun merasakan hal yang sama.

hingga minggu pagi itu...

ketika sosoknya tak ada di sana, di antara kerumunan kawan-kawanku yang bersiap-siap mengikuti sebuah acara outdoor kampus, galau kembali menyergapku. ingin bertanya kemanakah gerangan dia, tapi bertanya pada siapa. aku tak mau kawan-kawanku memandangku heran kenapa aku begitu gusar karena dia tak hadir di antara kami. aku tak mau orang tahu perasaanku saat itu, kalau aku begitu khawatir akan ketidakhadirannya. lagipula, aku ini siapanya dia? kutelan lagi rasa galauku seorang diri. pahit sekali. acara outdoor hari itu yang telah lama kunanti-nanti, tak lagi mampu meninggalkan kesan yang begitu berarti.

esok harinya, sewaktu sosoknya muncul lagi di kampus dengan gaya khasnya yang selalu membuatku rindu itu, sambil tertawa-tawa dia santai saja berbicara "hai friends, sori semua, gua ga bisa gabung kemarin, ada urusan mendadak. sori juga lupa ngabarin". kawanku yang lain menimpali "ga papa, emang kami nungguin elo? kaga! lo mah ga penting!" lalu semuapun tertawa.

ga penting?! teriakku dalam hati. semalam suntuk aku tak bisa tidur nyenyak bertanya-tanya kemanakah dia hari itu, dan bagi semua orang itu ga penting? dan lagaknya yang sok santai itu lagi-lagi menusuk hatiku. teganya dia membiarkan aku galau tak menentu, tanpa sedikitpun peka bahwa ada sebuah hati yang merindunya? tapi lagi-lagi aku tersadar, dia toh bukan siapa-siapaku.

ketika asyik bercengkerama dengan lamunanku sendiri, tanpa kusangka tiba-tiba dia menghampiriku dan berkata ringan, "kangen gua kemarin pasti ya? sori, gua lupa kasih tahu, ga lagi -lagi deh".

nah lo!

aku langsung bengong ditembak dengan perkataan seperti itu. kesunyian memisahkan percakapan kami selama 1 detik, 2 detik, 3 detik, tak satupun kata keluar dari mulutku yang terkunci rapat. jawab apa donk? kata otakku panik. salah tingkah juga kalau ketahuan memang aku kemarin merindu. tapi gengsi juga kalau sampai dia tahu hal yang memalukan itu.

dalam keadaan genting itu, satu-satunya pertahananku yang terakhir, adalah berbohong dan mengkhianati isi hati. agak gemetar aku menjawab "siapa bilang kangen, enak aja. sapa elo?" lalu akupun ngeloyor pergi.

yes!

gengsi sudah dimenangkan kembali. aku meninggalkan dirinya yang terdiam menatap punggungku yang berjalan menjauhinya.

hatiku berkata, aku ingin dia mengikuti langkahku, mengejarku, menarik tanganku lembut, menggenggamnya dan meminta maaf paling tidak. tapi dasarnya lelaki, mana tahu dia kalau wanita berkata a itu artinya z dan sebaliknya? dasar mahkluk kurang peka! walhasil, diapun hanya garuk-garuk kepala, bergabung dan bercengkerama lagi dengan kawan-kawannya. tanpa beban, tanpa rasa berdosa.

aku? kembali terpekur sendiri dengan perasaan galau yang semakin membuncah di hati. dan mulai bertanya-tanya pada diri sendiri, bagaimana kalau dia anggap serius jawaban ngacoku tadi? bagaimana kalau dia pikir aku memang tak rindu dirinya? mengutuki diri sendiri-pun akhirnya menjadi agendaku menghabiskan waktu di sore yang mendung itu. cinta, mengapa tak jua kau menyapa. hanya galau terus-menerus mendera di dada. tak nyenyak lagi tidurku malam itu.

jam 7 pagi di kampus

masih setengah ngantuk, aku paksakan diri menghadiri kuliah pagi. aku sedang sibuk mengeluarkan materi kuliah hari itu dari dalam tasku ketika kulihat sahabat tomboy-ku setengah berlari menghampiriku sambil melambai-lambaikan sepucuk amplop putih. terengah-engah, tanpa berkata sepatah katapun, ia sodorkan amplop itu. tak ada tulisan apapun di luarnya.

keningku berkerut "apaan nih?" tanyaku spontan. "buka aja" kata sahabatku masih ngos-ngosan. "dari siapa?" tanyaku makin penasaran. "udahhh, buka aja. bawel amat!". doh, siapa yang bawel, masa bertanya saja tidak boleh.

menyerah berdebat dengan cewek tomboy satu itu, kubuka juga si amplop misterius dan kudapati selembar kertas kecil bertuliskan satu kalimat. "kutunggu kamu di depan gerbang sore nanti jam 5, i have something to tell you". nama dia menjadi penutup surat pendek itu.

deg!

hari itupun menjadi hari yang berjalan paling lambat dalam hidupku. tak ada satupun kata-kata pak dosen yang masuk ke telingaku. pikiranku menerawang jauh, dan lagi-lagi hatiku galau tak menentu. tak sabar rasanya jam dinding menunjuk ke angka lima. angka yang biasanya tak begitu menarik perhatianku, tapi hari ini tiba-tiba menjadi angka yang paling penting bagiku. otakku tak mau di ajak konsentrasi, perutku tak pula menuntut untuk diisi. aku resah, galau, gelisah. apa yang akan dia katakan jam lima nanti? bagiku, hari ini adalah hari paling galau seumur hidupku. apakah aku akan mendapatkan cintanya? cinta yang selalu kudamba? ataukah dia hanya ingin mempermainkan perasaanku saja?

tapi jam lima masih lama.

to be continued...



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...